“Rosberg Luar Biasa, Mercedes 1-2” plus 2 more

Kamis, 23 Mei 2013

“Rosberg Luar Biasa, Mercedes 1-2” plus 2 more


Rosberg Luar Biasa, Mercedes 1-2

Posted:

Monaco, KompasOtomotif - Nico Rosberg mempertebal keyakinan tim Mercedes dan penggemar F1 untuk memenangkan F1 Monaco sebagai seri VI (minggu, 26/5). Dalam latihan bebas terakhir, putra Keke Rosberg yang mantan pebalap F1 ini kembali menjadi yang tercepat dengan torehan waktu tercepat 1 menit 14,759 detik, lebih baik dari yang pertama 1:16,195 detik.

Ketika tampil dalam 30 menit pertama mengggunakan ban komponen lunak, Rosberg hanya bertengger di urutan ketiga dengan waktu 1:15,843. Ia berada di belakang Kimi Raikkonen (Lotus) sebagai tercepat dan Fernando Alonso (Ferrari).

Masuk 30 menit kedua dengan ban super lunak, pebalap asal Jerman itu menunjukkan performa Mercedes sesungguhnya. Catatan waktunya yang 1:14,759 terus bertahan hingga akhir latihan. Sisa 30 menit 3 dimanfaatkannya menjajal ban medium yang kecepatannya lebih lamban.

Di luar dugaan, rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton membayang kedua dengan waktu 1:15,077 yang diukirnya juga di 30 menit kedua. Padahal, ketika di sesi latihan pertama ia berada di posisi kelima. Bila posisi 1-2 ini bisa diulangi lagi saat kualifikasi (Sabtu, 25/5), bukan tidak mungkin Mercedes bisa memenangkan lomba.

Tercepat ketiga dalam latihan ini direbut Alonso yang melejit 1:15,196. Padahal, pebalap Spanyol ini hampir menghajar dinding pembatas akibat menghindar Hulkenberg di tikungan.

Beda dengan latihan pertama, kali ini terjadi kecelakaan yang dialami Romain Grosjean. Pebalap Lotus itu menabrak dinding pembatas akibat terlalu kencang jelang tikungan dan ngerem keras, sehingga ban mengunci dan mobil nyelonong. Padahal, di 30 menit pertama, pebalap Perancis ini sempat tercepat kedua.

Hasil latihan II
1. Nico Rosberg Mercedes 1m14.759s 45
2. Lewis Hamilton Mercedes 1m15.077s + 0.318s 50
3. Fernando Alonso Ferrari 1m15.196s + 0.437s 37
4. Felipe Massa Ferrari 1m15.278s + 0.519s 38
5. Mark Webber Red Bull-Renault 1m15.404s + 0.645s 41
6. Kimi Raikkonen Lotus-Renault 1m15.511s + 0.752s 38
7. Romain Grosjean Lotus-Renault 1m15.718s + 0.959s 10
8. Jenson Button McLaren-Mercedes 1m15.959s + 1.200s 39
9. Sebastian Vettel Red Bull-Renault 1m16.014s + 1.255s 32
10. Paul di Resta Force India-Mercedes 1m16.046s + 1.287s 42
11. Adrian Sutil Force India-Mercedes 1m16.349s + 1.590s 43
12. Sergio Perez McLaren-Mercedes 1m16.434s + 1.675s 40
13. Nico Hulkenberg Sauber-Ferrari 1m16.823s + 2.064s 42
14. Pastor Maldonado Williams-Renault 1m16.857s + 2.098s 40
15. Esteban Gutierrez Sauber-Ferrari 1m16.935s + 2.176s 44
16. Daniel Ricciardo Toro Rosso-Ferrari 1m17.145s + 2.386s 37
17. Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Ferrari 1m17.184s + 2.425s 42
18. Valtteri Bottas Williams-Renault 1m17.264s + 2.505s 46
19. Jules Bianchi Marussia-Cosworth 1m17.892s + 3.133s 40
20. Charles Pic Caterham-Renault 1m18.212s + 3.453s 43
21. Max Chilton Marussia-Cosworth 1m18.784s + 4.025s 40
22. Giedo van der Garde Caterham-Renault 1m19.031s + 4.272s 30

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Inilah Penyakit yang Sering Menimpa "Power Steering"

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif - Kini, umumnya setiap mobil sudah dilengkapi dengan power steering. Untuk mobil lama, sebagian besar masih menggunakan power steering hidraulik. Untuk ini digunakan cairan yang dipompa sehingga menghasilkan tekanan pada rumah setir. Pompa bekerja karena digerakkan (diputar) oleh mesin melalu V-belt. Untuk mobil terbaru, kebanyakan power steering digerakkan oleh motor listrik sehingga disebut Electric Power Steering (EPS).

Untuk power steering hidraulik, masalah yang sering muncul adalah kebocoran karena "sil' pada rumah setir aus. Akibatnya  pemilik mobil setiap hari harus menambah cairan untuk power steering.  

Menurut Julius, pengelola bengkel spesialis power steering, Botak Seng di Fatmawati, Jakarta, ada beberapa hal yang menyebabkan kelengkapan ini rusak. 

1. Usia. Umur komponen di atas 5 tahun atau mobil sudah menempuh jarak 100.000 km. Masalah yang sering terjadi, kebocoran di selang atau di rack steer. Tanda-tandanya, muncul rembesan atau tetesan cairan power steering. Saat setir diputar, muncul suara mendegung. Untuk mengatasinya sementara waktu, pemilik mobil sering menambahkan cairan power steering. 

Kalau itu yang terjadi,sil harus diganti. As pegas setir dibersihkan.karena di dalamnya dipastikan terdapat kotoran berupa debu atau gram (kikisan logam). Jika dibiarkan, akan merusak permukaan as.  

2. Boot rack steer robek. Biasanya terjadi saat melintas jalan rusak. Di samping itu, karena dibuat dari karet, bisa rengat dan pecah. Jika dibiarkan, air, debu dan kotoran akan masuk ke as setir dan menyebabkannya berkarat. Indikasi as setir kotor dan berkarat, saat diputar berbunyi. Setir juga berat ketika diputar. 

3. Salah isi cairan. Pemilik mobil malas ke bengkel memperbaiki kebocoran. Mereka mengatasinya dengan mengisi ulang cairan power steering. Ternyata banyak yang salah isi. Menurut Julius, beberapa konsumen menganggap cairan power steering sama dengan yang digunakan untuk kopling dan rem. Padahal, sifatnya berbeda.  

4. Pemakaian tidak wajar. Biasanya terjadi pada mobil yang dipakai untuk balap, slalom dan drifting atau sering bermanuver secara ekstrem pada kecepatan tinggi. Akibatnya, tekanan cairan pada sirkuit power steering menjadi sangat tinggi dan panas. Semakin sering diperlakukan seperti itu, selang akan rusak dan bocor.

Untuk  servis ataupun perbaikan, ganti sil membutuhkinwaktu 3 jam dengan biaya Rp 150.000 - 450.000. Namun jika terjadi kerusakan pada mekanis, misalnya as power steering, biaya bisa mencapai Rp 2 juta.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Hebat, Pengendara Punya Nyawa Berlapis [Video]

Posted:

KompasOtomotif - Pengendara sepeda motor ini memiliki "nyawa banyak". Bayangkan, ia yang menunggang skutik sampai empat kali menabrak. Diawali dengan menghajar mobil di perempatan. Setelah dibantu beberapa orang dan jalan lagi, baru melaju lima meter, kembali menabrak mobil. Apesnya, sang pengendara ikut diseruduk yang lokasinya tak jauh dari tempat kejadian sebelumnya.

Setelah berhasil melepaskan diri, ia pun langsung 'ngegas'. Apesnya, tak jauh dari situ dia menabrak bus dengan benturan cukup keras dan sempat sempoyongan. Warga di sekitar kembali menolong dan melepaskan pria tersebut untuk kembali naik motor yang sudah agak rusak. Deritanya belum berakhir. Kali ini, dirinya mengalami kecelakaan yang cukup menggelikan.

Silahkan tonton kejadian lucu yang terekam oleh CCTV berikut ini.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 15.06  

0 komentar:

Poskan Komentar