“Waktu Tepat Gunakan Rem Tangan” plus 2 more

Jumat, 31 Agustus 2012

“Waktu Tepat Gunakan Rem Tangan” plus 2 more


Waktu Tepat Gunakan Rem Tangan

Posted: 31 Aug 2012 05:12 AM PDT

Bandung, KompasOtomotif — Selain untuk menjaga mobil tidak menggelinding saat parkir, fungsi lain rem tangan bisa untuk manuver balik arah dengan cepat pada area terbatas, tanpa harus maju-mundur berulang kali. "Harus dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat," ujar Alvin Bahar seusai acara test drive Honda Brio di Bandung, kemarin (30/8).

Namun, Alvin tetap menganjurkan untuk latihan terlebih dahulu di lokasi yang aman, luas, dan lintasan rata, sebagai antisipasi kecelakaan. Dalam latihan, upayakan menyinkronkan gerakan tangan menarik tuas rem dengan kaki saat menginjak pedal gas dan kopling.

Waktu
Bila sudah dapat lokasi, ikuti langkah-langkah ini. Pertama, tentukan lokasi pengereman (braking point) dan titik untuk mulai berbelok. Buat pengguna transmisi manual, sebelum belok, masuk gigi rendah untuk mendapatkan torsi yang cukup untuk kembali berakselerasi. "Angkat pedal gas dan rem dulu, baru lakukan perpindahan gigi sehalus mungkin (saat melepas kopling dan mengarahkan tuas pada posisi gigi rendah) untuk mengantisipasi kerusakan girboks," urai pebalap Honda Racing Team ini. Jika menggunakan girboks otomatis, maka kita hanya memainkan rem dan gas serta konsentrasi pada putaran setir dan arah.

Kedua, putar setir ke arah yang dituju, ketika bodi belakang sedikit terangkat, tarik tuas rem tangan untuk membantu menggeser bagian belakang. Jangan menarik tuas rem tangan saat posisi mobil masih lurus karena bagian belakang sulit melintir mulus lantaran roda belakang cenderung terkunci.

Cara
Ketika menarik tuas rem tangan, usahakan barengi dengan menekan tombol yang berada di ujung rem tangan, dan jangan dilepas. Tombol tersebut boleh dilepas dibarengi dengan menurunkan tuas rem tangan. Waktu yang tepat untuk membebaskan rem tangan adalah saat posisi depan sudah masuk ke arah yang dituju. Melepaskannya pun harus spontan.

Untuk tetap mempertahankan laju kendaraan dan bisa langsung berakselerasi, pengaturan waktu menginjak pedal gas dan melepas kopling harus sesuai. Jika tidak, maka mesin mobil akan mati.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Triumph Masuk Pasar Indonesia

Posted: 31 Aug 2012 02:44 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — Tak banyak yang tahu kalau moge asal Inggris, Triumph, kini resmi dipasarkan di Indonesia. Lewat dealer resmi PT Megahputra Sejahtera (MPS), Triumph Indonesia punya showroom bernama Troupe yang berlokasi di Jalan Abdul Majid 41B, Cipete, Jakarta Selatan. Tak hanya jualan, MPS bahkan sudah siap dengan fasilitas purnajual dan servis.

Kepada KompasOtomotif hari ini (31/8), Riezka Donalsha, Marketing Manager MPS, mengutarakan bahwa sebenarnya penjualan Triumph sudah dilakukan sejak Oktober 2011. Namun, showroom baru saja selesai disiapkan awal tahun ini. "Kami akan launching November tahun ini dan sekarang sedang menyiapkan bengkelnya dulu," ungkapnya.

Model apa saja yang bisa dibawa pulang? Yang paling familiar berasal dari ras klasik. Mereka adalah Triumph Bonneville standar 900 (Rp 230 juta), Bonneville SE Rp (247 juta), Bonneville T100 (Rp 263 juta), Scrambler 900 (Rp 262 juta), Thruxton 900 (Rp 269 juta), dan Street Triple 675R (Rp 285 juta).

Tak hanya itu, MPS juga akan menggelontorkan berbagai model lain, seperti varian adventure Tiger 800 XC dan Tiger Explorer. Di segmen roadster, akan masuk Triumph Rocket III, sedangkan di kelas cruiser ada Thunderbird Storm 1.700 cc. Disiapkan juga supersport Daytona 675R serta roadster Speed Triple 1.000 cc. "Jika stok habis, pembeli bisa inden. Itu pun maksimal 1,5 bulan, enggak lama," ungkap pria yang akrab disapa Eja ini.

Sejak dipasarkan tahun lalu, MPS sudah berhasil melepas 27 Triumph. Yang paling banyak diminati adalah model Thruxton (7 unit). Untuk urusan sevis, MPS sudah menyiapkan mekanik khusus. Semua unit yang dibeli sudah termasuk garansi dua tahun, kecuali komponen elektrikal. "Jangan khawatir, suku cadang ready stock termasuk aksesori untuk mendandani sepeda motor agar tampak makin keren," urai Riezka.

Kiprah moge asal Inggris ini di Indonesia sebenarnya sudah sejak era 1950-an. Hingga kini, "The British Iron" justru lebih banyak dikenal sebagai salah satu legenda sepeda motor klasik. Penggemarnya banyak, terutama di beberapa daerah seperti di Yogyakarta dan Bandung, dengan koleksi model klasiknya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Mitsubishi Indonesia Memperoleh Predikat Layanan Purna Jual Terbaik

Posted: 31 Aug 2012 01:37 AM PDT

Singapura, KompasOtomotif - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tersenyum lebar berkat prestasinya dua tahun berturut-turut sebagai merek dengan layanan purna jual terbaik, "Indonesia Customer Service Index (CSI) 2012"  berdasarkan survei JD Powers & Associates.

Survei dilakukan dari Februari dan Mei 2012! Parameter yang dinilai, pendaftaran servis, petugas servis, fasilitas servis, pengambilan mobil dan kualitas servis. Selanjutnya, kinerja layanan dealer dilaporkan dengan skor indeks skala 1000 poin.

Mitsubishi berhasil menempati peringkat tertinggi di atas 12 merek lainnya, 750 poin.Mitsubishi memperoleh nilai menonjol pada empat dari lima faktor, pendaftaran servis, petugas servis, pengambilan kendaraan dan kualitas servis. Sedangkan, Honda menempati peringkat kedua, 748 poin, dengan penilai terbaik untuk fasilitas servis.

Penelitian CSI tahun ini adalah  yang ke-12, mengukur tingkat kepuasan secara umum dari para pemilik kendaraan yang mendatangi pusat layanan servis resmi untuk perawatan atau perbaikan kendaraannya setelah 12-24 bulan memiliki kendaraan. Penelitian ini dilakukan terhadap 3.179 pemilik kendaraan yang menerima kendaraan antara Februari 2010 - Mei 2011.

Turun
Nilai rata-rata kepuasan pelanggan tahun ini 740 poin, turun 12 poin dibanding 2011. Penurunan merata untuk kelima parameter yang dinilai, Penurunan tertinggi adalahpendaftaran servis (turun 20 poin) dan petugas servis (turun 14 poin).

Rajeev Nair, Direktur JD Power Asia Pacific mengatakan, lonjakkan penjualan kendaraan terjadi sejak 2009 makin menambah jumlah mobil yang diservis ke bengkel resmi. "Meningkatnya jumlah pelanggan ke dealer mempengaruhi semua aspek operasional di pusat servis. Khusunya di area interaksi pelanggan, yaitu tempat pendaftaran dan petugas servis," papar Nair dalam keterngan resmi yang diterima KompasOtomotif, Jumat  ini (31/8/2012).

Janji Servis
Dari penelitian, tercatat 37 persen pelanggan mengaku mengalami penurunan komunikasi dengan dealer, khususnya pesan pengingat servis. Jumlah ini turun 14 persen dibandingkan tahun lalu. Proporsi pelanggan yang membuat janji servis juga anjlok menjadi 22 persen dibandingkan tahun lalu 27 persen (2011).

Dilanjutkan, banyak pelanggan tidak mau menunggu dan ingin mendapatkan servis kilat dengan datang langsung ke dealer resmi tanpa harus janjian. "Menurut kami, hal ini mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan di bagian pendaftaran servis," tutur Nair.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar