“Bengkel Siaga 24 Jam Auto2000 untuk Korban Banjir” plus 2 more

Selasa, 22 Januari 2013

“Bengkel Siaga 24 Jam Auto2000 untuk Korban Banjir” plus 2 more


Bengkel Siaga 24 Jam Auto2000 untuk Korban Banjir

Posted: 22 Jan 2013 04:19 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) menyiagakan tiga jaringan untuk beroperasi 24 jam non-stop melayani konsumen korban banjir Ibukota sejak pekan lalu. Ketiga bengkel berlokasi di Auto2000 Bekasi Timur, Pantai Indah Kapuk dan Dealer Isuzu di Daan Mogot, Jakarta Barat, mulai hari ini (22 Januari) sampai 3 Februari.

"Kami himbau seluruh konsumen bisa langsung datang atau minta diantar mobilnya ke bengkel siaga 24 jam yang beroperasi dan mendapatkan layanan diagnosa dan perbaikan ringan gratis," komentar Jodjana Jody, Chief Executive Officer Auto2000 kepada KompasOtomotif, hari ini (22/1/2013).

Dijelaskan, seluruh jaringan Auto2000 di Jabodetabek juga beroperasi normal dan siap menerima konsumen korban banjir. Untuk lebih meringankan lagi,  diberikan diskon khusus bagi yang tidak menggunakan asuransi dalam perbaikan kendaraaannya. "Kami memberikan diskon jasa sampai 25 persen dan suku cadang 10 persen di semua jaringan Auto2000 Jabodetabek, khusus untuk konsumen non-asuransi," beber Jody.

Ratusan

Dilanjutkan, seluruh pelanggan Auto2000 juga bisa memanfaatkan fasilitas Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Astra World yang menyediakan enam unit mobil gendong. Sejak pekan lalu, tercatat  199 unit mobil korban banjir Jakarta berhasil ditangani. "Tapi, masih ada 198 mobil pelanggan lain yang masih belum bisa diangkut, karena meledaknya jumlah konsumen yang minta dibawa ke bengkel," beber Jody.

Ketika ditanya konsumen harus merogoh kocek untuk perbaikan, Jody memperkirakan kisaran antara Rp 2 juta - Rp 10 juta per unit tergantung dari tingkat kerusakkan.bew

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Hati-Hati Terjang Banjir Buat Sepeda Motor Sport Injeksi

Posted: 22 Jan 2013 04:03 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Tongkrongan sepeda motor sport memang lebih tinggi ketimbang bebek, apalagi dengan skutik. Meski demikian, bukan berarti jenis ini bisa lebih gampang melewati banjir. Terlebih yang sudah dilengkapi dengan pengabutan bahan bakar injeksi, haruslah ekstra hati-hati agar sensor-sensor komputer tak bermasalah saat melibas banjir.

"Sepeda motor sport, apalagi yang sudah berteknologi injeksi dibikin bukan buat pandai berenang, tetapi untuk dinikmati performanya yang kencang. Kalau menemukan banjir, tips paling aman ya jangan diterjang," begitu celetuk Brahmantio, Manajer Sportisi Motorsport yang berlokasi di Jl Tenggiri, Rawamangun, Jakarta Timur, hari ini (22/1) kepada KompasOtomotif.

Menurutnya, risiko sepeda motor berteknologi tinggi jika melibas banjir sangat rentan. Contoh gampangnya, sensor-sensor yang tersebar pada bagian mesin. Di Yamaha V-ixion misalnya, ada sensor tekanan oli, sensor gir, hingga sensor crank position yang letaknya rata-rata di seputaran mesin. Sensor-sensori inilah yang dialiri listrik dari ECU sepanjang mesin menyala.

"Pada umumnya pabrik sudah mendesain sensor-sensor itu terlindungi dari air. Tapi jika kita kena apesnya, dan sensor itu ternyata bermasalah ketika terendam, sudah pasti terjadi korsleting. Kalau sudah begini, harus didiagnosa ulang, sensor mana yang terjadi masalah dan harus diganti," jelas pria yang akrab disapa Bram ini.

Mati di Tengah Banjir
Satu lagi, jika memang harus menerjang banjir, ada teknik khusus agar air tak masuk ruang bakar melalui knalpot. Tahan gas di posisi gigi satu supaya rpm tinggi dengan memainkan kopling. Kalau bisa jangan berhenti. "Risikonya, kampas kopling kemungkinan besar kena dan habis. biayanya akan cukup murah jika dibandingkan mesin mati di tengah jalan dan terjadi water hammer," terang Bram.

Jika kendaraan mati di tengah banjir, paling bijak adalah tidak menyalakannya kembali, karena dikhawatirkan air sudah masuk ruang bakar. Bawa ke bengkel terdekat, copot busi, dan lubangnya disemprot angin bertekanan tinggi dengan harapan air keluar semua sampai habis.

"Sambil diputar crank as pakai tangan, terus semprotkan angin, sampai gerakan piston lancar kembali. Kemudian oli dibuang, dan ganti dengan oli biasa untuk membilas. Putar pakai tangan selama 10-15 menit, lalu ganti oli lagi sekaligus filternya," jelas Bram.

Yang juga penting adalah memperhatikan letak air intake. Pada sepeda motor sport injeksi biasanya terletak di tengah, atau di bawah jok. Kalau diperkirakan air tidak sampai posisi air intake, kemungkinan bisa melibas banjir. Tapi kalau sudah mencapai posisi itu, jangan sekali-kali menerjangnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Banjir Ganggu Distribusi Honda

Posted: 22 Jan 2013 03:01 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengaku, banjir di ibu kota mengganggu distribusi unit ke dealer. 

"Distribusi ke beberapa dealer di Jakarta Timur dan Utara terganggu. Hari ini kita coba lagi. Di Jakarta  Timur sudah bisa, tetapi di Pluit yang masih masih terendam sampai sekarang belum," komentarnya hari ini (22/1/2013). Kini HPM fokus melayani konsumen Honda yang menjadi korban banjir.

"Sampai saat ini sudah 50 mobil konsumen dievakuasi ke bengkel. Permintaan masih banyak, kami coba penuhi satu-per-satu," lanjut Jonfis. Mayoritas konsumen yang sudah berhasil ditangani mobilnya berasal dari Jakarta Selatan dan Barat. Jonfis tidak mau menjelaskan potensi kerugian atau gangguan distribusi terhadap penjualannya.

Diskon
Untuk meningkatkan layanan kepada korban banjir, HPM berupaya memastikan suku cadang pada setiap bengkel resmi selalu tersedia, meski harus  menggunakan pesawat udara. Konsumen mendapatkan potongan harga sampai 25 persen untuk jasa, tergantung dari paket perbaikan yang telah disiapkan.

"Kami juga sudah meminta bengkel kerja lembur supaya konsumen bisa kembali menggunakan mobilnya dan tidak mengganggu aktivitas mereka," lanjut Jonfis.


 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.23  

0 komentar:

Poskan Komentar