“Skutik Injeksi Mulai Mendominasi” plus 2 more

Selasa, 17 April 2012

“Skutik Injeksi Mulai Mendominasi” plus 2 more


Skutik Injeksi Mulai Mendominasi

Posted: 17 Apr 2012 04:56 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif - Perlahan tapi pasti, penjualan skutik Yamaha Indonesia mulai meningkat. Menurut data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Yamaha pada Maret 2012 naik 8,1 persen menjadi 141.452 unit dari bulan sebelumnya 130.800 unit. Kontribusi terbesar berasal dari Mio J, terjual 70.064 unit, disusul Mio Fino (32.591 unit) dan Soul GT (10.215 unit). Tingginya penjualan Mio J sekaligus mengindikasi terjadi peralihan tren konsumen dari karburator ke injeksi.

Untuk skutik retro, Fino, pada tahun perdananya Yamaha juga berhasil menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan dari 19.883 unit (Februari) menjadi 32.591 unit (Maret).

"Tiga skutik baru (Mio Fino, Mio J dan Soul GT) terus menguatkan penjualan Yamaha di Indonesia. Kami berupaya menggenjot penjualan sampai akhir tahun," ujar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan resmi yang diterima KompasOtomotif, Selasa (17/4/2012).

Meski naik, tahta pemimpin pasar skutik nasional berada digenggaman Honda sampai kuartal pertama 2012. Honda mencatatkan pangsa pasar 60,8 dan Yamaha (34,3 persen) dan Suzuki (4,7 persen) dari total pasar skutik Januari-Maret 2012 1.065.783 unit.

Untuk sport, Yamaha masih mendominasi melalui Vixion dengan total penjualan (Maret) 39.439 unit. Kontribusi V-Ixion mencapai 22.886 unit disusul Byson (15.002 unit) dan Scorpio (1.551 unit). Secara total, Yamaha melego 246.203 unit sepeda motor pada bulan ketiga tahun ini.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Minerva Tingkatkan Kapasitas Pabrik

Posted: 17 Apr 2012 03:50 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif - PT Minerva Motor Indonesia (MMI) menaikkan kapasitas produksi pabriknya dari 6.000 unit menjadi 8.000 unit per hari di Cileungsi, Jawa Barat, tahun ini. Untuk itu, telah disiapkan dana segar Rp 50 miliar buat memperluas pabrik.

Kristianto Gunadi, Presiden Direktur MMI mengatakan, ekspansi pabrik dilakukan karena permintaan pasar terus meningkat. Di samping itu, direncanakan untuk memproduksi model baru. "Saat ini kapasitas produksi kami sudah full,dua shift sehingga perlu tambahan kapasitas. Lahan sudah tersedia di sebelah pabrik pertama dengan luas total (termasuk pabrik pertama) 4,65 hektar," komentar Kristianto di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2012).

Dijelaskan, sepanjang 2011, MMI mengaku berhasil menjual 70.000 unit sepeda motor. Tahun ini, target penjualan ditingkatkan 14,2 persen menjadi 80.000 unit. Sampai kuartal pertama 2012, MMI mengaku telah berhasil mencatatkan penjualan 15.000 unit.

"Penyebaran produk Minerva masih didominasi pada kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kami mulai masuk ke Manado dalam waktu dekat. Dari seluruh volume penjualan, Minerva VX 150 masih yang terlaris sampai 60 persen," beber Kristianto.

Jaringan
Selain menambah kapasitas produksi, MMI tahun ini juga berambisi menambah jaringan penjualan dari 60 menjadi 100 lokasi tahun ini. Setiap dealer punya fasilitas 3S (sales, service, spare part) dengan total investasi Rp1,4 miliar.

"Setiap dealer baru membutuhkan dana Rp 350 juta, tidak termasuk lahan. Dari investasi ini, MMI juga memberikan subsidi pada setiap investor Rp 250 juta untuk menopang pembukaan dealer baru," beber Kristianto.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

A-Class Hatchback Versi AMG Lebih Garang

Posted: 17 Apr 2012 03:50 AM PDT

Stuttgart, Kompasotomotif - Sebuah prototipe hatchback dari Mercedes-Benz (MB) tertangkap kamera sedang dilakukan tes jalan. Padahal, dari markasnya di Stuttgart, untuk sementara Mercedes belum punya rencana melahirkan hatchback A-Class generasi baru karena masih punya A-250 yang baru diluncurkan di Geneva (Maret lalu) dan KompasOtomotif menyaksikan langsung prosesinya. Apalagi memasarkannya ke Amerika karena Mercedes akan membawa A-Class berbasis sedan sport kecil CLC.

Ternyata, mobil yang kepergok juru kamera itu hasil kerja keras orang-orang di anak perusahaan MB, yakni AMG. Mengenai nama, katanya, ada dua pilihan A25 AMG atau A45 AMG. Wujud aslinya akan diperlihatkan pada Paris Auto Show 2012, September mendatang.

Lantas, di mana bedanya dengan A-250? Versi AMG ini, bemper depan lebih kekar dengan gril model sarang tawon. Kemudian, lambang Mercedes dipegang satu garis horizontal (sedang standarnya dua garis). Trus, side skirtnya terdapat tonjolan panjang di bagian tengah.

Sama seperti depan, desain bemper belakang juga diubah menjadi lebih sporty. Tren dunia, model bemper ada celah angin yang vertikal diaplikasi. Tampilan sayap belakang lebih lebar, dan dua ujung knalpot tampak jelas.

Mengenai mesin, AMG memakai A-250 yang berkapasitas 2.0 liter empat silinder turbocharged yang dimodifikasi. Sehingga tenaganya maksimumnya diperkirakan mencapai 358 PS.

Tampaknya, A25 atau A45 akan bersaing dengan Audi Sportback RS2 dan BMW M135i hatchback yang siap diluncurkan tahun ini. Mercedes belum punya rencana memasarkan versi AMG ini ke Amerika karena mereka akan membawa A-Class berbasis Sedan sport CLC yang kecil.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar