“Pencegah Penggunaan Hape Saat Mengemudi” plus 2 more

Senin, 09 Juli 2012

“Pencegah Penggunaan Hape Saat Mengemudi” plus 2 more


Pencegah Penggunaan Hape Saat Mengemudi

Posted: 09 Jul 2012 07:02 AM PDT

KompasOtomotif – Kendati sudah dilarang tidak boleh menggunakan hape atau telepon seluler saat mengemudikan mobil, masih saja banyak pengemudi yang melanggarnya. Satu tangan memegang telepon di kuping, satu lagi di setir. Akibatnya, konsentrasi berkurang.

Berdasarkan penelitian, kendati pengemudi menggunakan hand free, konsentrasinya tetap tidak fokus saat berbicara. Reaksi pengemudi menginjak rem menjadi lambat. Risikonya, saat macet atau antri, bisa saja menabrak kendaraan yang berada di depan.

Untuk mencegah hal tersebut, peneliti dari Universitas Teknologi Ana di Tamilnadu, India yaitu H. Abudl Shabeer dan R. S. D. Wahidabanu, memperkenalkan alat yang bisa memblok sinyal hape pengemudi saat menggunakannya. Sedangkan penumpang lain, tetap bisa menggunakan hape mereka.

Alat pencegah tersebut (peranti keras) terdiri dari dua komponen. Satu dipasang di jok pengemudi yang mendeteksi pengemudi menggunakan hapenya. Satu lagi, alat untuk memotong sinyal yang berada di depan dan terhubung ke setir.

Menurut kedua peneliti, sekitar 20 persen dari kecelakaan fatal di jalan raya – khusus dengan truk dan kendaraan berat - secara global terjadi karena pengemudi menggunakan hape. Ditambahkan, sistem juga bisa disertakan dengan pelaporan pelanggaran kepada pos polisi terdekat yang tercatat dalam sistem memori alat. Sistem juga dapat memperingatkan pengemudi yang berusaha menggunakan hapenya. Target penggunaan alat ini menurut kedua peneliti adalah supir kendaraan berat.

Mungkin di Indonesia, penggunaan alat ini perlu dipikirkan juga untuk membantu memudahkan pekerjaan penegak hukum.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

TVS dan BMW Motorrad Saling Lirik

Posted: 09 Jul 2012 03:08 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]

BMW membidik pasar domestik India dan butuh mitra lokal yang kuat.


ABS Menjadi Kelengkapan Standar Seluruh Sepeda Motor BMW

Posted: 09 Jul 2012 02:48 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]

Sebelum keharusan menggunakannya pada sepeda motor besar, BMW telah memulai, seluruh produknya dilengkapi dengan ABS.


Diposkan oleh iwan di 15.53  

0 komentar:

Poskan Komentar