“Uno, Sepeda Motor Transfomer Pertama di Dunia!” plus 2 more

Sabtu, 08 Januari 2011

“Uno, Sepeda Motor Transfomer Pertama di Dunia!” plus 2 more


Uno, Sepeda Motor Transfomer Pertama di Dunia!

Posted: 08 Jan 2011 08:19 AM PST

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Salah satu calon produk yang dinilai sangat inovatif dan mendapatkan liputan berbagia media besar di Amerika Serikat pada event CES yang berlangsung sekarang ini di Las Vegas adalah Uno dari BPG Motors. Dikatakan calon produk, karena Uno baru direncanakan untuk diproduksi massal. Unit yang dipamerkan adalah prototipe yang dibuat oleh penemunya, anak muda bernama Benjamin P Gulak yang memulai proyek dari garasi kakeknya.

Perhatian media yang sangat besar kepada Uno oleh sebagian orang agak aneh! Pasalnya, Uno adalah kendaraan dan bukan gadjet elektronik. Kendati demikian, sejatinya, UNO punya "nyawa listrik", sama dengan produk listrik dan elektronik lainnya. Jadi wajar mendapatkan perhatian!

Karena minat yang begitu tinggi, BPG Motors segera memutuskan imtilmemproduksinya dengan harga jual mulai dari 4.000 sampai 7.000 dolar AS (Rp37- 63 juta).

Berubah Ujud
Saat ini Uno sampai pada versi III. Versi II dan III dikembangkan setelah BPG Motors terbentuk. Perusahaan baru ini langsung mengklaim produknya sebagai transformer pertama dengan ujud sesungguhnya.

Untuk Uno II atau disebut juga U2, bisa berubah ujud dari motor 2-roda (disebut juga mode Uno) ke sepeda motor konvensional (mode sepeda motor). U2 hanya menggunakan 2-roda. Saat mode Uno, kedua roda yang digerakan oleh motor listrik berada dalam posisi sejajar. Ketika dikebut atau kecepatan bertambah, salah satu roda bergerak ke depan membentuk sepeda motor.

Versi terkini adalah Uno II atau U3, menggunaka tiga roda. Roda depan berukuran lebih kecil bisa dilipat ke belakang d. Roda ini pula yang maju atau bergerak ke depan sehingga bentuknya berubah menjadi seperti sepeda motor biasa.

"Targetnya untuk orang-orang yang tinggal di kota, seperti di Eropa dengan budaya sepeda motor dan skuter kuat," kata CEO BPG Motors, Brad Harkavy. "Kami fokus pada pembeli skuter namun mencari kendaraan unik sekaligus mempresentasi penampilan yang gaya."

Kontrol Giroskopik Uno menggunakan sistem kontrol giroskopik untuk menjaga keseimbangan. Sedangkan pengendalian dan mengendarainya sama dengan sepeda motor biasa. Motor bekerja dengan dua tahap.

Saat melaju pelan, roda tetap paralel memberikan pengendara ruang yang kompak atau kecil dan memungkinkan manuver pada ruang yang sempit (tinggal diputar). Ketika dikebut, roda mulai melebar dan berubah menjadi sepeda motor biasa. Membuat lebih lebih stabil dan aman dikebut.

Dengan sebagian bentuk bodi seperti sepeda motor balap, kecepatan Uno dibatasi 56 km/jam. Sedangkan tenaga dari baterainya, untuk sekali isi bisa buat menempuh jarak 48 km.

U3 menggunakan teknologi roda miring (tilt) aktif saat bekerja pada mode Uno. Dengan ini cara, Uno tetap stabil membelok. Sistem miring bekerja secara mekanis untuk mengatur posisi vertikal roda ke kanan dan ke kiri. Sistem ini memungkinkan kendearaan membelok lebih halus dan mengakomodasi jalanan yang tidak rata.

Dikatakan, saat mengendarinya tidak hanya memberikan pengalaman baru yang yang unik, juga lebih interaktif. Paling sip, parkirnya lebih gampang!

Polusi China
Uno ditemukan oleh anak muda bernama Benjamin P Gulak ketika memulai proyek ilmiah di SMU. Dijelaskan, empat tahun lalu, ia melakukan perjalanan bisnis ke China bersama ayahnya. Di Beijing, Shanghai dan Hong Kong, Benjamin melihat polusi yang sangat parah dari motor dan skuter bermesin 2-tak. Dari sana mulai muncul di pikiran membuat kendaraan listrik. Saat kuliah, ia merencanakan kendaraan ramah lingkungan namun tetap membuat penampilan gaya.

Benjamin memulai proyek dengan perakas peninggalan kakeknya. Ia membuat rangka dari besi kotak, memasang motor kursi roda, baterai dan giroskop. Kemudian melakukan tes, mengendarainya.

Nama Uno melejit setelah memperoleh juara kedua pada Grand Award di Intel International Science and Engineering Fair. Berikutnya, Uno memperoleh penghargaan sebagai Top10 penemuan terbaik oleh Populer Science. Berbagai media menuli. Hasilnya, modal pun mengalir deras dari investor swasta dan berdirilah BPG Motors. Hebat!

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Harga Daihatsu Naik!

Posted: 08 Jan 2011 03:56 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Berkenaan dengan kenaikan pajak kendaraan bermotor di Indonesia yang berbeda di setiap daerah, produsen mobil yang selama ini mencantumkan harga on the road mulai mengumumkan harga baru.

Sebelumnya Toyota mengumumkan kenaikan harga on the road sesuai dengan daerah masing-masing, kini giliran Daihatsu melakukan hal yang sama. Dalam rilisnya, Daihatsu mengatakan kenaikan harga on the road  rata-rata  untuk Jakarta dan Bogor Rp 2,5 juta.

Berdasarkan pengamatan detail Kompas.com,  kenaikan ditentukan harga sebelumnya dari setiap model.  Kalau harganya lebih murah, kenaikan harga juga lebih rendah atau sebaliknya.

Contohnya, Xenia paling murah, Mi MC mesin  1.0 liter yang sebelumnya dijual Rp 113,2 juta, kini menjadi Rp 115,4 juta atau naik Rp 2,2 juta.  Xenia paling top, 1.3XT AT,  dari Rp 141,7 juta menjadi Rp 144,3 juta atau naik Rp 2,6. Untuk Terios paling top, TX AT Adventure, Rp  206,4 juta  kini menjadi Rp 209,9juta atau naik Rp 3,5 juta. Contoh lain, kendaraan termurah Daihatsu, Gran Max PU 1.3 Std, sebelumnya  Rp 85,4 juta kini Rp 87,2 (naik Rp 1,8 juta).

Tepatnya, setiap model mengalami kenaikkan sekitar 2 persen dari  harga sebelumnya, khusus untuk Jakarta dan Bogor.

Sementara itu, Auto2000, distributor utama Toyota, meralat harga Avanza E dan G otomatik untuk Jakarta dan sekitarnya lebih tinggi Rp 225.000 dari perhitungan semula yang telah dimuat oleh Kompas.com. Harga kedua Avanza tersebut untuk E-AT  Rp 146.325.000 dan G-AT  Rp 161.775.000.

Harga Daihatsu Xenia dan Terios terbaru (juta rupiah) 

Model/Tipe 2011 Lama
Xenia
Xenia Mi MC 115,4 113,2
Xenia Mi Plus MC 122,0 119,8
Xenia Li MC 125,8 123,5
Xenia Li MC Plus 132,3 130,0
Xenia Li  MC Family 137,7 135,4
Xenia Li MC Sporty 139,6 137,3
Xenia Xi MC 134,2 131,7
Xenia Xi MC Plus 140,7 138,2
Xenia Xi MC Family 146,7 144,2
Xenia Xi Sporty 148,2 145,7
Xenia Xi 1.3 Xi AT Std 144,3 141,7
Xenia Xi 1.3 AT 150,2 147,6

Terios

TS MT + MC 158,0 155,4

TS MT MC+ Xtra

169,7 172,0

TS AT MC

171,8 169,0

TS AT MC+ Xtra

174,8 167,05

TX MT MC

187,0 183,7

TX MT MC Adventure

197,3 194,0

TX AT MC

198,1 194,6

TX AT MC Adventure

209,9 206,4

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Dragon TT Atila 1000R Berlengan Ayun Unik

Posted: 08 Jan 2011 03:24 AM PST

Sabtu, 8 Januari 2011 | 11:24 WIB

MOTOYE/MBIKE/AUTOBLOG

SPANYOL, KOMPAS.com — Ketika pameran EICMA di Milan, Italia 2010, sepeda motor konsep Dragon TT Atila 1000R ini telah mengundang perhatian pengunjung. Kendaraan ini lahir dari kolaborasi dua perusahaan di Spanyol, yakni Dragon TT (perancang) dan rumah modifikasi MotoYE.

Prototipe ini dibekali mesin 1.000 cc EXUP yang sudah dimodifikasi dari basis Yamaha R1. Jantung pacu itu teronggok di sasis Yamaha GTS 1000, yang menampilkan salah satu desain pertama RADD dari James Parker. Orang yang baru-baru ini telah menciptakan Mission Motors R, superbike bertenaga listrik.

Tenaga mesin telah ditingkatkan untuk menghasilkan 160 HP, kemudian sasis diperingan dan sistem rem depan diaplikasi dari Yamaha GTS yang telah dimodifikasi dan sangat enteng dengan kampas rem Brembo.

Keunikan dari moge yang tampilannya bagaikan robot ini tampak pada bagian depan menggunakan lengan ayun dan hub-centre steering di sisi kiri sehingga menarik perhatian di jalan. Sokbreker pun tunggal yang berdiri di atas lengan ayun.

Rancangan depan Dragon TT Atila melahirkan kontroversi. Tampilan bagian ujung terkesan agresif dan tampak seperti sepasang "taring" yang siap menggigit aspal. Trus, velg model palang tiga dengan ukuran 120/60/17 depan dan 180/50/55/17 belakang.

Kalau ada yang berminat, Atila ini dilepas dengan banderol Rp 457 juta lebih (50.665 dollar Amerika).

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
MotoYe, autoblog, Mbike

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.15  

0 komentar:

Poskan Komentar