“Wow, Aspal Bisa Menghasilkan Tenaga Listrik!” plus 2 more

Rabu, 08 Desember 2010

“Wow, Aspal Bisa Menghasilkan Tenaga Listrik!” plus 2 more


Wow, Aspal Bisa Menghasilkan Tenaga Listrik!

Posted: 08 Dec 2010 01:27 PM PST

KOMPAS.com — Aspal bukan hanya buat jalan untuk kendaraan bermotor agar meluncur dengan mulus dan cepat. Ia juga digagas untuk mengumpulkan energi matahari atau surya. Energi itu selanjutnya diubah menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Ide itu muncul karena aspal sering diterpa sinar matahari. Buktinya, kendati sudah malam, aspal masih tetap hangat. Keinginan memanfaatkan aspal untuk mengumpulkan energi makin besar karena ia ada di berbagai tempat!

Riset memanfaatkan aspal untuk mengumpulkan energi matahari pernah dicoba oleh Worcester Polytechnic Institute (WPI) di Worcester, Massachusetts, pada 2006.

Caranya, seperti yang dipaparkan oleh David A Todd, insinyur senior dan pelatih di CEI Engineering Associates, Inc, dalam buildipedia.com, energi panas dikumpulkan melalui panel surya yang ditaruh di bawah lapisan aspal. Selanjutnya, energi panas diubah menjadi listrik. Dijelaskan pula, titik optimal panas berada sekitar dua inci di bawah permukaan aspal.

Tidak mudah
Kendati ide tersebut dinilai jenius dan tampak sederhana, pewujudannya tidaklah mudah. Pertanyaan yang muncul, bagaimana proses perawatan, misalnya, jika kita ingin mengganti panel surya? Kalau aspal sering dibongkar, kondisi itu dipastikan mengganggu kelancaran lalu lintas.

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Gregory W Perry, PE, Senior Project Engineer for Flower Mound, Texas, ketika WPI mengumumkan pengembangan ide tersebut pertama kali di simposium tahunan International Society for Asphalt Pavements di Zurich, Swiss.

Gregory malah kemudian melontarkan ide dan solusi. Menurutnya, sebaiknya pengumpulan energi ini dilakukan di tempat-tempat beraspal yang jarang digunakan. Misalnya, area yang jarang dipijak di pinggir landasan bandara, pusat perbelanjaan atau mal, dan trotoar.

"Tempat parkir juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Aspalnya rusak karena panas ban dan mesin mobil plus matahari. Sayang, energi tersebut terbuang begitu saja," ungkap Perry. Dia juga menjelaskan, jalan yang tidak bisa dimanfaatkan adalah tol dan jalanan di dalam kota yang padat.

Tiga lapis
Ide lebih ekstrem dilontarkan oleh Solar Roadways, sebuah perusahaan kecil di Sagle, Idaho. Pemiliknya, Scott dan Julie Burshaw, mengklaim sudah membuat protitipe pemanfaatan panas di jalan raya.

Jalan raya versi Solar Roadways ini terdiri dari tiga lapis. Lapisan atas atau pertama, dinamai Roadway Surface Layer dengan permukaan tembus pandang (semacam plastik atau gelas) yang keras, padat, dan berkontur. Dengan demikian, sinar matahari bisa menembus ke bagian lapisan yang mengumpulkan energi panas.

Lapisan kedua, pengontrol panas yang diperoleh sekaligus memantau kualitas panel dan perangkat (memberi tahu bahwa sejumlah komponen sudah harus diganti). Sementara itu, lapisan ketiga atau dasar (paling bawah) adalah panel surya lengkap dengan mekanisme untuk meneruskan energi kepada pengguna.

Lebih mantap lagi, lapisan pertama dipasangi pula dengan LED sebagai marka atau pesan buat pemakai jalan. Tulisan "maju" atau "stop" bisa tertera di situ.

Lapisan pertama ini pun terdiri dari beberapa komponen teknologi tinggi yang dapat mengukur kepekaan jalan terhadap beban sekaligus mengontrol energi yang diperoleh. Ide hebat! (Dimas)

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Beli Mobil Gratis Mobil

Posted: 08 Dec 2010 08:57 AM PST

Rabu, 8 Desember 2010 | 16:57 WIB

Kia

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mendongkrak penjualan mobil di pengujung tahun, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menggelar promo bertajuk "Beli Mobil Berhadiah Mobil".

KMI melalui keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2010), menyatakan bahwa konsumen yang melakukan pembelian unit Picanto Cosmo dan Pride Hatchback akan langsung memperoleh nomor undian berhadiah.

"Syaratnya hanya beli mobil, lalu nomor peserta akan diundi pada Januari 2011 untuk memperebutkan hadiah sebuah Picanto manual dan tujuh emas 25 gram. Jadi, total ada 8 pemenang nantinya," ujar Ridjal Mulyadi, Marketing Communication Manager KMI, kepada Kompas.com, hari ini.

Dengan promo tersebut, KMI berharap bisa memenuhi target penjualan sampai akhir tahun yang diset 6.670 unit.

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Hyundai Pilih Genesis sebagai Merek Premium

Posted: 08 Dec 2010 08:32 AM PST

Rabu, 8 Desember 2010 | 16:32 WIB

Hyundai

Equus, sedan paling mahal Hyundai yang bakal dipasarkan di AS bersaing dengan Lexus, Infiniti, BMW dan Audi

SEOUL, KOMPAS.com — Grup Hyundai-Kia berencana menambah dua sedan mewah dan menciptakan merek mewah buat pasar di Amerika. Untuk  nama yang terakhir, prinsipal dari Korea Selatan itu mungkin memakai nama "Genesis" untuk bersaing di kelas premium dengan Toyota dengan merek Lexus, Honda (Acura), Nissan (Infiniti), BMW, dan Audi.

Semula, Genesis merupakan salah satu model dari Hyundai yang kali pertama diluncurkan di ajang New York Auto Show pada 2007. Kedua sedan mewah yang sedang dipersiapkan salah satunya adalah coupe menengah untuk menyaingi BMW Seri 3 dan Lexus RX350. Genesis tengah menyiapkan dua model, yakni model sedan dan coupe menengah, untuk bersaing dengan dua mobil tadi. Mereka bahkan akan meluncurkan Equus, varian termahal Hyundai, yang disiapkan untuk mencaplok pasar Lexus LS.

John Krafcik, Presiden Hyundai Motor Amerika, mengatakan bahwa perusahaan punya dua skenario dalam pengembangan merek di AS. Pertama, memasarkan Genesis sebagai model "khusus" Hyundai yang bisa dijual di dealer yang sama. Kedua, mengikuti jejak Lexus dan membuat merek baru untuk bersaing.

"Salah satu kunci keputusan rencana ini adalah seberapa suksesnya Equus nanti di pasar. Kami masih punya waktu panjang untuk memutuskannya," ujar Krafcik seperti dilansir Carscoop, Selasa (7/12/2010).

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar