“GM Perkenalkan Pencegah Tabrakan Satu Kamera pada GMC Terrain” plus 2 more

Senin, 10 Oktober 2011

“GM Perkenalkan Pencegah Tabrakan Satu Kamera pada GMC Terrain” plus 2 more


GM Perkenalkan Pencegah Tabrakan Satu Kamera pada GMC Terrain

Posted: 10 Oct 2011 12:01 PM PDT

DETROIT, KOMPAS.com – General Motors (GM) memperkenalkan sistem pencegah tabrakan pada SUV GMC Terrain yang akan diluncurkan tahun depan. Klaim perusahaan tersebut, sistem ini merupakan yang pertama digunakan di industri otomotif. Sistem hanya menggunakan satu kamera.

Di samping digunakan untuk mencegah menabrak mobil yang berada atau meluncur pelan di depan, juga mencegah menyenggol atau menyerempet saat pindah jalur.

Sistem GMC ini menggunakan kamera digital resolusi tinggi yang dipasang di depan kaca spion tengah untuk melihat bentuk kendaraan dan marka jalan. Sistem selanjutnya, akan memberi peringatan dengan suara  dan gambar.

Pengemudi diperingatkan sedang berada di belakang kendaraan lain dan jaraknya terlalu dekat. Suara peringatan juga muncul bila kendaraan pindah jalur tanpa mengaktifkan sein (lampu indikator belok).  

Gambar Digital
Menurut National Automotive Sampling System,  menabrakan bagian belakang 28 persen dari hampir 6 juta insinden kecelakaan yang terjadi setiap tahun berdasarkan laporan polisi. Sementara itu, the National Highway Traffic Safety Administration(NTSHA), mengatakan, tabrakan belakang  umumnya terjadi karena perhatian tidak fokus ke jalan. Karena itu pula, the Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menilai, sistem peringatan tabrakan GMC ini dinilai sangat membantu mengurangi kecelakaan.

"Sensor gambar digital  yang digunakan  pada sistem ini, konsepnya sama dengan gambar dari telepon seluler  yang dikirim  komputer. Karena itulah penggunaan sistem kamera ini lebih gampang pada kendaraa," beber Raymond Kiefer, Technical Fellow  Sistem PencegahTabrakan, GM.

"Gabungan kamera digital algoritma dengan proses foto, memungkinkan kami menghitung waktu terjadinya tabrakan," tambahnya.

Tayangan pengingat terdiri, hijau untuk tabrakan di depan dan ikon untuk mendeteksi perpindah jalaur. Seperi peringatan lampu berkedap-kedip merah memperingatkan menabrak kendaraan di depan, peringatan pindah jalur menggunakan ikon warna oranye disertai suara lonceng. 

Sistem peringatan ini bekerja pada kecepatan 40 km/jam, memperingkatkan pengemudi jika mereka mengikuti kendaraan di depan terlalu dekat. Juga memperingatkan kemungkinan akan menabrak. Bila tabrakan diprediksi tidak bisa dihindarkan, kendaraan akan mengaktifkan rem  membantu pengemudi memperlambat dan menghentikan laju kendaraan lebih cepat.

Cara Kerja
Peranti lunak peringatan tabrakan depan bekerja dengan menguji gambar yang dijepret  – 14 "frame" per detik – untuk menentukan bentuk kendaraan. Selanjutnya, kendaraan yang dideteksi, diperiksa pada setiap pergantian rangka gambar.

Demgam mengubah ukuran, kemungkinan waktu tabrakan terjadi bisa dihitung. Sistem juga menggunakan parameter lain, yaitu kecepatan, perubahan arah dan gerakan pedal gas dan rem.

Agar bisa digunakan pada kondisi pernglihatan yang berbeda-beda, sistem menggabungkan empat ekposur terpisah untuk menciptakan gambar resolusi tinggi dan kemudian dianalisis. Cara ini sangat berguna di malam hari ketika eksposur dekat diperlukan untuk memperjelas gambar. Sedangkan eksposure jauh digunakan untuk mendeteksi bentuk dan tekstur.

Pada malam hari, target ditentukan dengan melihat sepasang cahaya yang bergerak secara bersamaan, dalam hal ini menggunakan lampu belakang. Sistem bekerja selama mata  kamera tidak terhalang, misalya oleh salju atau lumpur.

Kecepatan
Selain mem-pelototi  kendaraan di depannya, proses gambar juga melihat marka-marka untuk menentukan peringatan bila pindah jalur. Pada kecepatan 56 km/jam, ikon peringatan  pindah jalur - menyala hijau yang menandakannya aktif atau bekerja.

Jika kendaraan keluar dari jalur tanpa menghidupkan sein, lampu berubah, berkedip-kedip sekaligus mengeluarkan suara beep.

"GM berkomitmen memberikan perlindungan awal, selama dan setelah tabrakan. Skenario terbaik adalah menghindari tabarakan.Teknologi ini dirancang membantu pengemudi agar tidak menabrak," kata Gay Kent, Executive Direcytor Vehicle Safety and Crashworthiness GM tentang penggunaan pencegah tabrakan ini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Mobil Kecil Eropa Serbu Amerika

Posted: 10 Oct 2011 09:56 AM PDT

DETROIT, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS), selain masih menjadi pasar mobil terbesar kedua di dunia, tetap jadi tujuan utama prinsipal otomotif dunia. Menariknya, dalam beberapa tahun mendatang, merek-merek Eropa siap menyerbu dengan mobil-mobil kecil, yang nyata-nyata bertolak belakang dengan "budaya" warganya yang gemar mobil dan mesin besar.

Sekarang timbul pertanyaan dari para prinsipal Eropa, "Apakah warga AS mau mengeluarkan uang lebih untuk mobil kecil?!" Mereka berharap mobil kecil premium dengan harga lebih kompetitif mampu menarik perhatian banyak konsumen di AS. Beberapa merek premium Eropa dikabarkan tengah mengembangkan model baru supaya lolos standar emisi yang ketat dicanangkan Pemerintah Obama.

Mercedes-Benz misalnya, menyiapkan A-Class dan B-Class dengan sedan kecil, empat pintu, crossover mini dan beberapa varian lain untuk membidik segmen itu. BMW juga  menyiapkan beberapa kendaraan dengan sistem penggerak roda depan bantuan dari MINI. Baik Mercedes maupun BMW sama-sama siap meluncurkan produk barunya dalam dua sampai tiga tahun mendatang dengan bandrol awal 30.000 dollar AS (Rp268,8 juta) per unit.

Tak cukup dengan modal mobil kecil saja menyerbu pasar Amerika. Kendaraan yang sedang dipersiapkan itu harus dibekali mesin kecil dan irit. Untuk itu, para produsen Eropa kembali mengembangkan mesin 4-silinder serta mengurangi tenaga dan torsi besar. Sebenarnya, BMW sudah mengunakan mesin 4-silinder pada 1999 dan Mercedes di 2005 tapi kurang populer.

Untuk meramaikan pasar Amerika dengan kendaraan kecil, BMW siap meluncurkan Z4 roadster dan Seri-5 pada musim semi tahun ini. Sementara Mercedes-Benz punya sedan C-Class dan kupe. Semuanya menggunakan mesin 4-silinder .

Langkah BMW dan Mercedes tampaknya juga diikuti Volvo yang akan meninggalkan generasi mesin 6 dan 5-silinder diganti dengan 4-silinder bensin dan diesel baru. Begitu Jaguar akan menggantikan mesin 5. 0 liter V-8 yang masih digunakan pada ketiga model di pasar.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Thailand Dongkrak Penjualan Mobil Melalui Skema Pembeli Pertama

Posted: 10 Oct 2011 07:55 AM PDT

BANGKOK, KOMPAS.com – Kendati penjualan mobil antara Indonesia dan Thailand saling kejaran-kejaran saat ini, jangan harap kita bisa unggul pada 2011 atau tahun depan. Pasalnya, Pemerintah, Perdana Menteri Thailand yang baru, Yingluck Shinawatra telah membuat keputusan pada  pertengahan September lalu, yaitu skema setiap pembeli mobil pertama, mendapat potongan pajak 100.000 bath (Rp29 juta).  

500.000 unit
Regulasi tersebut berlaku mulai 16 September lalu sampai 31 Desember 2012. Dengan skema ini, Kementerian Keuangan Thailand memperkirakan, tahun depan penjualan mobil di negara tersebut akan meningkat 500.000 unit.

Produsen mobil manca negara berusaha memanfaatkan skema tersebut untuk mendongkrak penjualannya. Menurut Bangkok Post, facelift pertama yang akan memanfaatkan peluang ini adalah Honda City. Dengan facelift terbaru itu, Honda berharap bisa menjual 70.000 unit City setahun di Thailand.

Diberitakan, City minor change tetap menggunakan mesin 1.5 liter, i-VTEC bertenaga 120 PS dengan transmisi otomatik 5-percepatan plus sistem kontrol "drive by wire". Perubahan lain adalah interior dengan desain lebih praktis dan menyenangkan, termasuk speedometer dengan pencahaan biru dan indikator ECO. Harga berkisar dari 559.000 sampai 704 .900 bath Rp 162– Rp205 juta)

Salah satu produsen Jepang yang berharap skema tersebut bisa meningkatkan penjualan adalah Mazda dengan Mazda2 hatchback dan sedan serta pickup. Menurut Managing Director, Mazda Sales Thailand, Choichi Yuki, skema pembeli pertama bisa membantu penjualan pikap B-Segmen di negara tersebut. 

Ford Kecele
Ford salah satu produsen yang kecele dengan skema baru pemerintah Thailand tersebut. Pasalnya, sekitar  600 calon pembeli Ford Fiesta 1.600 cc, membatalkan  pesanan karena adanya program tersebut. Padahal, penjualan Fiesta didominasi  oleh  varian bermesin 1.600 cc, sekitar 70 persen.  

Lobi yang  dilakukan oleh Alan Mullay, COE Ford Motor Company dengan menemui langsung Menteri, Yingluck Shinawatra, tidak berhasil. Alan Mulally berada di Bangkok dalam rangka peluncuran Ford Ranger terbaru. Pembatalan pesanan akibat dari kebijakan mobil pertama," jelas Presiden ford Asean, Peter Fleet, dilansir oleh the National.  

Syarat
Dengan pertambahan penjualan sekiar 500.000 unit pada 2012, pemerintah Thailand akan kehilangan pemasukan dari pajak sekitar 30 miliar bath atau setara Rp8,7 triliun

Departemen Pajak di negara itu akan mengumumkan pemotongan pajak 100.000 bath untuk setiap pembeli mobil pertama setelah setahun memilikinya. Pembeli pertama selain mendapatkan pengembalian pajak, mereka juga terikat kontrak perjanjian kepemilikan selama lima tahun.

Dijelaskan,kendaraan yang mendapatkan fasilitas itu, kapasitas mesin tidak melebihi 1.500 cc (termasuk eco-car) dan pickup (termasuk double cabin) dengan harga tidak melebihi 1 juta bath. Skema sebelumnya hanya untuk eco-car dan pick-up.

Rakitan Thailand
Syarat selanjutnya, harus dirakit di Thailand dan tidak termasuk kendaraan dirakit dengan komponen impor. Usia pembeli, minimum 21 tahun. Untuk mencegah penyalahgunaan, kendaraan tersebut harus dimilik pembeli pertama selama lima tahun.

Setahun setelah mobil itu menjadi milik pembeli pertama, Departemen Pajak akan mencek-silang ke Kementerian Perhubungan atau kantor Provinsi, tentang status kepemilikan dan perjanjian pemindahan kemilikan selama lima tahun.

Detil perjanjian diperiksa dan dicatat dengan menggunakan sistem komputer oleh Kementerian perhubungan dan buku registerasi. Buku pembeli mobil pertama dan kopi pendaftaran dengan perjanjian hak milik pemindahan kempemilikan, lima tahun, dikirim ke Departemen Pajak atau kantor lokal. Dengan ini, pembeli pertama akan memperoleh  potongan melalui cek bank mulai satu Oktober tahun depan.

Pemotongan pajak bagi pembeli mobil pertama merupakan salah satu kebijakan populis dari Partai PheuThai pimpinan Yingluck Shinawatra ntuk memikat pemilih pada pemilihan lalu.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 15.34  

0 komentar:

Poskan Komentar