“Pemilik March Tuntut Nissan Indonesia” plus 2 more

Kamis, 05 April 2012

“Pemilik March Tuntut Nissan Indonesia” plus 2 more


Pemilik March Tuntut Nissan Indonesia

Posted: 05 Apr 2012 12:46 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — Nissan Motor Indonesia (NMI) tengah dituntut perihal iklan yang menyertakan informasi konsumsi BBM yang tidak sesuai kenyataan. Tuntutan tersebut dilayangkan Ludmilla Arif setelah March A/T yang dibelinya tahun lalu di Pacific Place punya perbedaan konsumsi bahan bakar dengan di iklan.

"Saya sempat komplain ke NMI dan meminta solusi kenapa March saya tidak pernah mencapai angka tersebut, selalu 8 kpl. Menurut teknisi, mobil saya tidak mengalami gangguan apa pun. Terus, saya minta mobil disetel ulang agar irit. Namun, jawaban yang diterima tetap sama, sudah sesuai standar," ujar Ludmilla.

Jalur hukum
Karena merasa tidak ada penyelesaian, akhirnya kasus ini dibawa ke YLKI lebih dahulu. "Saya disarankan YLKI untuk menyerahkan kasus ini ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), dan ternyata langsung diproses dengan cepat," ungkap Ludmilla. Di tengah kasus ini berjalan sejak Oktober 2011 lalu, Ludmilla menawarkan opsi untuk mengganti March miliknya dengan yang baru dan dengan spesifikasi sama. Namun, tawaran tidak bisa dikabulkan NMI.

Beberapa lama kemudian,  ada penawaran dari NMI dengan membeli mobil tersebut Rp 135 juta ditambah Rp 3 juta sebagai kompensasi pembelian bensin. "Uang sebesar itu (Rp 138 juta) bisa beli mobil baru apa, Mas? Jadi saya tetap pada permintaan awal atau full-refund. Namun jika tidak mau, ya kita tunggu saja putusan sidang," paparnya.

Akhirnya BPSK mengeluarkan putusan Nomor 099/Pts.A/BPSK-DKI/II/2012 pada tanggal 16 Februari 2012. "NMI dinyatakan bersalah atas kasus ini dan harus mengganti rugi Rp 150 juta. Yah, dengan beda Rp 9 juta, masih okelah buat saya," lanjutnya.

NMI naik banding
Pihak NMI merasa keberatan dengan hasil tersebut dan akhirnya naik banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). "Pihak pengacara kami merasa ada yang aneh pada kasus ini dan kita naik banding. Menurut pengacara, ada hal-hal yang bisa dijelaskan tentang iklan," ungkap Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur NMI, yang dihubungi KompasOtomotif, siang ini (5/4).

NMI sudah melakukan pendekatan secara kekeluargaan dengan menanggapi kasus ini dari awal, melakukan pengujian bersama, dan menjelaskan tentang iklan tersebut. Angka tersebut diperoleh dengan beberapa prosedur pengujian dan rute khusus. "Tapi dia (Ludmilla) tetap mau menggunakan rute yang biasa dilewatinya. Bukti yang dibawa ke BPSK itu bukan iklan, melainkan review media," beber Teddy.

"Kita memang sempat menawarkan iktikad baik dengan membeli kembali seharga Rp 138 juta. Tapi ditolak dan ia ingin tetap melanjutkan kasus ini," tambah Teddy. Karena merasa dirugikan dan sangkaan yang tidak sesuai dari hasil BPSK, yaitu kesalahan iklan dan ketidaksesuaian produk, NMI naik banding.

Hari ini di PN Jaksel sedang berlangsung sidang ketiga dengan menu replik, mendengarkan jawaban dari pihak Nissan. Tunggu kelanjutannya!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Jaguar F-Type Diproduksi Akhir Tahun Ini

Posted: 05 Apr 2012 12:46 AM PDT

New York, KompasOtomotif — Setelah mengumumkan akan memproduksi akhir tahun ini, Jaguar juga menyatakan bahwa roadster F-Type mulai dijual pada pertengahan 2013. Dijelaskan oleh Adrian Hallmark, Direktur Merek Global Jaguar, F-Type versi produksi memiliki sosok serupa konsep C-X16 yang dipamerkan pada Frankfurt Motor Show 2011, yaitu roadster dua kursi. Sementara itu, C-X16 dinyatakan sebagai visi dan bahasa desain baru Jaguar.

Ian Callum, Direktur Desain Jaguar, menambahkan, "Tidak ada rencana menawarkan versi hard top lipat roadster F-Type. Tetap soft top karena hard top lipat akan merusak bentuk mobil."

F-Type akan menggunakan mesin baru V6, 3,0 liter, dilengkapi supercharger plus motor listrik, sama dengan C-X16. "Kemampuannya sama dengan XKR-S, tetapi tenaganya lebih kecil," tambah Hallmark. Dengan kata lain, F-Type bukan hanya sebagai mobil sport, melainkan juga GT. Dari harga, model ini akan bersaing dengan Porsche Boxster/Cayman, BMW Z4, dan Mercedes-Benz SLK.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

BMW M5 Dongkrak Tenaga dengan Turbo Ganda

Posted: 05 Apr 2012 12:30 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif — M5 menjadi varian tertinggi di keluarga Seri 5 karena didukung dengan teknologi yang lebih mumpuni dari saudaranya. Sebagai contoh, kapasitas silinder lebih kecil, tetapi tenaga yang dihasilkan justru lebih besar 10 persen dari pendahulunya.

Sumber penggerak mobil ini mengandalkan mesin V8, 4,4-liter, turbo ganda dengan teknologi valvetronic yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 560 PS dan torsi 680 Nm (sebelumnya V10, 5,0-liter, non-turbo, 507 PS). Sebagai pemindah tenaga, digunakan transmisi otomatis 7-percepatan kopling ganda. Kemampuan ngacir 0-100 kpj hanya 4,4 detik, sementara kecepatan maksimum 250 kpj (dibatasi). 

"Auto start/stop"
Meski bertenaga besar, BMW Indonesia mengklaim bahwa M5 bukan peminum berat bahan bakar. Hal tersebut diperoleh berkat teknologi BMW EfficientDynamic. Salah satu yang terbaru adalah teknologi auto start/stop yang menghasilkan penghematan hingga 30 persen. Karena itu, diklaim bahwa mobil sport ini bisa menempuh jarak 10,1 km dengan seliter bensin.

Untuk pertama kalinya, terdapat dua tombol "M Drive" di lingkar kemudi, yang bisa dipilih sesuai settingan dan keinginan pengemudi. Berbeda dengan sebelumnya, kini tak ada lagi pembatasan tenaga yang diatur lewat iDrive. 

Sebagai mobil premium, interior dibalut dengan kemewahan, antara lain setir dan jok semi-balap berbalut kulit. Jok juga bisa disetel hanya dengan menekan tombol. Khusus konsol tengah, desainnya masih tetap mempertahankan karakter klasik M. Teknologi lain di kokpit adalah M head-up display, kamera mundur, comfort access, HiFi system professional Logic7, dan sistem navigasi yang ditampilkan melalui monitor 10,2 inci. Tersedia pula koneksi USB untuk audio dan harddisk 12 GB. 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 15.50  

0 komentar:

Poskan Komentar