“Ambisi Proton Sebagai Kebanggaan ASEAN” plus 2 more

Minggu, 15 Juli 2012

“Ambisi Proton Sebagai Kebanggaan ASEAN” plus 2 more


Ambisi Proton Sebagai Kebanggaan ASEAN

Posted: 15 Jul 2012 01:20 AM PDT

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Kehadiran Proton di dunia otomotif global, boleh jadi dipandang sebelah mata oleh sebagian besar warga Indonesia. Namun, kita tidak bisa memungkiri kalau Perusahan Otomotif Nasional (Proton)  satu-satunya  "kereta" (baca:mobil) asli merek Malaysia yang bisa mendunia.

Apa modal yang Proton untuk bisa bersaing dengan produsen dari negera seperti Jepang, Korea Selatan dan  Eropa? Untuk menjawab ini, PT Proton Edar Indonesia (PEI) mengajak sejumlah jurnalis, termasuk KompasOtomotif  mengunjungi perakitan Proton di Malaysia, pekan lalu (11-13/7/2012). 

Markas 
Lokasi pertama yang dikunjungi  adalah markas Proton di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Di atas lahan 250 hektar, selain menjadi kantor pusat, juga ada pusat riset dan pengembangan produk-produk baru, sirkuit pengujian (test track) dan perakitan berkapasitas 210.000 unit mobil per tahun.

"Kami mau maju, untuk itu perlu mendapatkan masukan yang tepat. Wartawan Indonesia adalah negara pertama yang bisa berkunjung ke sini/ Saya harap Indonesia bisa mengerti fasilitas produksi kita," komentar Dato' Lukman bin Ibrahim, Deputy Chief Executive Officer (CEO) Proton Holdings Berhad di Kuala Lumpur, pekan lalu.

Rombongan juga diajak ke sirkuit pengujian dengan panjang lintasan 1,65 km berbentuk oval, mirip dengan sirkuit balap Nascar di Amerika Serikat  yang punya tikungan tajam dengan kemiringan 40 derajat. Di tempat ini, dua model yang akan  dipasarkan ke Indonesia disiapkan untuk di tes. 

Galeri 
Kembali ke Shah Alam, ada  galeri,  semacam museum mini yang menjelaskan sejarah perjalanan Proton sejak pertama kali dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, 7 Mei 1983. Diceritakan, proyek dimulai  dari hasil kerjasama dengan Mitsubishi, dan Proton mampu  membuat mobil sendiri pada 2000-an.

Berbagai model Proton dari model pertama sampai terakhir dipajang di tempat ini. Sebut saja Waja, Persona, Perdana, Gen-2, sampai Neo yang menjadi peserta di ajang World Raly Camphionship pada tahun ini. Tak ketinggalan beberapamobil sport Lotus yang dibeli Proton sejak 1996 dari Volkswagen.

Juga dipamerkan  teknologi masa depan, yakni hibrida sebagai cikal bakal produk di masa depan.Di markas Proton ini, beberapa kali  dijumpai  mobil listrik murnia yang digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan.

Robot
Perjalanan dilanjutkan ke fasilitas produksi kedua dan terbaru Proton di Tanjung Malim, Perak, Malaysia. Lokasinya 81 km dari Kuala Lumpur dan butuh waktu 1,5 jam ke  pabrik yang berada di lahan 1.280 hektar dan menjadi bagian kecil dari mega proyek Proton City. Kapasitas produksi untuk tahap pertama 150.000 unit dan diresmikan 26 Februari 2005.

Di Tanjung Malim, Proton meproduksi Savvy, Gen-2, Persona dan sedan terbaru Preve yang rencananya mulai di pasarkan ke Indonesia, mulai Januari 2013. Di sini Proton punya fasilitas perakitan yang dikerjakan oleh  robot untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Bahkan untuk pengelasan,  95 persen dilakkan oleh robot.  

"Tahun lalu, kami (Proton) memproduksi sekitar 170.000 unit mobil dan tahun ini kan naik menjadi 185.000 unit," jelas Azmi Bin Idris, Director Group Manufacturing Proton di Tanjung Malim.

Tujuan Proton mengundang belasan jurnalis Indonesia ke markas dan pabriknya adalah untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan pemilik baru DRB Hicom. Ambisi Proton, menjadi merek yang bisa dibanggakan oleh ASEAN.   

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Shell Pilih 20 Pemenang Tantang Adrenalinmu

Posted: 15 Jul 2012 01:04 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif - Shell Lubricants Indonesia menggelar "Shell Helix - Weekend  Seru" di La Piazza!, Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara dari 13 Juli hingga 15 Juli 2012. Acara ini ini juga dijadikan sebagai penutup kegiatan promo Shell Helix "Tantang Adrenalinmu" yang berlangsung dari April - Juli  ini. Berdasarkan rilis yang dikirimkan oleh Shell, peserta Tantang Adrenalimu mencapai  hampir 100.000 orang dari 12 kota di Indonesia. 

Selanjutnya, empat pengguna Shell Helix yang beruntung dari 20 pemenang undian akan diberangkat ke Italia September mendatang. Ke-20 kandidat pemenang  tahap pertama mengikuti berbagai aktivitas, yaitu uji pengetahuan dan kemampuan mengikut coaching clinic dandiakhiri dengan ujian tertulis dan kemampuan merakit mesin dengan batasan waktu yang telah ditentukan dan menemukan petunjuk untuk melengkapi komponen mesin yang hilang. Berdasarkan tantangan inilah ditnetukan pemenangnya yang diumumkan hari.

GM Marketing Shell Lubricants Indonesia, Kuswantoro Pranabudi mengatakan, "Program kampanye global Tantang Adrenalinmu adalah apresiasi kepada pemakai setia Shell Helix. Melalui acara ini kami berharap bisa lebih dekat dengan konsumen."

Empat pemenang dari 20 pemenang akan diberangkatkan ke Italia, Di sana, mereka akan diajak mengunjungi markas Ferrari di Maranello, ke  Milan dan  Monza yang dikenal dengan julukan "The cathedral of Speed."

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Ramadhan Bersama Honda Jakarta Center di Serpong

Posted: 15 Jul 2012 12:02 AM PDT

Serpong, KompasOtomotif -  Dealer utama Honda di Jabodetabek, Honda Jakarta Center (Imora Motor, juga disingkat HJC) mengadakan acara "Warnai Ramadhan Anda dengan Honda Freed" kemarin (14/07/2012) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banteng. 

"Ini merupakan apreasiasi kami kepada pemilik Honda, khususnya Freed, yang akan menyambut Ramadhan dan Lebaran Idulfitri sebentar lagi. Untuk itu, kami menghadirkan Aswin Bahar, pebalap senior dan mantan putri Indonesia 2002, Melanie Putri berbagi pengetahuan dan pengalaman menggunakan Freed," jelas Daya Hansten, Chief Marketing  & Promotion, Honda Jakarta Center.

Pada kesempatan itu, Melanie menceritakan pengalamannya menggunakan Freed sebagai kendaraan sehari-hari, membawa anak dan mertua. "Menyenangkan, dalamnya lega luar namun tetap kompaknya. Jadi bisa bergerak gesit," jelasnya.

Sementara Aswin Bahar, memerikan tips cara mengemudikan kendaraan aman dan efisien. Misalnya untuk mengirit bahan bakar, "Untuk menambah kecepatan, pedal gas harus rata dan halus. Tidak mengerem secara mendadak," jelasnya. Juga dijelaskan, sebaiknya pemudik menghindari menggunakan bagasi di atas atap. "Sebenarnya berbahaya. Selain menggurangi aerodinamika dan menambah beban mesin, juga bisa mengakibatkan pemakaian menjadi lebih boros. Jangan membawa beban berlebihan. Sebaiknya ditaruh di bagasi dalam," ceritanya.

Event sehari ini juga dimanfaatkan HJC untuk menjajakan Honda Freed, khusus mereka yang membutuhkan kendaraan keluarga untuk mudik. Untuk ini HJC menawarkan, bagi mereka  yang langsung membeli Freed dengan cicilan tiga tahun, akan mendapatkan asuransi gartis selama setahun (tahun pertama) dengan nilai sekitar Rp 5 juta.

"Kendati lebaran sebentar lagi, mereka yang pesan sekarang bisa mendapatkan unitnya sebelumnya lebaran," tutup Daya!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 15.45  

0 komentar:

Poskan Komentar