“Mobil Batman Dijual Rp 4 Miliar” plus 2 more

Selasa, 18 Januari 2011

“Mobil Batman Dijual Rp 4 Miliar” plus 2 more


Mobil Batman Dijual Rp 4 Miliar

Posted: 18 Jan 2011 11:22 AM PST

Selasa, 18 Januari 2011 | 19:22 WIB

jalopnik/autoworld.worldpress/news.bbc

FLORIDA, KOMPAS.com — Jika Anda salah satu fans berat dan menggilai sekuel Batman Returns, inilah saatnya. Situs jual-beli Ebay sudah memajang mobil Batman di "etalase".

Pembelinya tentu harus memililki nominal rekening cukup karena mobil Batman ini terhitung sebagai barang koleksi, amat langka, dan legendaris. Harga yang ditawarkan pun 499.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Menurut si penjual, mobil Batman (Batmobile) ini merupakan satu dari tiga mobil yang pernah dibuat untuk film garapan sutradara Tim Burton tersebut. Memang, di luar sana banyak yang coba menjual tiruannya, tetapi yang satu ini bergaransi dan dilengkapi dokumen pendukung.

Batmobile memiliki panjang 6 meter dan lebar 2,4 meter. Suara desis masif dilanjutkan dengan gelegar keluar dari mesin 350ci V8 yang terpasang erat di rangka Chevrolet Impala 1967. Menurut data pada museum, ketika mobil ini sempat dipajang, di balik "tempurung hitamnya" terdapat turbin jet pesawat Rolls-Royce dan "nose" dari jet tempur Harrier.

Hingga siang ini, tawaran di Ebay baru mencapai angka 301.100 dollar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar. Sayang, Batmobile tersebut tidak dijual sepaket dengan Batcave (goa rahasia Batman). Mungkin Bruce Wayne masih butuh menyembunyikan mobil Batman lainnya. (dimas)

Editor: Bastian Jalopnik

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Daihatsu Bagi-bagi hadiah

Posted: 18 Jan 2011 10:35 AM PST

Selasa, 18 Januari 2011 | 18:35 WIB

KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

Amelia Tjandra sedang melakukan pengundian pemenang

JAKARTA, KOMPAS.com PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bagi-bagi hadiah berupa dua mobil Terios TX AT dan 20 Honda Revo bagi konsumen yang telah membeli produk Daihatsu. Program ini dikemas dalam Daihatsu Amazing Duo (DAD), yang penarikan undiannya dilakukan di markas ADM di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (18/11/2011) ini.

DAD merupakan program promosi bagi konsumen yang membeli produk Daihatsu apa saja periode November-Desember 2010. Tercatat 13.000 peserta berhak memperebutkan hadiah menarik tersebut.

"Program ini sebagai wujud syukur kami atas prestasi mencapai produksi ke-2 juta unit tahun lalu. Hari ini penarikan undian dilakukan," ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM di Sunter.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Mengenal Hubungan Kompresi dan Nilai Oktan

Posted: 18 Jan 2011 10:10 AM PST

KOMPAS.com — Pertanyaan yang banyak muncul sekarang ini di antara pemakai kendaraan bermotor adalah apa akibatnya apabila menggunakan bensin premium atau beroktan lebih rendah. Pasalnya, harga bensin beroktan tinggi sekarang ini semakin cepat menguras kantong!

Sebelumnya menjawab pertanyaan tersebut, pemilik mobil dan sepeda motor "harus" mengetahui salah satu spesifikasi mesin, yaitu perbandingan kompresi (compression ratio).

Perbandingan kompresi adalah perbandingan ruang yang tercipta di atas piston ketika berada di titik terendah atau bawah (TMB) dan tertinggi atau titik mati atas (TMA). Lihat gambar!

Tren mesin sekarang, perbandingan kompresinya makin tinggi. Malah kini ada mesin bensin dengan perbandingan kompresi 14: 7. Adapun mesin lama bisa saja 7–8 : 1. Sekarang ini kebanyakan perbandingannya 9–10,5 : 1. Mesin yang lebih canggih sekitar 11- 12. Tujuan mesin dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatkan efisiensi (irit bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi.

Untuk membuat mesin bekerja dengan perbandingan kompresi tinggi, syarat utamanya adalah harus menggunakan bensin dengan oktan lebih tinggi. Kendati demikian, tidak semua mesin harus atau lebih baik menggunakan bensin beroktan tinggi. Mesin dengan kompresi rendah, jika diberi bensin oktan tinggi, hanya menyebabkan pemborosan uang. Tenaga mesin juga tidak naik dan tetap saja boros.

Sebenarnya para ahli yang berkecimpung di laboratorium mesin sudah mengeluarkan data hubungan antara perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar seperti berikut.

Perbandingan
Kompresi

Kebutuhan
Nilai Oktan

Efisiensi Termal %
(Gas ditekan habis)

5 : 1

72

-

6 : 1

81

25

7 : 1

87

28

8 : 1

92

30

9 : 1

96

32

10 : 1

100

33

11 : 1

104

34

12 : 1

108

35

Kendati demikian, pada sebagian mesin sekarang, apalagi yang menggunakan dua busi atau busi menyala dua kali secara berurutanpenggunaan bensin beroktan lebih rendah masih bisa ditoleransi.

Tugas oktan
Oktan dicampurkan ke dalam bensin bertugas mencegah agar jangan cepat terbakar! Lho kok gitu? Bukankah bensin yang mudah terbakar lebih oke? Tidak demikian pada mesin. Pada mesin, waktu pembakaran (pengapian) telah ditentukan berdasarkan siklus atau langkah kerja mesin.

Pembakaran terjadi ketika piston mendekati titik mati atas (TMA) pada langkah kompresi. Tidak boleh terlalu jauh atau maju atau terlambat. Apabila kemajuan, kerja mesin tidak efisien dan tenaga kurang. Sebaliknya, jika terlambat, mengakibatkan mesin menembak atau bahasa kerennya knocking.

Nah, bensin yang disedot oleh mesin (disemprotkan oleh injektor) dikompresi atau dimampatkan pada langkah kompresi sekaligus dicampur dengan udara. Pada saat inilah terjadi kenaikan suhu dan tekanan bensin di dalam. Suhu tersebutlah bisa memicu bensin bisa terbakar dengan sendirinya, yang disebut juga autoignition. Ya, terbakar sendiri alis swabakar!

Nah, bisa dibayangkan, kalau swabakar terjadi sebelum busi memercikkan bunga api. Akan terjadi dua ledakan besar. Pertama, swabakar bensin dan kedua akibat disulut oleh busi. Kalau keseringan, dipastikan akan merusak mahkota piston, kubah kepala silinder, klep, busi dan kalau mesin modern sekarang adalah injektor (injeksi langsung).

Apabila kedua ledakan beradu dan sering terjadi, umur mesin pendek. Mesin juga loyo, boros bensin, dan menimbulkan polusi tinggi.

Nah, untuk mencegah swabakar itu, ke dalam bensin ditambahkan oktan yang dibuat dari berbagai macam bahan (dulu timbal atau Pb). Makin tinggi nilai oktan, tambah hebat kemampuan mencegah swabakar. Waktu pengapian yang lebih dekat ke TMA membuat pembakaran lebih efisien, ledakannya lebih kuat.

Kendati demikian, masih ada berbagai faktor lain yang menentukan pemilihan oktan ini. Misalnya, suhu, putaran dan beban mesin, dan ketinggian tempat.

Pada mesin-mesin modern, terutama sistem injeksi, untuk mencegah swabakar atau menembak, dilengkapi dengan knock sensor yang bertugas memantau kerja mesin. Kalau terjadi gejala menembak, sensor akan melaporkan ke komputer, waktu pengapian dimajukan untuk mencegah gejala menembak atau swabakar!

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.16  

0 komentar:

Poskan Komentar