“Strada Triton HD-X Penakluk Medan Tak Bersahabat” plus 2 more

Sabtu, 26 Maret 2011

“Strada Triton HD-X Penakluk Medan Tak Bersahabat” plus 2 more


Strada Triton HD-X Penakluk Medan Tak Bersahabat

Posted: 26 Mar 2011 08:52 AM PDT

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), ATPM Mitsubishi di Indonesia, telah meluncurkan Strada Triton HD-X sebagai pengganti pendahulunya, Strada Triton GLX, yang prosesinya dilakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (24/3). Mengandalkan pikap D-Cab baru untuk mempertahankan prestasi sebagai market leader dan legenda raja kendaraan 4WD di segmennya merupakan langkah berani Mitsubishi.

Bagaimana tidak. Dari sisi tampilan, tak ada perubahan yang signifikan pada eksterior, termasuk juga mesin masih mengandalkan 4M40 2,8 Liter Diesel. Kecuali desain velg dan ukuran ban sedikit lebih lebar (245/75 R16 dari sebelumnya 20516C) dan memakai jenis MT sehingga kehadiran HD-X ini bisa dibilang sebagai "facelift".

Pada HD-X ini, bentuk bukan jadi andalan KTB untuk mempertahankan posisinya di puncak teratas. Pembenahan atau peningkatan kualitas kendaraan dilakukan pada bagian kaki-kaki. Karena sasarannya diperuntukkan di pertambangan dan perkebunan dan sekaligus untuk menaklukkan medan yang tak bersahabat.

Makanya, di sampaing velg, ubahan dilakukan pada suspensi. Tetap masih mengendalkan daun per (leaf spring), hanya bila GLX terdiri dari 6 lembar, HD-X jadi 5 lembar yang dipadu sokbreker double action (belakang) tipe gas (sebelumnya sokbreker tunggal dan model oli).

Lalu, ada beberapa komponen lainnya juga mengalami pengembangan yang disesuaikan kekuatannya untuk medan berat. Sentuhan itu diberikan pada bagian front hub bearing yang dikasih oli seal untuk mencegah air atau lumpur masuk. Terus, pada steering gearboxs ditambah dust cover dengan tujuan yang sama.

HD-X juga dilengkapi dengan M-Locker Differential sehingga, ketika menaklukkan jalan off-road, roda tidak kehilangan traksi saat menerjang jalan tidak rata dan tanjakan.

Makanya, selepas pembukaan selubung HD-X, rombongan wartawan diajak merasakan keandalan pikap kabin ganda melahap trek yang dibikin khusus dengan rintangan cukup berat. Bahkan Kompas.com merasakan langsung kehebatan HD-X dengan menyetir sendiri. Hasilnya, bisa disimak pada rubrik tes, besok (Minggu).

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Hebat! Vettel Rebut "Pole Position"

Posted: 26 Mar 2011 07:02 AM PDT

[fivefilters.org: unable to retrieve full-text content]

Balapan GP F1 Australia, Minggu (27/3), tampaknya akan didominasi tim Red Bull, setelah Vettel berhasil merebut start terdepan dalam kualifikasi.

Memilih Kaca Film dan Perawatannya

Posted: 26 Mar 2011 06:19 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan banyaknya merek kaca film dipasarkan di Indonesia, menuntut konsumen harus menentukan pilihan. Tidak bisa dipungkiri, faktor harga sangat menentukan. Begitu juga dengan performa atau kinerja lapisan kaca tersebut.

Kendati demikian, menurut Christopher Sebastian,  Distributor Masterpiece Indonesia,  faktor utama yang harus dipertimbangkan memilih kaca film adalah keamanan dan bukan hanya penampilan. Pasalnya,  dari segi penampilan banyak kaca film yang menarik, namun keamanannya kurang.

Kedua adalah  tingkat kegelapan untuk kaca depan. "Jangan sampai berlebihan. Pemerintah hanya membolehkan, maksimal 40 persen. Kalau terlalu gelap plus  kualitas kaca kurang baik, justru akan membahaya pengemudi di malam dan saat hujan. Pandangan bisa tergganggu," urai Chris.

Umur Pakai
Dijelaskan pula, usia kaca film maksimal 5-7 tahun dan sangat  tergantung pada kualitas produk. Jika sudah melewati masa tersebut, kemampuannya membendung panas matahari, sinar ultraviolet dan infra merah dipastikan sudah tidak efektif. Kalau sudah begini harus diganti!

Perawatan
Bagaimana merawat agar awet? Pertama, utamakan kebersihan kaca baik dari dalam atau di luar luar kabin. Untuk membesihkannya, gunakan lap basahdan setelah itu dilap lagi dengan kain kasa kering atau chamois.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar