“"Crossover" Urban Terbaru Subaru” plus 2 more

Rabu, 20 April 2011

“"Crossover" Urban Terbaru Subaru” plus 2 more


"Crossover" Urban Terbaru Subaru

Posted: 20 Apr 2011 01:27 PM PDT

SHANGHAI, KOMPAS.com — Pada Shanghai Auto Show 2001 dan New York Auto Show 2011 yang berlangsung saat ini, Subaru memperkenalkan konsep crossover terbarunya, yaitu XV. Menurut Subaru, crossover adalah SUV dengan penampilan yang lebih gaya.

Konsep baru tersebut diberi nama "Protren" yang berasal dari kata gabungan professional tool dan trendy design. Tepatnya, Subaru mendefinisikan sendiri bahwa crossover adalah integrasi fungsional untuk profesional dan penampilan bergaya  urban dan stylish.

Crossover termasuk kompak dan dapat dilihat dari dimensinya, panjang x lebar x tinggi: 4.450  x 1.800  x 1.620 (mm), jarak sumbu roda 2.636 mm. Karakteristik yang tak kalah menarik dari crossover ini adalah mesin yang ditanamkan, yaitu boxer DOHC, 2.0 liter. Namun, tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan mesin ini tidak dijelaskan.

Selanjutnya mesin tersebut ditandemkan dengan transmisi Lineartronic atau CVT yang memindahkan tenaga ke seluruh roda atau all-wheel drive (AWD). Ciri khas dari AWD ini, bekerja secara simetris. Artinya, as roda kanan dan kiri sama panjangnya. Penampilan crossover makin gagah dengan memasang ban 245/45-ZR19.

Kamera stereo
Tak kalah menarik dari mobil ini adalah penampilan interiornya. Jok dilapisi kulit putih silver yang memberikan rasa nyaman dan mantap diduduki. Desain jok ini memberi kesan penampilan yang kasual, sporty, dan tentu saja tetap gaya.

Fitur lain yang dibanggakan adalah monitor LCD yang dipasang di panel tengah.  Menurut Subaru, layar monitor ini berfungsi menayangkan tiga informasi yang berbeda, yaitu navigasi, audio, dan kondisi kerja kendaraan. Monitor ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh.

Perlengkapan canggih lain adalah sistem keamanan yang diberi nama "EyeSight" untuk membantu pengemudi memantau kondisi di sekitarnya. Alat ini terdiri dari sebuah monitor LCD yang ditempatkan antara meter kombinasi (di tengah) dan kamera stereo. Melalui layar monitor tersebut, pengemudi bisa melihat situasi dan kondisi di sekitarnya yang direkam oleh kamera stereo EyeSight tersebut!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Volkswagen Perkenalkan Skuter Listrik

Posted: 20 Apr 2011 10:16 AM PDT

SHANGHAI, KOMPAS.com - Volkswagen (VW) AG, kali benar-benar ujuk gigi di Shanghai Auto Show 2011. Bisa dimaklumi, pasar terbesar merek asal Wolfsburg ini adalah China. Kejutan yang dibuat VW tidak hanya Beetle Gen-3, ternyata ada yang baru, yaitu skuter listrik yang diberi nama Volkswagen E-Scooter.

Skuter listrik ini boleh jadi cara VW menantang "duo premium Jerman", yaitu  Mercedes-Benz dan BMW yang sudah meluncurkan produk serupa tahun lalu melalui dua merek bawaan Smart dan Mini di Paris.

VW membekali skuter ini dengan motor listrik  bertenaga 350-watt dengan sumber energi baterai lithium ion. Sekali isi penuh, bisa untuk  menjelajah 40,2 km dan  dikebut 50 km/jam.  Bobot skuter ini hanya 20 kg tanpa baterai.

Meski VW masih malu-malu mengutarakan minatnya masuk ke pasar roda dua, indikasi awal ke arah itu sudah ada. Salah satu ide baru yang tengah disiapkan adalah masuk ke rental skuter yang menghubungkan antara lokasi strategis antara stasiun kereta api, terminal bus, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Geely "Mini Cooper", Emgrand EC6-RV

Posted: 20 Apr 2011 09:51 AM PDT

SHANGHAI, KOMPAS.com – China kini telah menjadi fokus bisnis dan industri otomotif dunia. Pasalnya, penjualan mobil di negara tersebut tertinggi di dunia dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu mencapai 17,2 juta unit. Bandingkan dengan Amerika Serikat hanya 11,5 juta unit.

Karena itu jangan heran, pada Shanghai Auto Show yang berlangsung saat ini, berbodong-bodong produsen besar, baik dari Jerman, Jepang, Amerika Serikat, Perancis, Italia dan Perancis datang ke China untuk menjajakan produknya.

Namun yang tak kalah menarik, perkembangan industri mobil China dengan merek sendiri  juga maju pesat. Shanghai Auto Show 2011 pun dimanfaatkan untuk ujuk gigi.

Kita bisa saja menilai, produk yang dipamerkan sebagian besar adalah  "copy -paste". Begitulah kenyataannya! Bahkan media China, seperti China Autoweb menyebut model copy-paste  tersebut dengan tambahan nama dari mobil yang dicontek. Misalnya Geely  Emgrand EC6-RV yang mirip Mini Cooper, ditulis Geely  "Mini Cooper" Emgrand EC6-RV.

Emgrand sendiri adalah sub-merek dari Geely yang membindik konsumen kelas menengah di negara tersebut. Nah, Emgrand ditargetkan sebgai mobil murah.

Dimensi Emgrand EC6-RV  memang mini. Ini bisa dilihat dari panjang 3.845 mm, lebar 1.763 mm, tinggi 1.430 mm dan jarak sumbu roda 2.361 mm. Ditawarkan dengan dua mesin 1,5 liter dan 1,3 liter turbocharger. Selanjutnya, untuk memindahkan tenaga ke  roda, opsi  yang ditawarkan transmisi manual 6-percepatan atau otomatik kopling ganda (dual-clutch transmission).

Hebatnya lagi, mobil kecil  ini sudah dilengkapi pula dengan telematik G-Netlink, teknologi CAN bus, kunci pintar dan untuk menghidupkan mesin cukup dengan menyentuhtombol. 

Kalau sudah begini, berarti, China tidak lagi sekadar "nyontek", tetapi  telah mengembangkannya lebih lanjut sesuai dengan perkembangan pasar!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Diposkan oleh iwan di 15.08  

0 komentar:

Poskan Komentar