“Toyota Lego Teknologi Prius III ke China” plus 2 more

Rabu, 30 Maret 2011

“Toyota Lego Teknologi Prius III ke China” plus 2 more


Toyota Lego Teknologi Prius III ke China

Posted: 30 Mar 2011 10:16 AM PDT

BEIJING, KOMPAS.com - Ada kabar mengejutkan dari China bahwa Toyota Motor Corporation (TMC) berencana menjual teknologi hibrida kebanggaannya yang terdapat pada Prius Generasi III ke FAE Group. Saat ini pembicaraan tengah berlangsung, tapi kedua pihak sepakat untuk merahasiakannya ke publik. Mereka juga membicarakan rencana produksi Prius secara lokal di China.

Seperti dilansir chinacartimes, kemarin (29/3/2011), Toyota membicarakan penundaan terus-menerus akan peluncuran Prius ke pasar China. Semula dijadwalkan semester pertama 2010, kemudian bergeser ke semester kedua dan sampai sekarang belum juga terlaksana. Termasuk, rencana perakitan lokal Prius yang juga dibatalkan akhir tahun lalu karena tak memperoleh insentif fiskal dari pemerintah China.

Setelah menjual teknologi Hibrida, kata sumber tadi, Toyota dan FAW Group akan mengembangkan kendaraan hibrida plug-in baru. Informasi sumber ini ada benarnya, karena sebelumnya Toyota dan China Automotive Technology and Research Center sudah menandatangani kerjasama dalam uji coba di jalan Prius hibrida plug-in selama satu tahun penuh.

Menurut pendapat analis industri lokal, jika negosiasi kedua merek terjadi bukan karena masalah uang, tapi masing-masing prinsipal bisa memiliki apa yang dibutuhkannya. Toyota butuh pasar China dan FAW butuh teknologi hibrida. Sampai kini, produsen mobil China masih tertinggal dari inovasi independen, artinya bukan berasal dari budaya menjiplak yang selama ini dilakukan. Sedangkan Toyota perlu mitra lokal yang kuat untuk memasarkan Prius yang menjadi mobil hibrida terlaris di dunia.

Perlahan tapi pasti, industri otomotif di China terus berupaya mengembangkan diri dalam menciptakan kendaraan baru berteknologi bahan bakar dari energi baru non fosil dan hal ini sangat dihargai pemerintahannya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Pisang Bisa Jadi Bahan Komponen Mobil

Posted: 30 Mar 2011 09:32 AM PDT

BRASIL, KOMPAS.com - Eco car dibenak para industri otomotif dunia saat ini adalah mobil yang ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang sangat rendah. Bahkan sampai ke titik nol dengan mengandalkan motor listrik. Tapi, Brasil punya definisi lain dalam memandang kendaraan "hijau".

Seperti diperlihatkan Alcides Leao melalui karyanya berupa mobil dengan bodi menyerupai buah pisang. Dari sisi keselamatan, jelas tak memenuhi syarat. Namun, misinya yang disampaikannya bahwa buah-buahan bisa dijadikan bahan pada kendaraan.

Dalam penelitiannya mengenai eco car, dikatakannya, bahwa mobil ramah lingkungan tak cuma disorot dari sisi mesin, tapi juga menyangkut bahan-bahan plastik pada mobil yang bisa diganti dengan buah-buahan sebagai bahan dasarnya. Karena buah-buahan, kata Leao mengandung serat nano-selulosa yang kualitasnya lebih kuat dari plastik.

Keuntungan memakai buah pisang dibanding dengan bahan plastik biasa, dari hasil studinya memprediksi bahwa resistensi yang lebih besar dari kerusakan, baik karena panas, bensin, air, atau oksigen. Tak cuma itu, bobotnya pun lebih ringan, kekuatannya tiga sampai empat kali dan sangat eco-friendly.

Universitas Warwick di Inggris pun sudah mencoba menggunakan bahan buah-buah yang dipraktikkan pada mobil balap F3. Di antaranya, bahan bakarnya menggunakan nabati, setir dengan bahan dasar wortel dan bodinya dari kentang.

"Untuk murni sebagai mobil hijau, fokus kita hanya menggantikan plastik," ungkap Leo. Tapi, di masa mendatang, lanjutnya, mungkin kami akan menukar bagian-bagian baja atau aluminium dengan nano-selulosa.

Sayang, Leo tidak membeberkan, berapa banyak pisang yang dihabiskan untuk membuat dasbor.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Honda "Recall" Accord di Aussie

Posted: 30 Mar 2011 09:06 AM PDT

[fivefilters.org: unable to retrieve full-text content]

Honda Australia mendadak melakukan "recall" terhadap model Accord karena ada kebocoran pada unit rangkaian setir.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar