“Nano Versi Amerika Mejeng di Geneva” plus 2 more

Senin, 28 Januari 2013

“Nano Versi Amerika Mejeng di Geneva” plus 2 more


Nano Versi Amerika Mejeng di Geneva

Posted: 28 Jan 2013 04:21 AM PST

Mumbai, KompasOtomotif - Tata Motors (TM) mengonfirmasi keikutsertaannya dalam  Geneva Motor Show 2013,  Maret mendatang. Kepastian ini disampaikan  langsung oleh Ranjit Yadav, Presiden Unit Bisnis Mobil Penumpang TM, seperti dikutip Indianautosblog, hari ini (28/1).  Dan ini bukan kali pertama, tahun lalu pun sudah menampilkan beberapa konsep seperti Xover, Elegante, Prima, Pixel dan Megapixel. Sayang, Yadav tidak mengonfirmasi model apa saja yang akan dijadikan jagoan tahun ini.

Di Swiss nanti, TM akan membawa generasi terbaru Nano, termasuk yang kini sedang hangat dibicarakan berupa versi Amerika dan Eropa. Selain desain beda, mesin 2 silinder 600 cc yang hanya mampu digeber hingga 105 kpj  akan dinaikkan kapasitasnya jadi 800 cc atau 1.000 cc. Fitur juga ikut ditambahkan antara lain power steering, kontrol traksi dan udara. Banderolnya diperkirakan sekitar 10.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 96 juta.

Kandidat lain yang juga diperkirakan akan hadir adalah generasi terbaru Indica. Belum jelas varian apa yang akan ditampilkan, Vista Concept S2 atau versi lain yang terbaru. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Moge ”Naked” Lebih Dicari Ketimbang ”Fairing”?

Posted: 28 Jan 2013 04:06 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Mungkin karena kontur jalan dan kondisi lalu-lintas di Indonesia yang tidak begitu bersahabat, sepeda motor besar (moge) tanpa fairing lebih dicari. Paling tidak, salah satu merek moge yang baru saja masuk Indonesia secara resmi, MV Agusta, sudah membuktikannya. Dari sembilan unit yang terjual sejak diperkenalkan November lalu, tujuh di antaranya telanjang.

Dari jumlah sepeda motor yang terjual, paling banyak  tipe Brutale 675. Selain telanjang, model bermesin tiga silinder berteknologi tinggi ini punya kapasitas mesin tak terlalu besar, dan masih bisa dipakai touring dalam kota. Selebihnya, yang terjual adalah MV Agusta F4

"Mungkin banyak yang merasa belum menemukan kenikmatan naik sepeda motor sport dengan fairing. Biasanya tongkrongannya lebih rendah, dan riding position lebih membungkuk. Mudah capek pasti," ujar Steven Oentoro, CEO PT Moto Arte Indonesia (MAI) sebagai agen pemegang merek MV Agusta di Indonesia.

Saat ini, MAI terus menggenjot penjualan MV Agusta di Indonesia. Target tiga unit dalam sebulan sudah tercapai, selanjutnya  menaikkan target hingga akhir tahun. Meski sudah diluncurkan sejak akhir 2012, calon konsumen MV Agusta lebih banyak menahan dan memilih untuk menunggu tahun 2013 karena berbubungan dengan tahun pembuatan dan STNK.

ER-6 atau Ninja 650?
Indikasi serupa juga menimpa Kawasaki. Dengan spesifikasi mesin yang sama, Kawasaki ER-6 lebih disukai ketimbang Ninja 650 (versi ber-fairing). Secara kasat mata memang terbukti, di jalanan lebih sering ditemui ER-6 ketimbang Ninja 650. Bahkan pemain modifikasi lebih banyak merombak ER-6 daripada versi fairing-nya.

Apa sebab? Menurut Danny Kawasaki, pemilik bengkel khusus Kawasaki Teratai Motor di Jl RS Soekanto, Jakarta Timur, Kawasaki ER-6 dirasa lebih ringkas. "Orang mungkin suka simpelnya. Tapi sebenarnya kalau untuk aerodinamika, model fairing jauh lebih baik. Posisi duduk sama saja, cuma kalau dibawa lari, ER-6 anginnya lebih berasa ke muka," ujarnya kepada KompasOtomotif (28/1).

Dulu, banyak mimpi bikers ditambatkan pada sepeda motor sport ber-fairing. Tapi kini tawaran kepraktisan model telanjang membuat penggemar moge "terpecah". Terlepas dari mana yang lebih efisien, mana yang lebih gaya, atau mana yang lebih kencang, semua bergantung pada selera.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Tampilan Ferrari F2013 Lebih Klasik

Posted: 28 Jan 2013 03:18 AM PST

KompasOtomotif - Ferrari akan meluncurkan mobil balap barunya F2013, Jumat (1/2) ini. Banyak kalangan berharap, jet anyar kuda jingkrak itu lebih menyenangkan dan enak dipandang ketimbang pendahulunya (F2012). Terutama desain hidung yang banyak diikuti tim lain, tahun lalu. Kali ini, kubu Scuderia akan menyamarkan tampilan moncong mobil.

Menurut surat kabar Spanyol Marca, mobil balap yang akan dikemudikan Fernando Alonso dan Felipe Massa itu hanya dikenal dengan nomor referensi 664. Tampilannya lebih klasik yang mengambil keuntungan dari keputusan FIA, di mana tim dapat menggunakan panel dileminasi untuk menutupi lekukan pada moncong mobil. Trus, mobil-mobil boleh melanjutkan konsep hidung tinggi yang memungkinkan aliran udara tanpa ada hambatan di depan sasis.

Tak cuma hidung, dari rendering menunjukkan rancangan sidepods lebih kecil, meski dari markas Ferrari di Maranello mengakui bahwa tampilan mobil saat peluncuran dan balapan pembuka di Australia akan berbeda. Karena, perlakuan aero, depan dan belakang akan lebih komplek pada saat di Melbourne.

Informasi lainnya, knalpot F2013 akan menggunakan Coanda, sama seperti dipakai Red Bull (juga ditiru tim lain) tahun lalu. Tapi, tatanan pull-rod suspension-nya dipakai seperti yang sudah diperkenalkan akhir tahun lalu. Kemungkinan, tim lain juga akan menerapkannya.

Rookie 2013 Valtteri Bottas telah mengkonfirmasi bahwa mobil baru Williams FW35, moncongnya tidak lagi berbentuk tangga, tapi lurus. "Dengan aturan baru, moncong mobil diluruskan. Itulah perbedaan terbesar dalam penampilan," ungkap Bottas kepada televisi MTV3.

Inilah jadwal peluncuran tim F1

Jan 28 - Lotus
Jan 31 - McLaren
Feb 01 - Ferrari
Feb 01 - Force India
Feb 02 - Sauber
Feb 03 - Red Bull
Feb 04 - Mercedes
Feb 04 - Toro Rosso
Feb 05 - Caterham
Feb 19 - Williams

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.50  

0 komentar:

Poskan Komentar