“Target 800.000 unit Toyota Indonesia untuk 2020” plus 2 more

Jumat, 01 Februari 2013

“Target 800.000 unit Toyota Indonesia untuk 2020” plus 2 more


Target 800.000 unit Toyota Indonesia untuk 2020

Posted: 01 Feb 2013 02:54 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Tahun lalu, wholesale (penjualan dari distributor ke dealer) Toyota Indonesia mencapai 405.414 unit atau menikmati pangsa pasar 36,32 persen dari 1,116 juta unit mobil yang terjual di Indonesia. Ke depan, pada 2020, Toyota berharap bisa menaikkannya menjadi 40 persen. Karena itu pula, produsen mobil #1 Jepang dan dunia itu, berharap bisa meningkatkan produksi pabriknya di Indonesia dengan target 800.000 unit pada 2020 untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor.

"Kalau penjualan pada 2020 diperkirakan 2 juta unit, Toyota harus memproduksi lebih banyak lagi, selaras dengan target pangsa pasar 40 persen," jelas I Made Dana Tangkas, Director External & Corporate Affairs Directorate, Production & Logistic Control Directorate PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kepada KompasOtomotif, hari ini (1/2/2013). Informasi ini sekaligus meralat target propduksi  800.000 unit pada 2017 yang diberitakan KompasOtomotif kemarin.     

Semakin besar pasar mobil Indonesia, tentu Toyota juga harus memikirkan pasokan unitnya. Apakah dirakit lokal (CKD) atau impor utuh (CBU) dari negara lain. Sampai kini, selain mengandalkan pabrik TMMIN, Toyota juga menerima pasokan unit dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM

"Potensi pasar 240 juta jiwa tentu tidak efektif kalau hanya mengandalkan impor. Harus memaksimalkan produksi dalam negeri," beber Made. Karena itulah Toyota mempersiapkan pembangunan ketiga di Indonesia.  
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Ssst... Nissan Evalia Akan Tambah Varian

Posted: 01 Feb 2013 02:22 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Belum genap setahun Nissan Evalia meramaikan pasar mobil nasional, ada kabar  Nissan Motor Indonesia (NMI) ingin menambah varian baru, melangkapi yang sudah dipasarkan tipe S, SV, dan XV. Informasi KompasOtomotif terima siang tadi (1/2), dan si sumber tidak menyebutkan secara detail MPV entry level baru itu. Begitu pula, waktu peluncuran, hanya disebutkan paling lambat 2 bulan lagi.

Varian tambahan tersebut dikatakan memiliki beberapa perbedaan sebatas aksesori tambahan. Desain secara keseluruhan masih sama. Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur NMI, enggan berkomentar ketika dimintai keterangan perihal penambahan varian tersebut.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Mengenal Seri Z Kawasaki

Posted: 31 Jan 2013 10:57 PM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak lahir sebagai Ninja, Kawasaki Z250 justru diceburkan ke deretan Seri Z, yang notabene tak pernah punya mesin di bawah 500cc. Dalam sejarahnya, seri Z adalah top of the line  Kawasaki, dengan mesin tercanggih dan berdesain paling atraktif.

Lihat saja Kawasaki Z1 yang lahir pada 1972 sebagai generasi pertama Seri Z. Di zamannya, mesin 903cc empat silinder DOHC adalah yang paling gahar. Seperti dikatakan GM Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Yusuke Shimada dalam peluncuran Z250 (31/1), "Z" itu huruf paling akhir dalam alfabet dan punya arti khusus.

"Huruf terakhir bisa diibaratkan paling ekstrem karena tidak ada huruf lagi setelahnya. Sedangkan angka 1 pada Z1 karena sepeda motor ini dianggap sebagai nomor satu di dunia. Filosofi terus dipakai dalam mengembangkan Seri Z selanjutnya," beber Shimada.

Sejarah berlanjut, dengan munculnya Z1-R pada 1977. Desainnya lebih mengotak dan diarahkan sebagai punggawa cafe racer. Mesin hampir sama dengan Z1, tapi bedanya gas buang hanya dilimpahkan ke satu knalpot. Setahun kemudian muncul Z1300 dengan mesin lebih galak, enam silinder berkapasitas 1.268cc berpendingin cairan. Inilah mesin tebersar di zamannya. Dalam peluncuran, Z1300 mampu memukau wartawan dengan aksi wheelie (angkat ban depan).

Generasi Dua
Generasi lawas berlalu, muncul penerus di era 1980-an. Dua tahun berturut-turut lahir Z1100GP (1981) dan Z1000R (1982). Secara penampilan lebih galak dengan knalpot berkelir hitam dof. Ini adalah salah satu dari sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi injeksi dengan nama K.E.F.I (Kawasaki Electronic Fuel Injection).

Lama tak muncul kembali, Kawasaki masih butuh Seri Z untuk mendongkrak nama. Pada 2003 muncullah Z1000 baru dengan desain lebih revolusioner. Mesin diambil dari Ninja ZX-9R berkapasitas 953cc dengan setelan diubah mengutamakan torsi besar yang dicapai dalam waktu lebih baik.

Tampang semakin galak dan bodi mulai membesar dengan kemunculan Z1000 di 2007. Sasis diperbarui, sebagian berbahan aluminium untuk mengurangi bobot. Versi ABS juga ditawarkan dalam model ini.

Generasi Tiga
Era canggih berlanjut dengan Z1000 yang muncul pada 2010. Inilah generasi ketiga yang dikembangkan dari sasis, mesin, dan desain mutakhir. Konsep superbike ditanamkan di sini, mengusung mesin dual cam berkapasitas 1.043cc dengan kompresi tinggi yang dipadukan transmisi 6-percepatan.

Kawasaki mendesain suspensi belakang dan sokbrekernya berada di atas lengan ayun, sehingga tidak terkena panas knalpot dan mampu memberikan kontribusi besar untuk sentralisasi beban. Selanjutnya, dengan mesin lebih rendah, muncul Kawasaki Z800 di akhir 2012.

Z250 Numpang Tenar?
Berarti, bisa dikatakan, secara nama Z250 bakal numpang ketenaran dan kegagahan Seri Z sebelumnya. Sebab, secara teknologi, fitur, dan tentunya kapasitas mesin, tipe paling bontot ini berada jauh berada di bawah para "sesepuh" Seri Z.

Sekali lagi, Indonesia sebagai salah satu negara "pendulang emas" untuk Kawasaki Heavy Industry Jepang adalah muaranya. Apa pun bakal diberikan, termasuk mengorbankan keganasan Seri Z sebelumnya, menjadi lebih "fleksibel" dengan diterimanya mesin 250 cc masuk di jajaran elit produk Kawasaki. Makanya, peluncuran perdananya di dunia dilakukan di Indonesia.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.04  

0 komentar:

Poskan Komentar