“Nico Rosberg Gebrak Jerez dengan W04” plus 2 more

Selasa, 05 Februari 2013

“Nico Rosberg Gebrak Jerez dengan W04” plus 2 more


Nico Rosberg Gebrak Jerez dengan W04

Posted: 05 Feb 2013 07:18 AM PST


Jerez, KompasOtomotif — Nico Rosberg tampil mengesankan dengan mobil baru W04 dalam sesi pengujian di hari pertama (5/2) dari empat hari yang dijadwalkan di Sirkuit Jerez de la Frontera, Spanyol. Pebalap asal Jerman yang tahun ini mendapat pasangan baru, Lewis Hamilton, melesat tercepat dengan 1 menit 20,846 detik dalam sesi pertama pagi hingga makan siang.

Posisi tercepat kedua direbut pebalap Williams-Renault asal Venezuela, Pastor Maldonado, yang kalah cepat 0,369 detik. Di belakangnya membayang Daniel Ricciardo dari Toro Rosso dengan hasil 1:21,316 detik.

Pada tes ini, semua tim tampil, walau hanya menyertakan satu pebalap. Contohnya Mercedes, yang hanya menampilkan Nico. Sementara itu, McLaren diwakili Jenson Button, yang tak bisa tampil maksimal karena mengalami gangguan. Bahkan, McLaren MP4-28 harus digendong untuk dibawa ke pit dan catatan waktunya tidak tercantum. Adapun Ferrari menurunkan Felipe Massa yang menduduki posisi tercepat kelima di bawah Nico Hulkenberg, wakil dari Sauber di urutan keempat.

Romain Grosjean dari Lotus harus puas berada untuk sementara di posisi paling buncit. Bukan tidak mungkin, pada sesi siang hingga sore, ia bisa memperbaiki penampilannya.

Hasil sementara hari I
1. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes 1min 20.846secs
2. Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault 1min 21.215secs
3. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari 1min 21.316secs
4. Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari 1min 21.553secs
5. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari 1min 21.598secs
6. Mark Webber Australia Red Bull-Renault 1min 22.959secs
7. Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault 1min 24.994secs
8. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth 1min 25.176secs
9. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes No time
10. Paul di Resta Britain Force India-Mercedes No time
11. Romain Grosjean France Lotus-Renault No time

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Januari 2013, Penjualan Toyota Naik 23,1 Persen

Posted: 05 Feb 2013 03:37 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati sebagian pelaku bisnis mobil agak ragu dengan pertumbuhan pada tahun ini, ternyata Toyota membuktikan, awal 2013 penjualan dari distributor ke dealer (wholes sales) tumbuh 23,1 persen. Kalau Januari 2012 hanya bisa menjual 29.189 unit, pada Januari tahun ini mencapai 35.923 unit.

"Sebagai pelaku industri, hasil gemilang pada 2012 menjadi pemacu untuk menjadi lebih baik pada tahun ini. Toyota tidak boleh larut dalam euforia prestasi tahun lalu. Tahun ini, tantangannya semakin berat, harus disiasati dengan baik agar pertumbuhan terjaga," komentar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan dalam rilisnya hari ini.

SUV
Di awal 2013, pertumbuhan penjualan ditopang oleh SUV, yaitu 4.820 unit atau tumbuh 32,9% dibandingkan dengan Desember tahun lalu, 3.628 unit.Dibandingkan dengan bulan yang sama untuk 2012, yaitu 4.334 unit,SUV naik 11,2%.

Untuk MPV, dilaporkan mencapai 25.141 unit atau tumbuh 12,7% dibandingkan dengan Desember tahun lalu, 22.301 unit. Sedangkan dengan bulan yang sama, naik 18,3% atau 21.249 unit.

Avanza masih tetap menjadi primadona dengan penjualan 17.471 unit, diikuti Kijang Innova 7.383 unit dan NAV1 282 unit. 

Segmen sedan, total penjualan 983 unit atau tumbuh 29,2% dibandingkan dengan Januari 2012, hanya 761 unit. Di segmen inI, sedan low entry, Vios menjadi kontributor utama dengan total penjualan 617 unit. Untuk Yaris, tumbuh 28,7 persen atau 1.529 unit dibandingkan Januari 2012 hanya 1.188 unit.

Komersial
Komersial membukukan penjualan 3.342 unit atau tumbuh 106,8% dibandingkan dengan Januari 2012, yaitu 1.616 unit.

Pertumbuhan cukup besar diperoleh dari pikap Hilux, yaitu 928 unit atau tumbuh 112,8 persen dibandingkan dengan Januari tahun lalu, 436 unit. Sedangkan untuk truk 2 ton, mencapai 2.410 unit atau tumbuh 104,2 persen dibandingkan Januari tahuhn lalu, 1.180 unit.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Gairah Baru VW Scirocco dengan Stiker Emas

Posted: 05 Feb 2013 01:00 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Awalnya cuma ingin punya VW Scirocco khusus. Namun begitu kecebur, Gunawan Gary, pengusaha yang berdomisili di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini, harus habis-habisan. Tidak hanya harus rela membayar Rp 700 juta, juga harus menunggu 7 bulan.

"Komunikasi dan pengiriman barang, kendala yang harus dihadapi saat membangun mobil ini. Saya tidak berani coba-coba dengan produk aftermarket yang tidak jelas. Jika perlu, semua pakai komponen khusus Scirocco untuk modifikasi," jelas Gary. Komponen yang didatangkan dari Inggris tersebut, digunakan untuk mengairahkan mesin menghasilkan tenaga lebih besar.

Turbo dan kit balap
Untuk mendapatkan gairah besar mesin, turbo standar diganti dengan GTX 28x buatan Garrett. Karena tekanan yang dihasilkan turbo mencapai 1,5 bar, jeroan, seperti piston dan setangnya diganti dengan versi kompetisi. Proses penggantian dilakukan di Bengkel Autowerkz, Pluit.

Mulai dari pemasangan hingga penyetelan, Gunawan, sang mekanik selalu berkomunikasi dengan teknisi asal Inggris yang memproduksi komponen kompetisi tersebut. Sedangkan untuk kelistrikan, diserahkan kepada dealer VW di Pluit untuk meminimalisasi kesalahan. Komputer mesin (ECU),  diganti dengan Unitronic stage-4 yang didatangkan dari Montreal, Kanada. Hasilnya, mesin bergairah menghasilkan tenaga 450 PS.

Gairah besar itu sempat dibuktikan di lintasan drag race. "Nyetir-nya susah dan tidak bisa asal dibejek. Bisa spin terus. Apalagi bannya belum slick. Kalau sudah bisa bawanya, baru saya ikut drag," beber Gary yang mengakui masih belum berani  menggeber di atas 250 kpj.

Pintu Gunting
Agar tampil beda, beberapa bagian dipermak. Bemper depan diganti dengan produk Rieger asal Jerman. Gril, lubang angin tengah, rumah lampu kabut dan spoiler pakai serat karbon. Begitu pula dengan bemper belakang, difuser dan spoiler atas.

Perubahan terbesar eksterior adalah cara buka-tutup pintu, dari berayun menjadi model gunting. Untuk itu, adaptor diimpor langsung dari Jerman khusus untuk Scirocco. "Pemasangan tidak sulit. Sesuai dengan posisinya dan tidak perlu melakukan modifikasi lagi," terang Gary.

Ciri khas lain, bodi dihiasi dengan corak cat emas dof. Pergantian warna tidak dengan pengecatan, namun menggunakan stiker seluruh bodi. Alasannya, bisa diganti setiap bila bosan. Kini, Gary pun menunggu warna biru "ngejreng", diklaim belum ada yang menggunakannya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar