“Toyota Vios Estilo, Aneh Kan!” plus 2 more

Jumat, 26 April 2013

“Toyota Vios Estilo, Aneh Kan!” plus 2 more


Toyota Vios Estilo, Aneh Kan!

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif - Belum pernah kan dengar ada mobil Toyota Vios Estilo! Tampilannya murni Toyota Vios produksi 2005. Lantas, Estilo yang dimaksud Suzuki atau Honda? Dan bagian mananya? Yessar, pemilik mobil, membuka kap mesin dan menyampaikan kalau jeroannya banyak menggunakan Honda Estilo. "Alasannya, beberapa suku cadang memiliki spek sesuai dengan yang diinginkan mekanik. Selain itu, harganya tergolong murah, jadi tidak terlalu merogoh kocek terlalu dalam," papar Yessar. Kebetulan bengkel tempat memodifikasi mesinnya, AP Speed, memang dikenal spesialis Honda.

Jun Auto
Komponen Honda yang tertanam di mesin standar Vios 1NZ-FE, antara lain, piston model meruncing di bagian atasnya, untuk meningkatkan kompresi ruang bakar. Setang tetap milik Vios supaya tidak perlu mengubah kruk as (crankshaft). Komponen lain yaitu katup yang proses pemasangannya diakui cukup merepotkan. Kepala silinder harus dibawa ke bengkel bubut untuk diperbesar lubang masuk dan keluar (intake-exhaust). Setelah itu diperlebar saluran masuk dan buang (porting polish).

Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan noken as (camshaft) kompetisi produk Jun Auto yang membutuhkan kompresi tinggi agar bisa disetel maksimal. Jun sendiri sebenarnya lebih tenar dalam hal penyedia komponen kompetisi untuk Honda. Barang dengan durasi 264 derajat dan lift 9,5 (spek penggunaan sehari-hari) ini langsung dikirim dari Jepang. Pemasangannya ternyata harus mengorbankan teknologi variabel katup, VVT-i. "Pengaturan buka-tutup katup tidak sesuai dengan durasi dan lift camsahft, jadi saat dicoba katup sempat melengkung karena menabrak piston," kenang Yessar.

50 Persen
Komponen lain yang diganti untuk menunjang peningkatan tenaga pompa bensin custom, lubang bukaan gas merek Jasma, pipa saluran filter udara HKS, dan header Thunder model 4-2-1. Semua rombakan tersebut mampu mendongkrak tenaga hingga 50 persen, dari 109 PS @6.000 rpm jadi 160 PS @7.500 rpm. Torsi juga meningkat dari 141 Nm @4.200 rpm jadi 174 Nm @6.000 rpm.

Pemindah tenaga standar dipensiunkan dan masuk merek Levin karena rasio gigi dinilai sesuai. Agar daya cengkram merata kedua roda depan dipasang anti slip ( Limited Slip Differential/LSD) 1,5 way keluaran TRD. Performa tersebut diakui mampu melesat di lintasan drag race (400m) dalam 15 detik.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Berkendara Dini Hari Harus Lebih Waspada

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif - Kecelakaan tunggal yang merenggut nyawa tokoh muda Islam, ustadz Jeffry Al Buchori masih menjadi obrolan sepanjang hari. Termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) Road Safety Association (RSA) yang menyoroti masalah keselamatan berkendara di jalan.

"Kami turut berduka cita atas wafatnya almarhum," ujar Sekjen RSA Indonesia, Lucky Subiakto, di Jakarta, hari ini (26/4). Kecelakaan tak pernah mengenal jarak, waktu, dan status sosial. Bisa menimpa siapa saja.

"Para pemotor ketika berkendara dini hari harus menggandakan kewaspadaan. Kondisi tubuh harus benar-benar prima. Jangan memaksakan diri bila kondisi badan kurang sehat. Juga menahan diri dari godaan memacu kendaraan lantaran lengang dan mulusnya jalan," ujar Lucky.

Ketua Umum RSA Indonesia, Edo Rusyanto menambahkan, Indonesia menghadapi persoalan serius terkait keselamatan jalan. "Tahun lalu, tiap jam sedikitnya rata-rata ada 13 kecelakaan dan menyebabkan tiap jam 3 orang tewas," kata Edo.

Dia mengakui, keterlibatan sepeda motor masih cukup besar, yakni sekitar 64 persen terhadap total kecelakaan lalu lintas jalan. "Sekalipun, menurut kepolisian, jumlahnya menurun signifikan, yakni 27 persen dibandingkan tahun 2011," lanjut Edo.

Merujuk data Badan Kesehatan Dunia (WHO), di dunia, tiap jam 32 pemotor tewas akibat kecelakaan lalu lintas, sedang di Indonesia diperkirakan rata-rata satu pemotor tewas.Karena itu, RSA Indonesia mengajak seluruh pengguna jalan agar meningkatkan konsentrasi saat berkendara. Maklum, risiko kian besar saat lengah datang.

Kondisi letih, lelah, dan kantuk yang menjalar saat dinihari, menjadi beban tersendiri. "Kita semua mahfum, berkendara adalah pekerjaan penuh waktu. Butuh konsentrasi. Manusia hanya bisa berikhtiar. Selebihnya serahkan kepada Nya," tutup Edo.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Hino Ranger Kini Lebih Panjang

Posted:

Jakarta, KompasOtomotif - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan tujuh varian baru Ranger dengan sasis lebih panjang yang dipersiapkan untuk memperkuat portofolio di segmen truk medium (kategori III).

Toshiro Mizutani, Presiden Direktur HMSi mengatakan, kehadiran varian baru ini mampu memaksimalkan produktivitas, performa, efisiensi bahan bakar dan keuntungan konsumen. "Tujuh varian ini akan memenuhi semua kebutuhan akan truk kargo ringan, medium dan berat," komentar Mizutani disela peluncuran di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, hari ini (26/4).

Varian baru Ranger tersebut Hino 500 Super Cruising Ranger FG 240 JP, FG 240 JS, FL 240 JW, DAN FM 285 JW yang masuk kategori 4x2, kemudian FG 215 JP dan FG 235 JS masuk 6x2 serta FM 260 TH 6x4. Dari semua itu, empat di antaranya sudah mengaplikasi teknologi common rail, lainnya masih konvensional. Truk itu dibanderol mulai Rp 513 juta sampai Rp 779 juta off the road.

Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Promosi HMSI menambahkan, tujuh varian baru ini disiapkan untuk mengejar target penjualan total 40.000 unit tahun ini. Khusus kategori III (Ranger) 22.000 unit sedangkan kategori II (Dutro) 18.000 unit.

"Kami harus terus berinovasi dan melihat kesempatan, karena bisnis kargo lagi pesat pertumbuhannya mengisi lesunya pasar di segmen pertambangan," beber Santiko.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 15.38  

0 komentar:

Poskan Komentar