“Haridarma Juara ISOM, Beberapa Balapan Diguyur Hujan” plus 2 more

Minggu, 21 April 2013

“Haridarma Juara ISOM, Beberapa Balapan Diguyur Hujan” plus 2 more


Haridarma Juara ISOM, Beberapa Balapan Diguyur Hujan

Posted:

Bogor, KompasOtomotif - Kejuaraan nasional balap mobil dengan tajuk Indonesian Series of Motorsport (ISOM) 2013 seri pembuka telah bergulir di Sirkuit Sentul, Bogor (21/4). Di kelas utama, Indonesian Super Production (ISP) dimenangi oleh Haridarma Manoppo dari tim Asco. Mantan juara nasional 2011 yang mengemudikan Honda Jazz ini tampil dominan sejak awal perlombaan. Bahkan Sunny TS dari Bintang Sobo yang menempati posisi kedua berada cukup jauh di belakang. Sementara di posisi ketiga diraih Fitra Eri dari HBC Oto Racing Team.

"Sebenarnya saya tidak ada rencana untuk ikutan balap tahun ini, karena belum ada tim ataupun sponsor yang mengajak. Tapi, 2 minggu jelang balap, Anton dari Asco menawarkan untuk ikut balap. Dan kali ini kami turun dengan dana seadanya karena tidak didukung oleh sponsor. Harapannya, dengan prestasi seri pertama ini mampu jadi daya tarik supaya ada yang mau bergabung bersama," ungkap Hari usai balap ISP. Bahkan Anton Hudiyana sebagai pemilik Bengkel Asco tidak bisa memastikan tampil di seri kedua jika tidak ada sponsor.

Ubah Formasi
Tim HBC Oto pada seri pembuka ini mengubah formasi pebalap. Sebelumnya, tim mengumumkan susunan pebalap, Fitra Eri dan Arya Setyaki. Namun saat kualifikasi, mobil yang seharusnya dipakai Arya tiba-tiba dikemudikan oleh Rama Danindro. "Arya tidak bisa membela tim tahun ini karena ada urusan penting yang tidak bisa ditingalkan. Otomatis kami menaikkan pebalap cadangan yang memang sudah kami persiapkan yaitu Rama. Sebagai mantan juara nasional 2009 yang juga menggunakan Jazz, rasanya bukan suatu kesulitan beradaptasi. Buktinya di debut pertama yang dilakukan tanpa latihan dia bisa finish di posisi 5 di Honda Jazz Speed Challenge dan 4 di ISP," ungkap Faris Lutfi, Tim Manajer dan Public Relation HBC Oto.

Hujan Lebat
Usai kelas ISP cuaca mendadak mendung. Bahkan saat balap Mercedes-Benz one make race (kelas setelah ISP) hujan mulai turun dan kian deras. Padahal masih ada beberapa balapan lagi setelahnya. Namun hal tersebut bukan menjadi halangan dan acara balap tetap dilanjutkan. Balap mobil Eropa dan Retro yang terbagi dalam 2 kelas pun tetap berlangsung seru, meskipun ada beberapa peserta yang tidak finish karena tergelincir akibat lintasan licin terguyur hujan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Vettel Melenggang, Alonso Terganggu DRS

Posted:

Sakhir, KompasOtomotif - Balapan yang menempuh 57 lap atau berjarak total 308,484 km (panjang lintasan 5,412 km) dan dimenangi Sebastian Vettel dengan mudah pada Minggu (21/4/2013) itu diwarnai "drama membingungkan" oleh Ferrari. Sebelum lepas garis start, mobil Alonso yang start di urutan ketiga dipasangi ban medium, sedangkan rekannya Felipe Massa yang berada di sampingnya memakai ban kompon keras.

Dengan pemakaian ban yang berbeda ini, jelas Ferrari tak ingin keduanya bersaing atau bisa gugur di awal lomba. Sebab, dengan memakai ban keras, tentu Massa akan kalah cepat dari Alonso saat start. Dengan begitu, ia akan menahan, paling tidak Mark Webber dan Lewis Hamilton.

Alonso terganggu mobil

Benar saja, saat start, Vettel yang bergerak lamban dapat disalip Alonso dari sisi luar di tikungan pertama. Namun, beberapa tikungan kemudian, Vettel dapat membalasnya dan lap 2 giliran Rosberg coba dilewati di tikungan pertama, tetapi dapat direbut kembali.

Masuk lap 3 di tikungan pertama, Vettel berhasil mengambil posisi terdepan dari Rosberg. Satu lap kemudian, giliran Alonso melewati Rosberg, diikuti Paul di Resta (Force India) yang dilakukannya di lap 6. Sementara Massa, Webber, dan Button sudah menempel di belakang Rosberg yang keempat.

Anehnya, pada lap 8 Alonso mengarahkan mobil ke pit untuk mengganti ban, padahal ia memakai ban medium dan paling sedikit menghabiskan 14 lap. Ternyata, sistem DRS-nya tak berfungsi dan akibatnya pada lap 9 posisinya dari keenam melorot jadi kesembilan.

Di sini Alonso menunjukkan kehebatannya. Button dapat disalipnya di lap 46. Hanya, untuk bisa naik podium ia kembali harus bisa melibas Di Resta (ketiga), Grosjean (keempat), Webber, dan Hamilton. Tetapi, peluangnya tertutup karena ia mengalami kesulitan menyingkirkan Perez yang sukses melibas Webber di tangga ketujuh. Akhirnya Alonso harus puas finis kedelapan.

"Balapan kali ini saya belum beruntung. Masak saya harus masuk pit dua kali dalam dua lap," keluh Alonso yang sampai empat seri ini dua seri berjalan tidak mulus.

Yang seru dari balapan ini, di mana duo pebalap McLaren Perez dan Button yang beriringan, sama-sama melibas Rosberg di posisi keenam. Setelah itu giliran Hulkenberg dimakan mereka. Masuk lap 27, Button pun harus melewati rekannya di tikungan pertama dan menduduki urutan keenam. Persaingan keduanya terus berjalan sampai lap 33, bahkan Perez sampai menyeruduk ringan Button.

Penggantian ban yang lebih cepat dilakukan Perez di bagian terakhir membuat pebalap Meksiko itu mampu meraih hasil lebih baik dari rekannya. Ia menyentuh finis keenam, sedangkan Button ke-10.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Vettel Juara, Ferrari Salah Strategi

Posted:

Sakhir, KompasOtomotif — Sebastian Vettel berhasil memenangi balap F1 Bahrain yang menjadi seri keempat musim balap 2013, Minggu (21/4/2013). Andalan tim Infiniti Red Bull Racing itu menyelesaikan 57 lap berjarak 308,484 km tersebut dengan total waktu 1 jam  36 menit 00,498 detik dan ini kemenangan keduanya setelah di Malaysia (seri kedua).

Dalam balapan ini, Vettel hanya butuh dua lap untuk mengambil posisi terdepan dari Nico Rosberg. Bahkan posisi terdepannya sudah terasa aman lepas lap 27, di mana dalam dua kali pitstop ia berhasil mempertahankan posisi terdepannya. Malah jarak dengan pebalap kedua sempat ditinggalnya lebih dari 27 detik sebelum masuk pit ketiga.

Sukses Vettel ini membuat Vettel mendapat tambahan 25 angka menjadi 77. Selisih angka dengan Kimi Raikkonen yang sebelumnya terpaut 3 angka kini menjadi 10 angka.

Kimi sendiri di lomba ini finis di urutan kedua. Hasil yang luar biasa karena andalan tim Lotus-Renault itu start dari urutan kedelapan. Dengan taktik tiga kali pitstop, mantan juara dunia 2007 itu mampu menjaga irama lomba.

Lotus-Renault merupakan tim paling sukses di balapan yang cerah ini karena podium ketiga dipersembahkan oleh Romain Grosjean. Padahal, pebalap Perancis ini start dari urutan ke-11.

Sangat disayangkan bagi Ferrari. Setidaknya Alonso dapat memberi perlawanan pada Vettel. Sampai-sampai Ferrari melakukan strategi unik, di mana Alonso dikasih ban medium dan Felipe Massa ban keras. Belum sampai 10 lap, Alonso sudah harus masuk pit, juga Massa yang seharusnya di atas 17 lap, tapi lap 11 sudah masuk pit. Akibatnya, posisinya melorot dari posisi kedua dan gagal naik podium.

 Hasil Lomba

1. Vettel Red Bull-Renault 57 laps
2. Raikkonen Lotus-Renault + 9.1s
3. Grosjean Lotus-Renault + 19.5s
4. Di Resta Force India-Mercedes + 21.7s
5. Hamilton Mercedes + 35.2s
6. Perez McLaren-Mercedes + 35.9s
7. Webber Red Bull-Renault + 37.2s
8. Alonso Ferrari + 37.5s
9. Rosberg Mercedes + 41.1s
10. Button McLaren-Mercedes + 46.6s
11. Maldonado Williams-Renault + 1m06.4s
12. Hulkenberg Sauber-Ferrari + 1m12.9s
13. Sutil Force India-Mercedes + 1m16.7s
14. Bottas Williams-Renault + 1m21.5s
15. Massa Ferrari + 1m26.3s
16. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
17. Pic Caterham-Renault + 1 lap
18. Gutierrez Sauber-Ferrari + 1 lap
19. Bianchi Marussia-Cosworth + 1 lap
20. Chilton Marussia-Cosworth + 1 lap
21. Van der Garde Caterham-Renault + 2 laps

Sampai seri IV

Peringkat pebalap                Konstruktor
1. Vettel 77                              1. Red Bull-Renault 109
2. Raikkonen 67                    2. Lotus-Renault 93
3. Hamilton 50                       3. Ferrari 77
4. Alonso 47                           4. Mercedes 64
5. Webber 32                         5. Force India-Mercedes 26
6. Massa 30                           6. McLaren-Mercedes 23
7. Grosjean 26                       7. Toro Rosso-Ferrari 7
8. Di Resta 20                        8. Sauber-Ferrari 5
9. Rosberg 14
10. Button 13
11. Perez 10
12. Ricciardo 6
13. Sutil 6
14. Hulkenberg 5  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar