“Menjajal Transmisi Otomatis Subaru BRZ” plus 2 more

Senin, 01 Oktober 2012

“Menjajal Transmisi Otomatis Subaru BRZ” plus 2 more


Menjajal Transmisi Otomatis Subaru BRZ

Posted: 01 Oct 2012 05:43 AM PDT

  • pic1

    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Dilengkapi dengan transmisi otomatis yang canggih

  • pic2

    Sumber : subaru

    Interior dibedakan oleh logo dan jahitan pada jok

  • pic3

    Sumber : autoblog

    Mesin sama dengan Toyota 86

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah negosiasi dengan Subaru Indonesia, akhirnya KompasOtomotif dapat menjajal saudara kembar Toyota FT86, yakni Subaru BRZ di luar rute test drive di IIMS 2012, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Karena, jika tetap memanfaatkan jalur resmi tak akan merasakan kedahsyatan tenaganya. Rute baru yang disetujui adalah ke luar dari kompleks JIExpo dan melewati Jl Rajawali Selatan.

Ketika mencermati tampilan eksterior,  secara keseluruhan tak ada perbedaan mencolok, kecuali logo. Sama halnya saat masuk kabin, nuansa interiornya tak jauh berbeda dengan Toyota 86 yang sempat dicoba sebelum peluncurannya Juni lalu. Hanya jahitan di lapisan jok yang menggunakan warna merah dan speaker di ujung dasbor kanan-kiri. Itu saja perbedaannya.

Pengalaman menarik dalam tes singkat ini mencoba transmisi otomatis 6 percepatan yang sistem perpindahan gigi hampir sama dengan model sekuensial. Saat ingin merasakan sensasi manual tinggal geser ke kanan dari posisi D. Untuk naik- turun posisi gigi bisa menggunakan tuas atau paddle shift yang berada di belakang setir.

Responsif
Meski berstatus mobil sport, dibawa jalan santai masih nyaman dan tidak ada gejala ndut-ndutan (jerking) di rpm rendah. Ketika diajak ngebut - begitu lepas dari kemacetan - perpindahan tiap gigi cukup responsif dan tidak ada jeda. Rpm tidak turun terlalu jauh seperti transmisi dengan rasio rapat (close ratio).

Raungan mesin terdengar lebih kalem dibanding 86. Ada indikasi lubang knalpot dan saringan yang digunakan berbeda. Padahal, jantung pacu yang dipakai sama, yakni boxer tipe 4U-GSE berkapasitas 1.998 cc dengan teknologi yang disebut Toyota D-4S (direct injection 4-stroke gasoline superior). Tenaga yang dihasilkan 200 PS @7.000 rpm dan torsi 205 Nm @6.400 rpm dan digerakkan oleh roda belakang.

Raungan mesin sesaat
Karena jalur tes terbatas, tes performa tidak maksimal, hanya sampai gigi 3. Putaran mesin pun tidak sampai batas maksimum (red line). Tapi, ada satu keunikan yang mungkin tidak dipunyai mobil sport matik sekelasnya. Setiap terjadi penurunan gigi persneling (terutama bila di atas 3.500 rpm) selalu dibarengi dengan suara raungan mesin sesaat. Tujuannya, untuk mencegah mesin tidak jebol akibat perpindahan gigi pada rpm tinggi. Kecuali, penurunan setiap gigi di bawah 3.500 rpm, prosesnya berlangsung halus.

Bisa dibayangkan jika tes ini berlangsung di jalur lengang atau di lintasan balap.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

"City car" Berbahan Ramah Lingkungan

Posted: 01 Oct 2012 04:39 AM PDT

  • pic1

    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Peugeot 208

  • pic2

    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Tampilan sporty dan modern

  • pic3

    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Menawarkan fungsionalitas, kenyamanan dan kemewahan

Jakarta, KompasOtomotif - Meneruskan kesuksesan seri 200, Peugeot Indonesia menampilkan sosok 208 pada IIMS 2012 lalu sebagai kelanjutan dari 205, 206 dan 207. Di pasar global, model ini hanya dijual di negara-negara tertentu dan Indonesia mendapat jatah memasarkannya di awal 2013.

"Di kawasan Eropa, sampai saat ini secara akumulatif sudah menerima pesanan lebih dari 100.000 unit," ujar Lionel Faugeres, General Director Automobile Peugeot for ASEAN Pasific Countries saat pembukaan IIMS (20/9) lalu.  Bahkan, di Paris Motor Show 2012 yang masih berlangsung saat ini, Peugeot memperkenalkan varian terbaru 208, yakni GTi dan XY.

Bahan ramah lingkungan

Untuk bersaing di kelas menengah bersama Ford Focus dan VW Polo, 208 didesain cukup sporty. Seperti bentuk lampu depan menyerupai mata elang mengikuti tren dunia yang dipadu dengan gril depan mungil diberi lis krom. Sedang lampu belakang, khususnya bagian samping terdapat coakan yang mengikuti tarikan garis ke depan, dengan kombinasi 3 cakar lampu dan 6 LED horizontal.

Yang menarik, klaim pemakaian green material pada bagian tertentu eksterior. Seperti di antaranya bemper belakang 100 persen dapat didaur ulang. Selain itu, setir, kursi, dan penutup mesin juga memakai bahan ramah lingkungan.

Meski city car, ruang kabin menawarkan fungsionalitas dan tampilan yang mewah. Tombol-tombol instrumen dibuat sedemikian rupa agar mudah terjangkau dan dioperasikan. Dimensi setir dibuat lebih kecil dan posisinya lebih rendah dari seri 200 lainnya. Kabin cukup lega, terlebih ruang kepala karena desain atap yang agak menggembung, plus atap panoramik.

Fitur-fitur lain, di antaranya pelipatan spion secara elektrik, sensor hujan, lampu malam otomatis dan cruise control. Pengemudi dan penumpang merasa sejuk dan nyaman karena ada AC dual zone, head unit yang bisa mengoperasikan MP3 dan koneksi USB, dan penghangat jok depan.

Mobil yang didatangkan CBU ini mengusung mesin  3 silinder generasi baru berkapasitas 1,2 liter dengan tenaga 82 PS. Tersedia juga versi 4 silinder, EP6C, 1.6L dengan variabel katup (VTI) yang mampu menyemburkan daya 120 PS dan torsi 160 Nm. Pemindah gaya menggunakan model otomatis 4 percepatan.

"Kami belum bisa memastikan varian mana yang akan masuk, 1.2L atau 1.6L. Harga juga diperkirakan ada di kisaran Rp 280 - 350 juta. Tunggu saja tanggal mainya," ungkap Constantinus Herlijoso.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Ford Fiesta Raih Pesanan Tertinggi

Posted: 01 Oct 2012 03:00 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]

Fiesta tetap menjadi salah satu penyokong terbesar penjualan Ford di Indonesia.


Diposkan oleh iwan di 15.42  

0 komentar:

Poskan Komentar