“Mitsubishi Pasarkan Outlander Hibrida “Plug-in”” plus 2 more

Senin, 07 Januari 2013

“Mitsubishi Pasarkan Outlander Hibrida “Plug-in”” plus 2 more


Mitsubishi Pasarkan Outlander Hibrida “Plug-in”

Posted: 07 Jan 2013 01:51 AM PST

Tokyo, KompasOtomotif -  Mitsubishi Motor Corporation (MMC) akan meluncurkan Outlander Hibrida Plug-in (PHEV) pada 24 Januari ini untuk konsumen Jepang. Outlander ini berbeda dengan versi yang dipasarkan di Indonesia, dimensi lebih besar atau masuk ke SUV medium.

Outlander yang dipasarkan di Indonesia adalah ASX (Active Sport Crossover) atau RVR (Recreation Vehicle Runner) dengan ukuran lebih kompak dan disebut Outlander Sport.

Menurut Nikkei, Outlander PHEV dikembangkan dengan menggunakan teknologi motor listrik baterai dari iMiEV, termasuk Minicab-MiEV. SUV ini diperkenalkan Mitsubishi padaGeneva Motor Show 2012.

Menurut MMC, dengan menggunakan teknologi hibrida PHEV ini, konsumsi bahan bakar – metode tes JC08 – konsumsinya 18,6 kpl. Bila mengandalkan energi dari baterai, SUV bisa dijalan untuk jarak 60,2 km. Ini sama dengan jarak tempuh sebagian besar kendaraan listrik setiap harinya.

Sistem 4x4
Dijelaskan pula, Outlander PHEV adalah kendaraan 4x4 dengan menggunakan dua motor listrik, satu pada as roda depan dan satu lagi poros roda belakang. Motor listrik yang digunakan sekarang ini, ukurannya lebih kecil dan bobot yang semakin ringan.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik  kini lebih besar, yaitu 60 kW. Sedangkan pada Minicab MiEV 47 kW. Torsi maksimum  motor listrik depan 137 Nm dan belakang 195 nm. Sedangkan perbandingan akhir gigi depan dan belakang motor adalah 9,633 dan 7,065.

Bila mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, jarak total yang bisa ditempuh adalah 897 km (metode tes JC08). Mesin yang digunakan adalah bensin 4-silinder yang menghasilkan tenaga maksimum 87 kW @4.500 rpm dan torsi maksimum 186 Nm @4.500 rpm

Ketika kendaraan dijalankan pada kecepatan tinggi, kopling yang ditempatkan pada aksel depan, dihubungkan  langsung ke mesin. Rasio reduksi akhir dari mesin menjadi 3,425. Tenaga dari motor baru ditambahkan bila mobil membutuhkan tenaga besar berakslerasi dan menanjak.

Untuk baterai, digunakan tipe lithium-ion yang bisa dicas yang dikembangkan khusus untuk Outlander (namun dikembangkan dari basis iMiEV dan Minicab-MiEVn) yang dapat menghasilkan energi 16,0 kWh.

Baterai terdiri dari 80 sel yang dihubungkan secara seri, menghasilkantotal  tegangan 300 V dan energi 12 kWh.

Waktu pengisian
Untuk kondisi normal, pengisian membutuh waktu empat jam dengan tegangan (AC200 dan arus 15A). Namun bila dikebut, hanya butuh 30 menit dengan pengisian hanya 80 persen dari total kapasitas baterai.

Tenaga rem regeneratif dapat disetel sampai tiga tahap melalu tuas dan 6 tingkat via selektor regenerasi (tipe paddle) yang dipasang di setir.  

Di negeri asalnya, SUV hibrida ini dijual mulai dari 3.324 – 4,297 juta yen atau (Rp 364 – 470 juta).

Dimensi
Panjang x lebar x tinggi: 4.655 x 1.800 x 1.680 mm dan jarak antar-sumbu roda 2.670 mm


 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Honda Civic Estilo Penguasa Lintasan 201 m

Posted: 07 Jan 2013 01:51 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Chandra Satrya Ananda, pemilik Honda Civic Estilo 1996 rela merogoh kocek hampir Rp 1 milyar agar mobilnya jadi yang tercepat di lintasan drag race 201m di Indonesia. "Dana tersebut habis untuk  riset dan pengembangan. Tapi jika dihitung dari bentuk standar hingga seperti ini cuma habis setengahnya saja, yah hitung-hitung ongkos belajar," ujar Chandra.

Urusan modifikasi diserahkan kepada Haviedz - punggawa Bengkel Supernova Ord -  namun Chandra tetap mengikuti perkembangan dan perubahan sekecil apapun. Hingga akhirnya, kendaraan hatchback  tersebut mampu menembus 7 detik untuk jarak lintasan 201 m. Untuk lebih meyakinkan lagi, setiap lomba mobil disopiri 3 orang termasuk dirinya. Hasilnya,  ketiganya sama-sama mengukir waktu 7 detik, yang membedakan 2 angka di belakang koma.

Masih Pakai Karburator
Honda Estilo bisa melesat sekencang itu lantaran mesin B20 mempunyai tenaga maksimum  370 PS. Bisa sebesar itu berkat jeroan pakai yang kompetisi seperti piston dan setang piston, klep dan per klep Supertec, camshaft, retainer dan cam gear produk Skunk2. Kepala silinder standar ditukar dengan yang B16.

Anehnya, untuk suplai bahan bakar, Haviedz malah menggunakan karburator. Sebuah kemunduran dalam hal teknologi mengingat standarnya telah memakai injektor. "Sebenarnya kita sudah coba beberapa kali memakai beragam injektor, tapi hasilnya tetap tidak maksimal. Bahkan pernah mencoba four throttle, tapi tetap sulit menemukan setelan yang pas. Dengan karburator, proses penyetelan lebih mudah dibanding harus menyesuaikan tiap 500 rpm jika menggunakan sistem injeksi," kenang Haviedz. Alhasil karburator Weber DCOE 50 dipasang dengan adaptor yang dibuat kustom oleh Supernova Ord.

Walaupun memakai karburator, namun sistem kelistrikan tetap dipusatkan pada Engine Control Unit (ECU) P28 yang sudah disetel ulang (remapping). Komponen tersebut dipasang untuk mengatur pengapian produk MSD.

Rombak Body
Untuk mendapatkan body yang rigid, Chandra setuju dengan ide Haviedz  menggunakan sasis tubular. Terpilihlah produk dari Your Fabrication khusus untuk Estilo. Body  sudah dibuat seringan mungkin menggunakan serat karbon yang dibuat 2 bagian terpisah dan bisa dibongkar pasang. Kap yang menyatu dengan fender depan serta body dari pilar A hingga belakang. Semua kaca diganti dengan bahan akrilik.

Kaki-kaki juga sudah dibuat kustom seperti sokbreker belakang untuk memberi peredaman super ekstrem. Alhasil ayunan terasa sangat keras. Sementara depannya memakai produk Zage untuk per dan sokbreker.

Ratu Laut Selatan
Untuk lebih memiliki daya tarik, body dicat hijau dengan tambahan airbrush superhero Hulk. Ada kisah menarik efek pemberian warna tersebut. Kala hendak berlaga di Pantai Selatan daerah Yogyakarta, terjadi hal mistis. Saat melakukan ujicoba, mobil terasa agak lari ke arah pantai setiap ganti gigi. "Kita berpikir bisa jadi spooringnya "lari" (kurang pas). Tapi menjelang sore hari ada penduduk sekitar yang memperingatkan untuk tidak melanjutkan lomba takut terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan," beber Haviedz.

Karena tidak terlalu percaya hal seperti itu, di sore harinya menjelang lintasan ditutup, Estilo Hulk ini pun tetap dicoba. Nekad,  saat pedal gas ditekan maksimal, mobil tiba-tiba melesat liar (tidak terkendali) dan  terguling sampai bodi berkelir hijau ini ringsek. Untungnya pengemudi tidak cedera serius, hanya luka-luka ringan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Ini Pebalap yang Bertarung di F1 2013

Posted: 07 Jan 2013 12:33 AM PST

KompasOtomotif - Persaingan di ajang balap mobil F1 musim 2013 bakal lebih seru. Pasalnya, juara dunia 2012 Sebastian Vettel bersama tim Red Bull Racing (RBR) -juga juara dunia komstruktor- bakal mendapat perlawanan lebih ketat dibandingkan tahun lalu. RBR tampil masih dengan formasi pebalap yang sama Vettel dan Mark Webber.

Selain Red Bull, dua tim papan atas juga tampil dengan susunan pebalap yang sama. Seperti Ferrari masih diperkuat pasangan Fernando Alonso dan Felipe Massa dan Lotus dengan Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean. Sedang McLaren yang tahun ini menaikkan Jenson Button sebagai pebalap utama ditemani mantan tim Sauber Sergio Perez.

Tim Mercedes yang ditinggal Michael Schumacher (pensiun) termasuk yang diperhitungkan oleh lawan. Duet Lewis Hamilton yang hijrah dari McLaren bersama Nico Rosberg menjadi kekuatan yang membahayakan. Apalagi Lewis diposisikan sebagai pebalap utama.

Meski lomba seri pertama masih dua bulan lagi (Maret di Australia), tapi 11 tim yang sudah memastikan diri tampil telah mempersiapkan pebalapnya. Dari tahun lalu, selain Michael Schumacher, Bruno Senna yang tahun lalu berada di belakang kemudi Williams, kontraknya tidak diperpanjang. Posisinya digantikan oleh Valtteri Bottas yang tahun lalu sudah sering diturunkan Williams setiap latihan resmi.

Selain Bottas, pendatang baru lainnya ada Esteban Gutierrez yang direkrut Sauber untuk disandingkan sama Nico Hulkenberg. Sementara tim Caterham baru mencantumkan nama Charles Pic sebagai pebalap pertama, jok kedua masih diperbutkan antara Vitaly Petrov (Rusia), Bruno Senna, dan Giedo van der Garde. Tampaknya, peluang lebih besar kepada Petrov karena kemungkinan ia membawa sponsor.

Ditinggal Nico Hulkenberg, tim Force India menaikkan status Paul di Resta sebagai pebalap utama. Pendamping pebalap asal Inggris ada dua nama yang kuat dari beberapa yang digosipkan seperti Brunno Senna, Luiz Razia, Jaime Alguersuari dan Sebastian Buemi (dua nama terakhir mantan pebalap Toro Rosso). Kedua nama tersebut adalah Adrial Sutil dan Jules Bianchi.

Secara pengalaman, tentu ada pada Sutil dan sudah menujukkan performanya sama India Force. Tapi, dari sisi sponsor, peluang lebih pada Bianchi yang sangat dekat dengan Ferrari. Kebetulan, tim kuda jingkrak itu juga menyuplai mesin ke Force India dan tidak lagi ke Toro Rosso yang dikabarkan memakai Renault.

Formasi pebalap tim F1 2013

Red Bull            :Sebastian Vettel / Mark Webber
Ferrari                :Fernando Alonso/ Felipe Massa
McLaren            :Jenson Button /Sergio Perez
Lotus                 :Kimi Raikkonen/ Romain Grosjean
Mercedes         :Lewis Hamilton /Nico Rosberg
Sauber              :Nico Hulkenberg/ Esteban Gutierrez
Force India       : Paul di Resta/ Adrian Sutil, Jules Bianchi
Williams           :Pastor Maldonado/ Valtteri Bottas
Toro Rosso      :Daniel Ricciardo /Jean-Eric Vergne
Caterham         :Charles Pic/ Petrov, Senna,Van der Garde
Marussia           :Timo Glock /Max Chilton

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.05  

0 komentar:

Poskan Komentar