“Jangan Biarkan Ban Serep Merana” plus 2 more

Selasa, 27 November 2012

“Jangan Biarkan Ban Serep Merana” plus 2 more


Jangan Biarkan Ban Serep Merana

Posted: 27 Nov 2012 05:05 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif – Karena tersembunyi, ban serep jarang mendapat perhatian. Akibatnya, ketika dibutuhkan ban serep bisa saja gembos. Kondisi tersebut tentu saja akan merepotkan. 

Karena itu, periksalah kondisi ban ini secara teratur. Menurut Felix Sumilang, manajer operasional Omega Ban di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, sering terjadi, ketika ban cadangan dibutuhkan justru tak bisa dipakai. "Penyebabnya, pemilik mobil cuek terhadap ban cadangan. padahal, perawatannya sederhana," jelasnya. 

Berikut dijelaskan cara merawat ban serep
1. Periksa kode produksi. Ban juga ada masa kadaluarsa sama seperti makanan. Dengan mengamati kode produksi, kita bisa tahu ban cadangan ini kadaluarsa atau belum. Kode produksi ada di dinding ban, ditulis empat digit. Dua digit kedua adalah tahun, dua digit pertama adalah minggu. Misalnya, 3011, berarti ban diproduksi minggu ke-30 pada 2011. Jika usianya lebih dari tiga tahun, sebaiknya ban serep diganti. 

2. Cek fisik
. Rajin-rajinlah memeriksa kondisi ban serep, apalagi yang diletakkan di kolong mobil. Perhatikan apakah ada kebocoran, keretakan dinding. Pengait ban biasanya jmeninggalkan jejak di dinding ban. Karena itu, periksa apakah pengait meninggal luka pada ban atau tidak. 

3. Cek tekanan angin. Paling tidak lakukan sebulan sekali. Karet ban biasanya punya pori-pori yang membuat tekanan angin berkurang. Suhu yang berubah-ubah membuat ban yang terpakai mudah kempes. Berikan tekanan angin lebih tinggi, minimal 3 psi dibandingkan dengan ban yang dipakai.

4. Bersihkan dan beri pelembab. Sama seperti yang dipakai, ban cadangan juga harus dibersihkan dan diberi pelembab, yaitu semir. Manfaat pertama, tahu kondisinya. Manfaat lain, kelenturan ban.

5. Rotasi. Sesekali, tukar ban serep dengan ban yang dipakai. Lakukan secara rutin dengan periode yang  diatur sendiri. Jangan lupa, balancing sehingga tidak menyebabkan setir bergetar ketika digunakan. .

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Klub Proton Adu Kebut di Pantai Indah Kapuk

Posted: 27 Nov 2012 04:34 AM PST

Jakarta, KompasOtomotif - Proton Club Indonesia (PCI) mengadakan kopi darat dengan para komunitasnya akhir pekan lalu di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Sekitar 50 mobil dari berbagai model bergabung memadati area gokart. Komunitas yang ikut bergabung adalah The Persona Club Indonesia (pengguna Gen2 Persona), Savvieri (Savvy) dan EOCI (komunitas Exora).

"Event kopdar kali ini cukup meriah dan terbilang sukses karena konsepnya berbeda. Antusiasme klub yang bernaung di bawah bendera PCI sangat besar. Rekan-rekan dari EOCI yang menghadiri acara ulang tahun Exora Club di Malaysia berusaha mengirimkan pasukan ke acara ini," ungkap Iwan Eka, Presiden PCI. 

Acara kali ini menyajikan ketangkasan adu kebut dengan gokart. Setiap komunitas mengirim wakil yang dibagi dalam 2 kelas, yaitu Advance dan Amateur. Sebelum peserta turun ke lintasan, mereka diberi sedikit pengarahan tata cara, tips mengemudikan gokart dengan cepat dan aman.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Mazda Resmikan Dealer di Ranah Minang

Posted: 27 Nov 2012 04:03 AM PST

[unable to retrieve full-text content]

Merupakan jaringan dealer Mazda ke-34, hadir dengan fasilitas 3S.


Diposkan oleh iwan di 15.23  

0 komentar:

Poskan Komentar