“April 2013, Stok Mobil Makin Menumpuk” plus 2 more

Rabu, 08 Mei 2013

“April 2013, Stok Mobil Makin Menumpuk” plus 2 more


April 2013, Stok Mobil Makin Menumpuk

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif — Penjualan dari distributor ke dealer (wholesale) sepanjang April 2013 naik 6,5 persen menjadi 102.176 unit dari bulan sebelumnya 95.936 unit. Namun, penjualan ritel naik tipis di bawah 1 persen menjadi 96.860 unit dibanding Maret dengan 96.123 unit. Kondisi ini menyebabkan stok makin menumpuk! 

"Keuntungan setiap merek justru makin kecil karena diskon," lanjut Sudirman.

"April, terjadi penambahan stok 10.000 unit lagi. Kondisi ini sulit dihindari karena kapasitas produksi tiap-tiap merek naik dan mereka mau memanfaatkannya sehingga banjir di pasar," papar Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kepada KompasOtomotif, hari ini (8/5/2013).

Dijelaskan, penumpukan stok mobil sudah mulai berlangsung sejak akhir tahun lalu dan berlanjut sampai kuartal pertama tahun ini. Kondisi makin parah karena pasar juga lesu. Sementara itu, dealer dengan bantuan agen tunggal pemegang merek (ATPM) merangsang dengan diskon.

"Semua merek menawarkan diskon dengan promonya besar-besaran! Kondisi pasar sebenarnya berat. Tetapi terpaksa didorong terus. Kita lihat sampai sejauh mana konsumen masih bisa serap," beber Sudirman.

Penjualan ritel naik setiap bulan. "Keuntungan setiap merek justru makin kecil karena diskon," lanjut Sudirman.

Ditambahkan, penumpukan stok masih akan berlanjut sampai Mei tahun ini karena ATPM tidak bisa merevisi produksi yang sudah berjalan di tengah bulan. "Biasanya, setelah ada pengurangan permintaan dari divisi pemasaran dan penjualan, baru pabrik mengurangi produksi. Juni, produksi baru bisa diturunkan," tutup Sudirman.

Penjualan Mobil di Indonesia, April 2013

Merek

Wholesale

Ritel

Toyota

39.668

35.579

Daihatsu

15.426

14.755

Suzuki

13.602

12.366

Mitsubishi

12.836

12.014

Honda

6.707

7.900

Nissan

3.355

4.007

Isuzu

2.700

2.600

Mazda

1.155

1.084

Lainnya

6.727

6.555

Total

102.176

96.860

  

Sumber: anggota Gaikindo

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Edan! �Moge� Ini Tingginya 2,4 Meter!

Posted:

Xinjiang, KompasOtomotif – Sepeda motor gede (moge) berikut termasuk langka di dunia. Kata "Moge" di sini  bukan kapasitas mesin yang besar, melainkan bentuknya yang bisa disebut raksasa. Ditemukan di Daerah Otonom Xinjiang, China, Abulajon dari suku Uighur (penduduk asli Xianjiang ras Turki beragama Islam) mempertontonkan hasil karyanya itu di depan wartawan.

Butuh waktu setahun untuk merangkai komponen yang dikumpulkan dari pusat barang bekas itu. Abulajon yang bekerja di pabrik pengolahan limbah itu bahkan sampai mengeluarkan dana 8.000-an Yuan (sekitar Rp 13 juta) untuk mewujudkan obsesinya.

Tidak diketahui jerohan mesinnya, tapi yang jelas sepeda motor ini diklaim bisa melaju sampai 40 kpj. Wajar sangat pelan, karena bobotnya yang berat, mencapai 300 kg. Panjang raksasa ini 4,3 meter dan tingginya 2,4 meter. Paling banyak makan tempat adalah dua ban raksasa bekas traktor yang tak terpakai.

Abulajon menambahkan dua ban tambahan di kanan-kiri  agar keseimbangan tetap terjaga. Yang unik lampu depannya, tak lagi menggunakan lampu sepeda motor biasa yang ukurannya terbatas, dia mengkreasikan lampu kustom yang terbuat dari tudung lampu jalan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Pabrik GM Indonesia Produksi 40.000 Unit Per Tahun

Posted:

Bekasi, KompasOtomotif – General Motors Indonesia (GMI) resmi membuka pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, hari ini (8/5). Prosesi berupa penguntingan pita dilakukan oleh Tim Lee, Vice President Global Manufacturing & President International Operation General Motors (GM) didampingi oleh Dr. Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Marcos Purty, Presiden Direktur GMI, Martin Apfel, Presiden GM South East Asia serta Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel. Setelah itu, robongan melihat dari dekat fasilitas pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 58.000 meter persegi yang terlatak 16 km dari Jakarta. Rombongan juga menyaksikan peluncuran Chevrolet Spin pertama dari jalur produksi.

Peristiwa penting

Pabrik yang sepenuhnya milik GMI ini mempekerjakan 700 karyawan. Ketika merevitalisasi menghabiskan dana 150 juta dollar AS dengan kapasitas produksi mencapai 40.000 unit pertahun.

"Indonesia merupakan salah satu pasar GM terbesar dan kita berpegang teguh pada filosofi build where we sell and source where we build. Tahun lalu, kami berhasil membukukan pertumbuhan 17 persen di Indonesia dibanding 2011, dan kami akan terus melanjutkan kesuksesan ini," ujar Tim Lee dalam sambutannya.

Di lain kesempatan, Marcos Purty mengatakan, pembukaan hari ini merupakan peristiwa penting bagi 700 karyawan, 43 pemasok komponen lokal dan 34 dealer Chevrolet di Indonesia. Langkah tersebut merupakan bukti keseriusan untuk mengembangkan bisnis dan menghadirkan produk yang dekat dengan budaya dan karakter bangsa, serta dibuat oleh anak negeri. Seperti Spin yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

MPV segmen bawah tersebut pertama kali diperkenalkan pada IIMS September 2012 dan resmi diluncurkan 25 April lalu. Dari target produksi 40.000 unit setahun, 80 persen untuk pasar Indonesia, dan selebihnya diekspor ke Thailand dan Filipina.

Kendaraan global MPV tujuh penumpang tersebut dibangun dengan desain yang modern dan maskulin. Di Indonesia tersedia 3 pilihan mesin 1,2 liter, 1,5 liter dan 1,3 liter turbo diesel. Varian diesel merupakan terobosan baru di segmen MPV bawah. Hal baru lain, pemindah tenaga otomatis 6 percepatan yang dipakai sudah berteknologi tiptronik (sekuensial).

"Dengan berdirinya pabrik ini diharapkan banyak komponen lokal yang digunakan sehingga dapat memacu pertumbuhan produsen komponen pendukung di Tanah Air. Dengan begitu perkembangan bisnis otomatif akan terus berkembang," jelas Budi Darmadi.

Dalam peresmian tersebut, ada sesi seluruh karyawan membubuhkan telapak tangan di atas prasasti, sebagai tanda diresmikannya pabrik. Juga dipamerkan Chevrolet produksi 1928, sebagai bukti bentuk kehadiran GM yang sudah berlangsung sejak lama, lewat GM Java pada 1927.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar