“Panas Knalpot untuk Mengirit BBM” plus 2 more

Kamis, 26 Mei 2011

“Panas Knalpot untuk Mengirit BBM” plus 2 more


Panas Knalpot untuk Mengirit BBM

Posted: 26 May 2011 11:39 AM PDT

KOMPAS.com – Dua pertiga - sekitar  66 persen – dari energi bensin dan solar yang dibakar di dalam mesin, terbuang dalam bentuk panas. Panas tersebut sebagian besar terbuang melalui  knalpot, sisa ke sistem pendingin (radiator).

Nah, seperti Kinetic Energy Recovery System (KERS) pada F1 atau rem regenaratif pada mobil hibrida, para ahli juga ingin "memulihkan" energi terbuang tersebut untuk dimanfaatkan kembali. Memang tidak mudah, namun para periset dari perusahaan energi dan juga produsen mobil berusaha melakukan.

TEG
Seperti KERS dan rem regeneratif - energi kinetik diuban menjadi listrik – pada knalpot energi panas diubah menjadi listrik. Untuk mengubahnya, diperlukan bahan atau alat yang disebut thermoelectric generator (TEG). Problem utama yang dihadapi para ahli dan periset sekarang ini adalah materi dasar. Materi semikonduktor yang digunakan efisiensi masih sangat rendah dan harganya mahal. Inilah yang membuat, produsen mobil kurang tertarik mengembangkannnya.  

Kendati demikian, para periset saat sedang mencoba memasang prototipe pertama TEG untuk dipasang pada kendaraan komersial dan SUV. Kebutulan, materi atau alat tersebut dikembangkan oleh perusahaan independen, yaitu BSST di Irwindale, California. Perusahaan mobil yang mengembangkan sendiri TEG adalah General Motors (GM) dan BMW.

BSST berencana sudah bisa menghasilkan prototipenya yang akan dites pada BMW dan Ford pada tahun ini. Sedangkan GM mencobanya pada SUV Chevrolet.

Materi
BSST menggunakan material baru, yaitu bismuth telluride, terdiri dari tellurium yang langka dan bekerja hanya di atas 250 derajat celcius. Sedangkan bahan yang dibutuhkan bekerja pada 500 derajat celcius. BSST juga menggembangkan bahan termoelekrik lainnya, yaitu campuran hafnium dan zirconium yang bekerj  pada suhu tinggi dan efisiensi kerjanya mencapai 40 persen.

Para periset GM yang sedang memasang prototipe terakhir TEG - dinilai lebih menjanjikan – menyebut bahannya dengan "skutterudites". Dijelaskan bahan ini lebih murah dari tellurides, kemampuan kerjanya juga lebih baik pada suhu tingi. Berdasarkan tes pada Chevrolet Suburban, alat

Skutterudites terdiri dari campuran kobal arsenida (cobalt arsenide) dengan tambahan elemen langka seperti ytterbium. Menurut Gregory Meisner dari GM, kesulitan yang mereka hadapi adalah memadukan bahan tersebut menjadi kesatuan. Karena perbedaan sifat bahan menyebabkan kinerja akan menurun.

Diselipkan
Tantangan lain adalah cara memasang TEG di di mobil. Periset telah mencoba generator bismuth telluride pada SUV. "Sekarang pemasangan dilakukan dengan menyelipkannya ke knalpot. Knalpot dipotong, seperti memasang muffler. Kami perlu merancang alat yang menyatu pada sistem kendaraan dan bukan sebagai tambahan," harap Meisner.

Dengan kondisi pengembangan sekarang, kedua perusahaan memperkirakan, untuk memproduksi alat tersebut dalam jumlah besar dengan harga terjangkau, masih membutuhkan waktu sekitar empat tahun lagi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Konsumen Lama Piaggio Tak Usah Panik

Posted: 26 May 2011 10:02 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemasaran sepeda motor merek Piaggio, antara lain Vespa, di Indonesia tidak lagi dilakukan oleh PT Sentra Kreasi Niaga (SKN), tetapi sudah diambil alih PT Piaggio Indonesia. Meski demikian, konsumen yang sebelumnya sudah membeli dari SKN tak usah panik, terutama mengenai masa garansi yang masih berjalan. Garansi ini tetap dijamin oleh PT Piaggio Indonesia (PI).

Ferdiyan Eka Surya, Manager Layanan Purna Jual dan Suku Cadang PI, mengatakan, dengan resminya PI, maka tanggung jawab terhadap produk-produk yang sudah dipasarkan sebelumnya ikut beralih. Klaim garansi atau servis bisa dilakukan dengan mendatangi jaringan layanan.

"Untuk lima model yang kami pasarkan (Fly, Liberty 125, Liberty 150, Vespa LX 125, dan Vespa LX 150), suku cadang bakal kami sediakan. Untuk model lain, kemungkinan kami layani, tetapi dengan mekanisme by order (pemesanan di muka)," ungkap Ferdiyan di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, hari ini (26/5/2011).

Ia menambahkan, garansi produk tetap berlaku selama konsumen menaati kesepakatan yang diberikan prinsipal saat membeli produk. "Misalnya, masih masuk periode garansi, juga tak memodifikasinya," beber Ferdiyan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Piaggio Indonesia Jual Zip Hanya Rp 11 Juta

Posted: 26 May 2011 09:29 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia (PI) memilih ajang Pekan Raya Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Juni ini sebagai pertanda kelahiran kembali di Indonesia. Tidak kepalang tanggung, Agen tunggal pemegang merek (ATPM) resmi Piaggio ini bakal memboyong lima model, yakni Zip 100cc, Liberty 100 karburator, Liberty 150 injeksi, Vespa LX125 karburator dan LX 150 injeksi.

Meski sebelumnya produk sudah dipasarkan oleh PT Sentra Kreasi Niaga secara CBU (completely built up) dari Italia, kelima model tersebut punya perbedaan karena diimpor dari Vietnam dan harga lebih kompetitif. Untuk model LX 150 injeksi, jika sebelumnya dibandrol Rp52 juta per unit on the road (OTR) Jakarta (CBU dari Italia), yang dari Vietnam off the road di Jakarta Rp22,1 juta (kalau plus pajak Rp25 jutaan per unit OTR Jakarta). Sedang Zip dibandrol Rp 11,2 juta, Liberty 150 injeksi Rp 19,9 juta, Vespa LX 125 karburator Rp 20,3 juta, semuanya dalam kondisi off the road.

Sony Budiwasono, Manajer Pemasaran Piaggio Indonesia mengatakan, beban bea masuk (impor duty) menjadi alasan utama harga produk yang dipasarkan dari Vietnam jauh lebih kompetitif dari Italia. Kalau dari Italia, BM yang harus ditanggung mencapai 40 persen, sedang dari Vietnam nol persen karena kerjasama ASEAN Free Trade Area (AFTA).

Sampai sekarang, lanjut Sony, perusahaan masih dalam tahap pembangunan jaringan penjualan. Sampai akhir tahun target dibuka 30 showroom dengan fasilitas layanan 3S di kota-kota besar seluruh Indonesia. "Pembukaan dealer dilakukan bertahap. Rencananya di PRJ kita akan tampilkan semua model dan pemesanan sudah bisa dilakukan," jelas Sony kepada wartawan di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, hari ini (26/5/2011).

Dua Bulan

Konsumen yang tertarik dengan produk Piaggio bisa melakukan transaksi langsung di PRJ. Beberapa perusahaan pembiayaan sudah digandeng PI untuk menyokong penjualan.

"Mudah-mudahan untuk pemesanan yang dilakukan di PRJ, unit bisa diantar ke konsumen dalam dua bulan selanjutnya, sekitar September 2011," jelas Sony. Saat ditanya target penjualan, "Sampai kini kami masih menghitung," tutup Sony.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar