“Seru! Vettel "Pole Position", Hamilton Kedua” plus 2 more

Sabtu, 09 April 2011

“Seru! Vettel "Pole Position", Hamilton Kedua” plus 2 more


Seru! Vettel "Pole Position", Hamilton Kedua

Posted: 09 Apr 2011 09:09 AM PDT

SEPANG, KOMPAS.com — Sebastian Vettel berhasil merebut pole position F1 Malaysia. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Sabtu (9/4/2011), pebalap andalan Red Bull Racing itu mengukir waktu terbaik 1 menit 34,870 detik yang diraih pada detik-detik terakhir.

Catatan waktunya itu sekaligus mematahkan dominasi McLaren melalui pebalap Lewis Hamilton. Ia sempat mengantongi waktu terbaik 1:35.000 pada menit kedelapan dan dipertajam kembali pada detik-detik terakhir dengan 1:34,974 detik. Namunk hasil maksimalnya itu direbut Vettel.

Balapan seri kedua yang bakal menyelesaikan 56 putaran, Minggu (10/4/2011), bakal berlangsung seru. Pasalnya, di belakang Vettel dan Hamilton membayang rekan setim masing-masing. Mark Webber berada di belakang Vettel, sedangkan Button di belakang Hamilton.

Tinggal sekarang siapa yang bikin kesalahan saat start akan kehilangan peluang ke depan. Sebab, pebalap Ferrari, Fernando Alonso, yang berada di urutan kelima, masih punya paluang menyodok ke depan saat start.

Kualifikasi I (Q1): Bendera merah
Tim Renault melaporkan suhu udara di lintasan 46 derajat celsius, sedangkan di udara 30 derajat celsius. Namun, para pebalap bimbang apakah akan turun hujan. Pebalap Virgin melalui radio yang sudah melintasi di trek mengatakan hujan tidak turun. Menariknya, semua pebalap menggunakan DRS (drag reduction system) supaya bisa melesat di trek lurus.

Sampai menit keempat, duo Ferrari dan Renault masih mendekam di pit. Sementara Webber sudah mengitari dua putaran dan Hamilton melejit tercepat dengan 1:37,466 dengan memakai ban kompon keras.

Baru jalan 8 menit, kualifikasi dihentikan. Bendera merah dikibarkan lantaran sidepod mobil Toro Rosso yasng dikemudikan Sebastian Buemi terbang di trek lurus. Jeda tiga menit, kualifikasi dimulai kembali dan Felipe Massa melaju dengan ban lunak mampu mempertajam waktu Hamilton jadi 1:36,744 detik dan bertahan sampai akhir Q1.

Q2: Strategi Red Bull
Di Q1, kedua mobil Red Bull RB7 belum tampil maksimal dan pebalapnya hanya jaga posisi. Vettel berada di urutan ke-10, sedangkan Webber berada ke-15.

Ferrari tampak yang agak puas. "Jika pada Q1 buat Massa, di Q3 jadi milik Alonso. Namun, Red Bull dan McLaren menggunakan ban lunak, klasifikasinya jadi tidak realistis," komentar dari kubu kuda jingkrak.

Benar apa yang diprediksi Ferrari, Webber langsung jadi tercepat pada menit ketujuh dengan 1:36,080. Namun hanya bertahan semenit setelah Vettel melejit dengan 1:35,934. Ini pun lebih sebentar lagi karena Button menyodok dengan 1:35,569.

Yang lucu Hamilton. Muncul dengan ban keras, tidak sampai satu lap masuk pit ganti ban lunak. Hasilnya, ia mampu menempel di belakang rekannya dengan waktu terbaik 1:35,852. Sedangkan kedua mobil Red Bull menempati tempat ketiga dan keempat.

Q3: Mercedes kecewa
Tim Mercedes kurang puas dengan hasil Q2 lantaran pebalap veterannya, Michael Schumacher, tidak bisa melanjutkan kualifikasi terakhir. Sementara rekannya, Nico Rosberg, lolos setelah menempatkan diri di posisi keenam.

Kubu Renault kembali mengabarkan kalau sesi terakhir tak ada tanda-tanda akan turun hujan. Kedua pebalap, Petrov dan Nick Heidfeld, lolos ke Q3 dan berada di urutan kedelapan dan ke-10.

Sementara kubu Ferrari berharap Alonso yang tercepat kelima dan Massa ketujuh bisa memperbaiki posisi start. "Dengan satu set kompon lunak yang baru, semoga keduanya bisa meraih hasil lebih baik," harap kubu Ferrari.

Hingga menit ketiga, baru duo McLaren dan Red Bull berada di lintasan. Hamilton mengukir waktu 1:35,000, hasil yang sangat luar biasa. Vettel kalah cepat 0,122 detik, begitu juga Webber lebih lambat 0,268 detik sampai menit kelima.

Vettel masuk garasi dan ganti ban baru kompon lunak dan menit ke-8 masuk lintasan dan diharapkan bisa merebut pole position.

Hasil kualifikasi
1. Sebastian Vettel                    Red Bull-Renault            1m34.870s
2. Lewis Hamilton                    McLaren-Mercedes         1m34.974s + 0.104
3. Mark Webber                       Red Bull-Renault              1m35.179s + 0.309
4. Jenson Button                       McLaren-Mercedes          1m35.200s + 0.330
5. Fernando Alonso                  Ferrari                              1m35.802s + 0.932
6. Nick Heidfeld                      Renault                              1m36.124s + 1.254
7. Felipe Massa                       Ferrari                               1m36.251s + 1.381
8. Vitaly Petrov                        Renault                              1m36.324s + 1.454
9. Nico Rosberg                       Mercedes                          1m36.809s + 1.939
10. Kamui Kobayashi              Sauber-Ferrari                   1m36.820s + 1.950

Q2 cut-off time: 1m36.811s Gap **
11. Michael Schumacher          Mercedes                           1m37.035s + 1.466
12. Sebastien Buemi                Toro Rosso-Ferrari            1m37.160s + 1.591
13. Jaime Alguersuari             Toro Rosso-Ferrari             1m37.347s + 1.778
14. Paul di Resta Force           India-Mercedes                   1m37.370s + 1.801
15. Rubens Barrichello           Williams-Cosworth             1m37.496s + 1.927
16. Sergio Perez                       Sauber-Ferrari                    1m37.528s + 1.959
17. Adrian Sutil                       Force India-Mercedes        1m37.593s 2.024               

Q1 cut-off time: 1m38.163s Gap *
18. Pastor Maldonado              Williams-Cosworth            1m38.276s + 1.532
19. Heikki Kovalainen              Lotus-Renault                     1m38.645s + 1.901
20. Jarno Trulli                         Lotus-Renault                     1m38.791s + 2.047
21. Timo Glock                        Virgin-Cosworth                 1m40.648s + 3.904
22. Jerome D'Ambrosio            Virgin-Cosworth                1m41.001s + 4.257
23. Tonio Liuzzi                       HRT-Cosworth                   1m41.549s + 4.805
24. Narain Karthikeyan             HRT-Cosworth                  1m42.574s + 5.830

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Hamilton Bangkit, Vettel Keluhkan DRS

Posted: 09 Apr 2011 06:38 AM PDT

SEPANG, KOMPAS.com — Menjelang babak kualifikasi F1 Malaysia, para pebalap mendapat kesempatan melesatkan mobil balapnya dalam latihan bebas. Pada sesi ini, Lewis Hamilton tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 36,340 detik yang diukirnya pada putaran ke-11.

Mantan juara dunia 2008 ini memberi sinyal kepada Red Bull kalau McLaren MP4-26 siap mengimbangi kehebatan Red Bull Racing RB7. Rekan setim Hamilton, Jenson Button, berada di urutan ketiga tercepat yang kalah cepat 0,422 detik.

Sementara posisi kedua direbut Mark Webber yang kalah cepat 0,290 detik dari Hamilton. Rekan setimnya, Sebastian Vettel, harus puas bertengger di urutan kelima. Juara dunia 2010 ini berupaya melejit ke depan pada menit-menit terakhir. Namun, upayanya itu terganggu oleh kepadatan mobil di depannya.

Vettel mengeluhkan soal DRS pada mobilnya. Pebalap Jerman itu merasakan DRS tidak bekerja dengan benar. Para mekanik pun sibuk mencari tahu penyebabnya, termasuk kehilangan kamera di mobilnya saat melesat beberapa putaran terakhir.

Nasib Ferrari, seperti diutarakan oleh pebalap Spanyol, Fernando Alonso, balapan di Malaysia merupakan pekan yang sulit buat Ferrari. Buktinya, dalam latihan ini kedua mobil berada di urutan keenam dan kedelapan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Tata Motors Deklarasikan sebagai Pemain Global

Posted: 09 Apr 2011 06:21 AM PDT

INDIA, KOMPAS.com — Raksasa produsen mobil India, Tata Motors, mendeklarasikan menjadi pemain global di pasar otomotif internasional. Untuk mendukung semangat itu, Tata Motors mengumumkan, Jumat (8/4/2011), membentuk divisi baru, Tata Tecnologied Vehicle Programs and Development (VPD) Group.

VPD dikepalai oleh Kevin Fisher, senior yang sudah 30 tahun menggeluti industri otomotif. Ia memimpin 200 insinyur yang berasal dari empat Tata Engineering Centers, yaitu di Detroit, Conventry, Pune, dan Stuttgart.

Tugas utama VPD mengembangkan kendaraan dan teknologi masa depan serta untuk pihak ketiga. Contohnya, kerja sama dengan Genovation dalam menciptakan mobil listrik G2. Meski tidak menyebutkan nama mitra lainnya, Tata mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pabrik mobil premium di Eropa, Amerika Utara, dan banyak lagi.

Sebagai produk pertama dari VPD adalah G2, yang akan dipamerkan dalam kongres SEA World pada 12 April 2011. Di tempat itu pula, VPD akan menampilkan mobil konsep perkotaan yang diciptakan oleh Tata Technologies North American Styling Studio.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Diposkan oleh iwan di 15.01  

0 komentar:

Poskan Komentar