“VW Luncurkan Touareg dan Caravelle Baru” plus 2 more

Rabu, 11 April 2012

“VW Luncurkan Touareg dan Caravelle Baru” plus 2 more


VW Luncurkan Touareg dan Caravelle Baru

Posted: 11 Apr 2012 10:33 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — PT Garuda Mataram Motors (GMM) meluncurkan New Caravelle di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2012) ini. Generasi kelima multipurpose vehicle (MPV) ini tampil lebih segar dengan tambahan detail baru.

VW membekali Caravelle baru dengan mesin 2.0 liter bi-turbo TDI  yang menghasilkan 260 PS dan torsi 400 Nm, dikawinkan dengan transmisi 7-percepatan DSG (kopling ganda). Kendati hanya ada satu pilihan mesin, tetapi ditawarkan dua varian, yaitu jarak sumbu roda pendek dan panjang.

Caravelle mengalami penyegaran pada bagian wajah, khususnya gril dan lampu depan, kini dilengkapi dengan lampu xenon dan desain LED baru. Harga untuk kedua varian adalah Rp 998 juta (jarak sumbu roda lebih pendek) dan Rp 1.098 miliar (untuk jarak sumbu roda panjang) on the-road Jakarta.

"Keduanya rakitan lokal (CKD) dan kami mendapatkan pasokan masing-masing 50 unit. Sampai kini sudah 20 unit yang dipesan," ujar Andrew Nasuri, Chief Executive Officer GMM. 

Touareg
Pada kesempatan yang sama, GMM juga meluncurkan New Touareg dengan mesin 3.0 liter TDI bertenaga 240 PS dan torsi 550 Nm bersama transmisi otomatis 8-percepatan. Teknologi terbarunya yang diperkenalkan adalah 4XMotion sehingga SUV ini bisa diajak off-road dan untuk keamanan terdapat ABS plus.

"Mobil ini bisa mendaki bukit dengan kemiringan sampai 31 derajat dan tangguh di medan medium," beber Eko Yulianto, Technical & Training Manager GMM.

New Touareg dibanderol mulai Rp 1,2 miliar (off the road)  dan bisa dipesan sesuai dengan keinginan konsumen untuk dilengkapi dengan fitur tambahan. "Karakter konsumen di Indonesia untuk segmen ini tidak mau standar. Biasanya banderol bisa naik Rp 100-Rp 200 juta-an karena ada tambahan fitur sesuai keinginan konsumen," lanjut Andrew.

Sampai hari peluncuran, GMM sudah mengantongi 10 pesanan dari 15 unit yang tersedia di pabrik. "Kami sebenarnya sudah memesan 30 unit ke prinsipal. Sayang, belum mendapat jawaban pasti," tutup Andrew.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Volkswagen Belum Menemukan Pemasok Komponen di Indonesia

Posted: 11 Apr 2012 07:07 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — Rencana Volkswagen AG merakit mobil di Indonesia tidak mungkin terealisasi dalam 5 tahun ke depan. Pasalnya, sampai kini VW belum bisa menentukan pemasok komponen lokal karena terganjal dengan standar yang telah ditentukannya.

"Tim dari VW saat ini masih di Indonesia. Mereka sedang mencari calon pemasok. Sampai kini belum ada yang disetujui karena menyangkut kualitas," beber Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT Garuda Mataram Motors (GMM), di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2012).

Dijelaskan, VW masih melihat Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi besar di kawasan ASEAN. Namun, industri komponen lokal juga harus mampu membuat komponen berkualitas tinggi. 

"Masalah utama dan paling sulit dipenuhi adalah tingkat kandungan lokal. Saat ini, tidak ada prinsipal Jerman yang menggunakan pemasok lokal untuk kendaraan penumpang mereka," papar Andrew.

Tahun lalu, VW menyatakan rencananya untuk mendirikan pabrik perakitan baru di Indonesia dengan total investasi 140 juta dollar AS atau setara Rp 1,26 triliun dengan kapasitas produksi 50.000 unit per tahun. Namun, sampai kini rencana ini belum terwujud.

"Cepat atau lambat merek (prinsipal VW) akan masuk ke sini (Indonesia). Apalagi ketika pasar nanti sudah menembus 1 juta unit dan ini sudah ditunjukkan prinsipal Jepang yang berbondong-bondong masuk," jelas Jonas Cendana, Kepala Pemasaran Nasional GMM.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Honda Mewujudkan Mimpi Penggemar Pedrosa

Posted: 11 Apr 2012 04:26 AM PDT

KompasOtomotif - Haryanto Markun tak pernah membayangkan bisa melihat langsung wajah pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, idolanya. Semula, bertemu Pedrosa hanya fantasi yang harus dikubur dalam-dalam. 

Namun pada Minggu (8/4/12), mimpi pria asal Merauke itu menjadi nyata ketika berada di Sirkuit Losail, Qatar. Kali ini ia mendapatkan kesempatan langka, merasakan atmosfir dan menyaksikan dari dekat balapan sepeda motor paling bergengsi di muka bumi ini.


Sebelum masuk ke tribun penonton, Haryanto bersama dengan 19 rekan lainnya yang beruntung memenangi undian nonton langsung GP Qatar yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM), sempat mendatangi hospitality tim Repsol Honda. Meskipun hanya numpang lewat, Haryanto sempat melihat Pedrosa yang hendak menuju paddock untuk mempersiapkan diri menghadapi balapan.


Beli Blade

"Itu Pedrosa yah," ujar Haryanto ketika melihat sang pebalap masuk paddock. "Saya tidak percaya, orangnya pendek. Di televisi kelihatannya tinggi," ujar pria kelahiran Kebumen ini, Minggu (8/4/12) malam, sebelum balapan.


Haryanto termasuk 20 orang yang beruntung memenangkan program undian berhadiah Nonton Langsung Seri Pembukaan MotoGP 2012 di Sirkuit Losail Qatar. Undian adalah bentuk terima kasih PT AHM kepada konsumen yang telah membeli Honda Blade.


Usai balapan, para pemenang ini mengungkapkan kesan dan keterkejutan mereka tentang MotoGP. Intinya, pertama kali menyaksikan balapan MotoGP (juga Moto2 dan Moto3) secara langsung.


"Wah, luar biasa kecepatan motornya. Wusss... kencang sekali.Kita tidak bisa lihat dengan jelas," ujar Haryanto. "Saya  agakkecewa karena saat nonton langsung, Pedrosa tidak menang. Namun saya juga bangga, finis din urutan kedua padahal start dari ketujuh," tambahnya.

Pada balapan seri pembuka MotoGP 2012 ini, Pedrosa menunjukkan performa yang impresif. Start dari urutan ketujuh - setelah mengalami akhir pekan yang kurang menyenangkan - pebalap asal Spanyol ini finis di urutan kedua. Bahkan sempat beradu kecepatan dengan  pemegang pole position, Jorge Lorenzo, yang akhirnya menjadi pemenang.

Sementara itu rekan setim Pedrosa, Casey Stoner, yang sempat memimpin jalannya lomba, harus puas finis di urutan ketiga.

Tak Menyangka
Perasaan serupa juga dilontarkan pemenang undian asal Jakarta, Budianto Tambunan. Dia mengaku sangat terkesan dengan kecepatan motor balap yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

"Gila, kencang banget motornya. Ini yang membuat saya sangat terkesan sepanjang berada di Qatar," ujar Budianto, tinggal di kawasan Monumen Nasional.

Lain lagi dengan Muhajir Sidiq Dalijo, pemenang undian asal Pekanbaru, Riau. Ia mengaku bakal menyesal jika menolak kesempatan langka menonton langsung balapan MotoGP ini.


"Awalnya saya tidak percaya,  ditelepon bahwa saya pemenang undian ini. Tetapi setelah diberitahu bahwa saya menang karena membeli  Blade, serta dijelaskan semua data seperti yang saya berikan saat beli motor itu, saya menjadi percaya," jelas Sidiq, yang mengaku lebih menggemari motocross.


Dikira penipuan

Rata-rata para pemenang undian mengaku tak percaya ketika diberi tahun lewat telepon sebagai pemenang. Mereka merasa ini (telepon) adalah modus penipuan dan tak mau menggubrisnya.


"Berkali-kali ditelepon, tetapi saya langsung tutup waktu dengar diberi tahu sebagai pemenang undian nonton langsung balapan MotoGP di Qatar. Karena teleponnya tak pernah berhenti dan diberi penjelasan, saya percaya," ujar pemenang asal Palangkaraya, Kamidin Tarkiya.


Cerita para pemenang tersebut diamini oleh Eka Putra Bhuwana, pihak ketiga yang melakukan pengundian. Ia mengaku, semua pemenang awalnya tidak percaya dan merasa akan ditipu dan langsung mematikan teleponnya.


"Kami tak putus asa. Terus berusaha dengan berbagai cara untuk meyakinkan bahwa mereka adalah konsumen Honda Blade, pemenang nonton
langsung MotoGP Qatar. Bahkan ada yang terpaksa didatangi langsung, meskipun akses ke tempat tinggalnya sangat susah," ujar Eka.

Para pemenang undian ini tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menonton MotoGP langsung di Qatar. Dari tempat asal sampai  menuju Qatar dan kembali ke rumah, semua biaya ditanggung AHM.

"Kami tak mau membuat mereka susah. Jadi, semua persyaratan mulai dari paspor, visa, dan biaya perjalanan dari rumah ke Jakarta, lalu ke Qatar, dan sebaliknya, semuanya sudah ditanggung. Mereka juga mendapat uang saku," tambah Eka.

Sementara itu GM Marketing Planning and Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra, mengatakan bahwa pihaknya belum punya rencana untuk membuat undian serupa. Namun  komitmen memanjakan pelanggan tetap dijaga.

"Belum ada rencana (undian serupa). Tetapi bisa saja akan dilakukan lagi. Pastinya, undian berhadiah ini (nonton langsung MotoGP) adalah rasa ucapan terima kasih kami kepada konsumen," tegas Indra.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 15.42  

0 komentar:

Poskan Komentar