“Bensin Sintetik, Rp 3.500 Per Liter” plus 2 more

Senin, 31 Januari 2011

“Bensin Sintetik, Rp 3.500 Per Liter” plus 2 more


Bensin Sintetik, Rp 3.500 Per Liter

Posted: 31 Jan 2011 12:52 PM PST

Senin, 31 Januari 2011 | 20:52 WIB

gizmag.com

Stephen Voller memperlihatkan bensin sintetik dalam bentuk kapsul (kiri) dan strukturnya dalam ukuran nano (kanan)

OXFORD, KOMPAS.com — Di tengah gencarnya tren perubahan alat mobilitas di seluruh dunia, dari mobil bensin ke mobil listrik, muncul harapan baru untuk mesin konvensional, yaitu ditemukan bensin sintetik. Hebatnya lagi, bensin sintetik ini lebih murah dibandingkan dengan hasil tambang, hanya Rp 3.500 per liter (1,50 dollar AS per galon).

Kelebihan lain, bensin ini bisa langsung digunakan pada mesin bensin sekarang tanpa perubahan dan tidak menimbulkan emisi karbon. Nah, tentu saja bisa dibayangkan, harapan produsen mesin konvensional bisa hidup lagi setelah terancam mobil listrik.

Bensin sintetik tersebut ditemukan oleh sebuah perusahaan asal Inggris, Cella Energy. Teknologinya dikembangkan dari material yang disebut complex hydrides. Pengembangan bensin sintetik ini telah berlangsung empat tahun  dalam program sangat rahasia di laboratorium terkenal, Rutherd Appleton Laboratory, dekat Oxford, Inggris.

Menurut Stephen Voller, CEO Cella Energy, bensin sintetik ini memiliki kandungan energi sangat tinggi dan dikemas seperti kapsul dengan teknik nanostruktur yang disebut coaxial electrospraying.

"Kami telah mengembangkan bahan bakar mikrobutiran baru yang dapat digunakan pada mesin yang sebelumnya menggunakan bensin. Dapat digunakan tanpa harus memodifikasi mesin," papar Voller.

Dia menambahkan, karena berasal dari hidrogen, pembakarannya tidak menghasilkan emisi karbon. Riset untuk menemukan bensin ini dipimpin Profesor Stephen Bennington bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas College London dan Universitas Oxford.

"Teknologi kami berasal dari material yang disebut complex hydrides, yaitu hidrogen. Dikemas seperti kapsul dengan proses unik (dipatenkan). Karena itu, penyimpanan dan penanganannya lebih mudah dan aman dibandingkan dengan bensin yang digunakan sekarang," ujar Bennington yang menjadi Kepala Riset Cella Energy.

Penulis: Zulkifli BJ
Editor: Zulkifli BJ
gizmag

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Audi Rakit A4 dan A6 di Indonesia pada 2015

Posted: 31 Jan 2011 11:50 AM PST

Senin, 31 Januari 2011 | 19:50 WIB

Audi AG

Audi A4 akan dirakit di Indonesia

Audi AG

A6 mobil mewah Audi sekelas dengan BMW Seri 5 dan Mercedes-Benz E-Class segera dirakit di Indonesia

INGOLSTADT, KOMPAS.com Audi AG dari markas besarnya di Ingolstadt, Jerman, Senin (31/1/2011) sore ini, mengumumkan akan merakit Audi A4 dan A6 di Indonesia, tepatnya Jakarta, pada 2015 dengan produksi 2.700 unit per tahun. Tujuannya adalah memperkuat posisi Audi di Asia Tenggara.

Untuk merakit kedua model tersebut, Audi bekerja sama dengan Indomobil dan PT Garuda Mataram Motor. Audi A4 yang dirakit di Indonesia menggunakan mesin1,8 liter TFSI dan A6 dengan mesin 2,0 liter TFSI. Komposisi model yang dirakit adalah 2.000 unit A4 dan sisanya A6. Kedua model  dipasarkan untuk konsumen Indonesia.

Audi ingin mempercepat langkahnya di ASEAN. "Setelah melakukan hal yang sama di China dan India, sekarang kami menemukan mitra merakit Audi di Indonesia," kata Frank Dreves, anggota Dewan Manajemen Produksi Audi AG.

Dia menjelaskan, keputusan Audi  itu didasarkan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tertinggi di ASEAN. "Kami ingin berkontribusi pada pertumbuhan tersebut," lanjut Dreves. Untuk itu, Audi akan menambah jaringan penjualan dan layanannya di Indonesia.

Tampaknya Audi tidak mau kehilangan kesempatan, terutama pada pasar mobil mewah. Diperkirakan pertumbuhan segmen mobil mewah di Indonesia akan meningkat dua kali lipat dalam lima tahun mendatang.

Penulis: Zulkifli BJ
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Renault Jual Ban Sendiri

Posted: 31 Jan 2011 09:04 AM PST

Senin, 31 Januari 2011 | 17:04 WIB

Renault

Motrio ban mobil milik Renault

LONDON, KOMPAS.com - Renault SA meluncurkan produk baru, Motrio Impulsion dan Impulsion + (plus) di Inggris. Eits.. nanti dulu! Ini bukan mobil melainkan ban mobil yang dijual di seluruh jaringan Renault di Eropa, mulai besok (1 Februari 2011) 

Renault sebenarnya sudah mulai memasarkan Motrio di Eropa sejak 1998, hanya b ukan berupa ban tapi komponen purna jual (after sales) seperti aki, oli mesin, karet wiper dan kampas rem. Untuk ban sendiri baru diluncurkan Januari 2010.

Renault menyatakan, desain ban baru menawarkan performa tinggi, baik pada kondisi jalan basah atau kering dan sudah lolos spesifikasi standar prinsipal yang ketat dalam hal kualitas. Motrio Impulsion memaksimalkan kenyamanan berkendara khususnya untuk kendaraan kecil seperti Twingo dan Clio. Sedangkan Impulsion+ memenuhi kebutuhan kendaraan sporty .

"Setelah service berkala, penggantian ban menjadi hal terpenting kedua bagi konsumen datang ke bengkel. Produk ban kami (Motrio) menawarkan kualitas terjamin sesuai standar Renault, harganya kompetitif sehingga pas di kantung," ujar Mark Crockett, Direktur Kualitas dan Servis Renault Inggris, seperti dilansir mychinaviews, hari ini (31/1/).

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.04 0 komentar  

“Ratusan Harley-Davidson Padati Jalan Ibu Kota” plus 2 more

Minggu, 30 Januari 2011

“Ratusan Harley-Davidson Padati Jalan Ibu Kota” plus 2 more


Ratusan Harley-Davidson Padati Jalan Ibu Kota

Posted: 30 Jan 2011 07:01 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com Sedikitnya 700 pengendara sepeda motor Harley-Davidson, hari ini, Minggu (30/1/2011), memadati jalanan Ibu Kota untuk konvoi mempertajam rekor yang pernah dicatat Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada 2007 yang diikuti 429 moge Amerika.Beberapa pejabat publik turut serta, yaitu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Wibowo serta mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris.

Rombongan tak hanya dari Jakarta, tetapi juga datang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Medan, dan Makassar. Mereka sudah berkumpul di dealer pusat PT Mabua Harley-Davidson di TB Simatupang, Jakarta Selatan, sejak pukul 7.00. Peserta konvoi mulai meninggalkan lokasi pukul 09.00 dengan tujuan ke Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Irvino Edwardly, Country General Manager Sales and Marketing PT Mabua Harley-Davidson, mengatakan, "Selain memecahkan rekor Muri, kami juga melakukan kegiatan sosial berupa donor darah bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia). Di sana (Pantai Mutiara) juga dilakukan berbagai kegiatan sekaligus memperingati ulang tahun pertama komunitas Harley Pantai Mutiara."

Ajun Komisaris Besar Ipung Purnomo, Kepala Satuan Patroli dan Pengawalan Ditlantas Polda Metro Jaya menambahkan, sedikitnya 500 personel dari Kepolisian Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan acara ini. Konvoi melewati beberapa jalan Ibu Kota, seperti TB Simatupang-Warung Jati Padang-Mampang Prapatan-Jenderal Gatot Subroto-Letjen S Parman-Jelambar Timur-Prof Dr Latumenten-Jembatan Dua-Jembatan Tiga-Pluit-Pantai Mutiara.

Di antara 15 polwan yang bertugas, ada 14 polwan pengendara Harley-Davidson. "Kalau lancar, dalam waktu 30 menit rombongan akan sampai di tujuan. Insya Allah lancar," kata Ipung.

Iring-iringan yang cukup panjang sempat sedikit mengganggu arus lalu lintas. Bahkan Subagyo, warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mengaku perjalanannya agak terganggu. "Gubernur seharusnya menjadi panutan. Jangan bikin kaum marginal jadi marah," ujar Subagyo, yang di Pasar Jumat sudah terhadang kemacetan dua jam.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Suzuki Hayate Ramaikan Pasar Skutik Indonesia

Posted: 30 Jan 2011 02:15 AM PST

Minggu, 30 Januari 2011 | 10:15 WIB

HOTRIDES/SUZUKICYCLESBERMUDA

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan penjualan di 2011 715.000 unit, naik 35,9 persen dari tahun lalu 526.003 unit. Perusahaan berambisi menggenggam 8,5 pangsa pasar dengan prediksi total pasar 8,4 juta unit.

Morio Omanyuda, Direktur Pemasaran Roda Dua SIS mengatakan di Jakarta jelang ahad lalu, untuk mendongkrak penjualan dengan memperkenalkan beberapa model baru. Meski ia belum mau membocorkan modelnya. Cuma dia menekankan, Suzuki akan fokus pada penjualan skuter otomatik (skutik).

Kabarnya, Suzuki sudah menyiapkan skutik baru bernama Hayate merupakan nama lain dari Skywave di Thailand (injeksi), Filipina dan Vietnam. Juga, Spin baru dengan mesin 110 cc. Penurunan kapasitas mesin ini bertujuan untuk mempertegas pemasaran tiap model yang dibagi dalam tiga segmen: bawah, tengah dan atas.

Didrektur Pemasaran R2 SIS Rudjojo Nirjana menambahkan, peningkatan penjualan perlu ditopang layanan yang baik. Sampai kini, Suzuki sudah punya 930 outlet di seluruh Indonesia.

"Tahun ini kami tambah jumlahnya sekitar 10-15 persen dari jumlah yang ada (93 titik) di seluruh Indonesia. Suzuki juga menambah jumlah sumber daya manusia khususnya di tenaga sales," beber Joy, sapaan akrab Rudjojo.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Toyota Peringkat Kelima di China

Posted: 30 Jan 2011 01:42 AM PST

Minggu, 30 Januari 2011 | 09:42 WIB

TMC

BEIJING, KOMPAS.com - Tahun lalu, Toyota boleh bangga dengan prestasinya sebagai penjualan mobil terbanyak dan nomor satu di dunia mengalahkan GM. Namun di China, Toyota harus mengakui kehebatan seterunya itu dan bahkan kalah sama Hyundai.

Toyota Motor Company, seperti dilansir Chinacartimes, dua hari lalu cuma menikmati 19 persen atau 846.000 unit dari total pasar di China dan bercokol di posisi kelima. Jumlah tersebut jauh di bawah rival lain seperti Volkswagen dengan 1.924.000 unit, General Motors 1.201.000 unit atau Hyundai-Kia (lebih dari 1 juta unit).

Toyota memuai debutnya memproduksi mobil di China 2002 dengan model andalan sedan Vios. Pada 2006, produksi mencapai 490.000 unit tak terpaut jauh dengan VW 710.000 unit. Tapi, empat tahun berikutnya, produsen terbesar di dunia kian sulit mengejar kesuksesan merek asing lain yang masuk di China dikarenakan Toyota kurang fokus pada mobil-mobil kecil dengan harga yang kompetitif. Selain faktor historis (Jepang pernah menjajah China), juga akibat pengaruh dari rentetan "recall".

Selain itu banyak isyu yang berkembang di warga China yang kurang bisa ditangani dengan baik oleh Toyota. Terutama dalam hal hubungan masyarakat (humas). Juga tantangan terberat datang dari produsen lokal BYD yang banyak menjual produk-produk "copy paste" dari Toyota, membuat masyarakat lebih memilih produk lokal dengan kemampuan yang serupa dan lebih murah.

Dari total 17 model yang ditawarkan cuma lima (model) yang dijual dengan harga di bawah 200,000 RMB (Rp274,1 juta) per unit. Sedangkan di level premium seperti Crown dan Land Cruiser sulit berkompetisi dengan Audi, Mercedes-Bens, BMW atau Land Rover. Bahkan model seperti Camry, dan RAV4 cuma menduduki posisi peringkat lima di setiap segmen.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.06 0 komentar  

“Miliarder Wanita China, Penggila "Supersport Car"” plus 2 more

Jumat, 28 Januari 2011

“Miliarder Wanita China, Penggila "Supersport Car"” plus 2 more


Miliarder Wanita China, Penggila "Supersport Car"

Posted: 28 Jan 2011 12:47 PM PST

KOMPAS.com –  Di balik kehebatan penjualan mobil di China dalam dua tahun terakhir, muncul pula fenomena baru. Penjualan mobil mewah dan supersport naik 60 persen tahun lalu: dari 948 unit (2009) menjadi 1.500 unit. Sebagai pembanding, di Amerika Serikat, mobil seharga 100.000 dolar penjualannya naik 35 persen pda tahun lalu: dari 6.300 unit (2009) menjadi 8.500 unit.  

Dari jumlah, memang masih jauh! Namun yang menarik, seperti yang dijelaskan dealer produsen supercar Eropa yang jualan di negara tersebut, banyak dari pembeli mereka adalah wanita. Nah...!

Lily Liu, 44, warga Beijing, kendati di rumahnya sudah nongkrong Porsche AG 911 Carrera S seharga 1,2 juta yuan (Rp 1,64 miliar) dan Aston Martin, ia masih ingin membeli mobil mewah lain. Ternyata, Lily Liu adalah Presiden sebuah perusahaan konstruksi.

Katanya, ia sangat bangga dengan mobil supersportnya karena menjadi pusat perhatian kalau lagi muter-muter keliling Beijing. "Mobil kencang indentik dengan dunia pria. Wanita juga bisa membelinya. Dengan mobil ini, status dan kemampuan wanita dengan pria sama," komentarnya.

Fakta lain, seperti yang dirilis Hurun Research Institute di Shanghai, sepertiga dari miliarder China adalah wanita. Mereka sangat menyukai mobil sport mahal. Menurut Fiat SpA, persentase wanita membeli Maserati di China, tiga kali di Eropa. Sedangkan Ferrari, dua kali rata-rata  dunia.

Paling Banyak
Dijelaskan, jumlah miliarder China tumbuh 6,1 persen pada  tahun lalu, yaitu 875.000 orang.  Data lain,  20 wanita terkaya di dunia, 11 berasal dari China. Salah satunya, Cheung Yan (juga dikenal dengan Zhang Yin), pendiri dan chairwoman Nine Dragons Paper Hilings Ltd. Kekayaannya 5,6 miliar dolar, setara Rp50 triliun.

Sarah Yao, 36, salah satu wanita China yang sangat tergiur dengan mobil sport. Dia membeli lagi mobil sport untuk menambah koleksinya menjadi 9, termasuk dua Maserati. Ia mengatakan, akan terbang ke Italia belajar "nyetir" Maserati.

"Sekarang, wanita banyak melakukan pekerjaan pria," kata Yao, salah satu dari pemilik Castel Hotel di kota pantai Qingdao. "Kami bekerja sangat keras. Jadi, kini wajar menghargai diri sendiri."

Pakai Supir
Penjualan Maserati di China tahun lalu naik 50 persen menjadi 400 unit. Angka tersebut melewati Italia dan kini menjadi pasar kedua di dunia. Demikian diceritakan Christian Gobber, Managing Director Maserati di China. Pembeli wanita di China naik 30 persen, sedangkan di Eropa hanya 10 persen.

Penjualan Ferrari tahun lalu naik hampir 50 persen menjadi 300 unit. Pembeli wanita sekitar 20 persen.  Edwin Fenech, Presiden Ferrari Asia-Pasific, Timur Tengah dan Afrika, menjelaskan, Ferrari  berharap  bisa menambah penjualan di negara tersebut, baik bagi konsumen yang disupiri maupun mengemudikannya sendiri.  

"Di China banyak orang punya uang, namun tidak mengemudikan sendiri mobilnya. Anda harus menunggu orang keluar dari jok belakang, setelah itu mempersilakan duduk di jok depan," cerita  Fenech.  

Sedangkan Menurut Amedeo Felisa, CEO Ferrari di China,banyak wanita mengendalikan bisnis. Mereka bekerja sangat keras, punya uang dan bisa membeli Ferrari. "Kami tidak pernah mengharapkan penjualan dipicu oleh wanita. Menurut saya, ini hanya terjadi di China," tukasnya. Karena itulah, tahun lalu, 599 GTO, mobil tercepat Ferrari yang dibuat terbatas 599 unit, dipamerkan di Beijing.

Lamborghini tahun lalu memperoleh kenaikkan penjualan tiga kali lipat, 247 unit. "Ruang pamer terbaru Lamborghini di China Tenggara, pembeli pertamanya wanita," cerita Zhang Jie, wiraniaga wanita  di Lamborghini.

Karena itu pula, tahun ini VW memboyong  Bugatti ke China. "Menurut kami, China akan menjadi pasar mobil mewah terbesar di dunia," jelas Soh Weiming, Eksekutif Presiden Bugatti China di Beijing.

Bugatti Rp53 Miliar
Harga mobil supermewah di China lebih dibandingkan negara lain. Pembeli harus membayar dua kali harga jual di Amerika Serikat. Maserati GranTurismo kupe,   dijual 332.678 dolar. Sedangkan di Amerika Serikat hanya 139.700 dolar. Dua kali lebih mahal!

Ferrari California dibanderol 527.924 dolar, di Amerika Serikat hanya 200.000 dolar. Seperti ditulis China Daily, supersport Bugatti Veyron dijual 40 juta yuan (Rp 53.400.000.000) dan Roll Royce Phantom (jarak sumbu rodanya lebih panjang) 10 juta yuan (Rp13,34 miliar).

"Pasar supercar China tumbuh lebih cepat dari perkiraan. Di Eropa dan Amerika Serikat  malah cenderung turun," kata Stephan Winkelmann, Presiden & CEO Autombili Lamborghini SpA. China pun kini menjadi pasar kedua Lambo setelah Amerika.Karena itu pula edisi khusus Murcielago LP670-4 SuperVeloce di pamerkan di Beijing Auto Expo tahun lalu.  Jumlahnya terbatas, hanya 10 unit dan dibanderol 8 juta yuan (Rp 10,6 miliar). Ternyata sudah ada yang memesan.

"Banyak pengusaha sukses dalam beberapa tahun belakangan," kata Paul Harris, Direktur Rolls-Royces Asia-Pasifik. Sebelumnyapelangan Rolls-Royce adalah seleb dan hotel. "Kini bertambah dengan pengusaha muda China," lanjutnya.

Ia pun memprediksi,China akan menjadi pasar terbesar Rolls-Royces dengan target  300-400 unit per tahun atau 15-20 persen dari penjualan Rolls-Royces di seluruh dunia pada 5-7 tahun mendatang.  

Menurut Forbes, jumlah miliarder bertambah lebih cepat di China dibandingkan negara lain, kecuali  AS. Data lengkap Hurun,825.000 miliarder China memiliki kekayaan di atas 10 juta yuan (Rp 13 miliar). Sedangkan, yang memiliki kekayaan di atas 100 juta yuan (Rp130 miliar), 55.000 orang.  

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Tren MPV Kompak atau Minivan

Posted: 28 Jan 2011 11:25 AM PST

KOMPAS.com - Sekarang tren dunia dilanda oleh MPV atau di Eropa dan Amerika Serikat disebut minivan. Buktinya, makin banyak produsen berencana memproduksi minivan di waktu yang akan datang. Termasuk, mobil hibrida, dalam upaya menarik konsumen yang peduli dengan lingkungan. Di samping itu, tentu saja antisipasi terhadap harga bahan bakar yang makin "mencekek" kantong.

Pertanyaan yang muncul, apa sih hebatnya minivan sehingga sekarang makin banyak produsen mengarah ke sana? Faktor utama,tentu saja kencenderungan konsumen lebih memilih kendaraan jenis ini. Pertama, daya muat yang banyak,bisa sampai 7-penumpang. Meski tidak setiap hari dimuati 7-penumpang, namun pada acara keluarga di akhir pekan, mobil jenis ini menjadi "pemersatu". Hebat kan?

Karena itu pula jangan heran, jenis MPV atau minivan mengalami pertumbuhan paling cepat di Indonesia. Segmentasinya pun terus berkembang, mulai dari yang paling bawah sampai supermewah dengan ukuran besar.

Lantas, mana yang akan Anda pilih? Ada baiknya jika Anda memilih jenis MPV yang memiliki ukuran luar kompak, namun di dalamnya lega. Dengan ukurannya yang kompak bisa digunakan sebagai kendaraan harian. Apalagi dengan kondisi lalu lintas yang makin macet dan harga bensin yang makin mahal, semua itu memenuhi kriteria. Terlebih lagi jika mesin yang diusungnya canggih dan tenaganya bisa diandalkan, juga efisien alias tidak cepat mengurangi kantong atau rekening. Semua ini hanya bisa Anda temukan di Honda Freed.

Kok Lega Sih?
 Kompak, tapi lega! Itulah kehebatan dari konsep Honda Freed. Semua aspek dari kendaraan dirancang dengan cermat. Contoh, dengan lantai lebih rendah, penumpang merasa lega, bahkan bisa berjalan dari depan ke jok belakang atau sebaliknya. Lantai rendah, berarti juga membuat mobil lebih stabil karena, titik gravitasi rendah dan jadi lebih aman.

Konsep modern ini dipertegas dengan diterapkannya desain bodi "Triangle Square" yang memikat. Ya,... kombinasi segit tiga di depan dan segi empat atau kotak di belakang. Segi tiga di depan, untuk menghasilkan aerodinamika sehingga kendaraan efisiensi ketika dikebut. Sedangkan kotak atau segi empat di bagian belakang, untuk menghasilkan interior yang lega.

Smart Interior
 Salah satu rancangan interior termodern dan tidak dimiliki oleh minivan lain adalah pemanfaatan ruang kokpit seefisien mungkin. Caranya, rem tangan (parkir) dan tongkat transmisi, tidak lagi ditempatkan di samping dan bagian antara jok pengemudi dan penumpang depan.

Tongkat transmisi – otomatis – ditempatkan di dasbor namun mudah dijangkau. Rem parkir, di kaki – tempat sebelumnya digunakan untuk pedal kopling. Hasilnya, penumpang depan atau belakang mudah berpindah. Bahkan bisa dilakukan ketika minivan ini melaju. Konsep ini disebut dengan "Walk-through Cabin".

Bangku ketiga dapat dilipat dengan sistem" lift-up" untuk memberikan ruang bagasi yang makin lega. Ruang bagasi untuk 7 penumpang 142 liter namun bila dilipat atau hanya dimuat 4-penumpang bisa mencapai 672 liter. Berarti perlengkapan liburan keluarga bisa dibawa dengan mudah!

Yang tak kalah menarik, Honda Freed juga dilengkapi dengan fitur-fitur serba otomatis seperti Automatic Air Conditioning, Power Sliding Door dan Power Retractable Door Mirror; juga fitur keselamatan terdepan seperti ABS, EBD & BA, G-CON+ACE, dan dual SRS airbags. Nah, sekarang tinggal Anda yang memutuskan. Dengan seabrek keunggulan tadi, Honda Freed tentu menjadi pilihan paling menggoda.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Shogun Axelo Dijual Rp 13,8 Juta-Rp 15 Juta

Posted: 28 Jan 2011 11:16 AM PST

Jumat, 28 Januari 2011 | 19:16 WIB

KOMPAS.com/Agung Kurniawan

Suzuki Shogun Axelo resmi diluncurkan

JAKARTA, KOMPAS.com —Setelah diperkenalkan kepada media di Surabaya awal Januari 2011, hari ini (28/1), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki Shogun Axelo di Hotel Peninsula, Jakarta. Suzuki mengharapkan sepeda motor bebek bermesin 125 cc ini bisa terjual 119.087 unit sepanjang 2011.

Setiawan Surya, General Manager Pemasaran SIS, mengatakan, tiga pekan sejak diperkenalkan, 8.000 unit Axelo sudah terjual (wholesales). "Kalau ritel saya belum dapat data dari diler," ujarnya di sela peluncuran.

Untuk menarik konsumen, setiap pembelian Axelo sampai Maret 2011 akan memperoleh hadiah langsung berupa helm, jaket, dan kalender secara cuma-cuma (selama persediaan masih ada).

Salah satu fitur yang dibanggakan Axelo adalah automatic headlight on (AHO), lampu depan menyala otomatis ketika mesin dihidupkan. Dengan kelebihan tersebut, Setiawan Surya yakin, Axelo bisa bersaing dengan kompetitornya, Yamaha Jupiter Z dan Honda Supra X 125.

Axelo ditawarkan dengan tiga varian, yaitu standar dengan rem tromol (belakang), S dengam rem cakram depan dan belakang, R dengan rem cakram depan dan belakang plus kopling manual. Ketiganya dibanderol masing-masing dengan rentang harga Rp 13,8 juta hingga Rp 15 juta.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.28 0 komentar  

“2012 MotoGP Diikuti 22 Pebalap” plus 2 more

Kamis, 27 Januari 2011

“2012 MotoGP Diikuti 22 Pebalap” plus 2 more


2012 MotoGP Diikuti 22 Pebalap

Posted: 27 Jan 2011 11:30 AM PST

Kamis, 27 Januari 2011 | 19:30 WIB

MotoGP

KOMPAS.com - Bos Dorna (pelaksana balap MotoGP), Carmelo Ezpeleta menjamin kalau musim balap 2012 akan diikuti 22 motor dibandingkan 2001 yang akan melepas 17 starter. Lonjakan ini dikarenakan diterapkannya regulasi baru, dari mesin 800 cc (sekarang) menjadi 1.000 cc.

Tak cuma itu. Mesin produksi pun diizinkan dipakai balap. Tujuan perubahan ini untuk mengurangi anggaran dan meningkatkan partisipasi peserta.

"Tantangan bagi kita tahun depan, bagaimana membuat kejuaraan yang lebih ekonomis bagi tim, terutama untuk tim independen (bukan pabrikan)," ungkap Ezpeleta. Ia yakin akan diikuti sedikitnya 22 pebalap dari hasil pembicaraannya dengan orang-orang di sekitar MotoGP.

Bahkan, lanjutnya, pihaknya sudah mempunyai beberapa tim pabrikan yang lama maupun baru telah menunjukkan minatnya untuk tampil. "Namun, tidak bisa 100 persen diungkap sekarang," sebut Ezpeleta.

Mengenai singgungan dengan kejuaraan dunia superbike (SBK) karena 1.000 cc, Ezpeleta menegaskan pihaknya (Dorna) tidak ada konflik dengan promotor SBK Infront.

"Kami mengikuti kontrak dengan FIM dan tidak ada masalah. Diskusi soal (apa yang) prototipe dan bukan prototipe bukan menjadi tugas kami. Tidak ada yang dapat mengatakan kalau salah satu motor yang tampil di MotoGP bukan prototipe," tegas Ezepeleta.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
autosport

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Mitsubishi Masih Dominan di Segmen Niaga

Posted: 27 Jan 2011 11:02 AM PST

Kamis, 27 Januari 2011 | 19:02 WIB

KTB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen tunggal pemegang merek Mitsubishi di Indonesia makin mendominasi penjualan di segmen niaga. Sepanjang 2010, perusahaan berhasil melego 43.960 unit, naik 67 persen, di segmen kendaraan komersial ringan (light commercial vehicle/LCV) ditopang pertumbuhan ekonomi nasional yang positif.

Mitsubishi menguasai pasar kendaraan LCV dengan tiga model andalan, Colt T120ss, Colt L300 dan Strada Triton. "Tahun lalu, penjualan Colt T120ss melesat 118,6 persen sekaligus mencatatkan penjualan tertinggi di kelas pikap mini," ujar Direktur Pemasaran Eksekutif KTB Rizwan Alamsjah, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, hari ini.

Colt L300 mampu mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di kelas Pick Up Small 4X2 dengan meraup 61,2 persen pangsa. Jumlah ini sekaligus mempertahankan Colt L300 sebagai market leader sejak diluncurkan pertama kali pada 1981.

Sedangkan Strada Triton, berhasil diniagakan 6.196 unit naik dari tahun sebelumnya. 4.803 unit. Sejak peluncuran perdana 2005 total penjualan sudah menembus 36.000 unit.

Januari-Desember 2010, KTB bersamaan dengan 40 tahun usia KTB di Tanah Air, mampu membukukan penjualan 106.483 unit, melonjak 72 persen dibandingkan dengan 2009.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Nico Hulkenberg Bela Force India 2012

Posted: 27 Jan 2011 10:08 AM PST

Kamis, 27 Januari 2011 | 18:08 WIB

AFP

JERMAN,KOMPAS.com - Pebalap F1 Nico Hulkenberg tidak lagi membalap pada musim kompetisi F1 2011. Karena, tim Williams telah mengganti pebalap asal Jerman itu dengan Pastor Maldonado dari Venezuela. Padahal, dari penampilan dan prestasi, Nico tidak begitu jelek, namun dirinya tergeser oleh uang 30 juta euro yang dibawa Pastor.

Willi Weber, manajer Nico yang juga Michael Schumacher menegaskan kalau Nico bisa berlomba lagi pada 2012. Pebalap 23 tahun itu akan berada di belakang kemudi Force India sebagai pebalap ketiga (cadangan).

"Aku suka kalau Nico tetap berada di kokpit tahun ini, tapi aku senang setidaknya Force India sudah meletakkan kakinya di pintu," ujar Weber.

Tahun ini, Nico akan menjalani tugasnya sebagai test driver. "Tahun lalu sangat penting buat aku, selain dapat pengalaman juga rekan setim yang bagus dan aku belajar banyak darinya untuk mengembangkan mobil," kenang Nico.

Menurut bos Force India Vojay Mallya bahwa pihaknya dengan Nico telah menandatangani kerja jangka panjang.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
autoevolution,autosport

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.02 0 komentar  

“Daihatsu Sumbangkan 17 Unit Mesin buat SMK” plus 2 more

Rabu, 26 Januari 2011

“Daihatsu Sumbangkan 17 Unit Mesin buat SMK” plus 2 more


Daihatsu Sumbangkan 17 Unit Mesin buat SMK

Posted: 26 Jan 2011 12:58 PM PST

Rabu, 26 Januari 2011 | 20:58 WIB

Astra Daihatsu Motor

Mesin yang disumbangkan langsung diterima oleh guru yang mewakili sekola masing-masing

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyumbangkan 17 unit mesin Xenia dan Terios untuk sarana praktik kepada 17 sekolah menengah kejuruan (SMK) dari berbagai daerah. Ke-17 sekolah yang menerima mesin itu yaitu sembilan dari Jakarta, tujuh dari Jawa Tengah, dan satu dari Cikarang. Menurut ADM, sumbangan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) ADM, yaitu "Pintar Bersama Daihatsu".

Penyerahan mesin dilakukan pada 20 Januari oleh Juliaman Hutabarat, Division Head Production Engineering ADM, kepada guru yang mewakili masing-masing sekolah.

Penulis: Zulkifli BJ
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

"Jagoan" Sylvester Stallone di Film "Expendables" Dilelang

Posted: 26 Jan 2011 11:40 AM PST

Rabu, 26 Januari 2011 | 19:40 WIB

Laporan wartawan KOMPAS.com Agung Kurniawan


Autoevolution

Ford F-100, mobil Silvester Stallone di film Expendables

Autoevolution

ARIZONA, KOMPAS.com — Setelah melego sepeda motor tertinggi di dunia "Big Toe", kini rumah lelang Barrett-Jackson di Arizona, Amerika Serikat, kembali menjual kendaraan spesial. Kali ini satu unit Ford F-100 pikap produksi 1955 yang dikenal sebagai "jagoan" Sylvester Stallone di film laga terbarunya, Expendables.

Mobil ini "dibangun" oleh rumah modifikasi ternama, West Coast Customs (tenar di  MTV dengan Pimp My Ride), juga turut membintangi acara televisi lokal Amerika Serikat, Street Custom.

Di tangan modifikator, Ford lawas ini dibekali mesin baru Edelbrock berkapasitas 6.100 cc plus disandingkan dengan transmisi AOD dan sistem pembuangan Gibson. Suspensi depan menggunakan Heidts Mustang II, sedangkan belakang empat lengan penghubung Heidts dari Ford 9.

Tuas transmisi menggunakan produk Gennie Shifter Commander dan rem dari Wilwood. Digunakan juga baterai kinetik dan saluran udara bergaya vintage.

Penawaran unit satu paket dengan foto khusus Sylvester Stallone dan tempat menyimpan senjata seperti di film.

Pada lelang yang berlangsung pekan lalu, mobil ini ditawar dengan harga tertinggi 132.000 dollar AS atau Rp1,19 miliar.

Editor: Zulkifli BJ autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Kia Al-New Sportage Dibandrol Rp260-290 Juta

Posted: 26 Jan 2011 11:18 AM PST

Rabu, 26 Januari 2011 | 19:18 WIB

photocarsoline.com

Kia All-New Sportage

JAKARTA, KOMPAS.com – All-New Sportage, SUV terbaru Kia, kendati baru akan diluncurkan April mendatang, ternyata sudah memperoleh banyak pesanan. "Sampai kini sudah ada 25 SPK (surat pemesanan kendaraan). Harganya tidak mengikat," jelas Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI di sela Media Gathering Kia di FX Plaza, Jakarta, sore ini. Saat diluncurkan, harga ancar-ancar sekitar Rp260-290 juta.

KMI akan memasarkan All-New Sportage dalam dua varian, yaitu mesin 2,0 liter dengan transmisi manual dan otomatis. Kendaraan yang diimpor CKD ini dirakit di National Assembler milik Indomobil Group, di Pulogadung.

Dijelaskan pula, Kia meyakinkan konsumen tak akan inden dalam waktu lama. "Kami tentu belajar dari pengalaman di sekeliling. Pastinya akan berusaha lebih baik dari sebelumnya," tambah Hartanto.

Khusus untuk All New Picanto, rencananya akan diluncurkan Indonesia International Motor Show Juli 2011. "Kami harap bisa mengejar IIMS. Pastinya di semester kedua tahun ini," jelas Hartanto.

Sedangkan untuk All New Pride, direncanakan akhir tahun. Saat ditanya harga Picanto baru, Hartanto belum bisa menjelaskannya. "Kalau harga masih jauh, kami belum bisa menjelaskannya," tutup Hartanto.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.03 0 komentar  

“GM Dapat Rezeki Rp8,15 Triliun dari China” plus 2 more

Senin, 24 Januari 2011

“GM Dapat Rezeki Rp8,15 Triliun dari China” plus 2 more


GM Dapat Rezeki Rp8,15 Triliun dari China

Posted: 24 Jan 2011 10:18 AM PST

Senin, 24 Januari 2011 | 18:18 WIB

allvoices.com

Shangai GM perusahaan lokal GM di China

SANGHAI, KOMPAS.com - General Motors Company ketiban rezeki nomplok dari hasil kunjungan kenegaraan  Presiden China Hu Jintao, awal Januari lalu.  Raksasa produsen mobil Amerika itu mendapat  ekspor 900 juta dollar AS (Rp8,15 miliar), di mana 500 juta dollar AS berupa kendaraan - baik secara terurai (CKD) maupun utuh (CBU) - dan 400 juta dollar AS berupa komponen,  selama dua tahun ke depan. Proyek ini bekerja sama dengan mitra lokal China, Shanghai GM.

Dalam kunjungan ke AS,   Jintao dan Barack Obama mengumumkan kontrak kerjasama ekonomi kedua negara senilai 45 miliar dollar AS dalam berbagai bidang usaha. China berkomitmen meningkatkan investasi di AS hingga miliaran dollar AS untuk menciptakan 235.000 lapangan kerja baru.

"Kami komitmen untuk kerja bersama-sama mendukung perdagangan bilateral kedua negara," ujar Presiden sekaligus Direktur Pelaksana GM China Group Kevin Wale, seperti dilansir Dailyme.com, hari ini.

Berdasarkan penjualan global GM di dunia sepanjang 2010 mencapai 2,35 juta unit, China menjadi pasar terbesar dengan 1,03 unit menggeser posisi AS. Shanghai GM  mencatatkan diri sebagai merek terlaris di kendaraan penumpang alias passanger car.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Indahnya Scoopy Hanya Sentuhan Sederhana

Posted: 24 Jan 2011 09:33 AM PST

KOMPAS.com - Ternyata, Honda Scoopy bertampang retro, asyik juga dilihat, dimodifikasi dengan sebatas pemasangan komponen variasi atau bolt-on. Seperti dilakukan oleh pemodifiktor Johanes Hanafi, Johny Lipurnomo, dari Jakarta dan Rian Cahyadi dari Denpasar.

Fashion standar Ubahan yang dilakukan Johny dari Custom World terlihat harmonis dan eye catching. Ia merujuk pada aliran "Thai look" (TL) yang katanya akan jadi tren di 2011 karena memiliki banyak keunggulan.

Ciri khas dari TL, lingkar pelek lebih lebar dengan ban ramping. Di sini Johny memakai pelek Rizoma dibalut ban HUT F-1. Untuk bodi- karena sudah menarik - hanya main full sticker yang pemasangannya, kata Johny cukup menggunakan air sabun (jangan terlalu banyak sabuinnya. Paket pemasangan sticker Rp450 ribu.

Tambah klasik Lain lagi garapan Johanes yang memilih aliran klasik tiarap (low rider) yang mendapat order dari Surabaya, Jawa Timur. Jadi, kebalikan dari Johny, ia justru memakai pelek kecil 12 inci dengan lebar, depan 4 inci dan belakang 6 inci. Pergantian ini, otomatis ada bagian yang mesti diubah, seperti segitiga depan dibuat ulang menggunakan besi padat yang tebalnya 20 mm.

Sedang roda belakang, sumbu roda harus mundur cukup 15 mm karena pakai pelek lebar 6 inci. Supaya harmonis, tampilan knalpot dibikin lebih panjang, meniru model Harley-Davidson. Selesai kaki-kaki, barulah pasang variasi pemanis seperti rak yang acap dijumpai pada Vespa, termasuk juga bagian belakangnya.

Bogel Sama seperti Johanes, Rian dari rumah modifikasi Aboben, Denpasar, Bali juga bermain di pelek. Ukuran standar 14 inci ditukar dengan 12 inci. Selain jadi rendah, juga membulat karena pakai ban kecil yang secara personafikasi dengan orang ibarat bogel.

Agar bodi terlihat padat, dek dicat sama dengan pelek. Termasuk bidang-bidang lebar seperti sepatbor belakang dan behel dikelir putih. Terus beberapa variasi berkelir merah dipasang agar nyambung sama bodi, seperti handel rem dan juga lampu utama yang dicustom mereh menggunakan lampu proyektor dan disesuaikan dengan bodi (merah). Hanya, pengerjaannya perlu ketelitian supaya rapi. (Nurfil)

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Asosiasi Otomotif di Amerika Pakai Nama Baru AGA

Posted: 24 Jan 2011 08:10 AM PST

Senin, 24 Januari 2011 | 16:10 WIB
Association of International Automobile Manufacturers (AIAM) mengubah nama jadi Association of Global Automakers (AGA) di Amerika Serikat

WASHINGTON, KOMPAS.com - Asosiasi industri otomotif  di Amerika AIAM (Association of International Automobile Manufacturers) beranggotakan 15 merek asal luar Amerika Serikat ganti nama jadi AGA (Association of Global Automakers). Alasannya, karena perekonomian AS dan negara lain mulai terintegrasi menjadi satu kesatuan besar.

Annemarie Pender, juru bicara AGA mengatakan, "Kita hidup di ekonomi global. Ini merupakan gambaran paling tepat, tentang siapa kami dan seperti apa anggota kami." Beberapa merek yang tergabung dalam AGA antara lain, Toyota, Honda, Nissan, Hyundai dan Kia. Dari Eropa terdapat perwakilan Maserati, Ferrari dan Aston Martin.

AGA dipimpin Michael Stanton sejak 2006 dan merupakan asosiasi yang dibentuk sebagai penasihat perdagangan bebas di AS. Dalam kesempatan ini, organisasi berupaya melobi senator AS untuk mendukung rencana kerjasama ekonomi AS - Korea Selatan yang tengah digodok. Situs resmi asosiasi mulai aktif Februari 2011 dengan alamat: globalautomakers.org sekaligus menjadi tempat berintraksi pemegang kepentingan.

Asosiasi ini pertama kali terbentuk dengan nama Automobile Importers of America pada 1975 dan berubah menjadi AIAM pada 1990. Markasnya pun juga pindah dari Virginia ke Washington, mungkin supaya aspiarasinya lebih dekat ke "telinga" pemerintah AS.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian
automotivenews

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.03 0 komentar  

“"Si Kecil" Suzuki MR Wagon Lebih Canggih dari Pendahulunya” plus 2 more

Minggu, 23 Januari 2011

“"Si Kecil" Suzuki MR Wagon Lebih Canggih dari Pendahulunya” plus 2 more


"Si Kecil" Suzuki MR Wagon Lebih Canggih dari Pendahulunya

Posted: 23 Jan 2011 07:27 AM PST

Minggu, 23 Januari 2011 | 15:27 WIB

Newcarlist

NEWCARLIST

Ruang kabin sedikit lebih luas dari pendahulunya

TOKYO, KOMPAS.com — Jelang akhir pekan kemarin, Suzuki meluncurkan MR Wagon. Kendaraan kecil yang dirancang ulang dalam lima tahun ini memadukan antara mobil penumpang, van, dan pikap untuk mengeksploitasi pajak daerah dan peraturan asuransi (kendaraan kecil dibebaskan untuk mendapatkan lahan parkir).

Menurut manajemen Suzuki, MR Wagon ini sama sekali dengan platform baru yang menampilkan desain unik dan inovatif. Teknologi audio ditingkatkan dengan model layar sentuh, lalu ada iPod dan konektivitas USB.

Jantung pacunya 660 cc tiga silinder dipadu transmisi continuosly variable (CV). Di Jepang, mesin tiga silinder ada yang normal atau dilengkapi turbocharged. Tenaga yang dihasilkan 54 HP dan 64 HP. Mengenai gerak roda pun ada dua pilihan, yakni gerak roda depan dan gerak empat roda.

Adapun dimensi MR Wagon yaitu panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.625 mm dengan jarak sumbu roda 65 mm, sedikit lebih panjang dari pendahulunya, Wagon R. Dengan begitu, volume ruang kabin pun lebih besar, disertai kenyamanan dan kestabilan yang baik.

MR Wagon dipasarkan dengan banderol mulai dari Rp 125 juta. Tergantung variannya, ada yang dilengkapi sistem ESP dengan hill hold control.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
autoevolution,newcarlist

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Bersama Ecotec dan Audio 3D, Captiva SS Mantap!

Posted: 23 Jan 2011 06:50 AM PST

LIPPO KARAWACI, KOMPAS.com -  General Motor Autoworld Indonesia (GMAI),  kemarin  memperkenalkan dan  meluncurkan varian terbaru dari SUV andalannya, yaitu Captiva SS di sirkuit, Lippo Karawaci.  Secara fisik - utamanya penampilan luar - Captiva SS ini  dengan versi sebelumnya sama, hanya "jiwa" alias mesin diganti  total tanpa mengubah kapasitasnya. Captiva SS menggunakan mesin  Ecotec -  kini menjadi standar mesin Chevrolet  global -  dengan blok silinder dari aluminium. Tambahan baru pada sistem penggerak adalah transmisi otomotik 6-percepatan.

Perubahan  yang cukup berarti lainnya  adalah  unit infotainment. Kendati masih menggunakan head unit yang sama dengan versi sebelumnya, namun kini dilengkapi dengan sistem lebih terbaru dan canggih, yaitu Arkamys. Reproduksi suara yang dihasilkan audio di interior dengan efek 3DSound Staging,  membawa pengemudi dan penumpang seperti dibawa ke gedung konser dengan kualitas hebat. 

Dengan mesin dan transmisi baru, plus audio 3D, Captiva SS banderol  Rp313 juta on-the-road untuk Jakarta dan sekitarnya.

Reponsif dan Irit
"Kami  menawarkan pilihan makin beragam terhadap konsumen Indonesia dan melengkapi  Captiva VCDi dan Diesel VCDi AWD yang mendapat sambutan baik di Indonesia. Varian ini baru menggunakan mesin bensin baru yang lebih bertenaga dan efisien, Ecotec, transmisi otomatik 6-percepatan plus audio canggih,"  jelas Mukiat Sutikno, Managing Director, GM Autoworld Indonesia.

Kapasitas mesin  baru ini sesungguhnya adalah 2.384 cc, sedangkan yang lama 2.405 cc. Namun  mengubah langkah dan panjang, perbandingan kompresi yang lebih tinggi, (10,4:1), aplikasi teknologi  "Double Continuously Variable Cam Phaser" (DCVCP), komputer mesin dan programnya, tenaga yang dihasilkan mencapai 177 PS atau naik 18,7 persen. Hal yang sama juga terjadi pada  torsi, kini naik menjadi 225 Nm  yang  diperoleh pada putaran lebih tinggi 4.800 rpm. 

Pembuktian
Tak kalah menarik adalah audionya  kini dilengkapi dengan unit infotainment yang dapat menghasilkan efek suara Aramys 3D Surround Sound System. Berdasarkan informasi GMAI, seluruh Captiva baru menggunakan sistem audio sekarang ini.

Pada event peluncuran  Captiva Superiority Investigation (SCSI), wartawan diberi kesempatan menjajal akselerasi Captiva SS pda  jarak 200 meter tanpa alat ukur plus membandingkan dengn versi lama.  Hasilnya, Captiva SS terbukti memang lebih agresif dan responsif, tertama pada tahap awal dan putaran rendah.

Spesifikasi  mesin dan transmisi Captiva SS dibandingkan dengan versi bensin lama

Captiva SS 2,4 Bensin, Manual
Mesin    
Kapasitas 2,4 liter 2,4 liter
Teknologi Ecotec, DCVCP, DOHC, DBW DOHC, DBW (drive by wire
Sistem pasokan bensin Injeksi, multi-point Injeksi, multi-point
Langkah x diameter (mm) 57,5 x 100 88 x 98
Kapasitas                 (cc) 2.384 2.405
Perbandingan kompresi 10,4 : 1 9,6 : 1
Tenaga maks.  PS @rpm 171 @6.400 144 @5.000
Torsi maks.    Nm @rpm 225 @4.800 220 @2.200
Transmisi
Gigi         1 4,584 3,947
               2 2,964 2,036
               3 1,912 1,348
               4 1,446 1,027
               5 1,000 0,854
               6 0,746 -
Mundur 2,940 3,615
Gigi akhir 3,530 4,357

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Blackline Moge Terbaru Harley-Davidson

Posted: 23 Jan 2011 05:15 AM PST

Minggu, 23 Januari 2011 | 13:15 WIB

AUTOEVOLUTION

NEW YORK, KOMPAS.com — Harley-Davidson memperkenalkan produk terbarunya, Blackline, di New York (21/1/2011). "Ibarat melempar bensin ke api yang membakar seluruh raga, sudah tak tertahan ingin menungganginya," begitu sedikit bualan dari pabrikan motor Amerika mengenai Blackline.

Blackline berbasis softail dengan mendapat pembaruan pada tangki bahan bakar dan setang drag. Trimnya juga agak dekoratif dan ada lampu kecil. Lalu, fender belakang nongol di atas ban mencirikan profil belakang yang otentik keras.

Desain lampu depan yang kompak dengan speedometer terselip rendah. Tampilan depan kian gagah dengan garpu depan agak lebar dipadu pelek hitam.

Tambah kekar, mesin Big Twin Twin Cam 96B berkelir kombinasi hitam-perak dengan jok ganda bagaikan tangga. Kenyamanan berkendara bisa dinikmati berkat menggunakan coil-over shock absorber pada suspensi belakang yang dipasang horizontal.

"Seperti Anda lihat, Blackline ramping bagaikan kawat, keras seperti besi, dan gelap bagaikan aspal di tengah malam," ungkap manajemen H-D.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02 0 komentar