“Holden Premier Kinclong Luar-Dalam” plus 2 more

Sabtu, 08 Oktober 2011

“Holden Premier Kinclong Luar-Dalam” plus 2 more


Holden Premier Kinclong Luar-Dalam

Posted: 08 Oct 2011 09:50 AM PDT

Kompas.com/Aris F. Harvenda

Kompas.com/Aris F. Harvenda

Tampilan mesin jadi gahar dengan dikrom

Kompas.com/Aris F. Harvenda

Ruang kabin mencerminkan performa mobil

Kompas.com/Aris F. Harvenda

Bagian kolong sama kinclong dengan mesin

MEDAN, KOMPAS.com — Bagi Hirza Ahmadi, membangun mobil kuno adalah sebuah maha karya, bahkan pengetahuannya seputar mobil berusia lebih dari 30 tahun pun lumayan baik. Tak heran, mengapa Hirza lebih memilih membangun Holden Brougham Premier HG 1971 ketimbang mobil '90-an ke atas.

Beruntung, lingkungan di sekelilingnya memiliki hobi serupa, jadi merestorasi Premier bukanlah hal yang sangat sulit. "Saya suka dan hobi dengan mobil klasik yang kebetulan hobi tersebut tumbuh bersama lingkungan pertemanan yang memang doyan mobil tua," ujar pemuda murah senyum ini.

Totalitas tinggi

Bodi asli tak banyak diubah, namun tentunya harus dilakukan rekondisi dan pengecatan ulang agar terlihat 'wah'. Perangkat GTS ikut menghias eksterior seperti bemper depan-belakang, hood (custom), fender model sirip hiu (custom), spion samping dan lampu belakang. Untuk gril agak sedikit menyebrang ke benua Amerika dengan menggunakan milik Chevrolet El Camino.

Ada penggunaan item yang sedikit menonjolkan khas muscle car, antara lain peletakan panel meter di luar kabin dekat kaca dan juga ban bertapak lebar di roda belakang berukuran 295/50 R15 yang menempel pada pelek CenterLine Conv Pro Limited 0295.

Membuat mobil kinclong sebagai tujuan utamanya dilakukan dengan totalitas tinggi. Terbukti, ruang mesin dicat sewarna bodi, ditunjang dengan detail serta finishing yang rapi. Bahkan mesin yang diganti tipe 202, 3.200cc ini tak lagi terlihat warna asli bawaan pabrik melainkan disulap dengan proses chrome coating. Akesoris penunjang tenaga terpasang rapi yang juga dicat warna krom.

Tidak berhenti sampai disitu, bagian bawah mobil yang cenderung lolos dari modifikasi juga di cat sesuai warna bodi dan terawat sangat bersih. Bahkan sasis serta beberapa perangkat melalui proses sama dengan mesin berwarna krom. Sebuah pemandangan indah dapat disaksikan dari bawah mobil.

Beralih ke ruang kabin, Hirza sepertinya ingin sedikit memberi nuansa mewah dan elegan. Hal tersebut terlihat dari dominasi penggunaan kulit di interior yang juga diberi sedikit nuansa muscle street car. Barang after market yang kerap digunakan balap pun mengisi ruang kokpit. Bahkan sarana entertainment pun ikut diperhatikan dengan menyetel aliran sound quality. Semua perangkat audio yang besar dipusatkan di ruang bagasi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Vettel Start Terdepan, McLaren Mengancam

Posted: 08 Oct 2011 06:17 AM PDT

SUZUKA, KOMPAS.com - Tampaknya, McLaren bakal jadi pengganjal serius Red Bull, khususnya Sebastian Vettel yang berambisi merebut gelar juara dunia 2011 di Jepang dengan hasil sempurna, memenangkan lomba. Karena, Jenson Button yang menguasai dua sesi latihan resmi, kemarin, pagi ini (8/10) kembali menjadi yang tercepat. Mampukah Button merebut posisi start terdepan?

Sayang, Button gagal menempati posisi start terdepan dalam kualifikasi di sirkuit Suzuka, Sabtu (8/10). Justru mobil Red Bull Racing (RB7) yang dikemudikan Sebastian Vettel berada paling depan. Calon juara dunia 2011 itu mampu mematahkan waktu terbaik Lewis Hamilton 1:30,617 menjadi 1:30,466 detik.

Button yang sudah berusaha sekuat tenaga di masa injury time, akhirnya bisa mendampingi Vettel di garis start terdepan. Pebalap Inggris itu mengukir waktu terbaik 1:30,475. Dengan posisi ini, bukan tidak mungkin Button bisa menggagalkan ambisi Vettel yang ingin menyandang juara dunia dibarengi engan memenangkan F1 Jepang.

Di belakang vettel-Button diisi formasi Lewis Hamilton (McLaren) dan Felipe Massa (Ferrari), sedang Fernando Alonso yang bertekad merebut posisi runner-up dunia 2011 berada di barisan ketiga didampingi Mark Webber.

Kualifikasi (Q) 1: Gebrakan Kobayashi

Cuaca cerah dengan temperatur 39 derajat celcius telah menyemangati para pebalap untuk melakukan kualifikasi. Tak disangka, Vettel tercatat pebalap unggulan yang pertama masuk lintasan bersama Maldonado (Williams), kemudian diikuti rekannya, Webber.

Pada sesi Q1, Vettel menggunakan ban berkompon medium. Sementara duo pebalap McLaren yang masuk menit 6, sama-sama memakai ban kompon terkeras.

Hasil, Vettel mengukir waktu 1:33,051, masih lebih cepat dari rekannya yang mencatat 1:33,135. Namu di luar dugaan, Alonso berhasil mempertajamnya jadi 1:32,817. Tampaknya, catatan waktu ini bisa berubah pada 10 menit kedua.

Masuk 10 menit kedua, McLaren mulai menunjukkan performanya. Hamilton hanya kalah cepat 0,026 detik dari Alonso, sementara Button membayang di urutan ketiga. Tinggal tiga menit, Sutil mematahkan waktu Alonso dengan 1:32,761 dan pebalap tuan rumah Kobayashi melejit terdepan dengan 1:32,626.

Satu-satunya pebalap unggulan yang tidak lolos kualifikasi II Nico Rosberg. Pebalap tim Mercedes, isunya mengalami gangguan pada sistem hidraulis.

Q2 : Hamilton bangkit

Kali ini, Button yang di sesi I menduduki peringkat 6 lebih dulu masuk lintasan, mungkin ia tak ingin terganggu traffic. Baru diikuti Vettel, Webber, Massa dan Alonso.

Pemakaian jenis ban pun berubah, seperti Vettel mengandalkan kompon lunak dan langsung menghasilkan 1:31,424. Webber dengan ban yang sama kalah cepat 0,152 detik, tapi Hamilton bangkit menggebrak dan berhasil melampaui kecepatan Vettel setelah mencatat 1:31,139.

Ternyata, waktu fantastis Hamilton yang diukir menit 5 terus bertahan sampai finis. Sementara Button yang keenam di Q1, mampu memperbaiki peringkatnya jadi ketiga.

Q3: Button puas kedua

Suasana bak balapan sesungguhnya tampak di awal sesi terakhir. Seluruh pebalap unggulan berhamburan ke luar pit masuk lintasan. Dan pada menit ketiga, catatan waktu penentuan posisi start mulai bermunculan.

Massa membuka rekor tercepat dengan 1:31,287 detik, namun bertahan tidak sampai satu menit Hamilton mempertajamnya jadi 1:30,617. Vettel coba melewatinya, tapi belum berhasil dan masih kalah cepat 0,108 detik. Bahkan waktu Vettel yang 1:30,825 masih di belakang Button.

Dalam masa injury time, Vettel berusaha bisa tampil di depan dan sekaligus memisahkan duo McLaren. tak disangka, usaha berhasil, bahkan ia menjadi yang tercepat dalan kualifikasi.

Hasil kualifikasi


1. Sebastian Vettel                 Red Bull-Renault                1m30.466s
2. Jenson Button                   McLaren-Mercedes             1m30.475s + 0.009
3. Lewis Hamilton                 McLaren-Mercedes             1m30.617s + 0.151
4. Felipe Massa                     Ferrari                                1m30.804s + 0.338
5. Fernando Alonso              Ferrari                                 1m30.886s + 0.420
6. Mark Webber                    Red Bull-Renault                 1m31.156s + 0.690
7. Michael Schumacher         Mercedes                             No time
8. Bruno Senna                     Renault                                No time
9. Vitaly Petrov                     Renault                                No time
10. Kobayashi                      Sauber-Ferrari                       No time
Q2
11. Michael Schumacher       Mercedes                              1m37.035s + 1.466
12. Sebastien Buemi             Toro Rosso-Ferrari                1m37.160s + 1.591
13. Jaime Alguersuari           Toro Rosso-Ferrari                 1m37.347s + 1.778
14. Paul di Resta                  Force India-Mercedes             1m37.370s + 1.801
15. Rubens Barrichello          Williams-Cosworth                 1m37.496s + 1.927
16. Sergio Perez                    Sauber-Ferrari                        1m37.528s + 1.959
17. Adrian Sutil                      Force India-Mercedes            1m37.593s + 2.024
Q1
18. Heikki Kovalainen            Lotus-Renault                         1m35.454s + 2.828
19. Jarno Trulli                       Lotus-Renault                        1m35.514s + 2.888
20. Jerome D'Ambrosio         Virgin-Cosworth                     1m36.439s + 3.813
21. Timo Glock                     Virgin-Cosworth                      1m36.507s + 3.881
22. Daniel Ricciardo               HRT-Cosworth                       1m37.846s + 5.220
23. Nico Rosberg                   Mercedes                                No time
24. Tonio Liuzzi                     HRT-Cosworth                        No time

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

KITT Asli dari "Knight Rider" Akan Dilelang

Posted: 08 Oct 2011 04:17 AM PDT

AMERIKA, KOMPAS.com - Mungkin ada yang ingat film "Knight Rider". Film seri yang ditayangkan di sebuah telivisi swasta di Tanah Air, yang mengisahkan aktor Michael Knight yang diperankan oleh David Hasselhoff dalam membasmi kejahatan dibantu KITT atau Knight Industries Two Thousand.

Dalam film tersebut KITT merupakan mobil canggih yang dibuat khusus dari Pontiac Trans/Am produksi 1982. Dengan warna khas hitam, interiornya futuristik dan lampu hidung merah yang bergerak-gerak. Tak ketinggalan, "kamampuan" dialog yang suaranya diisi oleh Williams Daniels.

Kini, kendaraan "karakter" film seri yang familier bagi mereka yang besar pada era 1980-1990 masuk dalam ajang lelang eBay. Walau sejumlah orang pernah menjual mobil serupa, penjual dalam lelang ini meyakinkan bahwa KITT ini adalah mobil asli yang kerap disorot dalam jarak dekat pada film tersebut.

Sedan dua pintu KITT ini sendiri akan dilepas dengan harga penawaran awal 150.000 dollar AS (Rp 1,3 miliar). Tidak ada informasi lebih lanjut apakah terdapat sertifikat keaslian atau bukti lain mengenai mobil ini.

Namun, seperti dikutip Jalopnik, mobil ini bahkan tak ada lagi dalam daftar lelang semenjak kabar ini disampaikan, 6 Oktober. Penjualannya sepertinya tak kalah cepat dibandingkan mobilnya. (Dimas)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 15.15  

0 komentar:

Poskan Komentar