“Honda Accord 1994 Incaran Utama Maling di Amerika Serikat!”

Selasa, 21 Agustus 2012

“Honda Accord 1994 Incaran Utama Maling di Amerika Serikat!”


Honda Accord 1994 Incaran Utama Maling di Amerika Serikat!

Posted: 21 Aug 2012 04:02 AM PDT

New York, KompasOtomotif — Honda Accord keluaran 1994 sampai saat ini menjadi target utama para maling mobil di Amerika Serikat (AS). Menurut Bloomberg yang memberitakannya kemarin, model Honda ini paling mudah dijebol karena fitur keamanan sangat sedikit atau tidak dilengkapi dengan anti-maling canggih.

Predikat sebagai incaran favorit maling sudah melekat selama 4 tahun berturut-turut. Menurut National Insurance Crime Bureau (NICB), tahun lalu jumlah Honda Accord model 1994 yang di-embat maling mencapai 7.596 unit.

Model kedua terbanyak yang diincar adalah saudara Accord, yaitu Honda Civic 1998. Posisi tersebut sudah dipegang 7 tahun berturut sampai tahun lalu.


"Mereka mencuri mobil tua karena fitur keamanannya sangat lemah dibandingkan mobil yang dibuat belakangan," jelas Joe Brosius, seorang pensiunan polisi dari Tempe, Arizona, kini memimpin The International Association of Auto Theft Investigators. "Karena gampang dicuri, makanya menjadi nomor satu."

Mobil-mobil keluaran tahun terakhir dilengkapi dengan fitur immobilizer yang mencegah mesin hidup bila kunci asli tidak ada. Sementara itu, menurut juru bicara Honda, Chris Martin, Honda baru memasang immobilizer pada Accord produksi 1997-1998. "Pada model terbaru, tantangan yang dihadapi maling semakin sulit. Butuh kecanggihan untuk bisa menjebolnya," terang Martin.  


Tiga besar lain yang menjadi target maling di AS adalah Ford pikap keluaran 2006 yang terdiri dari F-150 dan F-250.  

Gerbang kriminal
Honda Civic 2000 paling banyak dicuri di New York, sedangkan Accord 1994 menjadi favorit maling di New Jersey. Honda Accord 1997 juga menjadi  target nomor satu pencuri di Connecticut.

Ditambahkan, penjahat sering menggunakan mobil untuk melakukan tindak kriminal lain. "Orang yang melakukan jual-beli barang-barang haram,  merampok, mencuri, atau tidak kriminal lainnya, dipastikan tidak menggunakan mobil milik sendiri. Singkat kata, mobil curian adalah gerbang kriminalitas," jelas Brosius.


Pencurian mobil di AS pada tahun lalu turun 3,3 persen dibanding 2010 atau terendah sejak 1967. Penyebabnya, fitur keamanan yang disertakan produsen semakin canggih.  


Teknologi canggih yang membuat kerja pencuri makin sulit adalah vehicle tracking, misalnya OnStar yang digunakan oleh General Motors.

Nantinya diperkirakan kerja maling mobil konvensional semakin susah. Pasalnya, smartphone masa kini bisa digunakan memantau keadaan mobil melalui aplikasi anti-theft car, sekaligus akan memberi tahu kalau mobil sedang digerayangi maling.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar