“IDDC: Rasyid Hatta Rajasa Mungkin Kelelahan” plus 2 more

Rabu, 02 Januari 2013

“IDDC: Rasyid Hatta Rajasa Mungkin Kelelahan” plus 2 more


IDDC: Rasyid Hatta Rajasa Mungkin Kelelahan

Posted: 02 Jan 2013 05:11 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Kecelakaan maut yang melibatkan Muhammad Rasyid Amrullah, anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa, kemungkinan besar gara-gara kelelahan yang berakibat kantuk. Selanjutnya, respon jadi berkurang. Analisis itu diutarakan Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) yang dihubungi KompasOtomotifsore ini (2/1).

Menurut Bintarto, 37 persen dari kecelakaan karena pengemudi dalam kondisi lelah. "Kemampuan menganalisa turun drastis dan tidak bisa mengukur kecepatannya,  apalagi kecepatan orang lain," terangnya.

Bintarto meyakini hal tersebut karena kecelakaan terjadi pada "jam tidur", yaitu pukul 05.45. Kondisi lelah rawan terjadi antara pukul 02.00 hingga 06.00. Apalagi, Rasyid belum beristirahat setelah semalaman merayakan pesta tahun baru.

Polda Metro Jaya sore ini sudah mengumumkan hasil tes pengaruh obat-obatan terlarang yang mungkin dikonsumsi Muhammad Rasyid Amrullah, sebelum kecelakaan maut terjadi yang merenggut dua nyawa, kemarin (1/1). Hasilnya, Rasyid bebas kokain, amphetamin, methametamin, kanabis atau ganja dan morfin.

Belum diungkapkan kemungkinan pengaruh alkohol oleh Kepolisian. Dalam jumpa pers, Kombes Rikwanto hanya menjawab dengan nada bercanda ketika wartawan menanyakan kemungkinannya. "Ya, masak malam tahun baru minumnya (sirup) ABC atau Orson?" guraunya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

5 Eksekutif Pengubah Industri Otomotif Dunia 2012

Posted: 02 Jan 2013 04:08 AM PST

Detroit, KompasOtomotif - Sepanjang tahun 2012, industri otomotif global dihadapkan oleh beberapa kondisi yang tidak stabil. Mulai dari krisis hutang yang melilit Eropa, penurunan pasar di China dan gangguan perekonomian di AS (pada awal tahun) sehingga mempengaruhi perkembangan pasar. Nah, situs Automotive News merangkum beberapa sosok pelaku bisnis otomotif dunia yang dinilai paling berpengaruh sepanjang tahun lalu dalam menciptakan kondisi lebih baik, mulai dari sudut pandang lingkungan, bisnis dan sosial. Inilah mereka.

Norbert Reithofer

Ketika pasar di Eropa turun, Chief Executive Officer BMW itu tetap menjalankan  agendanya dalam mengembangkan teknologi hijau. Bahkan, pria berusia 56 tahun ini mendorong penggunaan material daur ulang dan menyediakan tempat untuk mengakhiri siklus kendaraan. Hasilnya, di bawah pimpinannya, BMW berhasil memimpin pasar mobil premium di AS dan runner-up di pasar global.

Akio Toyoda

Orang nomor satu di Toyota ini berhasil mengembalikan kejayaan Toyota setelah terpuruk diakibatkan dua krisis, yakni berupa recall jutaan unit di seluruh dunia dan bencana tsunami. Cucu dari pendiri Toyota ini berhasil mengembalikan posisi Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia pada 2012, mengalahkan rival General Motors dan Volkswagen.

Elon Musk

CEO Tesla Motors berusaia 41 tahun ini punya ambisi besar menghasilkan produk ramah lingkungan yang bisa diterima pasar. Dia pernah menciptakan roket Falcon 9 dan Dragon yang kemudian dikontrak oleh NASA mulai Desember 2008.  Mobil terbarunya Model S diharapkan bisa mewujudkan impiannya itu. Cara ia  mengembangkan bisnis bukan dengan metode franchise untuk jaringan pemasaraan seperti yang biasa dilakukan merek lain.

Martin Winterkorn (65)

Bos Volkswagen ini bisa dibilang salah satu orang tersukses di 2012.  VW berhasil mencatatkan keuntungan mencapai 14,8 miliar dollar AS (Rp 142,8 triliun) pada 2011 dan 2012 diperkirakan akan lebih. Keberhasilan ini menjadi bukti kapaibilitasnya dalam memimpin produsen mobil terbesar di Eropa. Termasuk menjadi bagian dari upaya mewujudkan ambisinya menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018, menggeser Toyota dan General Motors dari hadapannya.

Takanobu Ito

Bos Honda ini merevolusi sistem penggerak (drivetrain) pada model-model baru yang diluncurkan tahun lalu dengan menciptakan mesin berkapasitas lebih kecil disokong sistem transmisi yang lebih baik sehingga lebih efisien konsumsi bahan bakarnya. Ito bahkan melakukan gerak cepat meluncurkan Civic baru, sehingga banyak mendapat reaksi kurang baik dari konsumen di AS yang menilai material kualitas plastiknya buruk. Pria berusia 59 tahun ini langsung meluncurkan kembali Civic baru setahun kemudian dan membalikkan keadaan.

Ito juga memastikan kelahiran kembali legenda mobil sport Jepang, NSX dan memperbarui citra Accura di AS. Honda menargetkan penjualan globalnya bisa mencapai 6 juta unit pada 2016.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Jok Belakang Luxio yang Ditabrak BMW Rasyid Hatta Rajasa Sudah Dimodifikasi

Posted: 02 Jan 2013 03:37 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu Luxio yang ditabrak anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Muhammad Rasyid Amrullah, kemarin (1/1) dini hari ternyata sudah dimodifikasi. Dari foto yang diperoleh Kompas.com, tampak jok belakang saling berhadapan. Tujuannya, menambah kapasitas penumpang. 

Menurut Pradipto Sugondo, Head Executive Research & Development,  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ketika dihubungi KompasOtomotif hari ini (2/1), Luxio berbeda dengan Gran Max, khususnya susunan jok belakang. ADM tidak pernah mengeluarkan varian dengan tempat duduk belakang saling berhadapan untuk Luxio.

"Jika memang tempat duduknya saling berhadapan, berarti sudah dimodifikasi. Sejak pertama kali diluncurkan, pilihan hanya, jok paling belakang menghadap ke depan," jelas Pradipto.

Berdasarkan foto, jok belakang sudah diubah. Pengerjaannya kurang rapi untuk setingkat Luxio. Untuk memodifikasi jok belakang dengan konfigurasi saling berhadapan, cukup mudah. Banyak bengkel jok menyediakan jasa ini. Selain dibuatkan jok yang saling berhadapan lengkap dengan besi penyangahnya, biasanya bengkel mengakali pengait bukaan pintu agar bisa dibuka dari dalam.

"Nanti akan kami perjelas lagi. Kami masih menunggu laporan resmi dari tim, tentang modifikasi jok belakang Luxio," ujar Pradipto.

"Jika memang tempat duduknya saling berhadapan, berarti sudah dimodifikasi. Sejak pertama kali diluncurkan, pilihannya hanya, jok paling belakang menghadap ke depan," jelas Pradipto.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar