“AC Mobil Mau Tetap Dingin!” plus 2 more

Sabtu, 15 Januari 2011

“AC Mobil Mau Tetap Dingin!” plus 2 more


AC Mobil Mau Tetap Dingin!

Posted: 15 Jan 2011 08:12 AM PST

Sabtu, 15 Januari 2011 | 16:12 WIB

CAR&TUNING GUIDE/ARI DWI P/RUDY G

CAR&TUNING GUIDE/ARI DWI P/RUDY G

Komponen A/C seperti selang, evaporator, kondensor dan freon

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sistem A/C (air conditioning) mobil dinyalakan dan terdengar suara'ces' panjang, tandanya freon berkurang atau habis. "Bentuk freon itu berupa cairan, tapi di dalam sistem A/C berubah jadi gas lewat proses pengembangan dengan tekanan tinggi. Saat itulah sifat zat kimia tetrafluoroethane yang dikandung menjadi lebih dingin," jelas Hendrik, pemilik bengkel spesialis A/C Vent's.

Tak ada efek buruk ke hardware A/C atau mobil saat freon habis. Sebaliknya, jika freon sampai habis berarti ada kesalahan pada hardware. "Di dalam sistem A/C, freon tak akan pernah habis. Sampai terjadi, berarti ada komponen yang bocor (biasanya pada selang, evaporator, kondensor atau sil-sil)," urai Hendrik.

Untuk menjaga kondisi komponen A/C tahan lama, lakukan pengurasan freon setahun sekali dan usahankan pakai freon asli. Ada beberapa merek freoan seperti Kalton, Klea, Duracool dan banyak lagi.

Selain melakukan perawatan setahun sekali (atau setiap 20.000 km), sisitem A/C juga butuh perawatan prevebtif agar bisa bekerja maksimal dan tahan lama.

Inilah langkah-langkah preventif 1. Putaran mesin. Jaga rpm tidak terlalu tinggi ( dibawah 4.000 rpm) saat berkendara. Karena komponen A/C tidak diciptakan untuk bergerak dalam putaran tinggi.

2.Matikan A/C. Bila mobil tidak berhenti karena macet (menunggu lebih dari 10 menit), sebaiknya A/C dimatikan. Hal ini berkaitan dengan sifat freon yang punya karakter harus senantiasa bergerak oleh sirkulasi udara.

3.Jangan terlalu lama. Freon akan menguap dan menjadi sifatnya semula (cair) bila lama tidak digunakan. Akibatnya, kapasitas bisa berkurang drastis karena rentan bikin sil-sil sambungan A/C getas.

4. Awas bau tajam. Bau yang menempel di kabin diisap kembali dan menempel di evaporator. Makin lama makin menumpuk dan menyebabkan udara berbau asam dieembus ke kabin. (Rudy Ghupta)

Editor: Bastian Car & Tuning Guide

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Berani Malu Karena Senang Motifnya

Posted: 15 Jan 2011 06:47 AM PST

Sabtu, 15 Januari 2011 | 14:47 WIB

MOTOR PLUS/ANDIKA

Hanyua main cutting sticker dan sedikit ubahan. Undertail yang rapi (kanan)

MOTOR PLUS/ANDIKA

Tangki dikondomin karena bagian atas terlalu pipih. Insert: Angka 26 nomor angggota ssat di Korea

PURWOKERTO, KOMPAS.COM - Kalau tulisan Yamaha, baik di fairing maupun di lengan ayun (swing arm) tidak ada, Anda  pasti mengira sepeda motor ini Yamaha. Karena, mulai dari warna dan tulisan besar "Fiat" mengingatkan kita pada tim MotoGP Fiat-Yamaha. Terlebih tipikal angka "26", ciri dari nomor start Valentino Rossi yang memakai "46".

Asli sepeda motor ini Kawasaki Ninja 250R milik Ayung Keun Song yang kerap disapa Mr Song. Angka 26, katanya nomor wajib militer waktu di Korea dan ia senang dengan motif tim Fiat Yamaha, selain simpel, juga terkesan kencang dan elegan. Dan ia ingin ciri Kawasaki seperempat liter ini tetap tampak.

Ubahan bodi digarap Pakdhe Cutting Stiker, Yogyakarta dibantu Imam Susanto, Supervisor Serivce Kawasaki Purwokerto yang begitu gape soal modifikasi. Garapan mereka begitu halus karena semua sisi dikerjakan serius.

Di sini sang modifikator hanya mngubah pada tangki dan buritan. Seperti tangki memainkan ornamen kondom agar sedikit gembung. Sedang bagian belakang dan bawahnya masih bawaan asli.

Sedang bagian buritan digunakan bahan fiber sebagai penutup jok. Modelnya bikin sendiri dengan menonjolkan aksen lancip dan rapat. Sehingga detail bodi secara keseluruhan jadi terlihat selaras. Dan undertail ikut dipermak, membuat tampilan jadi lebih sip. (Andika)

Editor: Bastian

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

TAS 2011 Kiblat Modifikasi Jepang

Posted: 15 Jan 2011 04:33 AM PST

Sabtu, 15 Januari 2011 | 12:33 WIB

carscoop

CARSCOOP/INSIDELINE/AUTOGUIDE

Honda TS-1X salah satu karya rumah modifikasi dengan memakai Honda CR-Z (kiri atas). Drag Star F1 Dragon berbasis Toyota MR-S (kanan atas). Mercedes SL dengan bodi motif berlian, gril berlapis emas

carscoop/autoguide/insideline

MAKUHARI, KOMPAS.com - Dalam setahun, Jepang punya dua event pameran yang besar dan bergengsi. Pertama, Tokyo Motor Show yang diikuti para pabrikan mobil. Satunya lagi, Tokyo Auto Salon (TAS) 2011 yang dibuka kemarin (14/1) dan berakhir besok (Minggu, 16/1) di Makuhari Messe, Tokyo.

TAS merupakan ajang khusus buat rumah modifikasi dan perangkat pendukungnya. Pameran kali ini diikuti 300 perusahaan (termasuk aksesoris), 361 peserta dengan jumlah kendaraan 626 dari berbagai merek dan model.

Kendaraan yang dimodifikasi tak cuma dari produk-produk Jepang sepereti Toyota, Honda, Nissan dan lainnya. Beberapa rumah modifikasi juga ada yang memakai Mercedes, BMW sebagai bahan.

Malah ada Mercedes SL cabriolet yang bodinya bermotif berlian. Lalu, grilnya dilapis emas. Tak kalah menarik Drag Star F1 Dragon yang menggunakan Toyota MR-S.

Inilah galeri foto-foto pameran TAS

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
TAS

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar