“Honda CR-V dan Toyota Fortuner Gaet Penghargaan KLH” plus 2 more

Rabu, 14 Desember 2011

“Honda CR-V dan Toyota Fortuner Gaet Penghargaan KLH” plus 2 more


Honda CR-V dan Toyota Fortuner Gaet Penghargaan KLH

Posted: 14 Dec 2011 08:01 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memberikan penghargaan untuk kategori perkotaan dengan kualitas udara terbaik, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) juga memberikan penghargaan untuk kendaraan dengan kualitas emisi terendah. Honda CR-V dan Toyota Fortuner muncul sebagai juara di dua kategori berbeda dalam ajang Langit Biru 2011 .

Deputi II Menteri KLH Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan M. R. Karliansyah dalam acara public expose program Langit Biru 2011 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu ( 14/12/2011), mengumumkan, Honda CR-V RE3 2WD 2.4 CKD A/T meraih penghargaan untuk kendaraan berbahan bakar bensin, sedangkan Toyota Fortuner 2.5 G M/T menggaet penghargaan untuk kategori kendaraan berbahan bakar solar.

"Ini merupakan pemeringkatan hasil uji tipe emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru," terang Karliansyah.

Uji emisi gas buang dilakukan tim penilai atas 33 tipe kendaraan bermotor tipe baru, yaitu kendaraan yang belum dipasarkan. "Sampel-sampelnya diambil dari showroom," lanjutnya.

Hasil penilaian kinerja kualitas emisi, lanjut Karliansyah, menunjukkan ke-33 tipe kendaraan memiliki kualitas emisi yang baik dan rendah konsumsi bahan bakar. Namun, nilai tertinggi untuk masing-masing kategori berhasil digaet oleh kedua tipe kendaraan tersebut.

Untuk Kategori kendaraan berbahan bakar bensin, posisi lima besar digaet oleh Honda CRV 2.4 AT, Honda CRV 2.0 AT, Nissan March 1.2 AT, Daihatsu Terios MT, dan Ford Fiesta 1.4L M/T.

Sementara itu, posisi lima besar untuk kategori kendaraan berbahan bakar solar berturut-turut digaet oleh Toyota Fortuner 2.5 G MT, Toyota Innova V AT DSL, Mitsibishi Pajero Sport GLS (4x2) MT, Mitsubishi Pajero Sport Exceed AT, dan Isuzu D-Max TFS85HD DC MT.

Menteri KLH Balthazar Kambuaya berharap laporan uji emisi ini akan menjadi rujukan pihak-pihak terkait. Salah satunya kepada pihak produsen BBM di Indonesia. "Kalau mengenai kualitas bahan bakar yang kurang baik, kita akan memberikan rekomendasi kepada para pihak sesuai dengan hasil tes yang kita dapatkan," ujar Kambuaya.

Sementara terkait kualitas udara perkotaan, menteri berharap pihak pemda lebih memperhatikan penataan kota dan rencana aksi untuk mereduksi pencemaran udara.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

VW Siap Saingi Prius "Hybrid"

Posted: 14 Dec 2011 04:11 AM PST

WOLFSBURG, KOMPAS.com — Setelah sukses menghadirkan mobil kecil irit bahan bakar, Up, Volkswagen Group siap menghadirkan versi hybrid yang menggunakan basis Jetta. Sedan bermesin ramah lingkungan ini akan tampil pada event North American International Auto Show, bulan depan, sebagai persembahan untuk lingkungan hidup dalam bentuk produk massal.

Sementara Touareg hybrid masih dalam pengembangan dan beritanya sempat muncul sebelum pameran Frankfurt Motor Show lalu.

Detail spesifikasi Jetta hybrid memang belum dijelaskan secara gamblang oleh VW. Proyek yang dinamakan "Pure Concept" ini merupakan tonggak perubahan mesin VW yang nantinya akan terus menerapkan mesin hybrid dan listrik. Langkah awal kali ini mengombinasikan mesin 4 silinder segaris, 1.4-liter, dan motor listrik. Keitimewaannya, suntikan tenaga turbocharger masih digunakan pada varian hybrid kali ini. Bisa jadi VW ingin tetap mempertahankan image mobil kencang meski berstatus sebagai ramah lingkungan.

Pengembangan yang sudah dimulai saat ini akan dipasarkan paling cepat pada November 2012 untuk Amerika Serikat. VW sendiri meletakkan Jetta hybrid sebagai rival Toyota Prius di pasar global nantinya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

BMW Indonesia Perkenalkan Seri 5 Rakitan Lokal

Posted: 14 Dec 2011 03:55 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — BMW Indonesia memperkenalkan Seri-5 rakitan lokal (completely knocked down) di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2011). Sedan menengah ini menjadi model ketiga yang dirakit di PT Gaya Motor (Grup Astra) setelah Seri 3 dan X1.

Ada dua varian yang disiapkan untuk pasar Indonesia, masing-masing 520i dan 528i, yang keduanya dibekali mesin 4-silinder, 2.0 liter, TwinPower Turbo mengombinasikan turbocharger TwinScroll dengan Valvetronic, double-Vanos, dan injeksi presisi tinggi. Perakitan mulai dilakukan pekan ini dan dipasarkan pada awal Januari 2012.

"Rencana kami di Indonesia meningkatkan produksi dua kali lipat mulai tahun depan dan membawa lebih banyak lagi model untuk CKD," ujar Ramesh Divyanathan, Presdir PT BMW Indonesia, di Sunter.

Setelah dua varian di atas, akan ada tambahan varian 520d berteknologi BMW Advanced Diesel yang mulai dirakit Februari 2012.

Rp 100 miliar

Penambahan kapasitas produksi di PT Gaya Motor membuat BMW Indonesia perlu merogoh kocek tambahan Rp 100 miliar. Dana segar digunakan untuk meremajakan fasilitas jalur perakitan, seperti pemasangan peralatan dan perlengkapan baru, serta perekrutan dan pelatihan staf.

"Pelatihan tim perakitan yang dipimpin oleh 15 orang tenaga ahli dari Jerman sudah dimulai sejak Juli 2011," jelas Josef Wichinger, BMW Groups Plant Representative.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 15.18  

0 komentar:

Poskan Komentar