“Alonso Juara F1 Inggris, Vettel Kedua” plus 1 more

Minggu, 10 Juli 2011

“Alonso Juara F1 Inggris, Vettel Kedua” plus 1 more


Alonso Juara F1 Inggris, Vettel Kedua

Posted: 10 Jul 2011 01:28 PM PDT

SILVERSTONE, KOMPAS.com — Akhirnya, Fernando Alonso dapat memetik kemenangan pertamanya musim ini dan mengakhiri paceklik angka oleh Ferrari setelah ia berhasil menjuarai GP F1 Inggris di sirkuit Silverstone, Minggu (10/7). Pebalap Ferrari itu menyelesaikan lomba 52 lap seri ke-9 dengan total waktu 1 jam 28 menit 41,176 detik.

Apa yang diutarakan Alonso jelang lomba bahwa ia berharap Vettel bikin kesalahan untuk bisa memenangkan lomba terwujud. Kejadian itu berlangsung di lap 28 saat Vettel melakukan pitstop II untuk ganti ban bersama Alonso. Namun, saat itu Vettel kalah cepat masuk lintasan dengan Alonso, tetapi bukan karena kesalahannya, melainkan kru yang kurang cepat mengganti ban.

Alonso melejit ke depan dan memimpin lomba dan berhasil menyelesaikan lomba. Ini kemenangan pertamanya musim ini dan juga setelah ia memenangkan F1 Korea tahun lalu. Dengan mendapat tambahan 25 angka, kini pebalap Spanyol itu sudah mengantongi 112 angka, menggeser Button yang gagal mendapat angka karena gangguan mesin.

Vettel, dengan perjuangan gigihnya dari urutan ketiga, mampu menyalip Hamilton. Bahkan, ia sempat bertarung ketat sama rekan setimnya, Mark Webber, masuk lap terakhir. Tetapi, Vettel dapat mempertahankan posisi keduanya dan tetap memimpin klasemen dengan total 204 angka.

Adapun rekan setimnya, Mark Webber, harus puas finis ketiga. Hasil yang tidak jelek, karena sebelumnya ia berhasil melibas pebalap McLaren, Lewis Hamilton, dan ia kini menduduki peringkat kedua sementara.

Tontonan menarik dan sengit antara Massa dan Hamilton yang memperebutkan posisi keempat. Bahkan, keduanya sempat bersenggolan ketika menikung bareng. Jelang dua tikungan terakhir, Hamilton mengambil keuntungan dari kesalahan Massa yang menikung terlalu melebar. Bahkan di tikungan terakhir, Ferrari itu ke luar lintasan.

Jalan lomba

Hujan yang sempat turun membuat kondisi lintasan agak licin dan tikungan
tertentu masih ada air dan juga ada yang kering. Hal itu  tentu menjadikan dilema bagi pebalap. Para pebalap menggunakan ban intermediate dan kemungkinan akan masuk pit lebih awal untuk ganti ban slick jika cuaca cerah.

Start berlangsung mulus dan Vettel melesat sempurna sehingga dapat melewati rekannya jelang masuk tikungan pertama. Alonso yang coba menyelip di antara dua Red Bull dengan mengambil jalur di tikungan pertama luar gagal dan tetap ketiga.

Justru Hamilton tampil agresif. Pebalap Mclaren yang start dari urutan ke-10 ini pada lap ke-2 sudah mencapai posisi keenam. Bahkan rekan setimnya, Button, dapat disalip pada lap ke-3 sehingga membayang di belakang Vettel, Webber, Alonso, dan Massa. Ia sempat keluar lintasan dan dapat menjinakkan mobil masuk ke lintasan kembali sehingga posisinya tetap kelima.

Masuk lap ke-5, tim Mercedes memberi informasi ke Schumacher yang sudah
menduduki posisi ke-9, bersiap masuk pit ganti ban slick. Mungkin, strategi ini akan diikuti tim lain.

Persaingan terjadi antara Hamilton dan Massa mulai dari lap ke-9. Hamilton coba membuat jalur sendiri agar bisa memancing pebalap Ferrari tersebut membuka ruang, tetapi Massa tak terpancing dan Hamilton terus menempel hingga lap 12. Dengan semangat tinggi, kedua pebalap McLaren mampu menunjukkan performanya di kandang sendiri.

Hamilton mampu menyalip Alonso dan menduduki urutan ketiga. Button pun tak menyia-nyiakan saat Massa masuk pit bersama Vettel ganti ban. Rekan setim Hamilton itu akhirnya dapat berada di depan Massa.

Peta persaingan mulai berubah saat pebalap melakukan pitstop kedua. Hamilton lebih dulu melakukannya di lap 25 dan posisinya pun mundur dari ketiga jadi keenam. Dua lap kemudian, Webber, Button, dan Massa bersamaan masuk pit dan ketika kembali ke trek, masing-masing menduduki urutan ke-4, 5, dan 6.

Nasib kurang baik dialami Vettel yang masuk pit bersama Alonso di lap 28. Ia mendekam terlalu lama sehingga Alonso yang lebih dulu masuk lintasan dan memimpin lomba. Vettel sendiri mundur jadi ketiga di belakang Hamilton. Beberapa kali Vettel coba menekan Hamilton dengan membuat gerakan zig-zag kecil agar Hamilton bisa terpancing dan sampai lap 34 usahanya terus gagal.

Baru jalan sembilan lap, Vettel kembali masuk pit untuk ganti ban untuk ketiga kalinya. Langkah itu diikuti Hamilton satu lap kemudian dan membuat posisi mereka melorot, Vettel kelima dan Hamilton keenam. Sementara Alonso yang masuk lap dua lap kemudian masih bisa mempertahankan posisi terdepannya diikuti Vettel (II) dan Hamilton (III), sedang Button tak bisa melanjutkan lomba.

Vettel coba menekan Hamilton dan dengan gaya agresifnya. Pebalap Red Bull tersebut mampu menggeser Hamilton di lap 46 di tikungan. Sisa enam lap, mampukah Vettel mengambil alih posisi terdepan dari Alonso?

Hasil Lomba             

 1. Alonso               Ferrari 1h28:41.194
2. Vettel                  Red Bull-Renault + 16.511
3. Webber               Red Bull-Renault + 16.947
4. Hamilton             McLaren-Mercedes + 28.986
5. Massa                  Ferrari + 29.010
6. Rosberg             Mercedes + 1:00.665
7. Perez                  Sauber-Ferrari + 1:05.590
8. Heidfeld              Renault + 1:15.542
9. Schumacher       Mercedes + 1:17.912
10. Alguersuari      Toro Rosso-Ferrari + 1:19.108
11. Sutil                 Force India-Mercedes + 1:19.712
12. Petrov             Renault + 1:20.600
13. Barrichello      Williams-Cosworth + 1 lap
14. Maldonado     Williams-Cosworth + 1 lap
15. Di Resta           Force India-Mercedes + 1 lap
16. Glock             Virgin-Cosworth + 2 laps
17. D'Ambrosio    Virgin-Cosworth + 2 laps
18. Liuzzi             HRT-Cosworth + 2 laps
19. Ricciardo       HRT-Cosworth + 3 laps

Fastest lap: Alonso, 1:34.908

Tidak finis

Button           McLaren-Mercedes 11
Buemi            Toro Rosso-Ferrari 26
Kobayashi      Sauber-Ferrari 28
Trulli               Lotus-Renault 41
Kovalainen      Lotus-Renault 49

Peringkat sampai seri 9
Pebalap                                   Konstruktor
1. Vettel                    204         1. Red Bull-Renault 328
2. Webber                124          2. McLaren-Mercedes 218
3. Alonso                 112          3. Ferrari 164
4. Hamilton              109          4. Mercedes 68
5. Button                  109         5. Renault 65
6. Massa                  52           6. Sauber-Ferrari 33
7. Rosberg              40            7. Toro Rosso-Ferrari 17
8. Heidfeld              34            8. Force India-Mercedes 12
9. Petrov                 31            9. Williams-Cosworth 4
10. Schumacher       28
11. Kobayashi         25
12. Sutil                  10
13. Alguersuari         9
14. Buemi                8
15. Perez                 8
16. Barrichello         4
17. Di Resta             2

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Helm Motor "Big Size" dan F1 Series dari NHK

Posted: 10 Jul 2011 10:58 AM PDT

BOGOR, KOMPAS.com - Momentum balap motor Indoprix di sirkuit Sentul, Cibinong, Jawa Barat, hari ini (10/7) dimanfaatkan oleh PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI) memperkenalkan helm sepeda motor dan untuk balap mobil. Kedua pelindung kepala tersebut punya keistimewaan tersendiri.

Big Size

Bagi pengendara motor yang kesulitan mendapatkan helm karena tak ada yang pas dengan lingkar kepala, DMI coba memenuhi dengan meluncurkan NHK Predator "big size" dengan ukuran mulai dari M sampai 4XL yang dibanderol Rp350.000 per unit dan hanya satu warna, plus double visor. Trus, ada lagi model R-6 sebagai produk paling ekonomis dengan bandrol Rp 225.000-240.000 per unit. Tersedia kelir putih, gun metalic, hitam doof dan hitam.

Johanes Cokrodiharjo, Direktur Pemasaran PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI) mengatakan, kedua model mulai dipasarkan pertengahan Juli dan awal Agustus 2011. "Target penjualan untuk R-6 kami tetapkan 5.000-10.000 per bulan dan 3.000 unit," jelas Johanes di Sentul.

NHK F1 Series

Selain helm motor, DMI juga memperkenalkan helm khusus untuk balap mobil (racing) NHK F1 Series. Helm ini sudah punya standar keamanaan Snell SAK2010 sesuai keamanan balapan Formula1, ditawarkan dalam dua varian composite carbon (putih) dan carbon kevlar (hitam).

"Kami mengeluarkan dana Rp750 juta untuk riset dan pengurusan standar keamanan dari Snell. Helm ini dibuat dengan busa khusus yang tahan api sampai 30 detik, sesuai standar F1," jelas Johanes Cokrodiharjo. Helm ini, lanjutnya, buat pebalap gokart dan hobbies yang ingin punya helm nasional dengan standar internasional.

Setiap helm dibandrol Rp3,8 juta dan Rp4,8 juta per unit, mulai didistribusikan September 2011. Ke depan, NHK juga akan menerima desain grafis custom untuk setiap pembalap yang ingin punya desain sendiri.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar