“Inovasi Masa Depan dari Shanghai Auto Show” plus 2 more

Selasa, 19 April 2011

“Inovasi Masa Depan dari Shanghai Auto Show” plus 2 more


Inovasi Masa Depan dari Shanghai Auto Show

Posted: 19 Apr 2011 12:53 PM PDT

SHANGHAI, KOMPAS.com — Perhelatan otomotif terbesar di China, Shanghai Auto Show (SAS) 2011 ke-14, resmi bergulir pada Selasa (19/4/2011) ini untuk wartawan yang mengambil lokasi di Shanghai New International Expo Center. Dengan tema "Inovasi untuk Masa Depan"  (Innovation for Tomorrow), pameran yang dibuka untuk umum mulai 21 April sampai 28 April ini menjadi barometer perkembangan industri otomotif China, sekaligus wadah bagi merek-merek dunia untuk memajang model baru.

SAS diklaim sebagai pameran terbesar di dunia karena menggunakan area yang luasnya mencapai 230.000 meter persegi, terdiri dari 13 hall di dalam dan luar ruangan, meningkat 35 persen dibandingkan tahun lalu. Pameran menampung 2.000 kendaraan yang berdatangan dari 20 negara, plus tuan rumah.

Berbagai produk pendukung industri termasuk aksesori dan perlengkapan otomotif juga ikut meramaikan pameran, mulai dari Bosch, Johnson Controls, Continental, ThyssenKrupp, ZF, Delphi, Honeywell, Faurecia Group, BorgWarner, Eaton, Dana, ArvinMeritor, TRW, Denso, dan Aisin. SAS mulai dihelat pada 19-20 April untuk media, 21-22 April untuk pebisnis, dan 23-28 April 2011 untuk umum.

Dari dalam negeri (China), enam grup besar otomotif menunjukkan kepercayaan dirinya di tanah kelahiran sendiri, yaitu FAW, SAIC, DFM, CHANGAN, GAC, dan BAW. Ada juga merek-merek baru hasil kolaborasi dengan prinsipal dari luar China, seperti DS (merek dari Changan dan PSA), DFM, dan Yulon, yang siap memulai debut di Shanghai.

China yang kini menjadi pasar otomotif terbesar di dunia membuat pameran ini menjadi salah satu yang paling penting bagi prinsipal otomotif di seluruh dunia. Dari Eropa, Volkswagen meluncurkan generasi terbaru, Beetle. BMW Group menyiapkan model-model baru, termasuk merek bawaan seperti Mini dan Rolls-Royce. Mercedes-Benz juga memboyong "adik" Maybach dan Smart, termasuk meluncurkan produk global terbaru A-Class dan desain baru CLS. Merek lain, yaitu Volvo, Citroen, Peugeot, Renault, dan Fiat, juga ikut ambil bagian.

Dari Jepang, meski prinsipal masih disulitkan dengan pemulihan kondisi pascabencana alam, merek utama dipastikan turut meramaikan pameran. Toyota mengajak perusahaan hibrida (lokal dan asing) FAW Toyota, GAC Toyota, dan Lexus memamerkan total 60 model di pameran ini. Honda menyiapkan model kolaborasi dengan GAC Honda, DFM Honda, dan Acura. Nissan dan Infiniti memboyong mobil konsep, robot pintar, dan model-model klasik lainnya. Juga ada Mazda, Mitsubishi Motors, dan Suzuki.

Dari Amerika Serikat, trio Detroit GM, Ford, dan Chrysler juga siap unjuk gigi. GM akan memperkenalkan Malibu, sedangkan Ford memamerkan teknologi baru, khususnya energi terbarukan, termasuk tiga kendaraan listrik dan sebuah mobil konsep. Duo Korea Selatan, Hyundai dan Kia, juga menyiapkan beberapa model baru khusus untuk pasar China.

Tak ketinggalan, merek-merek premium juga mau mengambil kesempatan "menjaring" uang orang kaya di China. Sebut saja, Porsche, Ferrari, Maserati, Aston-Martin, Lamborghini, Bentley, Rolls-Royce, Spykers, Lorinser, sampai Jaguar-Landrover menyiapkan produk yang pastinya eksklusif.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

VW Kodok Generasi-3 Melompat Lebih Cepat (Sambungan)

Posted: 19 Apr 2011 09:54 AM PDT

Audio Fender
Dijelaskan Beetle ini ditawarkan dengan pilihan seperti  Golf, Jetta atau Passat. Misalnya, audio standar
 RCD310 dengan 8 loudspeaker. Versi lebih hebat, RCD510, sudah dilengkapi dengan CD chanrger, koneksi ke kartu SD dan punya layar sentuh. 

Juga ditawarkan sistem navigasi  RBS 315 dengan layar sentuh 5 inci (400 x 240 piksel), CD player, kartur memori SD dan dua tuner. Khusus untuk navigasi  RBS 510 layar sentuh 6,5 inci, DVD palyer, kontrol suara, slot untuk kartu SD dan hard-disk 30 gigabyte.

Tak kalah menarik, VW menawarkan pula  sistem audio Fender yang sudah digunakan oleh Jimmi Hendrix dan Eric Clapton Tambahan lain, subwoover dengan output 400 Watt. Subwoover juga diberi penerangan tidak langsung, yaitu dua lampu yang mengeliling kotak speaker di pintu. 

Seperti gaya mobil masa kini: untuk masuk ke kabin dan menghidupkan mesin tak perlu lagi menggunakan kunci.  Begitu handle pintu depan disentuh, sistem akan mendeteksi jaket, celana atau tas, yang dibawa pengemudi. Kendati demikian, fitur ini hanya untuk pasar di negara tertentu!

Untuk keamanan, mobil dilengkapi dengan ESP (electronic stabilisation programme), 6-kantung pengaman. Bodi mobil dinilai mampu melindungi penumpangnya karena pengelasan kini dilakukan oleh sehingga sambungan jadi lebih kuat.

Pilihan Mesin
Untuk mesin, VW menawarkan cukup banyak pilihan. Kendati demikian ditentukan berdasarkan pasarnya. Cotnohnya, untuk Amerika Serikat, VW akan menawarkan mesin diesel 2,0 TDI yang menghasilkan tenaga 140 PS dengan transmisi manual 6-percepatan. Opsional, transmisi 6-pecepatan dengan  kopling ganda.  

Mesin paling irit adalah diesel 1,6 TDI dengan konsumsi bahan bakar 4,3 liter/100 km atau 23 km/liter. Sedangkan yang bertenaga, bensin 2,5 liter, 5-silinder, 200 PS, bisa dikebut  225 km/jam!

Untuk Asia, Australia, Eropa dan Selandia Baru disediakan mesin bensin 4-silinder, TSI dan diesel dengan teknologi common rail turbo serta injeksi langsung. Tiga mesin bensin  untuk Beetle masing-masing bertenaga 77kW (105P), 118 kW (160 PS) dan 147 kW (200 PS). Sedangkan dua mesin diesel 77 kW (105 PS) dan 103 kW (140 PS). Khusus mesin bensin  5-silinder ditandemkan dengan transmisi  kopling ganda.

Buat mesin 160 PS (versi Eropa dan 200 PS) dilengkapi dengan XDS electronic differential lock yang dipasang langsung oleh pabrik. Sistem ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari EDS. Fungsinya, meningkatkan handling ketika membelok dengan cepat dan menjaga setir tetap netral. Karakteristik ini diperoleh dengan menggunakan rem aktif yang mencegah di bagian luar spin. Dengan ini pula traksi di tikungan tetap mantap!

Tahun Depan
Kendati diperkenalkan hari ini, peluncurkan resmi baru, untuk Amerika peluncuran baru dilakukan pada Oktober dan November mendatang. Untuk Asia, malah harus menunggu sampai Februari 2012. Sedangkan Amerika Latin, akhir  2012 atau awal 2113.  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

VW Kodok Generasi-3 Melompat Lebih Cepat

Posted: 19 Apr 2011 09:25 AM PDT

WOLFSBURG, KOMPAS.com - Dari semalam sampai besok Volkswagen AG mengadakan pesta di tiga benua. Pesta antar benua menandakan kelahiran kembali model yang pernah menjadi ikon dan membuat VW terkenal, yaitu Beetle. "Dunia adalah rumah Beetle," pernyataan VW dalam rilisnya. Berarti, Beetle nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia!

Di berbagai negara, VW Beetle punya sebutan sendiri-sendiri. Di Indonesia dikenal dengan Kodok: Penggemarnya sangat banyak dan sampai sekarang masih eksis. Sementara di negara lain, menurut VW, sebutannya antara lain  Käfer, Vocho, Coccinelle, Fusca dan Maggiolino.

Generasi Ke-3
Versi terbaru yang baru saja diperkenalkan, merupakan generasi ke-3 atau generasi kedua dari New Beetle. Generasi pertama lahir pada 1938 dan kedua 1998. Kedua generasi telah mencapai  penjualan 21,5 juta. Khsusu untuk generasi kedua satu juta lebih!

Penampilan generasi ketiga tetap kendati dengan jati diri asli Beetle: terdiri dari tiga setengah bulatan, yaitu roda depan dan belakang dan bagian tengah atau kabin. Dijelaskan pula, antara generasi-2 dan 3 berbeda  total.

Ciri Khas
Kendati dilakukan revitaliasi pada Beetel Generasi-3 ini, namun ciri Beetle asli  tetap knetal. Utamanya  bentuk lampu depan, tetap bulat. Kendati demikian, teknologinya adalah masa kini. Ini bisa dilihat dari bagia pinggir lampu utama dilengkapi 15 unit  LED yang berfungsi sebagai lampu siang dan parkir.  Khusus untuk lampu besar, VW juga menawarkan opsi, bi-xenon.  

Menurut VW ciri asli tetap dipertahankan agar semua orang mudah menggenal mobil ketika lewat. "Begitu melihat sekelebat, orang bisa memastikan, Ohh.. itu Beetle! Seperti orang  mengenali botol Coke, iPhone dan Ray Ban Aviator," beber VW.

Lainnya adalah adalah model belakang yang landai, kendati kini kacanya lebih lebar.  Tak kalah menarik, kini bagian belakang dilengkapi dengan spoiler yang berada di bawah dasar kaca. Untuk roda, VW sudah menyiapkan, nantinya bisa dipasang dengan diameter 19 inci ke atas!.  

Karena dipasarkan ke seluruh dunia, VW berusaha membuat harganya terjangkau, kendati sampai saat ini belum diumumkan. Teknologi terbaru yang ditanamkan   mesin (bensin dan diesel) dengan teknologi tercanggih, sistem keamanan, sistem informasi dan navigasi dan hiburan mutakhir.  

Lebih Ceper
Menurut perancang VW, Klaus Bischoff, kini penampilan Beetle gagah, dinamis dan lebih jantan. "Dibandingkan dengan Beetle 1998, versi yang  sekarang rapi dan sporty. Versi lebih ceper, lebar, kap (bonnet) mesin lebih panjang, kaca depan lebih landai ke belakag. Inilah dinamika VW Beetle," lanjut  Bischoff.

Konsep ceper diakui merupakan kelanjutan dari Ragster yang dipamerkan VW pada  Detroit Auto Show 2005. Mobil yang disebut terakhir adalah "hot rod" dengan basis New Beetle.  Dimensi Beetle Baru ini: Panjang 4.278 mm (lebih panjang 152 mm), lebar 1.808 mm (lebih lebar 84 mm), tinggi 1.486 mm (lebih ceper 12 mm).  

Interior
Desain kokpit Beetle sekarang ini dinilai unik,  kalem dan klasik.  Penggunaan warna pada panel dashboard membuat  penampilan seperti kevlar dan dirancang dengan gaya Beetle generasi pertama. Seluruh kokpit dan interior mengalami rancang ulang.

Ciri lain dari mobil adalah tiga instrumen bulat disusun di depan pengemudi (tachometer, speedometer dan indikator bahan bakar),  disatukan pada speedometer (di tengah), di atas layar multiguna. Sama dengan Beetle asli, versi baru dilengkapi kotak (glove box) tambahan yang disatukan dengan dashboard dan dilipat ke atas. Fitur klasik lain  adalah instrumen tambahan di atas sistem audio dan navigasi, yaitu suhu oli, jam dengan fungsi stopwatch dan indikator tekanan turbo. Setir juga tampil dengan desain baru!

Karena lebih ceper, tinggi interior sekarang  menjadi 1.044 mm (sebelumnya 1.082 mm). Kendati berkurang 39 mm, menurut VW tidak menimbulkan masalah bagi penumpang yang berubuh jangkung. Pasalnya interior dibuat dengan konsep katedral. Karena itu pula, penumpang belakang, karena atap kini lebih panjang, memperoleh ruang lebih lega. Ruang, bertambah, dari 290 menjadi 310 liter.   

Di seluruh dunia Beetle nantinya ditawarkan  dalam tiga perlengkapan, dengan nama "Beetle", "Design" dan "Sport"( detilnya diumumkan nanti). Fitur  menarik lain, atap kaca yang dapat dibuka dan dijungkitkan. Atap kaca pada Beetle baru ini  80 persen lebih besar dari versi sebelumnya, mampu  menyerap 99 persen radiasi ultraviolet dan 92 persen energi panas. (Bersambung)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Diposkan oleh iwan di 15.43  

0 komentar:

Poskan Komentar