“Mengandung Zat Berbahaya, 23.000 Mobil China Ditolak Australia” plus 2 more

Sabtu, 18 Agustus 2012

“Mengandung Zat Berbahaya, 23.000 Mobil China Ditolak Australia” plus 2 more


Mengandung Zat Berbahaya, 23.000 Mobil China Ditolak Australia

Posted: 18 Aug 2012 12:15 AM PDT

Perth, KompasOtomotif – The Australia Competition and Consumer Commission (AC3)—lembaga pengawasan usaha dan perlindungan konsumen Australia—menolak kehadiran 23.000 mobil China dan meminta untuk diinvestigasi. Ditengarai, mobil yang terindikasi bermerek Chery dan Great Wall itu mengandung asbestos pada gasket mesin dan saluran pembuangan.

Asbestos adalah bahan berserat yang tersedia secara alami di bumi dan mulai populer sebagai bahan bangunan sejak 1950-an. Bahan yang sering disingkat asbes ini  digunakan untuk bahan atap, ubin PVC atau thermoplastic, dan cat semprot untuk pelapis. Belakangan, di berbagai negara di belahan dunia, asbestos tak boleh lagi dipakai dalam jangka waktu lama, menyebabkan berbagai penyakit berbahaya jika terhirup. Paling banter adalah kanker paru-paru, atau bisa juga penebalan pleura (penebalan jaringan paru-paru).

Nah, bea cukai Australia (Members of Australia's Customs and Border Protection Department), mendeteksi adanya asbestos pada kontainer yang berisi mobil-mobil Chery dan Great  Wall. Alat canggih mereka mengeluarkan bunyi pertanda terdapat zat berbahaya yang keluar dari udara dalam kontainer.

Ateco Automotive, sebagai pengimpor mobil Chery dan Great Wall untuk sementara menghentikan aktivitas distribusi dan menunggu investigasi lebih detail. Belum ada keputusan lebih lanjut, apakah itu mengganti peranti yang mengandung asbestos, atau benar-benar mengembalikan sejumlah mobil ke Negara Asalnya.

Juru biscara Ateco Automotive pun menjelaskan bahwa sebenarnya, asbestos yang terdapat pada gasket mesin dan saluran pembuangan, tidak akan berbahaya untuk penumpang. Karena tidak berhubungan langsung dengan tubuh manusia seperti disentuh, atau dihirup.

Chery dan Great Wall Me-Recall


Agar tidak ribut berkepanjangan, Great  Wall bergerak cepat dengan mengganti gasket mesin dan saluran pembuangan mengandung asbestos dengan yang baru pada mobil-mobil Chery dan Great Wall di dealer dan yang belum masuk dealer.

"Kejadian ini bukanlah hal yang serius. Hanya perbedaan standar material antara China dan Australia. Tidak ada larangan keras di China tentang penggunaan asbestos. Tapi di Austalia sudah dilarang sejak 2004," kata Shang Yugui, Vice President Great Wall of Sales Department. "Kami pun memutuskan untuk tidak lagi menggunakan campuran asbestos terkait perbedaan regulasi ini," imbuhnya.

Sementara Chery juga sudah menarik 2.445 unit mobil yang ditengarai mengandung asbestos, kamis lalu dan mengganti beberapa peranti. "Kami sudah tidak menggunakan suku cadang yang mengandung asbestos sejak Juli. Kami akan memperbaiki semua," tukas  Zeng Zhiling, Director of LMC Automotive Asia Pacific Forecasting.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Mogok di Jalan Ketika Mudik, Jangan Panik!

Posted: 17 Aug 2012 11:59 PM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — Persiapan terhadap mobil sudah dilakukan jauh hari sebelum Lebaran. Stamina tubuh pun sudah dijaga. Namun, perjalanan silaturahim ke kampung halaman bisa saja sedikit terganggu karena mendadak mobil mogok. Jika begitu, tak perlu panik karena ada beberapa tips agar persoalan ini terlewati dan Anda tetap bisa berkumpul bersama keluarga.

Berikut tips dari bengkel AutoSpeed di kawasan Radin Inten, Jakarta Timur:

1. Ketika mogok di saat Anda terjebak macet, berusahalah tenang. Putar kunci kontak ke posisi "off".

2. Nyalakan lampu hazard sebagai tanda bagi pengendara di belakang, menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami masalah.

3. Berusahalah menepi (didorong) dan pasang segitiga pengaman sebagai tanda pada jarak 5 meter.

4. Seandainya mogok dalam kondisi arus lalu lintas tidak macet, langkah pertama adalah menyalakan lampu sein untuk menepi. Pastikan saat minggir, kondisi di belakang aman. Lalu pasang segitiga pengaman tadi.

5. Turunkan semua penumpang dan ungsikan mereka ke tempat yang aman. Tidak dianjurkan berdiri di dekat mobil, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya mobil melaju kencang dari belakang.

6. Mobil mogok biasanya dipicu tiga hal, yakni sistem kelistrikan pada aki tidak bekerja normal, sistem saluran bahan bakar mampet, atau suhu mesin meninggi akibat air pada radiator kering.

7. Kontak bengkel resmi jika masalah tak bisa diatasi, atau carilah informasi bengkel atau posko jaga terdekat.

8. Ingat, berhati-hatilah menerima tawaran dari orang yang tak dikenal. Selalu waspada.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Inilah Target Rossi Bersama Yamaha

Posted: 17 Aug 2012 11:44 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]

Ia mengaku dirinya sudah tua


Diposkan oleh iwan di 15.30  

0 komentar:

Poskan Komentar