“Semua Kebutuhan Otomotif Ada Disini!” plus 2 more

Jumat, 20 Mei 2011

“Semua Kebutuhan Otomotif Ada Disini!” plus 2 more


Semua Kebutuhan Otomotif Ada Disini!

Posted: 20 May 2011 01:34 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com – Ingin mencari kebutuhan mobil dan sepeda motor Anda? Datang saja besok dan lusa ke acara Tumplek Blek 2011 yang digelar tabloid OTOMOTIF di Parkir Timur, Senayan, Jakarta. Ingat, waktunya cuma dua hari, 21 dan 22 Mei 2011!

Nah, sebelum acara tersebut itu dibuka besok, KOMPAS.com berkunjung ke arena tersebut untuk melihat persiapan panitia dan peserta! Peserta terdiri dari 89 lapak bengkel, toko, komunitas otomotif dan 150 stand produsen aksesoris dan ATPM, yaitu Honda, Toyota, Suzuki, Chevrolet, Nissan dan Mercedes-Benz.

Agus Rianto, Promotion Super Intendent Gramedia Majalah mengatakan, tahun ini ada Bursa Mobil Bekas. "Total sekitar 200 mobil di tempat ini yang bisa ditransaksikan. Juga ada Mandiri Tunas Finance untuk melayani kredit," jelas Agus.

Sore sehari sebelum arena ini, berbagai pedagang suku cadang kendaraan baru, kendaraan lama, mobil model, pelek, ban, mobil dan sepeda motor yang siap untuk dites, aparel otomotif, kontes modifikasi skutik sampai hiburan musik sibuk melakukan persiapan.

Untuk masuk ke arena, pengunjung harus membayar tiket Rp 25.000 per kepala. Khusus pemilik Toyota Avanza dan Honda bisa ikut program, beli 1 tiket gratis satu tiket hanya dengan menunjukkan STNK. Catatan, hanya berlaku untuk 1.000 pengunjung pertama!

Acara
Berbagai acara yang sudah disiapkan yaitu Kontes Modifikasi Skutik oleh MotorPlus (tujuh kelas: fashion standard, fashion advance, airbrush grafis dan realis, extreme, low rider dan plug 'n play)., Gilas Mobil, Freestyle dan Atraksi Sepeda untuk menghibur pengunjung. Juga ada Honda Safety Riding dan parade test drive oleh majalah Car 'n Tuning Guide.

Bagi pengunjung yang datang dengan mobil, sebaiknya parkir di di pelataran timur. Juga bisa memanfaatkan ring road (keliling) stadion Gelora Bung Karno untuk menampung mobil dan sepeda motor. Juga disediakan untuk yang datang dengan sepeda!

Di area parkir, Honda Mobil menawarkan penggantian oli dengan diskon harga 20 persen, dan tidak dikenakan jasa kerja. Juga ada program tukar tambah, bagi konsumen yang ingin membeli mobil Honda dan paket angsuran Rp 2,5 juta per bulan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Pelesiran Bersama Hyundai New Tucson

Posted: 20 May 2011 11:34 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Kendati peluncuran sudah dilakukan pada Juli tahun laludi IIMS 2010, tetapi baru minggu lalu sebagian wartawan diberi kesempatan mencoba langsung New Tucson oleh PT Hyundai Mobil Indonesia. Tes bersama dikemas dalam acara Hyundai Media Fun Drive 2011 yang diselenggarakan pada Rabu dan Kamis kemarin. Wartawan harus bergantian merasakan "gairah baru" New Tucson yang tampil lebih gagah dan stylish dengan suasana konvoi.

Pada hari pertama menjajal mobil ini, rute yang diambil mulai dari Gandaria City, tol JORR Pondok Indah-Cikunir-Cikampek-Purwakarta, keluar tol menuju Subang-Ciater-Sumedang-Bandung. Besok kembali Jakarta melalui tol Bandung-Cikampek-Jakarta. Total jarak tempuh 450 km.

Crossover
Penampilan New Tucson bukan lagi SUV, tetapi sudah mengarah ke crossover. Ini terlihat dari desain bodi bundar, baik di depan maupun di belakang. Alhasil, penampilannya makin stylish, cocok dengan konsep crossover yang menggabungkan MPV, SUV, dan hatchback. Karena itu, untuk pasar Indonesia, Hyundai hanya memilihkan sistem gerak 4 x 2 dengan gerak roda depan.

Penampilan New Tucson kental dengan gaya Eropa (hasil rancangan studio Hyundai di Russelsheim, Jerman). Karena itu pula, sepintas penampilan crossover ini dari belakang mirip dengan SUV X-Series dari BMW dan Audi Q5. Kaca sampingnya bergaya kupe.

Mesin
Sebagai sumber penggerak, Hyundai menanam mesin Theta II, berkapasitas 2,0 liter dengan teknologi DOHC dan dual continuously variable valve timing ( CVVT) untuk kedua katup isap dan buang.

Spesifikasi mesin ini pas banget dengan yang digunakan saudaranya satu grup dari Korea, yaitu Kia All-New Sportage yang sudah lebih dulu menyatakan diri sebagai crossover. Kemampuan mesin menghasilkan tenaga dan torsi maksimal juga sama. Begitu juga dengan suspensi depan McPherson struk dan belakang multilink.

Kendati demikian, desain bodi dan dimensi berbeda sedikit (Sportage lebih panjang 35 mm), tetapi jarak antarsumbu rodanya sama. Karena itu pula, klaim radius putarnya sama, yaitu 5,29 meter.

Dari segi harga, keduanya juga hampir sama, hanya berbeda Rp 1 juta, khususnya dibandingkan dengan Sportage dengan transmisi otomatis. Kalau Hyundai memberi banderol New Tucson Rp 287 juta (on the road di Jakarta), Kia menjual All-New Sportage 286 juta (transmisi otomatis). Hyundai hanya menawarkan Tucson dengan satu transmisi otomatis.

Interior
Interior Tucson dengan dua deret tempat duduk sangat lega. Joknya nyaman diduduki dengan penahan kepala pada setiap pas untuk ukuran orang Indonesia. Interior kombinasi gelap dengan warna silver pada setir, bagian tengah dashboard, cukup memberi kesan mewah mobil ini. Finishing dan kualitas komponen interior sudah sangat bagus!

Suasana interior yang cukup menarik dan menyenangkan adalah ketika mesin hidup atau malam hari. Pada panel instrumen dengan dua bulatan di kanan dan kiri (binocular) menggunakan pencahaya biru. Begitu juga pada layar audio dan lampu pada konsol boks.

Posisi setir dan duduk pengemudi pas dan nyaman. Alhasil, bisa mengurangi kelelahan selama menempuh perjalanan jauh. Hanya jari-jari kiri yang dilengkapi tombol untuk mengatur volume audio. Seperti mobil sekarang, audio bisa digunakan memainkan CD, juga bisa dihubungkan ke USB dan aux untuk memainkan lagu dengan format MP3. Penempatan speaker di pintu dengan posisi agar menghasilkan suara yang cukup bagus bagi kuping pengemudi dan penumpang (depan dan belakang).

Transmisi
Transmisi shifttronic 6-percepatan dilengkapi dengan perpindahan manual yang hanya dilakukan dengan mendorong atau maju mundurkan posisi tongkat transmisi di konsol tengah. Mesin bertenaga 166 PS mampu memenuhi saat kendaraan dikebut dan menanjak. 

Kendati demikian, perpindahan gigi crossover sangat terasa, terutama saat kendaraan dikebut mengejar di depan. Hal yang sama juga terjadi di tanjakan. Kondisi cukup mengganggu pengemudi yang terbiasa menggunakan SUV Jepang bermesin di atas 2,0 liter ataupun SUV dari Eropa dengan kapasitas mesin yang sama.

Suara dari mesin, transmisi, dan dari roda masih dirasakan, tetapi sudah lebih baik dibandingkan mobil asal Korea sebelumnya. Untuk stabilitas, memang teruji secara optimal. Namun, pengendalian setir sangat bagus. 

Spesifikasi Hyundai New Tucson

Dimensi (mm)

Panjang 4.410
Lebar 1.820
Tinggi 1.655
Jarak antar-sumbu roda 2.640
Kapasitas tangki BBM 55 liter
Konsumsi bahan bakar (klaim Hyundai AS)
Dalam kota 9,7 kpl
Tol 13 kpl
Mesin Bensin, 4-silinder
Kapasitas              (cc) 1.998
Tenaga maks 166 PS @6.200 rpm
Torsi maks 20,1 kg-m @4.600 rpm
Transmisi Shiftronic 6-percepatan
Ukuran roda/ ban 6,5J x 17 / 225-60R17
Rem depan belakang Cakram
Perlengkapan keamanan ABS

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Honda Mulai Pulih Juli 2011

Posted: 20 May 2011 09:40 AM PDT

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Toyota secara maraton mengumumkan bahwa pulihnya pasokan komponen di Jepang dan seluruh negara di dunia mulai Juni. Sementara Honda Motor Company melalui ranting usahanya di Amerika Serikat menyatakan kegiatan produksi mulai pulih dan kembali ke posisi normal pada Juli dan Agustus 2011.

John Mendel, Executive Vice President Honda Amerika, seperti dilansir autonews (19/5/2011) mengirimkan memo ke seluruh dealer di AS yang menginformasikan, kondisi terberat Honda akan dihadapi bulan ini (Mei 2011). Karena, pasokan unit akan menyentuh level terendah dan akan meningkat 11 persen mulai Juli.

"Kami pernah menyatakan, kami menyentuh level terendah dan sekarang mulai kembali meningkatkan kapasitas produksi," ujar Mendel. Ia menambahkan, pengumuman pulihnya kondisi Honda secara resmi baru diumumkan pihak prinsipal pekan depan.

Seorang sumber Honda membenarkan ada memo dari Mendel yang dikirimkan ke semua dealer Honda, tapi tak mau menjelaskan kapan produksi mulai kembali normal. Dalam memo itu, Mendel juga menenangkan dealer untuk tetap positif, karena meski pasokan turun posisi penjualan masih lebih baik ketimbang bulan yang sama tahun sebelumnya.

"Kita semua tahu pasar mobil terus membaik dan kami akan bisa tumbuh bersama-sama dengan situasi ini," jelas Mendel.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Diposkan oleh iwan di 15.03  

0 komentar:

Poskan Komentar