“Acura ZDX Special Grammy dengan Cap Penyanyi Kondang” plus 2 more

Sabtu, 12 Februari 2011

“Acura ZDX Special Grammy dengan Cap Penyanyi Kondang” plus 2 more


Acura ZDX Special Grammy dengan Cap Penyanyi Kondang

Posted: 12 Feb 2011 06:16 AM PST

KOMPAS.com — Acara puncak Grammy Award ke-53 berlangsung besok, 13 Februari 2011, di Staples Centre, Los Angeles, Amerika Serikat, dan akan disiarkan secara langsung oleh jaringan CBS Television. Lantas, apa hubungannya dengan dunia otomotif?

Pastinya, Acura, merek mewah Honda yang saat ini secara umum dipasarkan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, ikut ambil bagian sebagai sponsor. Tidak sekadar memberikan dana atau mobil, tetapi juga melelang salah satu produk kebanggaannya, ZDX yang sudah dimodifkasi secara khusus, lantas menyumbangkan buat badan sosial Grammy, MusiCares.

Lelang sudah selesai melalui eBay, tetapi harga terakhir mobil ini belum diumumkan. Hanya disebutkan bahwa harga perdana penawaran dimulai pada 45.000 dollar AS (di bawah harga asli 45.495 dollar AS atau sekitar Rp 410 juta).

Tanda tangan Artis
Acura ZDX adalah sport coupe empat pintu dengan penampilan  "sangat menggiurkan", mengugah selera, dan bisa dikatakan seksi. Mobil ini dirancang oleh studio Acura (juga studio Honda) di California dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Nah, versi yang dilelang bisa jadi akan menjadi barang koleksi sangat berharga karena langka. Pasalnya, interior mobil dirancang ulang atau dimodifikasi lagi secara khusus oleh Galpin Auto Sport. Jok kulit dan  karpet dibordir dengan logo Grammy, MusiCares, dan simbol yang mengeset audionya, ELS Surround.

Namun yang tak kalah menarik, mobil akan dibubuhi tanda tangan penyanyi yang tampil pada 2010 Person of the Year Gala, yaitu Ben Harper, Lucinda Williams, Jack Black, Jackson Browne, T Bone Burnett, Crosby, Stills & Nash, Sheryl Crow, Everest, Patty Griffin, Josh Groban, Emmylou Harris, Elton John, Norah Jones, Lady Antebellum, k.d. lang, Dave Matthews, John Mellencamp, Ozomatli, Red Hot Chili Peppers, Leon Russell, James Taylor, dan Wilco.

Audio pemenang Grammy
Masih di interior, untuk menikmati kualitas suara yang dahsyat dan jernih, audio Acura ZSZX buatan 2010 ini juga disetel lagi oleh produsen sekaligus insinyur yang beberapa kali mendapat Grammy, Elliott Scheiner. Kehebatan audio segmen premium ini adalah ELS Surround 435 watt dengan 10 speaker. Di lain hal, agar penampilannya gagah, ban standar ZDX 19 diganti dengan ban 20 inci.

Mesin
Mesin tidak disentuh dan tetap standar. Mesin SOHC yang digunakan oleh Acura ZDX adalah V6, berkapasitas 3,7 Liter, dan sudah pasti ditanamkan teknologi mesin khas Honda, yaitu i-VITEC. Kemampuan menghasilkan tenaga 300 PS @ 6.300 rpm dan torsi 366 Nm (37 kg-m) @ 4.500 rpm.

Seperti mobil masa kini, untuk mengatur kecepatan, pedal menggunakan teknolgi drive by wire (DBW). Mesin Acura ini kepala silidernya dibuat dari campuran magnesium dengan selongsong silinder diperkeras dengan aluminium.

Keempat rodanya menggunakan rem cakram dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan  brake assist. Untuk memperoleh stabilitas, dipasang pula teknologi khas Honda, yaitu Vehicle Stability Assist (VSA®).

Interiornya dilapisi kulit dengan jok bergaya sport dengan pemanas. Di dalam disediakan pula ventilasi, sistem navigasi, voice recognition, serta sistem komunikasi dengan satelit yang bisa langsung memantau kondisi lalu lintas dan cuaca.

Tambahan lain adalah kamera untuk melihat kondisi di belakang mobil, collision mitigating braking system, active cruiser control, dan sistem informasi untuk bagian yang tidak terlihat (blind spot). Dimensi mobil: panjang, lebar, tinggi dan jarak sumbu roda adalah 4.887, 1.995, 1.596, dan 2.750 mm. Dimensi yang membuat penumpangnya sangat nyaman!

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Nissan Mulai Alih Teknologi ke Indonesia

Posted: 12 Feb 2011 03:14 AM PST

Sabtu, 12 Februari 2011 | 11:14 WIB

Nissan Motor

Alih teknologi dimulai dengan mengguanakn komponen produk lokal

JAKARTA, KOMPAS.com — Nissan kini memandang Indonesia sebagai salah satu pasar potensial di Asia Tenggara setelah Thailand. Buktinya, PT Nissan Motor Indonesia berkomitmen akan mendirikan pusat riset dan pengembangan yang rencananya akan dimulai tahun ini.

Pusat riset dan pengembangan di Indonesia ini memang tak sebesar atau secanggih milik Nissan di China. Namun Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur National Sales and Promotion PT Nissan Motor Indonesia (NMI), memastikan langkah tersebut menunjukkan komitmen Nissan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pijakan utamanya di ASEAN.

"Dengan adanya pusat riset dan pengembangan ini, kami berharap bisa meningkatkan efisiensi pengembangan produk-produk Nissan di Indonesia. Selama ini harus ke Thailand dahulu," ujar Teddy. Pusat riset dan pengembangan Nissan di Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kandungan lokal kendaraan yang dirakit di Indonesia.

Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT NMI, menambahkan, investasi yang disiapkan untuk  pusat riset dan pengembangan tak lebih dari Rp 10 miliar. "Investasi terbesar justru pada pengembangan sumber daya manusia. Kami mulai merekrut beberapa lulusan terbaik dari ITB (Institut Teknologi Bandung) dalam waktu dekat," tutur Kimura.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Skutik Kini Perkasa!

Posted: 12 Feb 2011 02:44 AM PST

Sabtu, 12 Februari 2011 | 10:44 WIB

KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Komposisi pangsa pasar tiga jenis sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia, skutik, bebek dan sport

KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Penjualan Honda, Yamaha dan Suzuki untuk tiga jenis sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan bermotor roda dua, jenis skuter otomatik atau skutik, mulai memperlihatkan keperkasaannya di pasar Indonesia.  Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.com dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di seluruh Indonesia pada Januari lalu mencapai 666.657 unit. Untuk skutik saja,  mencapai 338.818 unit atau merebut pangsa 50.82 persen. Sedangkan bebek hanya 272.911 atau tinggal 40,94 persen dan  Sport 54.928 unit atau 8,24 persen.

Juga terjadi pergeseran penguasa pasar skutik mulai tahun ini. Bila sebelumnya Yamaha tak tergoyahkan dengan penjualan terbanyak, Januari lalu dikalahkan oleh Honda  dengan  penjualan skutik  mencapai 172.039 unit. Sementara Yamaha hanya 155.286 unit. Di samping itu, penjualan skutik Honda juga telah mengalahkan jenis bebek (lihat tabel).

Honda berhasil mencapai pertumbuhan penjualan yang sangat cepat karena kemampuan sudah   dan difokuskan pada skutik. Untuk Scoopy saja, per Januari lalu mencapai 25.000 unit per bulan.

Tabel Penjualan Sepeda Motor Januari 2011

Merek Skutik Bebek Sport
Honda 172.039 137.865 22.082
Yamaha 155.286 97.597 24.803
Suzuki 11.493 35.517 604
Kawasaki - 1.005 7.290
TVS - 867 149
Kanzen - 60 -
Total 338.818 272.911 54.928

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 15.37  

0 komentar:

Poskan Komentar