“Mobil Listrik dengan Kapasitor Li-Ion” plus 2 more

Kamis, 16 Juni 2011

“Mobil Listrik dengan Kapasitor Li-Ion” plus 2 more


Mobil Listrik dengan Kapasitor Li-Ion

Posted: 16 Jun 2011 11:00 AM PDT

TOKYO, KOMPAS.com — Selama ini mobil listrik dan hibrida plug-in yang diperkenalkan umumnya menggunakan baterai lithium-ion (li-ion). Kini, dua perusahaan dari Jepang, FDK Corp dan Takayanagi Co Ltd, bekerja sama memperkenalkan mobil listrik dengan sumber tenaga kapasitor.

Menurut technon.nikkeibp.co.jp, prototipe mobil listrik yang mengandalkan kapasitor tersebut saat ini sedang dipamerkan pada Automotive Next Industry Fair 2011 yang berlangsung pada 15-17 Juni di Tokyo.

Ditambahkan, jarak tempuh kendaraan listrik yang menggunakan kapasitor itu hanya 5 km. Kendati demikian, waktu pengisian hanya 1 menit dan diharapkan sudah bisa dirilis pada 2012.

"Dengan kemampuan seperti itu, kami berharap mobil ini hanya digunakan untuk berbelanja ke toko yang berada di sekitar kompleks perumahan. Di toko tersebut pula, kapasitor bisa diisi ulang. Setelah itu, pemiliknya langsung pulang," beber Takayanagi.

Mobil listrik kapasitor li-ion ini menggunakan 8 modul kapasitor li-ion berkapasitas 36Wh (total 290 Wh). Dua modul kapasitor dipasang di depan, sedangkan enam lagi di belakang. Tegangan setiap modul 45 volt, yang diperoleh dengan menghubungkan empat kapasitor secara seri dan kemudian diparalelkan. Total tegangan menjadi 90 volt.

Dengan menggunakan kapasitor, bobot mobil ini jauh lebih ringan, hanya 260 kg. Itu pun sudah termasuk 40 baterai. Selanjutnya, untuk menggerakkan kedua roda belakang, digunakan dua motor listrik buatan Advance DC Inc yang menyalurkan tenaga 1,75 kW dan dapat dikebut hingga 80 km/jam.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Hino Siapkan Dutro Hibrida untuk Pasar Amerika Serikat

Posted: 16 Jun 2011 08:03 AM PDT

TOKYO, KOMPAS.com — Toyota Motor Company, melalui Hino Motor Limited, menyiapkan truk ringan Dutro berteknologi hibrida yang mengawinkan mesin diesel dengan motor listrik. Kendaraan komersial ini ditujukan untuk pasar Amerika Serikat dan mulai dijual pada Desember 2011.

Seperti dilansir autonews, Rabu (15/6/2011), peluncuran Dutro ini menjadi bukti kepiawaian Toyota dalam teknologi hirbida setelah sukses dengan Prius. Selain itu, hal ini juga menandai kembalinya Hino ke negeri Abang Sam (AS) setelah absen selama tujuh tahun.

Menurut Hino, keunggulan utama Dutro Hibrida adalah konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih hemat hingga 50 persen dibanding model konvensional. Dua varian yang dipasarkan adalah Dutro 155h berdaya angkut 6,5 ton dan Dutro 195h (8,9 ton). Versi hibrida yang diperkenalkan adalah cab over engine (COE) atau mesin berada di bawah kabin.

Kedua truk menggunakan mesin J05E Hino berkapasitas 5 liter serta menghasilkan tenaga 210 PS dan torsi 597 Nm. Untuk memindahkan tenaga mesin dan motor listrik ke roda, Hino menggunakan transmisi otomatik 6-percepatan Aisin. Adapun jenis baterai yang digunakan NiMH atau Nickel Metal Hydride.

Harapan Hino selanjutnya adalah menaikkan penjualan truk ringannya menjadi empat kali lipat, 140.000 unit, pada 2015 di negara tersebut. Hino yakin produk baru ini bisa diterima dengan baik berdasarkan pengalaman di Jepang. Oleh karena itu pula diharapkan, truk hibrida yang akan diluncurkan pada Juli mendatang ini bisa menyumbang 30 persen total penjualan Hino di Amerika Serikat.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Honda Jazz Wagon Meluncur Hari Ini!

Posted: 16 Jun 2011 07:26 AM PDT

TOKYO, KOMPAS.com — Setelah sempat tertunda tiga bulan karena bencana alam pada Maret 2011, Honda Motor Company resmi meluncurkan Fit Shuttle atau Jazz Wagon di Jepang, hari ini. Reuters melaporkan, pesaing Toyota Prius Alpha tersebut sudah mendapatkan 7.000 pesanan dari pelanggan Honda.

Honda menawarkan Jazz panjang ini dalam dua pilihan. Versi pertama, Fit Shuttle 15X (FWD) yang dibekali mesin 1.5-liter i-VTEC dengan konsumsi bahan bakar 20 km per liter dan dibanderol 1,61 juta yen (Rp 162,3 juta). Versi kedua, Fit Shuttle Hybrid bermesin 1.3 liter i-VTEC plus IMA (Integrated Motor Assist) dengan konsumsi bensin 30 km per liter dan dijual 1,81 juta yen (Rp 182,4 juta) per unit.

Produsen mobil terbesar ketiga di Jepang ini sudah berhasil mencapai target, yaitu 4.000 unit per bulan. Varian yang paling laku adalah hibrida dengan komposisi 90 persen. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat konsumen cenderung memilih mobil yang irit karena harga minyak yang makin mahal.

Dalam keterangan resminya, Honda mengatakan bahwa Fit Shuttle tetap dengan format 5-penumpang, tetapi dengan ruang bagasi lebih lega dan juga makin nyaman!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Diposkan oleh iwan di 15.38  

0 komentar:

Poskan Komentar