“Toyota Luncurkan Sedan Etios di India” plus 2 more

Rabu, 01 Desember 2010

“Toyota Luncurkan Sedan Etios di India” plus 2 more


Toyota Luncurkan Sedan Etios di India

Posted: 01 Dec 2010 01:46 PM PST

Rabu, 1 Desember 2010 | 21:46 WIB

Toyota Kirloskar Motor

Toyota luncurkan Etios sedan bermesin 1,5 literdi India

Toyota Kirloskar Motor

Kokpit Etios

Toyota Kirloskar Motor

Interior Etios sedan. Kombinasi hitam merah untuk varian VX, hitam untuk J dan G dan hitam abu-abu untuk V

Toyota Kirloskar Motor

Belakang Etios yang telah dimodifikasi dengan side visor, spoiler tutup bagasi, pelindung pojok bumper belakang, spoiler belakang dan side skirt

BANGLORE, KOMPAS.com — Ketika Honda baru saja ancang-ancang meluncurkan mobil murah di Thailand dan India, kompetitor utamanya, Toyota, melangkah lebih awal dengan meluncurkan sedan Etios hari ini. Peluncuran produk yang dibuat khusus untuk India ini langsung dilakukan oleh bos nomor satu Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda. Dari Toyota Motor Indonesia, hadir Widyawati Sudigdo selaku GM Marketing Planning & Customer Relation Division.

"All-New Etios merefleksikan determinasi kami untuk melayani rentang konsumen yang sangat bervariasi dengan kualitas asli Toyota," kata Akio Toyoda. Dijelaskan pula, Etios sebenarnya dikembangkan sejak lima tahun lalu dengan bantuan langsung insinyur India dan juga masukan konsumen di negara tersebut. Toyota sendiri menargetkan Etios untuk segmen menengah di India yang dinilai tumbuh dengan sangat cepat.

Setelah sedan, TMC mengatakan, Toyota Kirloskar Motor Ltd (TKM) yang merupakan ATPM Toyota di negara tersebut akan meluncurkan versi hatchback yang diberi nama Etios Liva pada April 2011.

Untuk versi sedan, Toyota menggunakan mesin 1,5 liter. Dimensi Etios sedan: panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.510 mm.  Untuk hatchback-nya akan menggunakan mesin 1,2 liter. Dengan ini   persaingan di kelas 1,2 liter makin seru di negara tersebut. Toyota berharap bisa memproduksi Etios 70.000 unit per tahun. Mobil ini  dijual   Rs 496.000–Rs 686.500 di India atau Rp 96,72 juta–Rp 133 juta.

Informasi lain, mesinnya baru akan dibuat di Indonesia pada tahun depan, sedangkan transmisi pada awal 2013. TKM berencana mengekspor mobil yang diklaim, konsumsi bahan bakarnya 17,6 km per liter ini, ke negara lain.

Penulis: ZBJ
Editor: Zulkifli BJ

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Audi Jual A6 Terbaru Bersama Versi Hibridanya

Posted: 01 Dec 2010 05:56 AM PST

INGOLSTADT, KOMPAS.com — Audi memperkuat daya saingnya di segmen sedan mewah menengah dengan meluncurkan model terbaru (desain ulang) A6. Di negara asalnya, A6 akan berperang dengan BMW Seri-5 dan Mercedes-Benz E-Class. Di Jerman sendiri, A6 baru dijual pada awal 2011 yang hanya tersisa 30 hari lagi.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, A6 baru ini lebih ceper dan pendek. Tampilan itu bisa dilihat dari dimensinya: panjang 4,92 m, lebar 1,87 m, dan tinggi 1,46 m, serta jarak sumbu roda 2,91 meter. Lebar dan jarak sumbu rodanya bertambah.

Hal lain yang dibanggakan Audi, bobot A6 terbaru ini lebih ringan jika dibandingkan dengan kompetitornya. Pasalnya, konstruksi bodi dibuat dengan komposit baja-aluminium sehingga 15 persen lebih enteng dibandingkan dengan konstruksi bodi baja saja. Adapun bobot mobil—tidak termasuk pengemudi—1.575 kg (menggunakan mesin 2.0 TDI).

Dijelaskan pula, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan serta multi-media yang makin banyak.

Pilihan mesin
Audi menyediakan 5 pilihan mesin, yang terbagi menjadi 2 mesin bensin dan 3 diesel dengan format 4 dan 6 silinder. Untuk bensin, ada mesin 3,0 liter TFSI berinjeksi langsung yang dilengkapi dengan supercharger, mesin 2,0 liter TFSI, dan mesin TFI dengan turbocharger.

Mesin 2,8 FSI, V6 tanpa turbocharger menghasilkan tenaga 150 kW (240 PS) dan torsi 280 Nm @5.250-6.500 rpm. Adapun mesin bensin yang paling bertenaga adalah TFSI 3,0 liter. Mesin ini berkonfigurasi V6, bertenaga 220 kW (300 PS), dan memiliki torsi 440 Nm @2.900-4.450 rpm.  

Untuk diesel, mesin yang paling irit adalah TDI 2,0 liter 4-silinder yang menghasilkan tenaga 130 kW (177 PS) dan torsi 380 Nm @1.750-2.500 rpm. Adapun mesin terbarunya berkonfigurasi V6, 3,0 liter, dan tanpa turbo. Mesin ini bertenaga 150 kW (204 PS) dan torsi 400 Nm @1.250-3.500 rpm.

Masih untuk diesel, mesin yang paling top adalah TDI 3,0 liter yang bertenaga 180 kW (245 PS) dan bertorsi 500 Nm @1.400-3.250 rpm. Audi mengklaim, A6 dengan mesin ini sanggup sprint 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik.

Versi hibrida
Audi juga mengumumkan bahwa mereka akan segera menyuguhkan A6 hibrida dengan dua pilihan mesin. Pertama, kombinasi (digabungkan secara paralel) mesin bensin 2.0 TFSI (55 kW atau 211 PS) dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 33 kW (45 PS) dan torsi 155 Nm. Motor listrik langsung dipasang di belakang TFSI, menghuni tempat torque converter dari transmisi tiptronic 8-percepatan dan meneruskan torsi ke roda depan. Ini merupakan hibrida kedua dari Audi setelah Q5 Quatrro.

Model hibrida lainnya menggunakan mesin V6 dengan efisiensi setara mesin 4-silinder (mesin bensin). Kemampuan akselerasinya, untuk 0-100 km/jam, 7,3 detik dengan kecepatan tertinggi 238 km/jam dan konsumsi bahan bakar rata-rata 16 km/liter.

Untuk baterai, Audi menggunakan lithium-ion yang disimpan di bagasi. Baterai mampu menyimpan listrik 1,3 kWh, sedangkan tenaga maksimum yang dihasilkan 39 kW. Baterainya bisa didinginkan dengan dua cara. Cara pertama, udara ditiupkan dari interior. Cara kedua, menggunakan sirkuit refrigerant AC mobil. Dengan cara ini, suhu kerja baterai bisa dijaga sehingga kemampuan menghasilkan tenaga selalu tetap dalam berbagai kondisi cuaca.

Performa
Untuk versi hibrida, Audi mengklaim bahwa produknya ini bisa dikebut sampai 100 km/jam dengan hanya memanfaatkan energi listrik dari baterai. Kendati demikian, ketika dikebut pada kecepatan konstan 60 km/jam, baterainya hanya bisa untuk menempuh jarak 3 km.

Sistem bekerja pada mode motor bakar saja atau mode hibrida. Saat mobil melambat atau direm, energi kinetik akan disimpan ke baterai.

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Chevrolet Lelang Unit Produksi Perdananya

Posted: 01 Dec 2010 02:51 AM PST

Rabu, 1 Desember 2010 | 10:51 WIB

GM

GM melelang volt perdana yang diproduksi di AS untuk kegiatan amal

DETROIT, KOMPAS.com — Bulan lalu, Kompas.com sempat menjajal kebolehan mobil listrik perdana General Motors, Chevrolet Volt, di China. Kini, produsen otomotif terbesar di Amerika Serikat (AS) itu memulai produksi massal Volt di pabriknya, Hamtramck, Michigan.

Nah, sebagai apresiasi, unit perdana Volt bakal dilelang dan hasilnya akan disumbangkan untuk sekolah-sekolah di Detroit. Pelelangan diselenggarakan di lokasi pabrik.

Saat ini unit perdana Volt belum memiliki nilai tambah. Namun, dalam satu dekade mendatang akan tercatat sebagai sejarah peralihan teknologi otomotif GM dari konvensional menuju listrik.

Unit perdana Volt akan ditawarkan dalam warna Viridian Joule dan kombinasi Light Neutral di interior beraksen gelap. Unit ini juga akan dilengkapi beberapa fitur, seperti kamera belakang, sensor parkir, dan pelek krom. Harga lelang dibuka dari 50.000 dollar AS (Rp 451,4 juta), sedangkan harga normal Volt hanya 41.000 dollar AS (Rp 370,1 juta).

Dengan diproduksi dan langsung dipasarkannya produk tersebut, Chevrolet telah menabuh genderang perang di segmen mobil listrik. Salah satu kompetitor paling penting adalah Nissan Leaf yang baru saja menyabet predikat Mobil Terbaik Eropa 2011. Di lain hal, harga yang ditawarkan untuk produk Leaf kompetitif, yaitu setelah dipotong pajak menjadi 25.280 dollar AS (Rp 230 juta). Adapun harga aslinya 32.780 dollar AS (Rp 298 juta).

Penulis: AGK
Editor: Zulkifli BJ
autoevolution

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar