“Vettel Menang Lagi di Belgia, Hamilton Kecelakaan”

Minggu, 28 Agustus 2011

“Vettel Menang Lagi di Belgia, Hamilton Kecelakaan”


Vettel Menang Lagi di Belgia, Hamilton Kecelakaan

Posted: 28 Aug 2011 01:30 PM PDT

SPA-FRANCORCHAMPS, KOMPAS.com — Red Bull Racing menunjukkan superioritasnya di F1 Belgia, Minggu (28/8/2011). Di Sirkuit Spa-Francorchamps berjarak 7,004 km itu, kedua mobil Red Bull berhasil finis 1-2. Namun, pahlawan dari tim RBR adalah Sebastian Vettel, yang menorehkan kemenangan ketujuhnya pada musim ini.

Pebalap Jerman ini sangat mudah memenangkan GP F1 seri ke-12 yang menempuh 44 lap. Ia didukung oleh RB7 yang begitu kencang sehingga dapat dengan mudah menyalip lawannya. Mendapat tambahan 25 angka memantapkan posisi teratasnya dengan total 259 angka.

Tempat kedua direbut oleh rekan setimnya, Mark Webber. Meski agak jelek saat start, ia dapat menjalankan tugas dengan baik. Bahkan, Alonso yang menduduki urutan kedua dapat dilibasnya pada lap ke-37 dan membuat ia tetap di posisi kedua dalam peringkat teratas sementara.

Selain Vettel, Jenson Button juga tampil luar biasa cemerlang. Sempat terpental di barisan tengah, pebalap Inggris itu mampu naik podium ketiga dengan menyalip Alonso di lap 42. Keberhasilan Button ini sekaligus menyelamatkan McLaren dari cara balap yang agresif oleh Hamilton.

Hamilton kecelakaan
Jelang start sampai pemanasan lap, langit agak mendung. Meski demikian, lintasan kering dan semua pebalap menggunakan ban kering (slick), terutama kompon lunak, agar bisa manuver di tikungan. Saat start, Nico Rosberg berhasil melibas Vettel selepas tikungan pertama. Alonsao juga melakukan start dengan baik bisa menyodok ke posisi kelima. Pada lap kedua, ia berhasil menggeser Hamilton di urutan keempat dan menempel di belakang rekan setimnya.

Yang disayangkan, Bruno Senna, yang untuk kali pertama bersama Renault, bersenggolan dengan Alguesuari di tikungan pertama. Ia harus masuk pit untuk ganti ban, dan perbaikan mobil membuat posisinya mundur ke-21.

Vettel dikepung oleh duo Ferrari. Pada lap ke-3 ia berhasil mengambil alih posisi pimpinan dari Rosberg. Sementara itu, Massa yang beberapa kali coba menyalip Rosberg di tikungan terus gagal. Akhirnya, justru Alonso yang dapat menyalip rekan setimnya di lap 5 dan diikuti Hamilton yang menyodok Massa.

Pada lap ke-4, Webber dan Button berbarengan masuk pit untuk ganti ban. Dua lap kemudian, giliran Vettel memasukkan mobil ke pit. Ketika kembali ke lintasan, posisinya mundur ke posisi ke-8.

Alonso pada balapan seri ke-12 ini menunjukkan superioritasnya. Dengan keberaniannya, ia dapat melibas Rosberg di lap ke-7. Satu lap kemudian, giliran Hamilton mengandalkan DRS dengan mudah melewati Rosberg.

Lagi-lagi Alonso mempertontonkan kehebatannya. Seusai masuk pit dan masuk lintasan, posisinya mundur ke posisi ke-9. Pada lap ke-10, ia dapat mendahului Webber, yang sebelumnya harus berjuang melewati Luizzi (Force India).

Lain lagi dengan Vettel. Didukung mobil RB7 yang sangat kencang, ia mendapatkan kembali posisi terdepannya pada lap ke-11 dengan menyingkirkan Rosberg yang belum masuk pit. Jika dilihat dari hasil 11 lap pertama ini dan sampai akhir berjalan mulus, maka bukan tidak mungkin Vettel akan memenangkan lomba.

Apes menimpa Hamilton di lap ke-13. Ketika berhasil menyalip Kobayashi dan akan masuk tikungan ke kanan di Les Combes, ia coba menggeser mobil ke kiri. Sementara itu, di sampingnya terdapat pebalap Jepang sehingga tabrakan terhindarkan. Meski Hamilton dapat mengontrol mobil, ia menghajar papan iklan dan berhenti di dinding pembatas.

Mobil safety car (SC) pun masuk. Vettel memanfaatkan kesempatan masuk pit untuk ganti ban, dan posisinya mundur jadi ketiga. Button dan tiga pebalap papan bawah lainnya juga ganti ban. Alonso pun, yang tadinya di posisi kedua, langsung memimpin lomba. Akan tetapi, posisinya tidak bertahan lama, dan Vettel, yang restart di lap ke-17, mampu melewati rekan setimnya untuk mendapatkannya kembali.

Inilah risiko yang harus diterima Alonso akibat tidak masuk pit ganti ban saat SC masuk. Dengan hasil ini, tampaknya Vettel masih bisa memenangkan lomba seri ke-12, asal tidak mengalami sesuatu.

Meski Hamilton kandas, McLaren masih memiliki Button yang tampil cukup tenang. Dari posisi kesembilan, ia terus bergerak naik menjadi keenam sampai lap ke-24 dan siap menyikapi Massa. Ambisinya didapat pada satu lap kemudian, dan kini giliran Rosberg yang akan dimangsanya. Usahanya berhasil pada lap ke-26 yang membuatnya kini berada di posisi keempat.

Pada lap ke-30, Alonso melakukan pitstop (PS) terakhir (2) dan membuat posisinya mundur keempat. Ia harus bisa memperpendek jarak dengan Webber dan Button yang masih sekali lagi masuk pit. Vettel pun sudah melakukan PS terakhir (ketiga) pada lap ke-31, kemudian pada lap ke-32 sudah kembali mendapatkan posisi terdepan.

Hasil lomba 44 lap
1. Vettel               Red Bull-Renault            1h26.44.893
2. Webber            Red Bull-Renault                   + 3.741
3. Button              McLaren-Mercedes               + 9.669
4. Alonso             Ferrari                                 + 13.022
5. Schumacher     Mercedes                            + 47.464
6. Rosberg           Mercedes                            + 48.674
7. Sutil                 Force India-Mercedes           + 59.713
8. Massa              Ferrari                              + 1m06.076
9. Petrov              Renault                            + 1m11.917
10. Maldonado     Williams-Cosworth            + 1m17.615
11. Di Resta          Force India-Mercedes       + 1m23.994
12. Kobayashi       Sauber-Ferrari                  + 1m31.976
13. Senna              Renault                            + 1m32.985
14. Trulli               Lotus-Renault                          + 1 lap
15. Kovalainen      Lotus-Renault                          + 1 lap
16. Barrichello      Williams-Cosworth                   + 1 lap
17. D'Ambrosio    Virgin-Cosworth                      + 1 lap
18. Glock             Virgin-Cosworth                      + 1 lap
19. Liuzzi              HRT-Cosworth                       + 1 lap

Fastest lap: Massa, 1:23.415

Pebalap tidak finis
Perez Sauber-Ferrari 27
Ricciardo HRT-Cosworth 13
Hamilton McLaren-Mercedes 12
Buemi Toro Rosso-Ferrari 6
Alguersuari Toro Rosso-Ferrari 1

Peringkat sampai seri ke-12
Pebalap 
                                      Konstruktor
1. Vettel              259                1. Red Bull-Renault          426
2. Webber           167                2. McLaren-Mercedes      295
3. Alonso            157                3. Ferrari                          231
4. Button             149                4. Mercedes                       88
5. Hamilton          146                5. Renault                          68
6. Massa                74                6. Sauber-Ferrari                35
7. Rosberg             56                 7. Force India-Mercedes   32
8. Schumacher        42                8. Toro Rosso-Ferrari        22
9. Petrov                34                 9. Williams-Cosworth          5
10. Heidfeld           34
11. Kobayashi        27
12. Sutil                 24
13. Buemi              12
14. Alguersuari      10
15. Di Resta            8
16. Perez                8
17. Barrichello         4
18. Maldonado        1

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 15.46  

0 komentar:

Poskan Komentar