“Vettel Menang Fantastis F1 Monaco, Hamilton Kena Penalti” plus 2 more

Minggu, 29 Mei 2011

“Vettel Menang Fantastis F1 Monaco, Hamilton Kena Penalti” plus 2 more


Vettel Menang Fantastis F1 Monaco, Hamilton Kena Penalti

Posted: 29 May 2011 02:16 PM PDT

MONACO, KOMPAS.com - Sebastian Vettel berhasil memenangkan GP F1 Monaco, Minggu (29/5) melalui persaingan menegangkan dan lomba sempat terhenti sebentar di lap 72 akibat adanya insiden dialami beberapa pebalap. Ketika dilakukan restart, pebalap Red Bull itu akhirnya dapat menyelesaikan 78 lap dengan strategi pitstop yang jitu dari tim.

Dalam balapan seri keenam ini, Vettel mempertontonkan penampilannya yang luar biasa. Bayangkan, hanya dengan satu kali pitstop juara dunia 2010 ini dapat menyelesaikan  balapan dengan total waktu 2 jam 09 menit 38,373 detik. Dengan meraih lima kali kemenangnan dari enam seri,  posisinya di klasemen teratas sementara kian kokoh dengan 143 angka.

Tempat kedua diduduki pebalap Fernando Alonso dari Ferrari. Sejak lap ke-60 ia coba menekan Vettel, namun usahanya mengalami jalan buntu sampai lomba dihentikan pada lap-72. Jika lomba tidak dihentikan, kemungkinan hasil akan lain.

Sebab, Vettel yang baru satu kali pitstop kondisi bannya sudah aus. Tapi, ia bisa menjaga laju mobil, terutama di tikungan. Tim Red Bull sangat tepat menjalankan strateginya, yakni dengan memakai ban kompon lunak di awal dan kemudian menggantinya dengan yang keras pada lap 17. Bayangkan, selama 55 lap (sampai lap 72 ketika dihentikan), ia mampu menjaga kondisi ban sampai finish.

Sedang tempat ketiga direbut Jenson Button. Pebalap Mclaren ini sampai tiga kali masuk pit untuk memakai ban super lunak. Bahkan sempat memimpin lomba, meski akhirnya harus puas podium ketiga.

Massa kecelakaan, Hamilton kena penalti

Di bawah suhu udara 42 derajat celcius, para pebalap melakukan start dengan mulus tanpa terjadi insiden di tikungan pertama. Alonso mampu menyodok di urutan ketiga melewati Webber dan menempel di belakang Vettel dan Button.

Sesuai ketentuan, dua lap pertama pebalap dilarang menggunakan DRS. Lokasi pemakaian DRS ke luar tikungnan terakhir melintasi garis start. Sampai lap ke7, Hamilton yang berada di urutan ke-10 terus berusaha menyalip Schumacher. Namun sempitnya trek, membuat Hamilton yang berkali-kali memancing gerakan Schumi tetap kesulitan melibas mantan juara dunia tujuh kali itu.

Akhirnya, baru pada lap ke-10 Hamilton bisa melibasnya. Itu pun, tampaknya ada pesan radio dari tim Mercedes kepada Schumacher. Melalui radio, Schumi mengabarkan kalau roda belakangnya mulai terkelupas. Pada lap 13 masuk pit ganti sayap depan.

Sementara Vettel masih memimpin dan Button berusaha memperpendek jarak sampai lap 14, sedang Alonso hanya 1 detik lebih di belakang Button. Pada lap 16, Button masuk pit ganti ban dan posisinya turun jadi keempat. Satu lap kemudian diikuti Vettel, hanya ia pakai ban kompon keras sehingga bisa menempuih 35 lap lebih. Saat masuk lintasan posisinyamasuk lintasan jadi kedua, menyusul Alonso pada lap 18 dan dirinya tetap berada di urutan ketiga.

Strategi Mclaren melakukan paling awal ganti ban pada Button membuahkan hasil. Ia mulai lap 18 memimpin lomba dan Vettel berada di belakangnya. Tinggal, pada strategi pitstop kedua. Tampaknya, Button yang memakai ban super lunak memaksimalkan kecepatan McLaren coba meninggalkan Vettel 6 detik lebih. Bahkan sampai lap-32 McLaren unggul 13 detik lebih dari Vettel dan cukup aman mempertahankan posisi pertama saat masuk pit ganti ban.

Pada lap 34, Button masuk pit pakai ban super lunak lagi. Ketika masuk lintasan, posisinya tergeser ketiga. Safety Car masuk lap 35 karena Massa menghajar dindin pembatas di dalam terowongan. Ia mungkin kaget karena disalip Hamilton dari sisi dalam yang begitu ngotot, membuat mobilnya tak punya ruang untuk mengelak. Tindakan Hamilton itu membuat dirinya terkena "drive through penalty" yang dijalankan pada lap 44.

Schumacher juga tak dapat melanjutkan lomba dikarenakan dari mesinnya asap mengepul. Alonso yang menyalip dari sisi dalam langsung masuk pit ganti ban di lap 35. Tinggal Vettel yang berada di depan bernasib kurang baik, karena saat pitstop II jarak dengan Button dan Alonso sangat dekat.

Safety car masuk lap 40, Vettel berada di depan dibayangi Button 3 detik. Masuk lap 48, Vettel terjebak traffic dan Button dapat menempel di bawah satu detik. Pada lap 49, Button masuk pit ganti ban lunak dan posisinya tergeser oleh Alonso.

Pada lap 60, Alonso mulai menekan Vettel yang kondisi keempat banya mulai aus. Sementara Button sudah membayang 5 detik di belakang duel Red Bull dan Ferrari. Seru, masuk lap 63, jarak Vettel, Alonso dan Button sudah saling menempel. Tinggal siapa yang bikin kesalahan saja.

Persaingan ketiga pebalap yang saling menekan itu terhenti pada lap 69, saat ketiganya terjebak traffic sekitar empat mobil di depan mereka di antaranya mengalami kecelakaan. Berawal dari Maldonado (Williams) yang menyalip Sutil, namun Sutil saat masuk tikungan menghajar dinding pembatas. Trus, dua pebalap lain ikut mengalami setelah itu.

Dengan masuknya safety car pada lap 70, Vettel terselamatkan dari keausan ban. Namun pada lap 72, bendera merah dikibarkan dan para pebalap berhenti di garis start/finish untuk melakukan restart.

Baru dilepas dan belum jalan satu lap, lagi-lagi Hamilton menyenggol Maldonado. Pebalap Williams itu akhirnya tak bisa menguasai kemudi dan menghajar dinding pembatas.

Hasil Lomba
78 laps; 260.520km;

1. Vettel                     Red Bull-Renault       2h09:38.373
2. Alonso                  Ferrari                       + 1.138
3. Button                   McLaren-Mercedes    + 2.378
4. Webber                 Red Bull-Renault         + 23.100
5. Kobayashi             Sauber-Ferrari             + 26.900
6. Hamilton               McLaren-Mercedes      + 27.200
7. Sutil                      Force India-Mercedes  + 1 lap
8. Heidfeld                Renault                        + 1 lap
9. Barrichello            Williams-Cosworth       + 1 lap
10. Buemi                 Toro Rosso-Ferrari      + 1 lap
11. Rosberg              Mercedes                    + 1 lap
12. Di Resta              Lotus-Renault             + 2 laps                                                          13.Trulli                    Lotus-Renault             +2 laps
14. Kovalainen           Lotus-Renault             + 2 laps
15. D'Ambrosio        Virgin-Cosworth           + 2 laps
16. Liuzzi                  HRT-Cosworth            + 3 laps
17. Karthikeyan         HRT-Cosworth             + 3 laps
18. Maldonado         Williams-Cosworth        + 5 laps

Fastest lap: Webber, 1:16.234

Pebalap tidak finish

Petrov Renault 68
Alguersuari Toro Rosso-Ferrari 68
Massa Ferrari 33
Schumacher Mercedes 33
Glock Virgin-Cosworth 31
Perez Sauber-Ferrari DNS

Peringkat sementara sampai seri 6

Pebalap                                   Konstruktor
1. Vettel               143             1. Red Bull-Renault              222
2. Hamilton            85             2. McLaren-Mercedes          161
3. Webber              79            3. Ferrari                                93
4. Button                76            4. Renault                              50
5. Alonso               69             5. Mercedes                          40
6. Heidfeld             29             6. Sauber-Ferrari                    21
7. Rosberg             26             7. Force India-Mercedes         10
8. Massa                24             8. Toro Rosso-Ferrari               7
9. Petrov                21             9. Williams-Cosworth               2
10. Kobayashi        19
11. Schumacher      14
12. Sutil                   8
13. Buemi                 7
14. Perez                  2
15. Barrichello          2
16. Di Resta             2

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

F1 Monaco terhenti Pada Lap 72

Posted: 29 May 2011 01:50 PM PDT

F1 Monaco terhenti Pada Lap 72

Bastian | Minggu, 29 Mei 2011 | 20:50 WIB

ESPNF1

MONACO, KOMPAS.com - Balapan F1 Monaco yang menempuh 78 lap terhenti pada lap 72, di mana saat itu Sebastian Vettel yang memimpin lomba lagi bersaing ketat dengan Fernando Alonso dan Jenson Button (McLaren). Penyebabnya, saat ketiga akan melakukan overlap terhadap sekitar empat mobil di depan, terjadi tabrakan dialami tiga pebalap.

Kecelakaan Berawal dari Malonado yang menyalip Sutil, namun Sutil tak bisa mengendalikan kemudi dan  masuk tikungan menghajar dinding pembatas. Melihat ada pebalap kecelakaan di depannya, Petrov (Renault) kontan mengurangi kecepatan.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Hamilton menyodok Petrov dan pebalap Rusia itu melebar di tikungan dan menabrak dinding pembatas kolam renang. Dari belakang datang Alguersuari coba menghindar dan ia pun menabrak dinding pembatas.

Dengan masuknya safety car, Vettel terselamatkan dari kehausan ban. Namun pada lap 72, bendera merah dikibarkan dan para pebalap berhenti di garis start/finish untuk melakukan restart.

Kirim Komentar Anda


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Daihatsu Indonesia Bangun Pabrik Baru

Posted: 29 May 2011 05:40 AM PDT

KARAWANG, KOMPAS.com — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai membangun pabrik baru berkapasitas 100.000 unit per tahun, ditandai dengan pemancangan tiang pertama (ground breaking), Jumat (27/5/2011) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik berdiri di lahan seluas 70.000 meter persegi dan mulai beroperasi akhir 2012.

Pemancangan dihadiri Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat didampingi Presiden Direktur ADM merangkap Direktur PT Astra International Tbk Sudirman MR, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Bupati Karawang Ade Swara, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, Senior Managing Director Toyota Motor Corporation (TMC) Takahiro Iwase, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Hiroshi Takano, dan Senior Executive Director ADM Takashi Nomoto.

Pabrik baru ini akan menambah kapasitas produksi ADM dari 330.000 unit menjadi 430.000 unit per tahun. Pemilihan lokasi di Karawang dilakukan karena pabrik di Sunter, Jakarta, sudah tak mungkin ekspansi. Dengan dana Rp 2,1 triliun, fasilitas produksi bakal punya kemampuan stamping, welding, painting, dan assembly.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan akan menjadi pabrik mobil yang ideal dengan menerapkan green process dan eco friendly. Pabrik ini diharapkan akan menjadi salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," ujar Sudirman.

Indonesia merupakan basis produksi Daihatsu terbesar di luar Jepang dan tumbuh signifikan dalam lima tahun terakhir. Peningkatan produksi melesat sampai 315 persen. Pada 2006 produksi cuma 95.496 unit dan pada 2010 sudah mencapai 300.373 unit. Kondisi ini membuat Daihatsu ikut ambil bagian berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional yang tumbuh bersama 155 perusahaan pemasok lapis pertama (tier I) dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua (tier II) serta mempekerjakan total 507.000 tenaga kerja.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Diposkan oleh iwan di 15.26  

0 komentar:

Poskan Komentar