“Giliran Vettel Kuasai Latihan Bebas II” plus 2 more

Jumat, 23 September 2011

“Giliran Vettel Kuasai Latihan Bebas II” plus 2 more


Giliran Vettel Kuasai Latihan Bebas II

Posted: 23 Sep 2011 03:10 PM PDT

MARINA BAY, KOMPAS.com - Latihan resmi kedua F1 Singapura yang berlangsung satu setengah jam di sirkuit Marina Bay menjadi milik Sebastian vettel. Pebalap Red Bull Racing itu berhasil membukukan waktu terbaiknya 1 menit 46,377 detik di menit ke62 dan bertahan sampai latihan berakhir.

Wartawan Kompas.com Aloysius Gonsaga dari sirkuit Marina Bay melaporkan bahwa latihan kali ini lebih seru. Dua pebalap unggulan, Jenson Button (McLaren) dan Felipe Massa (Ferrari) hampir saja mengalami kecelakaan hebat akibat menikung terlalu lebar.

Tampaknya, saat lomba nanti, Ferrari akan memberi perlawanan terhadap Red Bull. Karena, di sesi ini, Fernando Alonso membayang di urutan kedua dengan waktu 1:46,575. Waktunya itu membuat dirinya sempat menjadi yang tercepat sebelum dipatahkan Vettel.

Button hampir menabrak

Berangkat dari hasil yang kurang memuaskan pada sesi pertama, duo Ferrari lebih awal masuk lintasan. Pada menit ke-8, Alonso melarikan maksimal mobil dan berhasil menjadi yang tercepat 1:49.071. Satu menit kemudian, giliran Webber coba melampauinya, ternyata kalah cepat.

Namun posisi Alonso it hanya bertahan satu menit. Ketika Vettel masuk lintasan mampu mempertajam waktu Ferrari jadi 1:48.171 detik.Malah pebalap Jerman ini dapat melaju lebih cepat dengan 1:47.688 yang diukir pada menit ke-16. Dan gebrakan terus berlanjut di menit 21 dengan hasil lebih cepat 0,313 lagi.

Hamilton, pebalap tercepat di sesi pertama, baru masuk trek di menit 30. Namun ia terlalu melebar ketika masuk tikungan 14 dan mobilnya sempat menghajar kerb, sehingga catatan waktunya sangat jelek. Baru menit ke-34 ia mencatat rekor terbaiknya 1:48.906 dan masih kalah cepat dengan Vette.

Melihat Hamilton masuk trek, Vettel pun yang sempat istiharat lama, meluncur dengan RB7. Meski gagal melampaui waktu sendiri, tapi waktunya hanya lebih lambat 0.760.

Bendera kuning berkibar di menit 41 karena ada mobil McLaren yang dikemudikan Button berhenti di tikungan 14. Mobil seperti tidak mau membelok dan beruntung ia dapat menghentikan mobil dan tidak mencium dinding pembatas. Melalui radio ia katakan bahwa gigi munndurnya tidak bekerja dan ia pun meninggalkan mobilnya.

Massa membuat kejutan di menit 47. Ia tampil dengan ban kompon terlunak, pebalap Brasil yang di menit awal sempat hampir menabrak dinding pembatas akibat menikung terlalu melebar, mampu melampaui waktu Vettel yang lama bertahan. Ia mengukir waktu tercepat 1:47.120 namun dapat dipertajam Alonso menjadi 1:46.575.

Alonso yang sempat lama mendekam di pit, tim coba memasang ban super lunak. Ternyata, pebalap Spanyol itu masuk melakukan manuver hebat di setiap tikungan.

Sementara Vettel pada kesempatan itu terus menjajal ban kompon terkeras. Saat Massa mematahkan waktunya ia pun segera masuk pit dan ada kemungkin ganti ban kompon lain untuk menyodok ke depan lagi.

Benar saja, mendapatkan waktu Alonso berkat pakai ban kompon super lunak, para pebalap unggulan pun ikut memakainya. Vettel yang masuk lintasan pada menit 62 langsung dapat mematahkan waktu Ferrari itu jadi 1:46,377. Sementara Hamilton dan Webber yang juga memakai jenis ban sama tak mampu menyalip waktu Vettel.

Hasil latihan


1. Sebastian Vettel           Red Bull-Renault               1m46.374s
2. Fernando Alonso         Ferrari                                1m46.575s
3. Lewis Hamilton           McLaren-Mercedes           1m47.115s
4. Felipe Massa                Ferrari                                1m47.120s
5. Mark Webber               Red Bull-Renault               1m47.265s
6. Michael Schumacher    Mercedes                           1m48.418s
7. Adrian Sutil                  Force India-Mercedes        1m48.866s
8. Sergio Perez                 Sauber-Ferrari                    1m49.578s
9. K.Kobayashi                 Sauber-Ferrari                    1m49.730
10. Jenson Button             McLaren-Mercedes            1m49.751s
11. Jaime Alguersuari        Toro Rosso-Ferrari             1m49.792s
12. Bruno Senna                 Renault                              1m50.241s
13. Paul di Resta                Force India-Mercedes        1m50.345s
14. Vitaly Petrov                Renault                               1m50.399s
15. Nico Rosberg                Mercedes                            1m50.790s
16. Rubens Barrichello       Williams-Cosworth             1m50.897s
17. Pastor Maldonado         Williams-Cosworth            1m50.937s
18. Heikki Kovalainen         Lotus-Renault                    1m51.950s
19. Sebastien                        Buemi Toro Rosso-Ferrari 1m52.257s
20. Jarno Trulli                     Lotus-Renault                    1m52.489s
21. Timo Glock                   Virgin-Cosworth                  1m53.579s
22. Jerome D'Ambrosio       Virgin-Cosworth                 1m54.649s
23. Daniel Ricciardo            HRT-Cosworth                   1m54.754s
24. Tonio Liuzzi                   HRT-Cosworth                    1m55.198s

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Hamilton Tercepat, Latihan Sempat Tertunda

Posted: 23 Sep 2011 12:43 PM PDT

MARINA BAY, KOMPAS.com - Lewis Hamilton berhasil mengukuhkan dirinya menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas pertama F1 Singapura dengan waktu terbaiknya 1 menit 48,599 detik. Menurut laporan wartawan Kompas.com Aloysius Gonsaga dari sirkuit Marina Bay latihan bebas ini sempat tertunda 30 menit.

Pasalnya, petugas lintasan harus memperbaiki lintasan, terutama di tikungan 3 dan 14. Pada bagian kerbnya muncul plastik-plastik saat berlangsung balapan Porsche Carrera Asia. Direktur perlombaan Charlie Whiting, akhirnya memutuskan lomba ditunda untuk dilakukan perbaikan.

Dengan terpotong 30 menit, para pebalap pun hanya punya waktu satu jam menikmati lintasan jalan raya Marina Bay. Ketika mobil-mobil melaju di lintasan, persoalan kerb kembali terjadi, hanya kali ini di tikungan ke-7 jelang menit-menit terakhir. Beruntung, petugas lintasan cepat mengatasi.

Ketika latihan dimulai, Ferrari yang dikemudikan Felipe Massa melejit paling cepat dengan 1:52,043 detik. Namun Jenson Button dibalik kemudi McLaren MP4-26 berhasil mempertajamnya jadi 1:50,952.

Di luar dugaan, calon juara dunia Sebastian Vettel dengan RB7 menggebrak dengan 1:50.082 dan dipertajamnya lagi dua menit kemudian 0,4 detik lebih cepat.

Ketika sisa waktu tinggal 12 menit, Hamilton begitu agresif mengemudikan mobil. Hasilnya, ia mengambil alih posisi terdepan setelah meraih waktu 1:48.599 detik. Vettel yang coba melampaui gagal dan harus puas di urutan ketiga dan rekan setimnya ketiga, meski dirinya sempat bertabrakan dengan Timo Glock sehingga membuat petugas harus mengibarkan bendera merah.

Hasil latihan

1. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 1m48.599s +10                                                       2. Sebastian Vettel Red Bull-Renault 1m49.005s + 0.406                                                     3. Mark Webber Red Bull-Renault 1m50.066s + 1.467                                            
4. Fernando Alonso Ferrari 1m50.596s + 1.997                                                             
5. Jenson Button McLaren-Mercedes 1m50.952s + 2.353                                          
6. Felipe Massa Ferrari 1m52.043s + 3.444                                                                       
7. Adrian Sutil Force India-Mercedes 1m52.251s + 3.652                                             
8. Michael Schumacher Mercedes 1m52.416s + 3.817                                                  
9. Paul di Resta Force India-Mercedes 1m52.435s + 3.836                                            
10. Nico Rosberg Mercedes 1m52.815s + 4.216                                                           
11. Rubens Barrichello Williams-Cosworth 1m52.991s + 4.392                                   
12. Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari 1m53.050s + 4.451                                      
13. Pastor Maldonado Williams-Cosworth 1m53.399s + 4.800                                      
14. Sergio Perez Sauber-Ferrari 1m53.703s + 5.104                                                     
15. Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari 1m53.749s + 5.150                                            
16. Bruno Senna Renault 1m53.765s + 5.166                                                                
17. Sebastien Buemi Toro Rosso-Ferrari 1m53.785s + 5.186                                               18. Vitaly Petrov Renault 1m54.736s + 6.137 8                                                                 
19. Jarno Trulli Lotus-Renault 1m54.821s + 6.222                                                       
20. Heikki Kovalainen Lotus-Renault 1m56.198s + 7.599                                           
21. Jerome D'Ambrosio Virgin-Cosworth 1m57.798s + 9.199                                       
22. Timo Glock Virgin-Cosworth 1m58.792s + 10.193                                                 
23. Daniel Ricciardo HRT-Cosworth 1m59.169s + 10.570                                          
24. Narain Karthikeyan HRT-Cosworth 1m59.214s + 10.615

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Semester-I 2011, Indonesia Kalahkan Thailand

Posted: 23 Sep 2011 10:48 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam dua tahun terakhir, penjualan mobil pada semester pertama (S1), Indonesia mengungguli Thailand. Hal tersebut didasarkan data yang dikeluarkan oleh Asean Autotmotive Federation (AAF). Pada S1-2011, penjualan mobil ritel di Indonesia berdasarkan data AAF 506.743 unit, sedangkan Thailand 504.914 unit. Pada S1 tahun lalu (2010), Indonesia 442.314 unit dan Thailand 422.364 unit.

Namun sampai akhir tahun, 2010, Negeri Gajah Putih tersebut berbalik unggul dengan penjualan 800.357 unit dan Indonesia 764.710 unit. Tahun lalu, penjualan mobil pada 7 negara Asean, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura dan Brunei Darussalam mencapai 2.515.930 unit.

Kembali Unggul
Pada akhir Agustus lalu, penjualan kendaraan penumpang dan komersial di Thailand kembali unggul dengan penjualan 79.403 unit. Sedangkan Indonesia justru turun dari bulan sebelumnya 76.257 unit.

Total penjualan mobil di Thailand selama 8 bulan 2011 sudah mencapai 584.317 unit. Sedangkan Indonesia (ritel) selama 8 bulan 2010 mencapai 580.145 unit.

Penjualan mobil di Thailand turun drastis sejak April dan Mei dan kembali merangkak  naik dari Juni hingga Agustus. Sedangkan Indonesia, merangsek tajam pada Juli dan turun lagi pada Agustus. Sebaliknya Thailand justru naik cukup besar pada Agustuslalu.

Penjualan tertinggi di Thailand pada tahun ini terjadi Maret 2011, yaitu 93.008 unit. Sedangkan Indonesia, 89.056 unit pada Juli lalu.

Indonesia dan Thailand merupakan dua negara yang terus berpacu dengan penjualan mobil terbanyak di Asean. Malaysia pada posisi ketiga dengan penjualan pada S1 2011 mencapai 347.455 unit atau turun 2 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Untuk produksi, Indonesia tidak bisa mengalahkan Thailand. Pada S1 produksi mobil di Thailand sudah mencapai 954.843 unit, sedangkan Indonesia 326.852 unit. Ekspor mobil yang dibuat Thailand dari Januari sampai Agustus sudah mencapai 565.903 unit atau turun 4,5 persen dibandingkan periode yang sama dengan tahun lalu.

Tahun ini Thailand menargetkan penjualan 860.000 unit dan produksi 1,8 juta unit. Diperkirakan karena gempa dan tsunami pada Maret lalu di Jepang, produksi diperkirakan tidak sesuai dengan target yang dibuat pada awal tahun.


Dilaporkan pula, untuk menunjang penjualan mobil di negara tersebut, pemerintah Thailand  akan menurunkan pajak bagi pembeli eco-car pertama dengan mesin di bawah 1,5 liter.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 15.04  

0 komentar:

Poskan Komentar