“Perubahan pada Toyota Vitz Baru” plus 2 more

Rabu, 22 Desember 2010

“Perubahan pada Toyota Vitz Baru” plus 2 more


Perubahan pada Toyota Vitz Baru

Posted: 22 Dec 2010 12:55 PM PST

KOMPAS.com — Vitz atau di Indonesia lebih dikenal dengan Yaris, versi terkininya, generasi ketiga telah diluncurkan secara resmi di Jepang hari ini. Toyota menyebutnya Vitz Redesain atau didesain ulang yang berarti all new alias total baru.

Sekilas, penampilan hatchback kompak ini tidak berubah secara drastis dibandingkan dengan pendahulunya, Vitz Gen-2. Namun, bagian seperti lekukan bodi, bumper, dan bentuk lampu (depan dan belakang) didesain ulang. Hasilnya, Vitz ini tampil lebih gaya dan sporty.

Lebih Panjang
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation, Vitz baru dimensinya panjang, dari 3,750 mm menjadi 3,885. Panjang interior bertambah 35 mm atau menjadi 1.915 mm. Kendati demikian, radius putar (berbelok) justru lebih kecil, kini 4,5 meter (sebelumnya 4,7 meter). Lebar tidak mengalami perubahan, begitu juga dengan tinggi.

Dengan desain ulang, hambatan angin atau cd Vitz kini menjadi lebih rendah, 0,285. Hasilnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit (juga diperoleh dari sistem Toyota Stop & Start idling-stop).

Perubahan lain, Vitz kini hanya menggunakan satu penghapus kaca (wiper) yang dintegrasikan dengan penyemprot air. Lampu depan hidup dan mati secara otomatis dengan cahaya di luar mobil. Misalnya, begitu malam atau masuk terowongan, lampu akan hidup. Tambahan lain, kaca pintu depan diberi lapisan khusus yang bisa menurunkan sinar ultraviolet sampai 99 persen.  

Interior
Rancangan interior dirancang ulang agar penampilan makin dan memberikan kenyamanan lebih baik. Karena itulah, bagian depan, panel instrumen, sampai ke bagian dalam pintu dirancang secara horizontal. Tujuannya untuk menambah lega dan rasa aman. Jok belakang bisa dilipat dengan komposisi 6:4.

Bagasi sekarang juga lebih dalam 145 mm. Dek bagasi ditaruh pada dua ketinggian. Bila diset pada posisi tinggi, barang kecil bisa ditaruh di bawahnya. Jok juga bisa dilipat hampir rata. Jok penumpang kini dilengkapi dengan penghalang plastik untuk mencegah tas atau barang jatuh.

Selanjutnya, layar monitor multifungsi dilengkapi dengan informasi konsumsi bahan bakar saat mobil dijalankan, konsumsi rata-rata, dan jarak yang bisa ditempuh.

Mesin
Untuk mesin, kini Vitz menggunakan Dual VVT-i (Dual Variable Valve Timing-intelligent) yang dipasangkan dengan Super CVT-i (Super Continuously Variable Transmission-intelligent).

Dijelaskan, sistem Stop & Start idling bekerja dengan cepat. Ketika pedal gas ditekan saat berhenti dengan mesin mati, untuk hidup cuma butuh 0,35 detik. Mesin juga bisa langsung dikebut dari kondisi stop.  

Semua varian dilengkapi dengan electronic brake-force distribution (EBD) dan ABS. Juga ada kantong udara SRS untuk pengemudi dan penumpang depan.

Selain varian F dan U, saat diluncurkan, Toyota juga langsung memperkenalkan versi sport RS yang telah dilengkapi dengan aerokit di depan dan belakang.

Untuk transmisi, selain manual 5-percepatan, juga ditawarkan CVT-i 7-percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic melalui paddle shifter. Untuk warna eksterior tersedia 7 pilihan, sedangkan interior 4 warna.

Spesifikasi mesin

  IKR-FE INR-FE INZ-FE
Kapasitas                 cc 996 1.329 1.496
Tenaga maks. kW(PS) @rpm 51(69) @6.000 70(95) @6.000 80(109) @6.000
Torsi maks. Nm (kgf-m) @rpm 92 (9,4) @3.60 121(12,3)@4.000(2WD)
119(12,1)@4.000(4WD)
138(14,1) @4.400

Loading...

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Truk Pembersih Paling Bersih

Posted: 22 Dec 2010 08:49 AM PST

Rabu, 22 Desember 2010 | 16:49 WIB

ALLIANZ SWEEPER

ALLIANZ SWEEPER

AS, KOMPAS.com — Teknologi ramah lingkungan berkembang cukup pesat, dan Allianz Sweeper Company dari Amerika coba membuat terobosan dengan menggunakan truk. Namanya Allianz 4000. Ia merupakan truk pembersih jalan di New York, Amerika Serikat dan merupakan truk hibrida pertama di jenisnya.

Menurut Allianzsweeper.com, Allianz 4000 menggunakan mesin diesel 6,7 liter buatan Cummins, produsen mesin dan suku cadang asal Indiana, AS. Sementara itu, motor listriknya berkekuatan 120 kilowatt dan memperoleh tenaga dari dua baterai lithium-ion 12 volt. Hasilnya, truk ini lebih hemat 40-45 persen dari mesin dieselnya yang bahkan cenderung sudah hemat.

Soal "kerajinannya" dalam hal bersih-bersih, produsen menerapkan sistem agar sapu dan serokan bergerak secara terpisah dari gerak truk. Sapunya bergerak pada kecepatan yang tetap melalui motor penggerak berkekuatan 60 kilowatt. Sementara itu, truknya melaju pada kecepatan 5-11 km per jam saat sedang bertugas.

Dengan begitu, emisi yang ditimbulkan mesin sangat rendah, dan suara tidak sebising produk-produk sebelumnya. Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 95 km per jam alias lincah jika harus pindah tempat. Sudah bisa bersih-bersih, truk ini "bersih" pula. Sayang, produsen tidak menyebutkan harganya. (Dimas)

Editor: Bastian Allianz Sweeper

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

MV Agusta Brutale 921 yang Betul-betul "Brutal"

Posted: 22 Dec 2010 08:16 AM PST

Rabu, 22 Desember 2010 | 16:16 WIB

AUTOEVOLUTION

ITALIA, KOMPAS.com — Perayaan Natal 2010 disambut oleh pabrik sepeda motor Italia MV Agusta dengan meluncurkan produk baru, Brutale 920. Nama Brutale dari bahasa Italia berarti "brutal". Namun, brutal di sini bukan seperti yang ada dalam konotasi manusia yang bersifat negatif, melainkan sebaliknya.

Kebrutalan pada moge ini tecermin pada dua sektor. Pertama, jantung pacunya. Brutale yang dibekali mesin empat silinder sejajar berkapasitas 921 cc ini mempunyai tenaga maksimum 127 HP. Tak cuma itu, tenaga mesin punya delapan pilihan yang diatur oleh komputer. Pemilihannya cukup dilakukan melalui switch.

Kedua, dari segi desain, moge ini banyak memiliki tonjolan sehingga mengesankan bentuknya yang kasar. Namun, yang membedakan ia dengan motor sekelasnya, bagian jok dirancang satu bagian, tapi bisa untuk membonceng.

Beralih ke bagian depan, perhatikan model indikatornya. Jika bagian itu dibikin terpisah pada kebanyakan moge, maka indikator pada Brutale justru menyatu. Pindah ke bagian kaki, kedua ban menggunakan Pirelli.

Soal harga, ia dibanderol Rp 142 juta lebih. Jika nanti diperkenalkan pada tahun depan, maka Brutale 920 akan mendampingi Brutale 990 dan 1090RR.

Penulis: Sabastian
Editor: Bastian
MCN

Sumber :

Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.

Diposkan oleh iwan di 15.02  

0 komentar:

Poskan Komentar