“Lumba-Lumba Arizona akan Jelajah Jakarta-Yogyakarta?”

Selasa, 25 Desember 2012

“Lumba-Lumba Arizona akan Jelajah Jakarta-Yogyakarta?”


Lumba-Lumba Arizona akan Jelajah Jakarta-Yogyakarta?

Posted: 24 Dec 2012 02:22 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Kemarin (24/12), Menteri BUMN Dahlan Iskan memperkenalkan mobil sport listrik kebanggannya di Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Dibalik kesuksesan pengerjaannya - meski diakuinya belum sempurna betul - banyak informasi belum terungkap dan KompasOtomotif  mendapatkan dari beberapa sumber.

Nama Tucuxi yang dipakai pada mobil kupe 4 penumpang ini diambil dari nama lumba-lumba Amazon yang diberikan oleh sang desainer, Danet Suryatama. Warga negara Indonesia jebolan ITS Surabaya ini meraih gelar  Doctor di Michigan, Amerika Serikat  dan kini menetap di sana mempunyai perusahaan Elektrikcar LLC.

4 Bulan
Sportcar yang memiliki bentuk mirip Lexus 2054 ini menggunakan sasis dari pelat baja garapan rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam (KKM) di Yogyakarta. Bodi berbahan serat karbon. Untuk sementara, motor listrik  yang menggerakkan kedua roda belakang masih impor dari AS dan nantinya akan diproduksi oleh (antara) PT Nipress, Pindad atau PT Bukaka Teknik Utama.

Proyek ini benar-benar digarap secara serius dan telah menguras dana hingga Rp 3 miliar. Saking seriusnya pengawasan di bawah Dahlan langsung. "Beliau setiap 2 minggu sekali menyempatkan datang ke Yogya untuk mengetahui setiap perkembangan dan berdiskusi dengan orang bengkel untuk memecahkan beberapa kendala," ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

Wajar, jika Dahlan mennguasai seluk beluk Tucuxi dan katanya mobil ini akan diuji untuk rute yang cukup panjang. "Mobil ini rencananya akan menjalani uji kelayakan menempuh rute Jakarta - Yogyakarta atau kebalikannya," tutup sumber.

Spesifikasi
Panjang                   4.426,9 mm
Lebar                        1.930,7 mm
Tinggi                       1.282,7 mm
Jarak sumbu roda  3.118 mm
Berat                         1.112,1 kg
Baterai                      Lithium Iron Phospate or Nano-Lithium
Top Speed               192 kpj

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar