“Ganti Knalpot Custom, Tenaga Naik 1-2 PS” plus 2 more

Kamis, 19 Juli 2012

“Ganti Knalpot Custom, Tenaga Naik 1-2 PS” plus 2 more


Ganti Knalpot Custom, Tenaga Naik 1-2 PS

Posted: 19 Jul 2012 05:14 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif – Kurang puas dengan suara atau bahkan performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor standar, menggantinya dengan versi custom bisa jadi pilihan. Meski demikian, untuk melakukannya tidak bisa sembarangan. Ada tahapan dan teori ringan agar performa dan estetikanya tetap terjaga.

Menurut Indra, pemilik Doctor Muffler di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, jika ingin mengganti knalpot dengan versi custom, paling tidak harus mengerti tentang hubungan kapasitas mesin dan lubang knalpot. Suara yang dihasilkan pun bisa berbeda sesuai selera. Soal model, minta bentuk apa pun "sang Doktor" siap menyediakannya. Biayanya tidak mahal, cukup Rp 1-5 juta, bergantung spesifikasi yang diminta.

Berikut tips pemasangannya:

1. Paling simpel adalah menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Misalnya bebek 100 cc, diameter knalpot tak boleh lebih dari 1,25 inci. Untuk jenis sport 150 cc maksimal 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubang yang cocok  2 inci. Diameter lubang ini akan menentukan suara dan performa motor.

2. Saringan dalam knalpot juga menetukan performa. Jika terdapat benjolan-benjolan akan punya nafas lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Jika saringan di dalam bentuknya polos sesuai diemeter lubang, motor akan punya tenaga lebih besar, tapi nafasnya lebih pendek.

3. Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan tidak berisik. Soal ini, kita bijak karena suara yang terlampau bising akan mengganggu orang lain dan kabarnya akan ditindak tegas. Batas kebisingan motor 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan batas suara knalpot motor di atas 175 cc adalah 80 Db.

4. Jika khawatir menimbulkan dampak pada mesin, kita bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau setelan lain di bagian karburator. Tapi pada umumnya, setelan jarang dilakukan karena efek negatif dari knalpot custom tidak begitu siginifikan untuk mesin.

5. Perhatikan panjang "leher angsa". Ada hitungan khusus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Jika kepanjangan mesin jadi cepat panas. Kalau kependekan, tenaganya jadi berkurang.

Dengan perhitungan yang benar, knalpot custom biasanya mampu mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Artinya, akselerasi nambah, tanpa setel ulang karburator. Kalau disertai sedikit setelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tapi jika ditambah porting cylinder head dan memainkan noken as, bakal lebih banyak tenaga yang menyembur.

Settingan suara dari semua knalpot yang dibuat tidak sampai memekakkan telinga alias lebih adem. Dengan mengganti knalpot custom, Indra mengklaim bahwa motor akan naik tenaganya hingga 1-2 PS. "Knalpot mahal saja maksimal naik 0,8 dk. Kami bisa menaikkannya tanpa khawatir merusak motor," ujarnya.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Insiden di Suzuki, Satu Orang Tewas dan 70 Luka Berat

Posted: 19 Jul 2012 05:14 AM PDT

New Delhi, KompasOtomotif - Kerusuhan terjadi antara buruh dengan manajemen di pabrik mobil Suzuki di Manesar, New Delhi, India, kemarin (18/7). Insiden tersebut menewaskan 1 orang dan 70 mengalami luka-luka, sehingga membuat Maruti Suzuki India Ltd (MSIL) harus menghentikan produksi. Polisi distrik Gurgaon telah menahan 99 pekerja.

Menurut pihak Maruti,  kerusuhan dipicu oleh kebijakan perusahaan yang akan menertipkan pekerja berkaitan dengan pemukulan yang dilakukan oleh buruh terhadap seorang supervisor, kemarin (18/7).  Namun serikat pekerja menolak kebijakan tersebut dan memblokir gerbang serta menyandera salah satu jajaran manajemen.

"Tiba-tiba banyak orang lari ke arah saya, memeluk dan memukuli secara beringas. Bahkan ada yang menggunakan benda-benda di sekitarnya. Saya berusaha menyelamatkan diri dan berhasil lepas dari kerumunan lalu melompat pagar. Setelah aman, baru saya ke rumah sakit untuk segera mendapat perawatan," jelas SA Siddiqui, supervisor kepada televisi lokal  NDTV.

Cerita versi para buruh  lain lagi. Sang supervisor, kata mereka, memberikan hukuman sepihak akibat insiden pemukulan. "Mereka bertingkah dengan mengumumkan adanya penangguhan kerja tanpa adanya pembicaraan terlebih dahulu," terang Sarabjeet Singh, Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja Maruit Suzuki.

Atas kejadian tersebut maka juru bicara MSIL, Puneep Dhawan, Rabu malam (18/7) mengumumkan, hari ini (19/7) pabrik berhenti produksi karena beberapa area pabrik terbakar akibat insiden tersebut. Berarti produksi SX4 dan Swift bisa jadi terhambat atas kondisi ini. Sementara Ertiga yang saat ini tengah jadi favorit masih dalam kondisi aman, karena diproduksi di Gurgaon.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Ducati Pakai Mesin Baru di Laguna Seca

Posted: 19 Jul 2012 05:14 AM PDT

Mugello, KompasOtomotif – Setelah menjalani rangkaian tes internal Ducati pasca balapan di Mugello pekan lalu, tim memutuskan untuk menggunakan paket mesin baru. Filippo Preziosi, General and Technical Director Ducati Corse menyatakan bahwa paket mesin dengan settingan khusus itu dirasa cocok untuk Laguna Seca.

"Setelah menjalani tes intensif selama hampir satu minggu, kini kami sibuk dengan setelan sasis dan ketahanan mesin. Masalahnya begitu besar dan kami harus bekerja keras," ujar Preziosi.

Seperti yang direncanakan sejak awal musim, untuk balap di Laguna Seca Ducati akan menggunakan mesin keempat. Kata  Preziosi, mesin keempat ini sudah siap dengan penambahan komponen yang sudah kami kembangkan sebelumnya. "Beberapa komponen akan dikirim sebelum balap, dan sisanya akan ditambahkan bergantung perkembangan terakhir," jelasnya.
 
Tes yang dilakukan Ducati sejak senin hingga hari ini mengalami beberapa kendala. Valentino Rossi mengalami kerusakan ECU. Namun berbeda dengan Nicky Hayden yang mendapatkan banyak masukan dari hasil tes yang berguna untuk menutupi kekurangan motor.

Selain melakukan tes dan mencoba paket mesin baru untuk balap Laguna Seca, Ducati juga sedang menyiapkan rangkaian tes lagi untuk pengembangan lebih jauh. "Sekarang kami harus menyelesaikan tes ini dan menyiapkan tes selanjutnya, Agustus nanti," kata Preziosi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar