“"Hot!" Sosok KTM Super Duke 1290 R Versi Produksi Muncul!” plus 2 more

Selasa, 02 Juli 2013

“"Hot!" Sosok KTM Super Duke 1290 R Versi Produksi Muncul!” plus 2 more


"Hot!" Sosok KTM Super Duke 1290 R Versi Produksi Muncul!

Posted:

California, KompasOtomotif – Deman KTM Super Duke 1290 R mewabah! Setelah dealer meeting KTM Amerika Serikat (AS) kemarin (1/7), foto-foto raja Duke bergentayangan. Foto-foto unggahan blog derestricted, memperlihatkan KTM oranye-putih didampingi Patriot dengan grafis bendera AS.

Pemilik blog yang bekerja sebagai konsultan desain grafis KTM di AS menjelaskan bahwa Super Duke 1290 R grafis bendera AS versi prototipe sudah mendekati produksi. Grafis ini dirancang khusus untuk memberikan bayangan ketika nanti sudah dirilis secara resmi. Wujud aslinya akan ditunjukkan ke para pemilik dealer di AS pada acara makan malam setelah kunjungan ke pabrik KTM di Austria, minggu ini.

KTM ingin menunjukkan versi produksi Super Duke 1290 R. Berdasarkan foto, sepeda motor ini tampak seperti versi jalanan. Lampu depan sudah berkaca, garis desain juga mulai tampak. Sementara knalpot tak lagi pakai Akrapovich seperti pada prototipe oranye-putih.

Sepeda motor jalanan dengan sebutan "The Beast" ini  akan dirilis pada EICMA Show 2013 di Milan, Italia, November mendatang. Wartawan diberi kesempatan melihat dan mengetes langsung dalam waktu dekat. Minggu lalu, KTM mengumumkan bahwa Super Duke 1290 R akan digeber pertama kali di Goodwood Festival of Speed, West Sussex, Chichester, Inggris pada 12-14 Juli mendatang.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Suzuki Satria F150, Kok Galak Sih?

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberi kesempatan media mengetahui kehebatan Suzuki New Satria F150 yang diluncurkan minggu lalu. Untuk itu, 15 unit Statria  tirick blue (biru kehijauan) - warna tim Suzuki MotoGP - disediakan untuk digeber dari booth Suzuki di PRJ, Kemayoran, menuju Ancol.

Karena spesifikasi mesin sama dengan model lama, tujuan mengetesnya bukan untuk merasakan performa, tetapi untuk memberitahu masyarakat. Tes dilakukan secara konvoi dan dikawal pula. Kesempatan menggebernya jadi tipis! Akhirnya disiasati dengan menggeber atau mendahului rombongan sesekali. Khususnya akselerasi dan perpindahan gigi.   

Di Ancol, sembari menunggu prosesi peluncuran, "Ayam Jago" ini dicoba di Timur Ancol. Tujuannya untuk memahami, mengapa penggemar Satria tak mau berpindah ke lain hati.  

Mesin 150cc, DOHC 4 katup Satria memang galak. Saat rip gas diputar, tenaga spontan keluar. Hal yang sama juga diperoleh ketika digeber pada kecepatan sedang dan tinggi. 

Kosei Oura, Manager Engineering Department Suzuki Motor R&D Asia, sempat menjelaskan karakteriistim mesin yang sigap tersebut. Menurutnya, semua berkat dukungan setiap komponen yang saling berkaitan, termasuk karburator BS26 dan sistem pendingin oli.  

"Bobot katup lebih ringan, karena dibagi menjadi empat. Kem bekerja maksimal dan responsif. Empat katup itu juga efektif mengurangi gesekan pelatuk katup. Kami juga telah mendesain transmisi enam percepatan yang halus," jelas Oura San.

Manuver
Saat diajak meliuk-liuk dan menikung, bisa dikendalikan dengan mudah dan tetap stabil. Lagi-lagi, Oura San menjelaskan, semua berkat perpaduan lengan ayun dan rangka dengan desain cermat.

Dengan rangka dua tabung dan pipa lengan ayun besar, membuat Satria  mampu bermanuver dengan mantap. Di depan, garpu diikat dengan dua breket (di atas dekat setang dan di bawah komstir). 

Hal lain, posisi mengendarai yang berbeda dibandingkan bebek lain. Pengendara harus sedikit menunduk karena pijakan berada agak ke belakang. 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Honda Civic Bertenaga Acura NSX

Posted:

Bandung, KompasOtomotif - Secara kasat mata, tampilan Honda Civic 2008 ini  seperti standar. Tapi, Toyota 86, Subaru BRZ , VW Scciroco atau jenis sport sekelas lainnya, jangan coba nantang ngebut. Pasti diasapi!

Karena, tenaga maksimum mencapai 465PS hampir mendekati Acura NSX. Padahal, dalam kondisi standar hanya 197PS. Bisa melonjak hebat, oleh pemilik yang enggan disebut namanya dan ia punya tim balap sepeda motor Dumasari, mesinnya sudah dirombak habis dengan waktu pengerjaan dua  bulan dan menghabiskan biaya Rp100 jutaan. 

"Sebenarnya masih bisa lebih (tenaga), tapi biar aman dipakai di jalan raya, angka segitu (465PS) sudah cukup. Apalagi transmisinya masih otomatis," terang Teddy Jusman, Kepala Bengkel SS Performance yang dipercaya untuk memodifikasi mesin.

Accord
Mesin standar dipensiunkan dan diganti punya Accord (hanya blok) dengan kode K24, sedangkan kepala silinder pakai tipe K20. Jeroan pun sudah kompetisi, seperti piston, setang piston dan noken as. Agar makin mantap, turbo produk Garret GTX 30 ikut disematkan. Beberapa komponen pendukung seperti pipa dan selang dipilih produk SS.

Dengan bukaan boost turbo 1,5 bar, saat digeber masih aman. Untuk keperluan balap, ada suntikan tenaga tambahan 35 PS dari pemasangan NOS. Agar transmisi matik tidak mudah jebol dipasangi  sistem pendingin ATF Cooler.

Safety
Peningkatan tenaga yang cukup besar tersebut ditunjang pula dengan beberapa perangkat keselamatan seperti roll bar. Karena sering dipakai drag race dan time attack maka semua isi kabin ikut dikeluarkan. Jok diganti dengan model balap dan konsol tengah dibuat khusus dari serat karbon. Trus, lantai dipasangi pelat aluminium bordes tebal 3 mm. Selain itu, beberapa panel meter tambahan juga dipasang di dasbor tengah untuk memantau tekanan oli dan bahan bakar serta boost turbo.

Meski kelir bodi hitam, nuansa balap pada eksterior tercermin pada kap mesin, bagasi, sepatbor depan, lip spoiler, side skirt dan spion."Karena warna dasarnya sudah hitam maka pas kalau dipasangi serat karbon. Kalau tidak, harus diakali dengan mendesain grafis di bodi agar terlihat harmonis," tutup Teddy.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar