“Sikat Alonso, Mark Webber Juara” plus 2 more

Minggu, 08 Juli 2012

“Sikat Alonso, Mark Webber Juara” plus 2 more


Sikat Alonso, Mark Webber Juara

Posted: 08 Jul 2012 06:46 AM PDT

Silverstone, KompasOtomotif - Mark Webber berhasil memenangkan lomba F1 Inggris yang berlangsung di bawah terik matahari di sirkuit Silverstone, Minggu (8/7). Kemenangan pebalap Australia  itu ditentukan pada lap 48 dengan cepat  melibas Fernando Alonso yang tampaknya ada masalah dengan mobil. Webber pun dapat menyentuh  finis pertama di lap 52 dengan waktu total 1 jam 25 menit 11,288 detik.

Dengan kemenangannya ini, berarti Webber telah dua kali naik podium pertama di Silverstone setelah sebelumnya diraihnya pada 2010. Kemudian, ia juga menjadi pebalap kedua yang berhasil memenangkan lomba untuk kedua kali  musim 2012. Sebelumnya, pebalap Australia itu menjuarai F1 Monaco. Dengan mendapat tambahan 25 angka, kini total pointnya menjadi 116 dan masih tetap kedua di belakang Alonso.

Tempat kedua direbut Fernando Alonso yang diperkirakan dirinya bakal memenangkan lomba. Namun usai pitstop kedua, tepatnya lepas lap 40, kecepatan mobilnya melambat dan ia tidak dapat mempertahankan posisi terdepan. Meski finis kedua, dirinya tetap menduduki klasemen teratas sementara dengan 129 angka.

 Ferrari dan Red Bull di lomba putaran ke-IX kali ini sangat kencang. Buktinya, di belakang Webber dan Alonso adalah Sebastian Vettel diikuti oleh Felipe Massa.

Sementara pebalap tuan rumah Lewis Hamilton dan Jenson Button dari McLaren gagal naik podium. Upaya perbaikan pada mobil untuk mengejar sekaligus menghibur pendukungnya, tak tersampaikan. Keduanya finis di urutan ke delapan dan 10.

Taktik unik Alonso

Dalam balapan 52 lap di lintasan Silverstone yang sebagian baru dan kering serta berlangsung di bawah cuaca yang cerah, Ferrari F2012 yang dikemudikan Alonso tampak sangat kencang. Jika  hampir semua pebalap memakai ban kompon lunak, Alonso justru pakai kompon keras bersama Hamilton dan Nico Rosberg. Berarti, ia masuk pit akan lebih lama.

Kenyataannya, Alonso justru ganti ban pada lap 16 tetap dengan kompon keras, sementara Hamilton baru melakukannya pada lap 22 tapi menggunakan kompon lunak. Di sini Alonso masih begitu perkasa dan dapat mempertahankan posisi terdepan meski sudah masuk pit. Ketika kembali ke trek pun, Webber yang di belakangnya tertinggal 5 detik.

Hamilton juga membuat taktik unik. Baru melesat tujuh lap usai pitstop pertama, ia kembali diperintahkan masuk pit ganti ban kompoen keras. Terlalu cepatnya penggantian ban membuat posisinya dari keenam melorot ke-13 dan akhirnya finis ke delapan.

Alonso yang begitu perkasa melakukan penggantian ban pada lap 37 setelah Webber dan Vettel. Ia masih bisa mempertahankan posisi terdepannya. Namun mulai masuk lap 40, jaraknya yang 4,3 detik dengan Webber lap demi lap berkurang 3,8, 2,9, dan 1,8 barulah pada lap 48 disalip.

Tampaknya  Alonso mungkin keliru memilih ban kompon lunak karena cuaca saat itu mulai mendung, sehingga mungkin gripnya tidak maksimal. Namun dari pit Red Bull terdenngar informasi ke Webber disebutkan kalau mobil depan ada sedikit gangguan dengan girboks. Beruntung, Alonso masih bisa mempertahankan urutan kedua.

Hasil lomba
 1.  Webber             Red Bull-Renault           1h25:11.288
 2.  Alonso               Ferrari                                   +     3.060
 3.  Vettel                  Red Bull-Renault                +     4.836
 4.  Massa               Ferrari                                    +     9.519
 5.  Raikkonen       Lotus-Renault                     +    10.314
 6.  Grosjean          Lotus-Renault                     +    17.101
 7.  Schumacher    Mercedes                             +    29.153
 8.  Hamilton           McLaren-Mercedes            +    36.400
 9.  Senna               Williams-Renault                +    43.300
10.  Button              McLaren-Mercedes            +    44.400
11.  Kobayashi      Sauber-Ferrari                     +    45.300
12.  Hulkenberg    Force India-Mercedes        +    47.800
13.  Vergne            Toro Rosso-Ferrari               +    51.200
14.  Ricciardo        Toro Rosso-Ferrari              +    53.300
15.  Rosberg         Mercedes                               +    57.300
16.  Maldonado     Williams-Renault                   +     1 lap
17.  Kovalainen    Caterham-Renault                  +     1 lap
18.  Glock              Marussia-Cosworth                +     1 lap
19.  Pic                   Marussia-Cosworth                +     1 lap
20.  De la Rosa    HRT-Cosworth                       +    2 laps
21.  Karthikeyan   HRT-Cosworth                        +    2 laps

Fastest lap: Raikkonen, 1:34.661

Klasemen sementara sampai  seri 9

Pebalap                                   Konstruktor            
 1.  Alonso             129        1.  Red Bull-Renault             216
 2.  Webber           116        2.  Ferrari                                152
 3.  Vettel               100        3.  Lotus-Renault                  144
 4.  Hamilton          92        4.  McLaren-Mercedes          142
 5.  Raikkonen       83        5.  Mercedes                             98
 6.  Rosberg           75        6.  Sauber-Ferrari                    60
 7.  Grosjean          61        7.  Williams-Renault               47
 8.  Button               50        8.  Force India-Mercedes       44
 9.  Perez                39        9.  Toro Rosso-Ferrari              6
10.  Maldonado     29       
11.  Di Resta         27       
12.  Schumacher    23       
13.  Massa             23       
14.  Kobayashi     21       
15.  Senna            18       
16.  Hulkenberg    17       
17.  Vergne              4       
18.  Ricciardo         2       
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Chrysler Indonesia Genjot Jualan Aksesori

Posted: 07 Jul 2012 07:38 PM PDT

Jakarta, KompasOtomotif - Selain fokus utama jualan mobil, PT Garansindo Inter Global (Chrysler Indonesia) juga  meningkatkan penjualan aksesori, baik untuk mobil atau "apparel" konsumen. Sampai akhir tahun, sektor pernik-pernik ini diperkirakan bisa mengumpulkan omzet paling sedikit 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 10 miliar.

Muhammad Al Abdullah, Managing Director Chrysler Indonesia mengatakan, setiap konsumen yang membeli mobil Chrylser pasti langsung menambah aksesori."Ada tiga tipe konsumen, pertama yang baru pertama kali beli Chrysler, kedua medium dan ketiga yang suka tampilan ekstrem," beber pria yang akrab dipanggil Memed ini di Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2012).

Untuk tipe konsumen pemula, biasanya mereka beli aksesori kecil seperti pijakkan kaki, lampu tembak sampai tutup tangki bensin. Rata-rata biaya yang dihabiskan minimal Rp 20 jutaan. Tipe menengah, sudah mulai mengganti bemper depan, pegangan pintu dan lain-lain yang nilainya lebih besar. "Biasanya mereka menghabiskan sampai Rp50-100 jutaan sekali belanja," beber Memed.

Selanjutnya, tipe konsumen ekstrem menginginkan tampilan lebih "hardcore" dengan merubah pelek, snorkle, ban sampai interior bisa menghabiskan dana hingga Rp250 jutaan.

"Kalau melihat data sampai Mei (2012), jualan aksesori kita sudah lewat dari 500.000 dollar AS. Untuk Juni atau Juli pasti sudah terlampaui jumlah, sepertinya sampai akhir tahun akan tercapai target segitu (1 juta dollar AS," tutup Memed.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Alonso Rebut "Pole Position" Pertama

Posted: 07 Jul 2012 08:52 AM PDT

Silverstone, KompasOtomotif -- Di lintasan berada yang sangat licin di sirkuit Silverstone, Fernando Alonso memperlihatkan superioritasnya. Pebalap Ferrari tersebut berhasil merebut posisi start terdepan F1 Inggris, besok (8/7) setelah dalam sesi kualifikasi menjadi yang tercepat. Juara dunia dua kali (2005 dan 2006) ini mengukir waktu 1:51 detik,476 dan ini merupakan "pole position" pertamanya sejak terakhir 2010 di Singapura.

Hasil ini sebagai jawaban kalau pebalap Spanyol itu tampil bukan secara kebetulan. Karena, paginya saat latihan, ia membesut F2012 sebagai yang tercepat. Sebagai pebalap senior, Alonso sangat matang menguasai mobil meski beberapa kali ia harus melakukan koreksi setir di tikungan tertentu.

Di garis start terdepan, Alonso ditemani Mark Webber. Pebalap Red Bull ini sempat melejit kedepan dengan 1:55,898 detik. Hasil ini berhasil memisahkan duo Ferrari yang berada urutan 1-2 ketika kualifikasi menyisakan waktu 2 menit dan sekaligus menghentikan senyum Michael Schumacher yang sempat jadi tercepat.

Kendati begitu, Schumi bertengger di belakang Alonso-Webber dari hasil tercepat ketiga. Rekan setimnya, Nico Rosberg mendampingi pebalap veteran tersebut.

Pandangan terganggu
Kualifikasi yang berlangsung 55 menit yang terbagi dalam tiga sesi membuat jengkel pebalap. Dalam sesi 1, Jenson Button jadi korban tidak lolos ke babak berikutnya akibat sulit mengembangkan kecepatan mobil. Sudah begitu, ia sempat terhalang oleh "traffic" pebalap.

Saat kualifikasi kedua, hujan yang kian deras dan lintasan sebagian banjir membuat banyak mobil ke luar lintasan. Hamilton pun mengabarkan lewat radio kepada tim lintasan berjarak  5,891 km itu sangat licin, mobil sulit dikendalikan dan pandangan sangat terganggu.

Akhirnya, bendera merah dikibarkan dan direktur perlombaan memutuskan sesi kedua yang baru berjalan 8 menit ditunda. Para pebalap harus mendekam di pit 1 jam 27 menit sampai hujan berhenti.

Begitu sisa waktu kualifikasi 2 akan dimulai, segerombolan pebalap mengantri di mulut masuk trek. Di antaranya Maldonado, Grosjean, Alonso, Massa dan Vettel yang belum mengantongi waktu. Akhirnya, mereka dapat melanjutkan ke kualifikasi akhir.

Bahkan Alonso dan Vettel yang lagi berusaha memperbaiki peringkat di masa injury time, sempat terganggu laju kendaraan mereka di salah satu tikungan karena ada mobil Grosjean berada di pinggir lintasan dan terjebak di gravel. Meski Grosjean tercepat keempat di kualifikasi kedua dan lolos ke sesi terakhir, pebalap Perancis itu tak ikut ambil waktu dan harus start dari urutan ke-10.

Hasil kualifikasi

1.  Fernando Alonso              Ferrari                                1m51.746s   
 2.  Mark Webber                    Red Bull-Renault             1m51.793s  + 0.047
 3.  Michael Schumacher      Mercedes                          1m52.020s  + 0.274
 4.  Sebastian Vettel               Red Bull-Renault             1m52.199s  + 0.453
 5.  Felipe Massa                   Ferrari                                 1m53.065s  + 1.319
 6.  Kimi Raikkonen               Lotus-Renault                   1m53.290s  + 1.544
 7.  Pastor Maldonado          Williams-Renault              1m53.539s  + 1.793
 8.  Lewis Hamilton              McLaren-Mercedes            1m53.543s  + 1.797
 9.  Nico Hulkenberg            Force India-Mercedes        1m54.382s  + 2.636
10.  Romain Grosjean         Lotus-Renault                      no time


Q2
11.  Paul di Resta                  Force India-Mercedes       1m57.009s  + 2.112
12.  Kamui Kobayashi         Sauber-Ferrari                     1m57.071s  + 2.174
13.  Nico Rosberg                 Mercedes                            1m57.108s  + 2.211
14.  Daniel Ricciardo            Toro Rosso-Ferrari           1m57.132s  + 2.235
15.  Bruno Senna                  Williams-Renault              1m57.426s  + 2.529
16.  Jean-Eric Vergne           Toro Rosso-Ferrari           1m57.719s  + 2.822
17.  Sergio Perez                   Sauber-Ferrari                   1m57.895s  + 2.998


Q1
18.  Jenson Button              McLaren-Mercedes            1m48.044s  + 1.765
19.  Vitaly Petrov                  Caterham-Renault             1m49.027s  + 2.748
20.  Heikki Kovalainen       Caterham-Renault             1m49.477s  + 3.198
21.  Timo Glock                   Marussia-Cosworth           1m51.618s  + 5.339
22.  Pedro de la Rosa       HRT-Cosworth                    1m52.742s  + 6.463
23.  Narain Karthikeyan    HRT-Cosworth                    1m53.040s  + 6.761
24.  Charles Pic                 Marussia-Cosworth           1m54.143s  + 7.864

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.50  

0 komentar:

Poskan Komentar