“Stoner Jawab Kritik Rossi di Honda” plus 2 more

Senin, 26 Desember 2011

“Stoner Jawab Kritik Rossi di Honda” plus 2 more


Stoner Jawab Kritik Rossi di Honda

Posted: 26 Dec 2011 01:43 AM PST

AUSTRALIA, KOMPAS.com — Pebalap MotoGP Tim Repsol-Honda, Casey Stoner, mengatakan bahwa keberhasilannya menggondol gelar juara dunia 2011 terasa begitu indah. Bagaimana tidak. Dominasinya, memenangkan 10 seri balapan tahun ini sehingga memberinya gelar untuk kali kedua, dibuat manis. Kemudian, kesuksesan itu sekaligus menjawab kritikan Valentino Rossi dan Jerry Burgess, semasa ia membela tim Ducati.

Akhir musim 2010, Stoner (26) merasa tersengat oleh kritikan Rossi yang mengatakan tidak pantas untuk menilai potensi Desmosedici (mesin Ducati) karena Aussie (Stoner) tidak mendorong cukup keras (maksimal). "Sakit hati" Stoner bertambah kala Burgess, orang kepercayaan "The Doctor", julukan Rossi, ikut menyudutkannya dengan menyebutkan bahwa Stoner hanya bertahan 80 detik di depan.

Dalam wawancara dengan MCN, Stoner menegaskan bahwa kritikan Rossi yang mengatakan dirinya tidak maksimal membesut Ducati adalah sesuatu yang wajar. "Lain hal, jika Ducati motor yang bagus di grid, dan saya memiliki ban terbaik dan lainnya," ungkapnya.

"Terus terang, pembicaraan itu terus teringat dan mengganggu saya selama berada di Ducati, sampai akhirnya Valentino menunggangnya. Ia pun memperlihatkan bahwa kemampuannya tak berbeda ketika (Marco) Melandri dan Nicky Hayden berada di atas sadel," papar Stoner.

Stoner melanjutkan, ketika berlaga, Valentino juga tidak lebih cepat darinya. "Saya 100 persen yakin itu. Dia mengeluh soal cedera bahunya pada awal musim ini, tetapi justru ia meraih hasil yang cukup baik dengan kondisi itu," sebutnya.

Malah dalam kondisi fisik agak membaik, Rossi justru mendapat hasil buruk. Tampil dengan GP 11, Rossi tercatat 12 kali mengalami kecelakaan, sedangkan selama bersama Yamaha hanya dua kali pada 2007. Selain itu, musim ini pebalap asal Urbino, Italia, itu sudah menjajal tiga motor balap baru yang radikal, termasuk bereksperimen dengan sasis karbon dan aluminium.

Dengan kegagalan Rossi bersama Ducati tahun ini, wajar bila Stoner tersenyum menikmati kesuksesannya yang tak tertandingi bersama Honda RC212V.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Toyota Luncurkan Hibrida Aqua di Jepang

Posted: 26 Dec 2011 01:27 AM PST

TOYOTA CITY, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC)  mengumumkan, hari ini (26/12/2011) meluncurkan mobil hibrida kompak terbarunya di Jepang, yaitu Aqua. Sebelumnya, mobil ini sudah diperkenalkan ke publik pada TMS 2011 yang lalu.

Menurut Toyota, Aqua menggunakan teknologi hibrida yang telah dikembangkannya  selama 17 tahun dengan klaim konsumsi bahan bakar 35,4 km per liter (metode tes Jepang). 

Sedangkan harga jual, paling murah Rp 1,69 juta yen (Rp 196 juta) dan paling mahal Rp 1.850 juta atau Rp 215 juta.  Toyota juga menawarkan versi  khusus untuk disable  atau cacat tubuh yang disebut Welcab Friendmatics. Versi ini, pengoperasian semuanya dilakukan dengan tangan dan mulai dijual pada Maret 2012. Harganya mulai 1.895 juta yen (Rp 220 juta)  sampai paling mahal  2,679 juta yen atau Rp 311 juta.

Ditambahkan, dengan munculnya Aqua, konsumen Jepang akan memperoleh ragam pilihan mobil  hibrida yang makin beragam dan harga makin terjangkau.  

Mesin Bensin
Mesin bensin yang digunakan Aqua kapasitasnya 1,5 liter (Prius 1,8 liter) dan menggunakan teknologi hibrida yang sama dengan Prius (THSII). Seperti seniornya, mesin bensin Aqua juga memanfaatkan siklus Atiknson agar efisiensi kerjanya makin tinggi (tujuan akhirnya irit bahan bakar).

Agar kerja mesin makin tinggi lagi, untuk mendinginkannya digunakan pompa pendingin  yang digerakkan oleh baterai (pompa listrik). Dengan ini, kerugian dari sabuk karet tidak ada. Di samping itu, kontrol aliran pendingin pendingin semakin presisi.

Performa
Karena mesin bensinnya lebih kecil, maka transaksel  hibrida, unit kontrol penyalur tenaga, motor pembangkit tenaga dan motor penggerak mobil ukurannya lebih kecil dan juga makin ringan.

Kemampuan akselerasi  Aqua 0 – 100 km per jama dalam 10,7 detik, sedangkan dari 40 km per jam  sampai 70 km per jam membutuhkan  3,6 detik dengan radius putar 4,8 meter.

Kelengkapan  Aqua lainnnya adalah Antilock Brake System ( ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan  Brake Assist (BA). Tambahan lain, Vehicle Stability Control (VHC), berfungsi menggatur kerja rem, tenaga yang dihasilkan mesin dan stabilitas bila mobil "skidding".  Juga ada traction control  (TC) atau kontrol traksi untuk mencegah mobil spin saat mobil  dikebut dari diam.

Tak kalah menarik, Toyota juga menyertakan Hill-start Assistent  Control  untuk  mencegah mobil mundur di tanjakan ketika akan berjalan dari kondisi berhenti. Selanjutnya, agar AC tetap bekerja saat mesin mati, kompresi digerakkan oleh motor listrik atau mengandalkan energi dari baterai.  

Spesifikasi


Mesin Bensin

Model

1NZ-FXE

Kapasitas

1.496

Tenaga maks

54 kW(74 PS ) @4.800 rpm

Torsi maks

111 Nm (11,3 kgf-m) @3.600-4.400 rpm

Motor listrik

Tenaga maks

45 kW (61 PS)

Torsi maks

169 Nm (17,2 kgf-m)

Mesin dan motor

Tenaga maks gabungan

73 kW (100 PS)

Baterai

Nickel-Metal Hydride (NiMH)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Sambut 2012, Bajaj Luncurkan Mobil Murah

Posted: 25 Dec 2011 11:39 PM PST

NEW DELHI, KOMPAS.com — Membuka tahun 2012, Bajaj Auto India (BAI) akan memperkenalkan, bukan Pulsar generasi berikutnya, melainkan mobil kecil, di Taj Palace Hotel, New Delhi, 3 Januari 2012. Setelah itu, citycar ini akan tampil di Pragati Maidan, tempat berlangsungnya pameran mobil di India.

Menurut sumber dari BAI, mobil murah—tetapi berharga di atas Nano—ini merupakan pengembangan dari kendaraan tiga roda, sesuai pengalaman mereka di segmen itu. Hanya, skalanya masih di bawah kendaraan hatchback umumnya.

Namun dari platformnya, kendaraan Bajaj ini bisa dipakai untuk pribadi dan juga komersial. Malah, ada kemungkinan, BAI lebih mengedepankan segmen komersialnya saat peluncuran nanti.

Soal spesifikasi teknis, itu masih tertutup. Namun dikatakan bahwa mobil itu memiliki konsumsi bahan bakar yang baik. Hal ini mungkin dikarenakan penggunaan beberapa teknologi dari sepeda motor Pulsar (DTS-i, Exhaust TEC, dan lainnya).

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 15.00  

0 komentar:

Poskan Komentar