“Sunny TS Juarai Balap ISOM di Sentul” plus 2 more

Minggu, 11 September 2011

“Sunny TS Juarai Balap ISOM di Sentul” plus 2 more


Sunny TS Juarai Balap ISOM di Sentul

Posted: 11 Sep 2011 02:50 PM PDT

SENTUL, KOMPAS.com - Masuk seri 4 balap nasional bertajuk "Indonesian Speed Of Motorsport" (ISOM) di sirkuit Sentul, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (11/9), atmosfer persaingan balap kian memanas. Terutama di kelas paling bergengsi GT Car Championship karena makin ketatnya catatan waktu di antara pebalap. Lomba akhirnya berhasil dimenangkan oleh Sunny TS dari tim Eneos Racing Team.

Sedang posisi kedua direbut Fitra Eri dari tim HBC Racing Team Oto. Jaraknya dengan Sunny hanya terpaut 4,2 detik. Keduanya sudah tak bisa dikejar lawan-lawannya saat lomba masuk pertengahan dari total 18 lap.

Kecuali peringkat ketingga ke bawah, posisinya terus bergonta ganti. Panasnya persaingan sama panasnya dengan suhu udara yang lombanya dimulai pukul 14.00 WIB. Kondisi ini menjadi tantangan bagi pebalap karena mempengaruhi performa mesin dan kondisi ban.

Faktor traksi yang juga dikhawatirkan akan menjadi problem akibat suhu trek yang memanas, ternyata tidak ditemui selama pertandingan berlangsung. Tiga pembalap terdepan, Sunny, Fitra dan Harridarma tidak mengalami kendala seperti yang mereka katakan saat jumpa pers usai balapan.

"Apa yang menjadi kekhawatiran saya dan juga tim saat mengetahui suhu yang sangat panas adalah mesin dan ban. Tapi semua dana diatasi dengan baik begitu pula dengan ban GT Radial selaku official tyre," jelas Sunny, yang tampil sebagai peserta privateer.

Hasil Lomba

1. Sunny TS Eneos Racing Team 2. Fitra Eri HBC Racing Team OTO 3. Harridarma Honda Jakarta Center

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Vettel Juara, Hamilton Keluhkan Schumacher

Posted: 11 Sep 2011 01:29 PM PDT

MONZA, KOMPAS.com - Luar biasa penampilan Sebastian vettel di ajang balap F1 Italia, Minggu (11/9). Pebalap andalan tim Red Bull Racing tersebut berhasil memenangkan lomba seri ke13 yang menempuh 53 lap dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit 46,172 detik. Ini kemenangan kedelapannya musim ini dan kina kokoh di puncak klasemen sementara dengan total 284 angka. Gelar juara dunianya, tingga ditentukan di Singapura.

Dalam balapan di sirkuit Monza ini, Vettel boleh dibilang tampil tanpa kerja keras. Ia kehilangan posisi terdepan hanya saat start dan upayanya terganggu oleh masuknya safety car. Posisi terdepan baru dapat diambil dari Fernando Alonso pada lap 5 dan terus memimpin sampai usai lomba.

Mernariknya, di lomba ini Vettel memilih pakai gigi rasio pendek. Padahal, treknya dikenal cepat. Namun, keputusannya dan tim tidak meleset dan ia sukses menuai kemenangan.

Sayang, suksesnya tidak diikuti rekan setimnya mark Webber yang harus berhenti lebih awal. Ia tak dapat mengendalikan mobil dan menabrak dinding pembatas.

Posisi kedua direbut pebalap McLaren Jenson Button. Padahal, ia hampir saja bersenggolan dengan pebalap senior Rubens Barrichello. Kalau saja dirinya tak bisa menahan emosinya, senggolan di mulut masuk pit tak terhindarkan.

Sedang podium ketiga diraih Fernando Alonso. Pebalap Spanyol ini sudah melakukan start sempurna dan berhasil terdepan masuk tikungan pertama. Sayang, upayanya terganggu oleh insiden di barisan tengah, sehingga SC harus masuk. Bahkan peluang tangga ketiganya, juga nyaris direbut Hamilton di lap terakhir. Mobil Ferrari memang kalah kencang dibanding McLaren dan Red Bull


Vettel pakai rasio gir pendek

Saat start, Alonso membuat gerakan sempurna dengan melibas Hamilton dan Vettel dari sisi dalam lintasan. Taktiknya berjalan dengan mulus dan ia dapat berada di depan, namun "safety car" (SC) harus masuk lintasan karena terjadi tabrakan hebat.

Mobil Liuzzi melintir dari belakang dan masuk tikungan pertama menghajar Petrov (Renault) dan Nico Rosberg (Mercedes) serta Barrichello yang masuk pit minta ganti moncong baru.

Pada lap 3, SC masuk dan balapan dimulai lagi.Tapi, lap ke-5 bendera kuning berkibar karena terdapat serpihan dari mobil Webber yang menghajar bagian belakang Felipe Massa karena tak dapat mengendalikan mobil di tikungan "S". Meski pebalap kedua Red Bull dapat melajukan mobil tanpa sayap depan, namun pada tikungan tajam mobil lurus dan menabarak dinding pembatas.

Vettel tampil gemilang danb ia berhasil mengembil alih pimpinan dari Alonso pada lap 5. Tampak RB7 yang dikemudikan penalap jerman ini sangat kencang di tikungan. Ia menggunakan gir rasio pendek, sehingga ketika ke luar tikungan dapat melejit dengan cepat. Kendati jarak terpanjang untuk ganti gigi dilakukan antara 400-500 meter.

Kejutan dibuat pebalap gaek Michael Schumacher. Mantan pebalap Ferrari ini dapat menyodok ketiga saat start dan posisi itu terus dipertahankan sampai lap 10. Upaya coba dilakukan lap 11 di tikungan Parabolica dari sisi luar, namun Schumi tidak memberi ruang gerak. Sampai-sampai Button sudah menempel di belakang Hamilton dan kedua mobil Mclaren terus menempel di belakang Mercedes sampai lap16.

Hamilton coba menyalip dari sisi dalam di Curva Grande sampai menyisir rumput, tetap tak berhasil. Kenekatannya membuat Button dapat menyalipnya dan masuk pit lap 18 untuk ganti ban, dua lap kemudian menyusul Hamilton masuk pit.

Mantan juara dunia 2008 ini merasa kurang puas karena Button dulu yang ganti ban. Perubahan ini akibat dari kesalahannya ketika berusaha menyalip Schumi. Ia melalui radio komplain mengenai cara mengemudi Schumi. Dan akhirnya, pada lap 28 ia berhasil melibas pebalap Mercedes di tikungan Ascari.

Kini, giliran Button coba melibas Alonso pada lap 29 di salah satu tikungan dan upayanya belum berhasil. Sementara jarak Button-Alonso dengan pemimpin lomba Vettel terpaut 13,6 detik. Sementara Hamilton tertinggal 22 detik lebih dari Vettel akibat terlalu lama di belakang Schumi.

Button yang berusaha masuk pit hampir bersenggolan karena merasa jalannya ditutupi oleh Barrichello di lap 34 yang ternyata juga mengarahkan mobilnya ke pit. Meski begitu, Button memperoleh peluang baik merebut posisi kedua dari Alonso yang juga masuk pit lap 35 untuk ganti ban. Upayanya berhasil diraih pada lap 37 dan Alonsi berada di urutan ketiga.

Sementara Vettel kian jauh meninggalkan lawannya. Button yang membayang kedua ditinggalkan 15,7 detik. Hanya gangguan teknis mobil yang bisa menggagalkan langkah pebalap Jerman ini.

Hasil Lomba

1. Vettel                   Red Bull-Renault              1h20:46.172
2. Button                 McLaren-Mercedes                 + 9.590
3. Alonso                Ferrari                                   + 16.909
4. Hamilton             McLaren-Mercedes                + 17.471
5. Schumacher        Mercedes                              + 32.677
6. Massa                 Ferrari                                    + 42.993
7. Alguersuari          Toro Rosso-Ferrari                   + 1 lap
8. Di Resta              Force India-Mercedes               + 1 lap
9. Senna                  Renault                                    + 1 lap
10. Buemi               Toro Rosso-Ferrari                   + 1 lap
11. Maldonado        Williams-Cosworth                    + 1 lap
12. Barrichello          Williams-Cosworth                  + 1 lap
13. Kovalainen         Lotus-Renault                          + 1 lap
14. Trulli                  Lotus-Renault                        + 2 laps
15. Glock                Virgin-Cosworth                      + 2 laps

Fastest lap: Hamilton, 1:26.187

Pebalap tidak finish


Ricciardo HRT-Cosworth 40
Perez Sauber-Ferrari 34
Kobayashi Sauber-Ferrari 23
Sutil Force India-Mercedes 11
Webber Red Bull-Renault 6
D'Ambrosio Virgin-Cosworth 3
Petrov Renault 1
Rosberg Mercedes 1
Liuzzi HRT-Cosworth 1

Peringkat sementara sampai seri 13

Pebalap                                Konstruktor
1. Vettel                284           1. Red Bull-Renault        451
2. Alonso             172           2. McLaren-Mercedes     325
3. Webber            167           3. Ferrari                        254
4. Button             167            4. Mercedes                   108
5. Hamilton          158            5. Renault                        70
6. Massa                82           6. Force India-Mercedes    36
7. Rosberg             56           7. Sauber-Ferrari               35
8. Schumacher        52           8. Toro Rosso-Ferrari      29
9. Petrov                34           9. Williams-Cosworth         5
10. Heidfeld            34
11. Kobayashi         27
12. Sutil                  24
13. Alguersuari       16
14. Buemi               13
15. Di Resta            12
16. Perez                  8
17. Barrichello          4
18. Senna                 2
19. Maldonado         1

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

CEO Tata Motors Mengundurkan Diri

Posted: 11 Sep 2011 05:04 AM PDT

CEO Tata Motors Mengundurkan Diri

Aris F. Harvenda | Bastian | Minggu, 11 September 2011 | 12:04 WIB

ajuinjesus

Carl-Peter Forster

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah berita mengejutkan datang dari produsen mobil Tata Motors atas mundurnya Carl-Peter Forster dari jabatannya sebagai CEO, setelah 18 bulan memimpin seperti yang diberitakan situs autocar, kemarin (10/9). "Keputusan ini sebenarnya merupakan kondisi yang cukup berat bagi saya untuk meninggalkan tantangan dan tugas yang diberikan Tata Motors Group," ujar Forster, yang juga pernah menjabat bos General Motors Europe dan BMW board member.

Chairman Tata Motors, Ratan Tata menjelaskan,"Kami sangat memaklumi dan respek atas keputusan yang diambil Forster untuk pindah. Dan kamipun mengucapkan terimakasih atas kontribusi yang telah diberikan. Dedikasi cukup baik yang telah diberikan telah menghasilkan sebuah kemajuan di perusahaan ini.

Seiring turunnya berita ini, Tata Motors sedang berusaha mencari sosok pengganti sebagai suksesor Ratan Tata.


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 15.09  

0 komentar:

Poskan Komentar