“Inilah SUV Kompak Mercedes-Benz!” plus 2 more

Kamis, 16 Agustus 2012

“Inilah SUV Kompak Mercedes-Benz!” plus 2 more


Inilah SUV Kompak Mercedes-Benz!

Posted: 16 Aug 2012 04:16 AM PDT

New Delhi, KompasOtomotif - Mercedes-Benz (MB) mempersiapkan model baru untuk mengejar ketertinggalannya di segmen SUV kompak. Kompetitor yang sudah lebih dulu masuk pasar adalah BMW dengan X1 plus X3 dan Audi punya Q3 dan Q5. Agar bisa bersaing, Dieter Zetsche, bos MB, memastikan akan memproduksi dua SUV untuk segmen berbeda.

GLA
Model ini  akan bersaing dengan X1 dan Q3 yang dibuat daribasis A dan B Class. Hal tersebut didasarkan pada konsep Modular Front Architecture (MFA), yaitu gerak roda depan dengan  mesin melintang. Jarak sumbu roda 2.700 mm, sama dengan A aau B-Class.

Hanya, jarak roda depan dan belakang lebih lebar. Sistem suspensi sedikit berbeda  karena jarak main lengan ayun lebih panjang. Nantinya juga akan disediakan gerak empat roda (4WD).

Untuk desain, sebagian besar diadopsi dari A Class dengan alasan lebih trendi  dan kini sedang digandrungi. Begitu pula dengan interiornya. 

GLK
Satu lagi sebenarnya bukan model baru dan sempat diperlihatkan pada 2008 dan 2010, yaitu GLK. Saat itu MB mengjhadapi  masalah ketika hendak memperluas produksi untuk setir kanan. Masalah terbesar adalah  as roda depan pada sistem gerak 4WD yang mengalami kesulitan yang tinggi. Karena membutuhkan dana cukup besar, akhirnya dihentikan. 

Kini, generasi kedua dengan kode produksi X205 (sebelumnya X204), rencanananya diluncurkan pada 2015. Saat ini tengah menjalani proses pengembangan di Stuttgart. Model terbaru ini, jarak sumbu roda ldibuat ebih panjang. Begitu juga dengan jarak roda depan-belakang, lebih lebar. As roda depan lebih ke depan agar bisa menyatu dengan sistem gerak 4WD. Semua itu, membuat dimensi GLK baru lebih besar

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Monster Telanjang dari Italia

Posted: 16 Aug 2012 03:44 AM PDT

Sassuolo, KompasOtomotif – Model telanjang tak mampu membendung keinginan Simone Conti - modifikator senior dari kota kecil Sassuolo - untuk mempermak penampilanDucati Monster ini. Conti melucuti satu per satu komponen hingga tersisa mesin sebagai bagian yang harus diracik ulang.

Mesin Ducati Monster 1.000 cc itu dibuat rangka kustom dengan model yang tidak biasa. Disinilah kreativitas Conti tampak teruji. Rangka dari aluminium tidak solid, tetapi diberi lubang-lubang seperti serpihan kaca pecah. Ketika dikawinkan dengan mesin, kolaborasi keduanya sangat mengesankan.

Tahap pekerjaan berlanjut ke komponen pendukung. Hampir semuannya dibuat dari aluminium dan serat karbon. Kursi, kisi-kisi udara, hingga tangki bahan bakar. Agar tak sepenuhnya telanjang, Conti menutup sedikit bagian mesin dengan fairing yang dibuat dari serat karbon.

Bagian yang dinilai unik dan nyeleneh adalah lengkungan knalpot. Jika biasanya gas buang diarahkan ke belakang, Conti membuatnya lebih rumit. Dari mesin, pipa gas buang dibengkokkan ke atas dan dibelok lagi ke kiri. Posisi ujung knalpot tepat di bawah jok. Sementara suspensi monosok di belakang tampak mencolok karena tidak ditutupi sama sekali.  

Tidak ada pewarnaan aneh-aneh untuk menarik perhatian. Conti hanya mengandalkan warna asli dari bahan-bahan untuk rangka dan aksesori sepeda motor radikal ini. Meski begitu, justru hasilnya tampak alami dan tidak norak. Bahkan selaras dengan bagian bawah seperti ban dan tanah.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Nih, Toyota Etios untuk Indonesia

Posted: 16 Aug 2012 03:29 AM PDT

Sorocaba, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation baru saja mengumumkan peresmian pabrik Sorocaba di Brasil yang dipersiapkan untuk memproduksi Etios guna menuai sukses di Negeri Samba dan kabarnya juga Indonesia.

Mesinnya punya beberapa perbedaan dengan yang dipasarkan di India. Pilihannya, ada 1.3 liter dan 1.5 liter bensin untuk kedua varian sedan dan hatchback. Mesin ini lebih besar kapasitasnya ketimbang India yang dibekali 1.2 liter bensin.

Dari segi desain, tampilan Etios Brasil dan India pada dasarnya sama. Hanya, ada detail perbedaan seperti bentuk lampu belakang yang kini lebih besar dengan komposisi baru. Adanya garnis krom pada bagian atas plat nomor juga menambah kesan mewah Etios.

Interiornya juga terlihat lebih mewah dengan kombinasi satu warna hitam dan speedometer putih pada konsol tengah (seperti Vios). Tapi, ornamen saluran pendingin ruangan masih sama seperti model di India, bedanya di Brasil sudah dilengkapi sistem audio 2-DIN. Trus, sudah dilengkapi dual SRS-Airbag.

Indonesia

Kabar keinginan Toyota mau memasarkan Etios ke Indonesia sudah berhembus sejak tahun lalu. Bahkan, foto uji coba Liva-model hatchback dari Etios sudah pernah diabadikan salah satu blogger, Maret 2011.

"Untuk Indonesia nanti berbeda dengan India, tapi kita akan mengikuti Brasil," ujar sumber Toyota yang tak mau disebutkan namanya.

Nah, peluncuran Etios di Brasil menjadi salah satu indikasi kuat seperti apa Etios bakal diluncurkan ke Indonesia. Melihat jenis mesin yang dibekalinya, masuk akal kalau Toyota mau menjegal Honda Brio yang mengisi segmen city car dengan mesin 1.3 liter. Apalagi, di Jepang Yaris juga ada yang dibekali mesin 1.3 liter.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.04  

0 komentar:

Poskan Komentar